cover
Contact Name
Wari Dony
Contact Email
talentasipil.unbari@gmail.com
Phone
+6285266559852
Journal Mail Official
talentasipil.unbari@gmail.com
Editorial Address
Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik, Universitas Batanghari Jambi Jl. Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kodepos: 36122
Location
Kota jambi,
Jambi
INDONESIA
Jurnal Talenta Sipil
ISSN : -     EISSN : 26151634     DOI : https://www.doi.org/10.33087/talentasipil
This journal publishes scientific articles on research results and reviews covering the fields of engineering
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2018): Februari" : 5 Documents clear
PERBANDINGAN HASIL PERENCANAAN TEBAL PERKERASAN JALAN TIPE PERKERASAN KAKU ANTARA METODE AASHTO 1993 DENGAN METODE Pd.T.14-2003 PADA PERENCANAAN JALAN RADEN FATAH JAMBI Reza Sucinda; M Asmuni Jatoeb; Huzeirien M
Jurnal Talenta Sipil Vol 1, No 1 (2018): Februari
Publisher : Universitas Batanghari Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (465.799 KB) | DOI: 10.33087/talentasipil.v1i1.1

Abstract

Perencanaan perkerasan kaku terdapat dua metode yang sangat dikenal di Indonesia dan sering dipakai untuk merencanakan suatu jalan yang menggunakan perkerasan kaku, yaitu Metode AASHTO 1993 dan Metode Pd.T.4-2003. Peneliti ingin membandingkan kedua metode diatas dengan objek penelitian di ruas jalan Raden Fatah Kec.Jambi Timur Kota Jambi. Permasalahan yang dikemukakan adalah Bagaimana alternatif desain rigid pavement metode AASHTO 1993 dan Pd.T.14-2003 dari parameter-parameter perencanaan. Berapa tebal perkerasan yang dibutuhkan pada rigid pavement metode AASHTO 1993 dan Pd.T.14-2003 dan membandingkan tebal perencanaan perkerasan kaku Rigid Pavement antara metode AASHTO 1993 dan Pd.T.14-2003 pada jalan Raden Fatah Kota Jambi. Untuk mendukung penelitian diatas diawali dengan pengumpulan data skunder, yaitu data-data yang diperoleh dari data yang telah ada berupa catatan dan laporan seperti nilai CBR sebesar 6%, eksisting = 20cm dan data survei LHR terbaru tahun 2017 yang telah didapat. Hasil analisa traffic ruas jalan Raden Fatah pada perencanaan 20 tahun sebesar 1174584217 ESAL. Tebal perkerasan yang didapat dari metode AASHTO 1993 sebesar 23 cm, sedangkan  tebal perkerasan yang didapat metode Pd.T.14-2003 Sebesar 22 cm. Hasil penelitian menunjukan bahwa tebal eksisting tersebut aman digunakan selama umur rencana (20 tahun). Meskipun ada beberapa paramater yang berbeda, hal ini dikarenakan parameter-parameter tersebut disesuaikan masing-masing negara dimana metode tersebut diciptakan. Namun kedua metode ini sama-sama didasarkan pada kemampuan beton dalam menahan beban lentur.Kata Kunci : AASHTO 1993, Pd.T.14-2003,LHR, VDF,ESAL,Fatik dan Erosi
PERENCANAAN JARINGAN IRIGASI BATANG ASAI KABUPATEN SAROLANGUN Fransiska Febby N.P; Azwarman Azwarman
Jurnal Talenta Sipil Vol 1, No 1 (2018): Februari
Publisher : Universitas Batanghari Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (706.315 KB) | DOI: 10.33087/talentasipil.v1i1.2

Abstract

Upaya pemerintah dalam  memenuhi kebutuhan pangan khususnya beras telah dilakukan diantaranya melalui program pembangunan jaringan irigasi. Untuk dapat mengalirkan air dari bendung ke areal lahan irigasi maka diperlukan suatu jaringan irigasi. Pembangunan jaringan irigasi Batang Asai di Kabupaten Sarolangun merupakan salah satu kegiatan pembangunanan penunjang irigasi di Provinsi Jambi. Dengan potensi persawahan yang luas, diharapkan daerah irigasi ini akan menjadi lumbung padi khususnya bagi Kabupaten Sarolangun dan umumnya bagi Provinsi Jambi. Dari hasil analisa ketersediaan air dengan Metode F. J. Mock diketahui besarnya debit andalan  pada Daerah Irigasi Batang Asai Kabupaten Sarolangun dapat memenuhi kebutuhan air untuk areal pertanian ˃1500 Ha, dengan sumber air berasal dari sungai Batang Asai yang mempunyai luas DPS secara keseluruhan ± 1262,4 km2 dan panjang sungai utamanya ± 104,1 km untuk mewujudkan harapan Pemerintah menjadikan daerah ini sebagai lumbung padi dan meningkatkan ketahanan pangan nasional.Kata Kunci:Jaringan Irigasi, Ketersediaan Air, Kebutuhan Air, Areal Pertanian
ANALISA BUNDARAN TUGU KERIS SIGINJAI KOTA BARU JAMBI Muhammad Zuchri Hsb; Eri Dahlan
Jurnal Talenta Sipil Vol 1, No 1 (2018): Februari
Publisher : Universitas Batanghari Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (725.012 KB) | DOI: 10.33087/talentasipil.v1i1.3

Abstract

Bundaran Tugu Keris Siginjai Kota Baru merupakan salah satu bundaran yang ada di Kota Jambi. Bundaran ini melayani arus lalu lintas yang berasal dari Jalan Jendral Basuki Rahmat, Jalan Haji Agus Salim, Jalan H. Zainir Havis. Bundaran Tugu Keris Siginjai Kota Baru merupakan bundaran penting dan mempunyai arus lalu lintas  yang ramai pada jam - jam tertentu karena letak bundaran yang berada di sektor perkantoran, pendidikan dan rekreasi. Data yang digunakan pada penelitian ini yaitu data primer dan skunder.Dalam melakukan analisa, perhitungan yang dilakukan peneliti  berdasarkan pada Metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997.Adapun tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui kapasitas dan kinerja bundaran saat ini terhadap kondisi lalu lintas yang ada. Selain itu peneliti juga ingin mengetahui berapa lama waktu tundaan yang terjadi di Bundaran tersebut. Dari hasil analisis diketahui kapasitas pada bagian jalinan AB = 3571 , jalinan BC = 3516 , jalinan CD = 3540, dan jalinan DA = 3579. Nilai tundaan bundaran (DR) pada Bundaran Tugu Keris Siginjai Kota Baru Jambi yaitu 4,49 det/smp, dengan demikian tundaan dianggap tidak ada karena D < 10 detik.Kata Kunci: bundaran, kapasitas, kinerja
PEMADATAN LAPANGAN ASPHALT CONCRETE BINDER COURSE (AC-BC) PADA PEMBANGUNAN JALAN SIMPANG KARYA MUKTI KABUPATEN BATANGHARI Siswoyo Siswoyo; Fakhrul Rozi Yamali
Jurnal Talenta Sipil Vol 1, No 1 (2018): Februari
Publisher : Universitas Batanghari Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (557.929 KB) | DOI: 10.33087/talentasipil.v1i1.4

Abstract

Pembangunan Jalan Simpang Karya Mukti Kabupaten Batanghari sepanjang 3,70 km yang terdiri dari Lapis Pondasi Tanah Semen (SCB), Lapis Asphalt Concrete Binder Course (AC-BC), Lapis Asphalt Concrete Wearing Course (AC-WC). Tujuan penelitian ini untuk ; 1.Menghitung koefisien pemadatan (factor gembur) hamparan Asphalt Concrete Binder Course (AC-BC) dilapangan, 2. Mengetahui jumlah passing / lintasan dan temperatur serta jenis alat yang dipakai pada pemadatan awal, pemadatan antara dan pemadatan akhir, 3. Mendapatkan tebal padat Asphalt Concrete Binder Course (AC-BC) ≥ 6.00 Cm (tebal nominal) dan nilai derajat kepadatan minimal 98% sebagai identifikasi pengendalian mutu pekerjaan yang dilaksanakan. Hasil pembahasan didapat Nilai koefisien pemadatan (faktor gembur) hamparan dilapangan Asphalt Concrete Binder Course (AC-BC) adalah 20 % dari tebal padat 6 Cm = 1.20 Cm, maka total hamparan gembur 6.00 Cm + 1.20 Cm = 7.20 Cm, 2). Jumlah passing/lintasan dan temperatur serta jenis alat yang dipakai pada pemadatan awal, pemadatan antara dan pemadatan akhir adalah berpedoman pada percobaan variasi II yaitu pemadatan awal 2 passing Tandem Roller(8 Ton) dengan suhu 125˚C, pemadatan antara 14 passing Pneumatic Tire Roller(12 Ton) dengan suhu 100˚C dan pemadatan akhir 2 passing Tandem Roller(8 Ton) dengan suhu 95˚C, 3). Setelah dilakukan core tebal yang didapat adalah 6.05 Cm > 6.00 Cm dan nilai derajat kepadatan adalah 99.89 % > 89.00 %.Kata kunci: AC-BC, Hot Bin, Koefisien Pemadatan
STABILISASI TANAH LEMPUNG MENGGUNAKAN KERIKIL UNTUK MENINGKATKAN DAYA DUKUNG (CBR) DI LABORATORIUM SEBAGAI BAHAN TIMBUNAN Annisaa Dwiretnani
Jurnal Talenta Sipil Vol 1, No 1 (2018): Februari
Publisher : Universitas Batanghari Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (570.983 KB) | DOI: 10.33087/talentasipil.v1i1.5

Abstract

Clay is a type of soil that has a high shrinkage when the change in water content. Construction of roads built on clay soil often damaged, eg cracked or bumpy roads would be damaged so that road before reaching the age of the plan. This study analyzes the behavior of clay in the area of Mendalo Darat, Provinsi Jambi, get maximum soil density and optimum moisture content with the addition of gravel 10%, 20%, 30% and 40%, then tested in the from of nature of the soil, the California Bearing Ratio (CBR). The results, according to the Unified Soil Classification System (USCS) methods. The addition of gravel will cause the properties of the soil Liquid Limit (LL) decreased with Plastic Limit (PL) decreased so that the Plasticity Index (PI) decreased. The addition of gravel will be working actively on the CBR test. From the test results obtained, clay that is stabilized with gravel on variations of 10%, 20%, 30% and 40% indicate an increase in crayying capacity soil and significant decrease in plasticity index. On the gravel mixture of 40% there is significant increase in carrying capacity of 11,90% of power support for the original soil, and on the gravel mixture of 40% also decreased index plasticity of 1,21 % of the original soil plasticity index. The smaller the plasticity index, the carrying capacity is getting bigger.Keywords: clay, stabilized, CBR

Page 1 of 1 | Total Record : 5