cover
Contact Name
Sularso Budilaksono
Contact Email
sularso2007@gmail.com
Phone
+6289608751887
Journal Mail Official
sularso2007@gmail.com
Editorial Address
Jln.Diponegoro No.74, Jakarta Pusat
Location
Kota adm. jakarta pusat,
Dki jakarta
INDONESIA
IKON
ISSN : 19786972     EISSN : 28303067     DOI : -
IKON: Jurnal Komunikasi diterbitkan secara berkala tiga kali dalam setahun yaitu bulan April, Agustus dan Desember. IKON: Jurnal Komunikasi memuat artikel ilmiah dari hasil penelitian dan non penelitian dibidang komunikasi secara luas, yang ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Tim Redaksi IKON: Jurnal Komunikasi akan menerbitkan tujuh (7) artikel hasil penelitian dan non penelitian yang relevan yang disemaikan pada jurnal ilmiah nasional
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 24 No 2 (2020): Vol. 24 No. 2 Agustus 2020 IKON" : 7 Documents clear
MANAJEMEN KRISIS HUMAS BADAN METEOROLOGI KLIMATOLOGI DAN GEOFISIKA DALAM MEMPERTAHANKAN CITRA PERUSAHAAN Siti Maryam; Arsandra Pinky Pangestu
Ikon --Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Vol 24 No 2 (2020): Vol. 24 No. 2 Agustus 2020 IKON
Publisher : Program studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Persada Indonesia YAI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (715.564 KB)

Abstract

Gempa bumi yang menyebabkan Tsunami di Palu dan Banten menyebabkan jatuhnya banyak korban jiwa. Peringatan dini Tsunami Palu yang dianggap terlalu cepat diakhiri dan tsunami Banten dianggap gelombang tinggi menyebabkan kekecewaan masyarakat pada kinerja BMKG yang dianggap kurang professional, dan hal ini menimbulkan krisis di BMKG. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen krisis peringatan dini tsunami Palu dan tsunami Banten tahun 2018 yang dilakukan BMKG dalam mempertahankan citra perusahaan. Metode yang digunakan kualitatif pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, dokumentasi dan literatur. Teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman, terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian manajemen krisis humas BMKG melakukan tahap–tahap manajemen krisis sesuai dengan model Steven Fink yaitu melalui Tahap Prodomal yaitu tanda atau prediksi sebelum adanya krisis, Tahap Akut yaitu tahap krisis mulai muncul, Tahap Kronik yaitu tahap humas BMKG melakukan upaya manajemen krisis untuk mempertahankna citra dan Tahap Resolusi atau Penyembuhan yaitu tahap BMKG melakukan refleksi dan evaluasi pada lembaga.
PENGARUH KONTEN AKUN INSTAGRAM @JKTINFO TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI LALU LINTAS FOLLOWERS Arshinta Eka Putri
Ikon --Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Vol 24 No 2 (2020): Vol. 24 No. 2 Agustus 2020 IKON
Publisher : Program studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Persada Indonesia YAI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (680.161 KB)

Abstract

@jktinfo merupakan akun yang memanfaatkan media sosial Instagram untuk menyebarkan informasi seputar kota Jakarta dan sekitarnya. Informasi yang paling sering disebarkan adalah mengenai kondisi lalu lintas kota Jakarta. Informasi diunggah dalam konten-konten berupa foto, video dan caption. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh konten akun Instagram @jktinfo terhadap pemenuhan kebutuhan informasi followers. Teoritis yang digunakan pada penelitian ini mencakup media sosial, Instagram, konten, foto, video, caption, kebutuhan informasi dan lalu lintas. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif. Teknik sampling menggunakan random sampling dan populasi penelitian ini adalah followers akun Instagram @jktinfo, dengan jumlah sampel sebanyak 100 hasil dari rumus Taro Yamane. Hasil uji koefisinsi determinasi pada penelitian ini menunjukkan bahwa 49,2% kebutuhan informasi lalu lintas followers dipengaruhi oleh konten akun Instagram @jktinfo, sedangkan sisa sebanyak 51,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa konten akun Instagram @jktinfo memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pemenuhan kebutuhan informasi followersnya.
PERSEPSI DRIVER PADA LAYANAN GRAB DI KOTA BATAM Yobel Cesar Silitonga; Michael Jibrael Rorong
Ikon --Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Vol 24 No 2 (2020): Vol. 24 No. 2 Agustus 2020 IKON
Publisher : Program studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Persada Indonesia YAI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (394.011 KB)

Abstract

This research was conducted to find out the perception and Grab service to the drivers in Batam city. The research method used in this study is a qualitative method with a descriptive approach. The informants in this study were the Grab drivers in Batam city as many as five people by looking for characteristics that fit the research topic. The analytical technique used in this study was phenomenology which was based on the experience of informants in the field and drawing conclusions. The data collection technique in this study was conducted by interviewing Grab drivers in Batam city related to the topic of this research, observing in the Batam city area by making observations which showed that there were activities between the driver's office and operational service offices, as well as library studies conducted by researchers reading library books and used of previous research as reference material perception is obtained based on observation, understanding and experience of students through being online motorcycle taxi drivers. The results of the research found based on the perception of Grab drivers in Batam City towards Grab services is that the drivers are still experiencing difficulties. This research is considered able to help the continuity of driver activities while in the field.
EKSISTENSI INDIVIDU PEKERJA SEKS KOMERSIAL DALAM KEHIDUPAN BERMASYARAKAT Hardiyanto Hardiyanto
Ikon --Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Vol 24 No 2 (2020): Vol. 24 No. 2 Agustus 2020 IKON
Publisher : Program studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Persada Indonesia YAI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (236.045 KB)

Abstract

This study discusses positive perceptions and negative perceptions of acts of law that apply in the sintai localization of the city of Batam. The method used in this research is descriptive method by obtaining qualitative. The informants in this study were translated 14, which consisted of 5 commercial sex workers (CSWs), 2 members of the localization namely the chairman of the localization and pimps, 7 communities ,. Data collection techniques used interviews, documentation and observation. Analysis of the data used reduction, data presentation, verification, and drawing conclusions. Results obtained There are positive perceptions, i.e. (1) Accepting the location of the city of Batam, (2) negative perceptions, including people who pout and harass them by saying that they make money easily, work well, and work only with their brains (3 ) The efforts made by CSWs in the Sintai localization, namely making good relations with the surrounding community. They do anything that makes the community accept their visit. Community perception, Social Contact, and Social Communication of CSWs with the community, CSWs with fellow CSWs, CSWs with caregivers, and caregivers with the community, all went well there were no conflicts, disputes, this is in accordance with Social Relations and differences that occur in CSWs with communities in the area of the Sintai City of Batam. Relationship between CSWs communication with the community, between each of them among mutual respect, mutual support, and mutual help between each other and besides that CSWs are also comfortable living in the Sintai localization area of Batam.
FENOMENA CASHLESS PADA PEMBENTUKAN GAYA HIDUP BARU GENERASI MILENIAL Shahnaz Hazbiyah; Eka Wenats Wuryanta
Ikon --Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Vol 24 No 2 (2020): Vol. 24 No. 2 Agustus 2020 IKON
Publisher : Program studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Persada Indonesia YAI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (471.659 KB)

Abstract

Dunia industri kini memasuki era digitalisasi dimana segala sesuatunya bertumpu pada sistem jaringan internet.Termasuk di dalamnya adalah sektor ekonomi. Munculnya financial technology memberi warna baru pada sistem pembayaran di Indonesia yang kemudian memunculkan istilah cashless society. Gopay adalah salah satu contoh financial technology yang telah banyak digunakan oleh masyarakat khususnya generasi milenial. Pembayaran non tunai yang juga terintegrasi dengan berbagai jenis layanan lainnya dianggap mempermudah kegiatan sehari-hari penggunanya. Penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dengan model case study secara spesifik menggunakan intrinsics case study untuk mengambil makna dan bagaimana makna tersebut mempengaruhi dan merubah perilaku manusia. Hal ini sejalan dengan strukturisasi dimana manusia berperan menjadi agen perubahan utama pada struktur social di masyarakat. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa financial technology mampu merubah dan membentuk gaya hidup baru generasi milenial karena sifatnya yang praktis dan efisien sehingga sebagian besar generasi milenial lebih memilih menggunakan uang elektronik sebagai metode pembayaran utamanya ketimbang menggunakan uang kartal.
HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN DAN PEMAHAMAN TERHADAP FILM DOKUMENTER SEXY KILLERS DENGAN SIKAP PEMILIH PEMULA Nasaruddin Siregar; Sari Endah Nursyamsi
Ikon --Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Vol 24 No 2 (2020): Vol. 24 No. 2 Agustus 2020 IKON
Publisher : Program studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Persada Indonesia YAI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1142.799 KB)

Abstract

"Sexy Killer" sebenarnya hanya sebuah film dokumenter yang merekam aktivitas pertambangan dan masyarakat di sekitarnya yang mau tidak mau terkena imbas berupa kerusakan rumah, lahan, hingga air minum. Namun yang menarik di sini adalah dalang dibalik aktivitas tersebut yang menyeret para elit politik yang sedang berkontes dalam pilpres 2019. penulis ingin melihat “Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan (X1) dan Pemahaman (X2) Terhadap Film Dokumenter Sexy Killers dengan Sikap Pemilih Pemula (Y)?”. Penelitian dengan judul Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan Dan Pemahaman (Variabel x) Terhadap Film Dokumenter Sexy Killers Dengan Sikap Pemilih Pemula (Variabel Y).Peneliti menggunakan metode Kuantitatif sebab peneliti ingin mengetahui apakah terdapat pengaruh antara Variabel X dengan Variabel Y. Berdasarkan data peserta kuesioner sebanyak 60 orang. Serta menggunakan probability sampling, dengan simple random sampling, karena penulis menganggap sama dan memberikan kesempata bagi anggota populasi, serta peneliti menggunakan teknik sekala pengukuran ordinal atau sekala likert karena peneliti akan mengurutkan jumlah pertanyaan pada kuesioner dengan jawaban yang memberikan urutan jenjang tertinggi sampai rendah menurut atribut. Hasil pengujian terhadap variabel pengetahuan memberikan nilai peluang sebesar 0.694 (>0.05) sehingga dapat diputuskan untuk menerima H0. Maka dapat disimpulkan bahwa secara parsial variabel pengetahuan tidak memiliki pengaruh terhadap variabel sikap. Hasil pengujian terhadap variabel pemahaman memberikan nilai peluang sebesar 0.000 (<0.05) sehingga dapat diputuskan untuk menolak H0. Maka dapat disimpulkan bahwa secara parsial variabel pemahaman memiliki pengaruh terhadap variabel sikap.
TINDAK KOMUNIKASI SUMBER DAYA MANUSIA TUNARUNGU Zera Edenzwo Subandi; Celline Febianca
Ikon --Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Vol 24 No 2 (2020): Vol. 24 No. 2 Agustus 2020 IKON
Publisher : Program studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Persada Indonesia YAI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (265.745 KB)

Abstract

This research was conducted to determine the process of interaction between deaf people and people heard at Sunyi House of Coffee and Hope through the perspective of Communication Psychology. In the interaction of both, there is a mirror neuron process that explains that humans create motor templates - a prototype or blueprint in the brain - that allows humans to mimic certain movements or certain tones in response to the other person. This research is a qualitative research using a case study method with the source of data analysis taken from observations, interviews and documentation. Therefore, the researcher uses data triangulation and exploration data analysis techniques. The results of the study found that mirror neurons are very helpful between deaf and non-deaf people in an attempt to encode and decode messages between communicators and communicants through imitation of movement as part of the response to the interlocutor. In addition it is evident that the five parts of the body that are discussed in mirror neurons, namely the lips, neck, shoulders, hands, and feet have a major role in the communication process of fellow deaf people. Based on observations on deaf baristas, researchers believe that deaf human resources can compete with non-deaf human resources in the country so that companies need to provide equal opportunities for deaf human resources to work.

Page 1 of 1 | Total Record : 7