cover
Contact Name
Febri Saefulloh
Contact Email
prediksippgfkip@untirta.ac.id
Phone
+6281930714441
Journal Mail Official
prediksippgfkip@untirta.ac.id
Editorial Address
Kampus C FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Jl. Ciwaru Raya, Cipare, Kec. Serang, Kota Serang-Banten, Email: PPG@untirta.ac.id
Location
Kab. serang,
Banten
INDONESIA
PREDIKSI (Profesi Pendidikan Indonesia)
ISSN : 28096800     EISSN : 28097726     DOI : -
Core Subject : Education,
Prediksi (Profesi Pendidikan Indonesia) merupakan jurnal sarana untuk mengkomunikasikan berbagai hasil kegiatan penelitian dan kajian ilmiah yang dilaksanakan secara individu maupun berkelompok oleh dosen, guru, mahasiswa, lembaga pemerhati pendidikan, lembaga negara, dan sejenisnya. Berbagai hasil penelitian dan kajian ilmiah yang telah dilakukan diharapkan dapat berkontribusi dalam perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni (IPTEKS) dalam bidang pendidikan yang bertujuan terwujudnya Pendidik Profesional, yang diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Profesi Guru Fakultas Kependidikan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2021): PREDIKSI (Profesi Pendidikan Indonesia)" : 5 Documents clear
PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEMA 7 MELALUI MEDIA POWER POINT SISWA KELAS 1 SD PLTU SURALAYA WUKIRRETAWU Desti Safitri
PREDIKSI (PROFESI PENDIDIKAN INDONESIA) Vol 1, No 1 (2021): PREDIKSI (Profesi Pendidikan Indonesia)
Publisher : Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas 1 SD PLTU Suralaya pada pembelajaran tematik Benda, Hewan dan Tanaman di sekitarku melalui media Power Point. Salah satu penyebab rendahnya nilai tematik di SD PLTU Suralaya Wukirretawu adalah kurang nya penggunaan media dalam pembelajaran khususnya saat daring. Masalah utama yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah: apakah dengan menggunakan media power point dapat meningkatkan hasil belajar tematik Benda, Hewan dan tanaman di sekitarku pada siswa kelas 1 SD PLTU Suralaya Kecamatan Pulomerak kota Cilegon tahun pelajaran 2020/2021? Dengan objek penelitian adalah siswa kelas 1 sebanyak 23 siswa. Hasil Penelitian pada prasiklus menunjukkan siswa yang tuntas belajar 34,7%, siswa yang tidak tuntas belajar 65,3%. Siklus I siswa yang tuntas belajar sebanyak 56,5%, siswa yang tidak tuntas sebanyak 43,5%. Siklus II yaitu 69,5%, siswa yang tidak tuntas 30,5%. Pada siklus III siswa yang tuntas belajar sebanyak 86,9% dan yang tidak tuntas sebanyak 13,1%. Pada siklus III penelitian tindakan kelas dengan menggunakan media powerpoint dinyatakan berhasil karena telah mencapai target ketuntasan yaitu 85% siswa telah dinyatakan tuntas/ mencapai KKM.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN LKPD BERBASIS HOTS KELAS IV SDN TEGAL DAWA Efa Apriani; Ratna Sari Dewi; Encep Andriana
PREDIKSI (PROFESI PENDIDIKAN INDONESIA) Vol 1, No 1 (2021): PREDIKSI (Profesi Pendidikan Indonesia)
Publisher : Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pembelajaran secara daring membawa dampak pada menurunnya hasil belajar peserta didik. Data hasil belajar peserta didik kelas IV SDN Tegal Dawa menunjukkan ketuntasan belajar peserta didik pada pembelajaran tematik 50% belum mencapai kriteria ketuntasan minimal yaitu 70 dengan nilai rata-rata 59,3. Hal tersebut karena pembelajaran berpusat pada guru serta belum terciptanya pembelajaran yang mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) sebagai keterampilan abad 21. Salah satu alternatif yang dapat dilakukan adalah dengan penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis HOTS. LKPD merupakan media untuk membantu terjadinya interaksi yang aktif dan efektif antara peserta didik dengan sumber belajar. LKPD juga merupakan media untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik dengan meminimalkan peran pendidik. Metode Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Langkah-langkah dalam PTK ini adalah perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi yang dilakukan dalam tiga siklus. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV sebanyak 26 peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas peserta didik dan soal tes. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan aktivitas belajar peserta didik pada siklus I yaitu 2,08 dengan kategori cukup, siklus II 2,7 dengan kategori baik dan siklus III 3,2 dengan kategori baik sekali. hasil belajar peserta didik mengalami kenaikan dengan nilai rata-rata hasil belajar peserta didik pada siklus I 66,1 dengan presentase ketuntasan belajar 57%, siklus II 74,61 dengan presentase ketuntasan belajar 73% dan siklus III 81,1 dengan presentase ketuntasan belajar sebesar 88%. Dengan demikian penggunaan LKPD Berbasis HOTS dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV SDN Tegal Dawa Kecamatan Kasemen Kota Serang.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEMA 7 MELALUI MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN KELAS IV SDN UMBUL KAPUK Enung Siti Nurjanah
PREDIKSI (PROFESI PENDIDIKAN INDONESIA) Vol 1, No 1 (2021): PREDIKSI (Profesi Pendidikan Indonesia)
Publisher : Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pada refleksi awal pelaksanaan pembelajaran Tema 7 di kelas IVA menunjukkan beberapa permasalahan yang mempengaruhi kualitas pembelajaran yang rendah, diantaranya faktor guru, peserta didik, dan fasilitas belajar. Solusi permasalahan ini adalah dilaksanakan penelitian tindakan kelas menggunakan dengan media video pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan media video pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran Tema 7 kelas IV. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam 3 siklus. Pada setiap siklus dilaksanakan dalam 1 pertemuan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini terdiri dari guru dan peserta didik.Variabel penelitian adalah hasil belajar peserta didik. Teknik pengumpulan data digunakan teknik tes berupa evaluasi. Kemudian hasil penelitian dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar peserta didik pada siklus I diperoleh rata-rata ketuntasan klasikal sebesar 59%, pada siklus II diperoleh rata-rata ketuntasan klasikal sebesar 77% dan pada siklus III diperoleh rata-rata ketuntasan klasikal sebesar 86%. Simpulan penelitian ini adalah dengan menerapkan Media Video Pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Tema 7 di kelas IVA SDN Umbul Kapuk Kecamatan Takatakan Kota Serang. Saran bagi guru dalam menerapkan Media Video Pembelajaran adalah mempersiapkan tayangan video agar meningkatkan hasil belajar peserta didik, dalam menyampaikan materi lebih menarik minat peserta didik, selain itu dapat digunakan sebagai acuan untuk melaksanakan pembelajaran di Sekolah Dasar.
MENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA KEGIATAN PEMBELAJARAN DARING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO INTERAKTIF DI KELAS V SDN KRAMAT JATI 07 Ina Karlina
PREDIKSI (PROFESI PENDIDIKAN INDONESIA) Vol 1, No 1 (2021): PREDIKSI (Profesi Pendidikan Indonesia)
Publisher : Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah hasil refleksi bersama tim kolaborasi melalui data dokumen, observasi, wawancara dan catatan lapangan ditemukan masalah mengenai kualitas pembelajaran daring kelas V SDN Kramat Jati 07 Kota Jakarta Timur masih rendah. Ketuntasan klasikal pembelajaran daring hanya 56,90. Permasalahan tersebut disebabkan karena guru belum menggunakan model pembelajaran inovatif yang mengaktifkan siswa, sehingga siswa kurang antusias dalam mengikuti pelajaran. Selain itu, aktivitas tanya jawab antara guru dan siswa sebagai suatu interaksi masih jarang dilakukan, sehingga siswa kurang optimis dalam menyampaikan pendapat. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kualitas pembelajaran daring pada Tema 7 dan 8 yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas V SDN Kramat Jati 07 Kota Jakarta Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari satu pertemuan. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN Kramat Jati 07 Kota Jakarta Timur. Teknik pengumpulan data, menggunakan teknik tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 70,95 (sedang),siklus II siswa memperoleh nilai rata-rata 76,19 (baik), dan siklus III memperoleh nilai rata-rata 85,71 (baik). Hasil belajar daring pada tema 7 dan 8 pada siklus I dengan ketuntasan klasikal 70,95%, 76,19% pada siklus II dan meningkat menjadi 85,71% pada siklus III. Simpulan penelitian ini yaitu media yang digunakan dalam pembelajaran yaitu Media video interaktif dapat meningkatkan kualitas belajar siswa pada pembelajaran daring Tema 7 dan 8 kelas V di SDN Kramat jati 07.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMA 7 DAN 8 MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING Jumyati Jumyati; Encep Andriana; Ratna Sari Dewi
PREDIKSI (PROFESI PENDIDIKAN INDONESIA) Vol 1, No 1 (2021): PREDIKSI (Profesi Pendidikan Indonesia)
Publisher : Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar yang rendah dalam pembelajaran tema 7 dan 8 pada murid kelas IV SD Negeri Kuranji yang berdomisili di Jl. 45 Kuranji Kel. Kuranji Kec. Taktakan Kota Serang. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran, untuk meningkatkan hasil belajar pada tema 7 dan 8 dengan menggunakan model Discovery Learning di kelas IV SD Negeri Kuranji. Metode yang digunakan yakni Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 4 tahap ditiap siklusnya yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari siklus I, siklus II dan siklus III. Jadi kesimpulannya, terdapat peningkatan aktivitas belajar serta hasil belajar dengan menggunakan model Discovery Learning dalam pembelajaran tema 7 dan 8 pada siswa kelas IV SDN Kuranji yang signifikan. Peneliti merekomendasikan hasil penelitian ini kepada guru dalam upaya menciptakan pembelajaran yang menarik, efektif dan menyenangkan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan.

Page 1 of 1 | Total Record : 5