cover
Contact Name
Wari Dony
Contact Email
talentasipil.unbari@gmail.com
Phone
+6285266559852
Journal Mail Official
talentasipil.unbari@gmail.com
Editorial Address
Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik, Universitas Batanghari Jambi Jl. Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kodepos: 36122
Location
Kota jambi,
Jambi
INDONESIA
Jurnal Talenta Sipil
ISSN : -     EISSN : 26151634     DOI : https://www.doi.org/10.33087/talentasipil
This journal publishes scientific articles on research results and reviews covering the fields of engineering
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2019): Agustus" : 6 Documents clear
Kinerja Alat Hydraulic Static Pile Driver (HSPD) Pada Proyek Perluasan Terminal Bandara Sultan Thaha Jambi Annisaa Dwiretnani; Indra Agustian Daulay
Jurnal Talenta Sipil Vol 2, No 2 (2019): Agustus
Publisher : Universitas Batanghari Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (865.082 KB) | DOI: 10.33087/talentasipil.v2i2.20

Abstract

Salah satu alat yang umumnya dipakai pada proyek untuk bangunan tinggi adalah alat pancang untuk pengerjaan pondasi. Dengan keadaan proyek yang berada ditengah-tengah pemukiman penduduk lainnya, maka alat pancang yang sering digunakan dalam situasi ini adalah hydraulic static pile driver (HSPD). Kelebihan alat ini antara lain gangguan terhadap lingkungan dapat diminimalkan karena tidak menimbulkan getaran dan kebisingan. Konstruksi pondasi dalam (deep foundation) mempunyai struktur yang sangat kompleks dibandingkan dengan konstruksi pondasi dangkal (shallow foundation). Metode konstruksinya memiliki penampilan yang lebih rumit atau memiliki banyak keterkaitan dengan bagian-bagian lainnya. Salah satu jenis alat pancang yang sering digunakan adalah jenis hydraulic static pile driver (HSPD).
Kinerja Jalan di Kawasan Jl. Kolonel Abunjani Kota Jambi Elvira Handayani; Kiki Rizky Amalia; Ilkham Kamal
Jurnal Talenta Sipil Vol 2, No 2 (2019): Agustus
Publisher : Universitas Batanghari Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (581.17 KB) | DOI: 10.33087/talentasipil.v2i2.21

Abstract

Sektor transportasi merupakan salah satu sektor yang sangat penting dalam mendukung aktivitas sehari-hari seperti kegiatan ekonomi, pendidikan, dan dalam kegiatan perkantoran serta kegiatan lainnya, pada suatu wilayah apabila populasinya mengalami pertumbuhan yang cukup pesat, maka secara linear terjadi pula peningkatan jumlah kendaraan. Salah satunya yan terjadi dijalan di Jl.Kolonel Abunjani, Kota Jambi. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan solusi dari berbagai masalah seperti: kemacetan, kerusakan jalan, resiko kecelakaan serta polusi udara dengan mempertimbangkan besarnya pengaruh dari kendaraan berat terhadap kinerja ruas jalan serta keadaan disekitarnya, hasiln tingkat pelayananya seperti rekayasa lalu lintas.
Analisis Perhitungan Waktu pada di Pekerjaan Irigasi Melawai dengan Metode CPM Elvira Handayani; Annisaa Dwiretnani; Kurniawan A
Jurnal Talenta Sipil Vol 2, No 2 (2019): Agustus
Publisher : Universitas Batanghari Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (368.725 KB) | DOI: 10.33087/talentasipil.v2i2.17

Abstract

Manajemen Konstruksi meliputi mutu fisik konstruksi, biaya dan waktu. manajemen material dan manjemen tenaga kerja yang akan lebih ditekankan. Hal itu dikarenakan manajemen perencanaan berperan hanya 20% dan sisanya manajemen pelaksanaan termasuk didalamnya pengendalian biaya dan waktu proyek. Normalisasi sungai adalah suatu metode yang digunakan untuk menyediakan alur sungai dengan kapasistas mencukupi untuk menyalurkan air, terutama air yang berlebih saat curah hujan tinggi. Tujuan normalisasi sungai antara lain untuk keperluan navigasi, melindungi tebing sungai karena erosi (kikisan), atau untuk memperluas profil sungai guna menampung banjir–banjir yang terjadi. Proyek normalisasi sungai mencakup pengerasan dinding sungai, pembangunan sudetan, pembuatan tanggul dan juga pengerukan. Pengerasan atau penguatan tebing sungai dilakukan dengan pembetonan dinding atau dengan pemasangan batukali, sudetan dilakukan dengan membuat sungai baru yang lurus dengan lintasan terpendek. Sedangkan pembuatan tanggul dilakukan dengan timbunan tanah atau dengan dinding beton yang dipasang memanjang di lokasi–lokasi bergeografi rendah yang rawan banjir.
Kajian Saluran Drainase pada Jalan H.A Roni Sani Kelurahan Paal Lima Kota Jambi Azwarman Azwarman; Kiki Rizky Amalia; Try Hardyansah
Jurnal Talenta Sipil Vol 2, No 2 (2019): Agustus
Publisher : Universitas Batanghari Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (879.212 KB) | DOI: 10.33087/talentasipil.v2i2.22

Abstract

Kelurahan Paal Lima Kota Jambi pada saat hari hujan Dengan intensitas tinggi Jalan H.A Roni Sani mengalami banjir, hal ini disebabkan drainase yang ada tidak mampu menampung kapasitas air hujan yang mengakibatkan air melimpas/meluap dan banjir. Kondisi sistem drainase di Kelurahan Paal Lima yang mengalami penurunan dalam fungsi dan pelayanan yang disebabkan jaringan dan kapasitas saluran drainase yang tidak memadai. Dari permasalahan diatas penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kembali penampang saluran yang menyebabkan  banjir serta membuat penampang saluran yang baru. Dari data curah hujan selama 10 Tahun (2008 – 2017) di dapat intensitas hujan dengan durasi 60 menit/jam sebesar 72,237 mm/jam, dan Debit control= 15,06 m³/detik lebih besar dari debit rencana= 14,052 m³/detik. Dengan dimensi saluran drainase eksisting, B = 2 m dan H = 2 m. Di dapat hasil redesain dimensi berupa: Dimensi drainase dengan  penampang persegi panjang, B = 2,2 m, H = 2,2 m dan F = 0,22 m
Analisis Struktur Jembatan Sungai Kampung Tengah Kecamatan Pelayangan Kota Jambi Suhendra Suhendra; M Nuklirullah; Ilham Fadel Muhammad
Jurnal Talenta Sipil Vol 2, No 2 (2019): Agustus
Publisher : Universitas Batanghari Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (592.897 KB) | DOI: 10.33087/talentasipil.v2i2.18

Abstract

Jembatan Sungai Kampung Tengah merupakan jembatan yang berada pada area lahan persawahan yang memiliki panjang jembatan 300 meter dengan panjang bentang 10 meter dan lebar 3 meter, jembatan yang difungsikan untuk perlintasan kendaraan maksimum gerobak motor roda 3 yang mengangkut hasil pertanian. Analisis ini bertujuan mendesain ulang suatu jembatan  yang ada di Sungai Kampung Tengah Kecamatan Pelayangan Kota Jambi dengan menggunakan peraturan pembebanan jembatan terbaru yaitu SNI 1725:2016 tentang Pembebanan Untuk Jembatan, dan untuk perhitungan  konstruksi beton menggunakan peraturan Manual Konstruksi dan Bangunan No.009/BM/2008 tentang Perencanaan Struktur Beton Bertulang untuk Jembatan. Dari data exixting jembatan tersebut menggunakan 3 buah gelagar memanjang dengan panjang 10m, berdasarkan analisa perhitungan  jembatan dengan menggunakan peraturan tersebut didapatkan jembatan tersebut dapat menggunakan 2 gelagar memanjang pada jembatan tersebut, yang ini juga dapat berakibat pada pengurangan beban dari struktur atas terhadap struktur bawah jembatan tersebut.
Kajian Perkerasan Jalan Menggunakan Metode Analisa Komponen (Studi Kasus Peningkatan Jalan Simpang Talang Babat – Pangkal Bulian Kabupaten Tanjung Jabung Timur) Fakhrul Rozi Yamali; M Nuklirullah; A Rahmad Saparudin
Jurnal Talenta Sipil Vol 2, No 2 (2019): Agustus
Publisher : Universitas Batanghari Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (843.432 KB) | DOI: 10.33087/talentasipil.v2i2.19

Abstract

Kabupaten Tanjung Jabung Timur merupakan Kabupaten yang terletak di Provinsi Jambi, yang  mana  tingkat pertumbuhan  penduduknya cukup tinggi dan perkembangan ekonominya selalu meningkat dari tahun ke tahun, hal ini dapat diketahui dari jumlah pertumbuhan kendaraan di Kabupaten Tanjung Jabung Timur.  Kondisi tersebut menuntut tersedianya fasilitas yang semakin baik, terutama menyangkut prasarana transportasi. Akibat bertambahnya volume lalulintas berdampak juga pada prasarana jalan, salah satunya perkerasan  jalan.  Ruas  jalan simpang Talang Babat -  Pangkal Bulian, merupakan salah satu jalan Kolektor Sekunder dan memiliki beban Lalu Lintas Harian yang cukup tinggi, dengan mencermati hal tersebut maka perlunya mengevaluasi kembali perkerasan jalan yang pada tahun 2017 terjadi peningkatan jalan berupa penambahan lebar lapis perkerasan  sebanyak 2,5 m pada jalur kiri dan kanan, dengan panjang jalan 3,4 km dan  memiliki tebal lapis perkerasan AC – BC 6 cm. Jumlah LHR yang cukup tinggi akan menyebabkan jalan mengalami kerusakan. Berdasarkan hal tersebut, penulis melakukan penelitian mengenai Kajian Perkerasan  Jalan  Menggunakan  Metode Analisa Komponen. Perencanaan ini dimulai dengan survey jumlah  kendaraan  yang  lewat  selama 3 hari, kemudian  mencari referensi dan data – data sekunder  berupa  pertumbuhan lalu lintas, data curah hujan dan data kelas jalan. Setelah  semua data yang dibutuhkan didapat kemudian dilakukan perhitungan tebal perkerasan  jalan  menggunakan metode Analisa Komponen. Berdasarkan perhitungan tersebut didapat lapis tambah yang diperlukan adalah 4 cm.

Page 1 of 1 | Total Record : 6