cover
Contact Name
Johar Amir
Contact Email
abdul.haliq@unm.ac.id
Phone
+6281342761279
Journal Mail Official
wahanaliterasi@unm.ac.id
Editorial Address
Graduate Program Universitas Negeri Makassar, Jalan Bonto Langkasa Gunungsari Baru Makassar, 90222 Kampus PPs UNM Makassar Gedung AC, Indonesia
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
WAHANA LITERASI: Journal of Language, Literature, and Linguistics
ISSN : 28301641     EISSN : 28301552     DOI : -
Core Subject : Education,
Wahana Literasi: Journal of Language, Literature, and Linguistics publishes manuscripts on research in language teaching, literature, and linguistics. This journal features research novelties and significance for scientific advancement in one of the fields of the published manuscripts. This journal welcomes submissions from around the world as well as from Indonesia. Manuscripts published including; Linguistics; phonology, morphology, syntax, discourse analysis, psycholinguistics, sociolinguistics, and critical discourse analysis. Literature: local literature studies, Indonesian literature, foreign literature studies, children literature, literature studies for character education, and other literary studies. Indonesian Language and Literature: curriculum development, learning methods, learning materials, learning media, assessment, Indonesian language learning across curricula, information and communications technology in Indonesian language learning, language skills, and other Indonesian language learning analyses. The editorial board would like to receive manuscripts submitted via the online submission system. Make sure that the manuscripts meet the scope and submission guidelines of the journal.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2021): Wahana Literasi: Journal of Language, Literature, and Linguistics" : 5 Documents clear
Konstruksi Morfologis Bahasa Tae’ di Kecamatan Tomoni Kabupaten Luwu Timur Irmawati Rasyid; Ambo Dalle; Idawati Idawati
Wahana Literasi: Journal of Language, Literature, and Linguistics Vol 1, No 1 (2021): Wahana Literasi: Journal of Language, Literature, and Linguistics
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (645.171 KB) | DOI: 10.59562/wl.v1i1.27464

Abstract

Abstrak. Hasil penelitian ini ditemukan empat macam afiks dalam bahasa Tae’, yaitu: prefiks, sufiks, konfiks dan simulfiks. (1) Prefiks meliputi: ma-, mi-, me-, na-, di-, si-, ti-, pa-, ki-, me-, dan  pi-. (2) Sufiks meliputi: -ang, -i, -kang, -ngi, dan -mi. (3) Konfiks meliputi: di-i, di-ang, di-kang, na-i, na-ang, pa-i, si-i, si-an. Selain afiks juga terdapat reduplikasi yang meliputi: reduplikasi penuh, reduplikasi parsial, dan reduplikasi dengan imbuhan, dan pemajemukan yang meliputi: majemuk dasar, majemuk berafiks, dan majemuk berulang. Kata Kunci: konstruksi morfologis, afiksasi, reduplikasi, pemajemukan, bahasa Tae’.
Kajian Pemberitaan Dugaan Korupsi dalam Dunia Pendidikan: Analisis Wacana Kritis Theo Van Leeuwen Nur Ikraam Syafruddin; Johar Amir; Azis Azis
Wahana Literasi: Journal of Language, Literature, and Linguistics Vol 1, No 1 (2021): Wahana Literasi: Journal of Language, Literature, and Linguistics
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (512.293 KB) | DOI: 10.59562/wl.v1i1.27465

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengungkap bentuk eksklusi pada E-paper Harian Fajar dan E-paper Media Indonesia  dalam pemberitaan mengenai dugaan dalam dunia pendidikan; (2) mengungkap bentuk inklusi pada E-paper Harian fajar dan E-paper Media Indonesia dalam pemberitaan mengenai dugaan korupsi dalam dunia pendidikan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan paradigma kritis yang digolongkan dalam penelitian analisis wacana kritis dan menggunakan metode pengumpulan data dengan cara teknik baca simak, teknik dokumentasi, teknik pencatatan untuk mengidentifikasi bentuk eksklusi dan inklusi, dan penyimpulan data. Sumber data dalam penelitian ini adalah pemberitaan mengani dugaan korupsi dalam dunia pendidikan pada E-paper Harian Fajar dan E-paper Media Indonesia. Pada kedua media ditemukan menggunkan dua strategi yaitu pasivasi dan nominalisasi pada bentuk inklusi dan menggunakan delapan strategi yaitu objektivasi, nominasi, determinasi, indeterminasi, individualisasi, dan asimilasi pada bentuk eksklusi. Kata Kunci: Analisis Wacana Kritis, Teks Berita Dugaan korupsi dalam Dunia Pendidikan, E-paper Harian Fajar, E-paper Media Indonesia
Pemerolehan Bahasa Anak Usia 3 sampan 4 Tahun: Kajian Psikolinguistik Firdhayanty Firdhayanty
Wahana Literasi: Journal of Language, Literature, and Linguistics Vol 1, No 1 (2021): Wahana Literasi: Journal of Language, Literature, and Linguistics
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (605.647 KB) | DOI: 10.59562/wl.v1i1.27466

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Pemerolehan bahasa anak usia 3-4 tahun pada tataran frasa; (2) Pemerolehan bahasa anak usia 3-4 tahun pada tataran kalimat. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini merupakan tuturan ANP berusia 3 tahun 9 bulan, RAS berusia 3 tahun 6 bulan  dan DAA berusia 3 tahun 2 bulan sebagai subjek penelitian. Sumber data dalam penelitian ini merupakan keseluruhan tuturan anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas tiga teknik, yaitu  simak, catat dan cakap. Hal ini dilakukan baik sepengetahuan maupun tanpa sepengetahuan subjek penelitian. Analisis data tersebut dilakukan melalui tiga tahap yaitu, reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pemerolehan bahasa anak usia 3-4 tahun pada tataran frasa yang diperoleh yaitu frasa nominal, frasa verbal, frasa adjektival dan frasa preposisional. Berdasarkan hasil penelitian, frasa yang paling banyak yaitu frasa nominal oleh anak usia 3-4 tahun dalam komunikasi sehari-hari; (2) Pemerolehan bahasa anak usia 3-4 tahun pada tataran kalimat yaitu kalimat deklaratif, kalimat interogatif, dan kalimat imperatif. Kalimat yang paling banyak ditemukan dalam ujaran anak yaitu kalimat deklaratif (kalimat berita) dalam komunikasi sehari-hari. Selain itu, ditemukan pula klitika dari dalam ujaran anak seperti klitika -ki, -mi, -ma, -ji, -i, -na yang merupakan pengaruh bahasa Bugis dalam komunikasi anak sehari-hari sesuai dengan bahasa yang digunakan dalam lingkungan tempat tinggal mereka. Kata kunci: pemerolehan bahasa, frasa, kalimat
Penanda dan Petanda dalam Cerita Anak Kisah Samariona Karya Dahri Dahlan dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Sastra Indonesia pada Sekolah Dasar Mawardani Mawardani; Muhammad Rapi; Anshari Anshari
Wahana Literasi: Journal of Language, Literature, and Linguistics Vol 1, No 1 (2021): Wahana Literasi: Journal of Language, Literature, and Linguistics
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (519.868 KB) | DOI: 10.59562/wl.v1i1.27461

Abstract

Abstrak.  Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penanda dan petanda dalam Kisah Samariona karya Dahri Dahlan berdasarkan semiotika Ferdinan de Saussure dan mendeskripsikan implikasi Kisah Samariona karya Dahri Dahlan dalam penyusunan perangkat pembelajaran sastra Indonesia pada Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunkan metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penanda dan petanda  yang dimuat dalam cerita anak Kisah Samariona  karya Dahri Dahlan berdasarkan teori semiotika Ferdinan de Saussure terarah pada pemaknaan tanda yang mengungkapkan nilai kearifan lokal, realitas kehidupan sosial dan alam, hubungan kekeluargaan, serta persahabatan. Kemudian hasil analisis penanda dan petanda semiotika Ferdinan de Saussure pada Kisah Samariona karya Dahri Dahlan diimplikasikan sebagai alat dalam menyusun ringkasan cerita yang kemudian digunakan dalam penyusunan perangkat pembelajaran sastra Indonesia pada Sekolah Dasar kelas IV KD 3.5  dan 4.5. Penerapan KD tersebut masuk ke dalam pembelajaran tematik terpadu dalam hal ini pembelajaran bahasa Indonesia tema 4 subtema 3 pembelajaran 1.  Kata Kunci: Semiotika, Penanda, Petanda, Pembelajaran
Pengaruh Aplikasi Google Meet dan Aplikasi Zoom Cloud Meeting dalam Keterampilan Menulis Resensi Novel Fadly Maulana; Sulastriningsih Djumingin; Ambo Dalle
Wahana Literasi: Journal of Language, Literature, and Linguistics Vol 1, No 1 (2021): Wahana Literasi: Journal of Language, Literature, and Linguistics
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (652.923 KB) | DOI: 10.59562/wl.v1i1.27462

Abstract

Abstrak. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa (1) aplikasi google meet terdapat perbedaan yang signifikan dalam keterampilan menulis resensi novel siswa kelas XI MAN 1 Makassar. Terbukti dari perbandingan nilai mean pretest dan postest yaitu 53,26 < 72,75 dan hasil uji paired sample t test diperoleh thitung > ttabel yaitu 12,843 > 2,045 dengan taraf signifikansi (2 sisi) 5% = 0,05 sehingga H1 diterima dan H0 ditolak. (2) aplikasi zoom cloud meeting terdapat perbedaan yang signifikan dalam keterampilan menulis resensi novel siswa kelas XI MAN 1 Makassar. Terbukti dari perbandingan nilai mean pretest dan postest yaitu 52,75 < 73,91 dan hasil uji paired sample t test diperoleh thitung > ttabel yaitu 12,786 > 2,045 dengan taraf signifikansi (2 sisi) 5% = 0,05 sehingga H1 diterima dan H0 ditolak. (3) aplikasi google meet dan zoom cloud meeting tidak terdapat pengaruh signifikan dalam keterampilan menulis resensi novel siswa kelas XI MAN 1 Makassar. Terbukti dari hasil uji independent sample t test diperoleh thitung ≤ ttabel yaitu -0,800 ≤ 2,002 dengan taraf signifikansi (2 sisi) 5% = 0,05 sehingga H1 ditolak dan H0 diterima. 

Page 1 of 1 | Total Record : 5