cover
Contact Name
Dedy Juliandri Panjaitan
Contact Email
dedyjuliandri@gmail.com
Phone
+6281361141563
Journal Mail Official
Jurnal@pascaumnaw.ac.id
Editorial Address
Jalan Garu II No. 02 Medan, Kelurahan Harjosari I, Kecamaan Medan Amplas, Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara, 20147
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal MathEducation Nusantara
ISSN : 2614512X     EISSN : 26145138     DOI : https://doi.org/10.32696/jmn.v5i1.203
Jurnal MathEducation Nusantara berfokus pada publikasi hasil penelitian ilmiah pada bidang pendidikan matematika. Artikel yang dipublikasikan merupakan hasil dari civitas akademika internal dan eksternal Universitas Muslim Nusatara Al Washliyah khususnya pada bidang pendidikan matematika. Jurnal ini bertujuan untuk mempublikasikan penelitian berkualitas tinggi dalam pendidikan matematika termasuk pengajaran dan pembelajaran, pengembangan kurikulum, lingkungan belajar, pendidikan guru, teknologi pendidikan, pengembangan pendidikan, dari berbagai jenis penelitian seperti survei, penelitian dan pengembangan, penelitian eksperimental, penelitian tindakan kelas, dll.
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2019): July 2019" : 11 Documents clear
Ekspolarasi Etnomatematika Pada Bagunan Candi Portibi Nursahadah Nursahadah
Jurnal MathEducation Nusantara Vol 2, No 2 (2019): July 2019
Publisher : Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (789.313 KB) | DOI: 10.32696/jmn.v2i2.80

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil eksplorasi etnomatematika masyarakat Portibi dengan jenis penelitian eksplorasi serta pendekatan etnografi. Data penelitian diperoleh dari studi kepustakaan, pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Informan terdiri dari 5 orang  tokoh masyarakat yang berada disekitar wilayah Portibi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya konsep matematika pada masyarakat Portibi. Konsep-konsep matematika tersebut dapat kita lihat pada bangunan candiyang menggunakan konsep bangun datar dan geometri. Terbukti adanya konsep-konsep matematika yang terkandung dalam bangunan Candi Portibi yang terdiri dari  Candi Bahal I, BahaII dan Bahal III, semuanya mengunakan konsep matematika bangun  datar dan geometri. Hasil penelitian ini bisa dijadikan  alternatif pembelajaran matematika di luar kelas, dengan mengenalkankonsep-konsep matematika yang terdapat dalam kehidupan masyarakatterutama dalam bentuk bangunan seperti Candi , dan dapat dijadikan sebagai rujukan penyusuna soal pemecahan masalah matematika kontekstual
Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Koneksi Matematik Siswa di tinjau dari Motivasi Belajar Siswa Oktaviana Nirmala Purba
Jurnal MathEducation Nusantara Vol 2, No 2 (2019): July 2019
Publisher : Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (246.097 KB) | DOI: 10.32696/jmn.v2i2.93

Abstract

Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Intruction Dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Matematika Siswa di MTS Swasta Pondok Pesantren Darul Mursyidi Sialogo Masdelima Azizah Sormin; Yulia Anita Siregar
Jurnal MathEducation Nusantara Vol 2, No 2 (2019): July 2019
Publisher : Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1275.212 KB) | DOI: 10.32696/jmn.v2i2.86

Abstract

Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Discovery Learning Pada Kurikulum 2013 Kelas X di SMA Negeri 1 Air Joman Dewi Astuti; Ely Syafitri
Jurnal MathEducation Nusantara Vol 2, No 2 (2019): July 2019
Publisher : Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (878.498 KB) | DOI: 10.32696/jmn.v2i2.81

Abstract

Penelitian berjenis kuasi eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis  yang terjadi pada siswa yang diberi pembelajaran discovery learning pada kurikulum 2013 dan pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 1 Air Joman Kabupaten Asahan dengan sampel siswa dari dua kelas X masing-masing X-2 dan X-3.  Kemampuan awal matematika siswa digolongkan sesuai dengan nilai rapot. Instrumen yang digunakan dengan tes kemampuan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang diajar dengan pembelajaran discovery learning pada kurikulum 2013 memiliki peningkatan kemampuan berpikir kritis yang lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional.  Ini terlihat dari rata-rata N-gain yang diperoleh di kelas eksperimen sebesar 0,13 sedangkan N-Gain kelas kontrol sebesar 0,12. Adapun interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal diketahui bahwa faktor tersebut tidak memberikan kontribusi secara bersamaan pada peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa
Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Pada Pelajaran Matematika Gita Kencanawaty
Jurnal MathEducation Nusantara Vol 2, No 2 (2019): July 2019
Publisher : Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1123.514 KB) | DOI: 10.32696/jmn.v2i2.94

Abstract

Implementasi Game Matematika Online melalui Metode Drill untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematis Siswa SMPN Arun Lhokseumawe Andriani Andriani
Jurnal MathEducation Nusantara Vol 2, No 2 (2019): July 2019
Publisher : Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1199.923 KB) | DOI: 10.32696/jmn.v2i2.89

Abstract

Pengembangan Bahan Ajar Materi Lingkaran Berbasis Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII Romansyah Romansyah; Suriyani Suriyani; Islamiani Safitri
Jurnal MathEducation Nusantara Vol 2, No 2 (2019): July 2019
Publisher : Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (801.048 KB) | DOI: 10.32696/jmn.v2i2.82

Abstract

Menganalisa Pengaruh Penerapan Full Day School Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa di SMA Primbana Medan Windah Maria Tamba; Hayati Manalu; Laurensia Manurung; Ribka Kariani Sembiring
Jurnal MathEducation Nusantara Vol 2, No 2 (2019): July 2019
Publisher : Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (802.359 KB) | DOI: 10.32696/jmn.v2i2.90

Abstract

Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Mahasiswa Machrani Adi Putri Siregar; Aminda Tri Handayani
Jurnal MathEducation Nusantara Vol 2, No 2 (2019): July 2019
Publisher : Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (741.026 KB) | DOI: 10.32696/jmn.v2i2.83

Abstract

Pembelajaran Matematika Materi Faktor dan Faktor Persekutuan Menggunakan Puzzle di Kelas IV Indah Widyaningrum
Jurnal MathEducation Nusantara Vol 2, No 2 (2019): July 2019
Publisher : Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1202.961 KB) | DOI: 10.32696/jmn.v2i2.77

Abstract

Page 1 of 2 | Total Record : 11