cover
Contact Name
Leny Heliawati
Contact Email
leny_heliawati@unpak.ac.id
Phone
+6285216150330
Journal Mail Official
jsep@unpak.ac.id
Editorial Address
Program Pascasarjana - Universitas Pakuan Gedung Mashudi, Lantai Dua, Jl. Pakuan, Tegallega. Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor. Jawa Barat 16143
Location
Kota bogor,
Jawa barat
INDONESIA
JSEP (Journal of Science Education and Practice)
Published by Universitas Pakuan
ISSN : 2548950X     EISSN : 25497170     DOI : Prefix 10.33751
Core Subject : Science, Education,
JSEP (Journal Science and Education Practice) offers an interdisciplinary forum for the publication of original peer-reviewed, contributed and invited research articles of the highest quality that address different topics of science education with implications for improving and enhancing science education practices and theories. This journal publishes research articles on various innovation education that are interesting and have an impact on the development of education. The journal publishes articles on interdisciplinary content and cross-field dimensions related to education from various cultural perspectives. The journal includes, but is not limited to the following fields: - Education Method Innovation - Education Technology Innovation - Cultural History - Cultural Studies Innovation - Learning Innovation - Training Innovation - Teaching Innovation
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2017): December 2017" : 6 Documents clear
Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Pratikum Pada Topik Pengukuran Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP Mahrun Mahrun; Anna Permanasari; Leny Heliawati
JSEP (Journal of Science Education and Practice) Vol 1, No 1 (2017): December 2017
Publisher : Universitas Pakuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (337.346 KB) | DOI: 10.33751/jsep.v1i1.377

Abstract

Abstrak: Penelitian kuasi eksperimen ini bertujuan untuk mengimplementasikan pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis pratikum untuk meningkatkan penguasaan konsep dan keterampilan proses sains siswa pada topik pengukuran. Sebanyak 83 siswa SMP Kelas I terlibat dalam penelitian ini. Subjek penelitian dikelompokkan dalam kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen mendapat perlakuan pembelajaran inkuiri berbasis peratikum sedangkan kelompok kontrol mendapat perlakuan pembelajaran berbasis pratikum. Penelitian ini menggunakan instrumen pilihan ganda untuk menjaring penguasan konsep siswa, sedangkan keterampilan proses sains dijaring dengan menggunakan tes esay. Hasil analisis menunjukkan bahwa pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis praktikum pada topik penguran dapat meningkatkan penguasaan konsep dan Keterampilan Proses Sains (KPS) siswa. Peningkatan penguasaan konsep untuk kelas eksperimen adalah 54.58% sedangkan kelas kontrol adalah 26.60%. Peningkatan Keterampilan Proses Sains (KPS) pada kelas eksperimen sebesar 67.80% dengan kategori tinggi, sedangkan Keterampilan Proses Sains (KPS) kelas kontrol adalah 27.25% dengan katerogi sedang. Hasil analisis juga menunjukkan bahwa terdapat korelasi positif antara penguasaan konsep dan Keterampilan Proses Sains (KPS). Siswa juga memberikan tanggapan positif terhadap impelementasi pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis praktikum.Kata Kunci: Pembelajaran Inkuiri, Pratikum, Penguasaan Konsep, Keterampilan Proses Sains
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL INKUIRI TERBIMBING MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM Luthfi Faza Afina Riza Walida; Rudiana Agustini; Tukiran Tukiran
JSEP (Journal of Science Education and Practice) Vol 1, No 1 (2017): December 2017
Publisher : Universitas Pakuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (271.811 KB) | DOI: 10.33751/jsep.v1i1.382

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan mengembangkan perangkat pembelajaran kimia berorientasi model inkuiri terbimbing dengan strategi mind mapping yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan dengan model Research Development (R D). Perangkat pembelajaran diujikan terhadap siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tuban Tahun Pelajaran 2014/2015 pada materi hidrolisis garam. Hasil penelitian menunjukkan: (1) validitas teoritis terhadap rencana pelaksanaan pembelajaran, buku ajar siswa, lembar kegiatan siswa dan tes hasil belajar berkategori sangat baik; (2) keterlaksanaan rencana pelaksanaan pembelajaran berkategori baik; (3) aktivitas siswa menunjukkan nilai tertinggi pada kegiatan membuat rumusan masalah, membuat hipotesis sementara, mengumpulkan data dan berdiskusi dengan teman; (4) keterbacaan Buku Ajar Siswa (BAS) dan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) mudah dipahami oleh siswa (5) seluruh siswa mencapai ketuntasan hasil belajar dengan nilai tinggi (0,9); dan (6) respon siswa baik terhadap proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran kimia SMA menggunakan model inkuri terbimbing dengan strategi mind mapping pada materi hidrolisis garam layak sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran.Kata Kunci: inkuiri terbimbing, pengembangan perangkat pembelajaran, strategi mind mapping.
PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTUAN PhET UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA Teguh Budi Raharjo Eko Saputra; Mohamad Nur; Tarzan Purnomo
JSEP (Journal of Science Education and Practice) Vol 1, No 1 (2017): December 2017
Publisher : Universitas Pakuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (67.592 KB) | DOI: 10.33751/jsep.v1i1.378

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran IPA materi listrik dinamis menggunakan media KIT listrik yang dilengkapi PhET yang valid, praktis, dan efektif untuk melatihkan keterampilan proses sains siswa SMP. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan tiga tahap dari model 4-D, yaitu tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan diujicobakan di kelas IX SMP Negeri 1 Kertek Wonosobo semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017 dengan rancangan penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Parameter penelitian yang diukur adalah validitas, kepraktisan, dan efektivitas perangkat pembelajaran. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, angket, dan tes. Teknik analisis data menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan perangkat pembelajaran IPA menggunakan media KIT listrik yang dilengkapi PhET untuk materi listrik dinamis yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif untuk melatihkan keterampilan proses sains siswa.Kata Kunci: Kit listrik, perangkat pembelajaran, keterampilan proses sains, simulasi PhET
IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK BERBASIS LESSON STUDY TERHADAP PENGEMBANGAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA CALON GURU SEKOLAH DASAR Fitri siti Sundari1; Rukmini Handayani; Yuli Mulyawati
JSEP (Journal of Science Education and Practice) Vol 1, No 1 (2017): December 2017
Publisher : Universitas Pakuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (85.009 KB) | DOI: 10.33751/jsep.v1i1.379

Abstract

Abstrak: Pendekatan saintifik meliputi kegiatan pengamatan, penalaran, inferensi, validasi, dan penjelasan kebenaran. Pembelajaran yang menarik, efektif, dan menyenangkan juga bisa dilakukan melalui penerapan pendekatan saintifik. Siswa diharapkan dapat mengembangkan pemikiran kritis mereka dan guru berperan sebagai fasilitator. Oleh karena itu, kemampuan berfikir kritis perlu dikembangkan sebagai salah satu kompetensi siswa dalam kehidupan akademik mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pendekatan pembelajaran saintifik berbasis lesson study terhadap pengembangan kemampuan berpikir kritis mahasiswa PGSD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan mengumpulkan data dari hasil observasi, observasi teman sebaya, lembar kerja dan hasil evaluasi siswa semester dua PGSD Berdasarkan hasil penelitian, pendekatan pembelajaran saintifik berbasis lesson study dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa PGSD.Kata Kunci: Berpikir Kritis, Pendekatan Saintifik, Lesson Study
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN BRAINSTORMING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH KESEHATAN LINGKUNGAN Rita Istiana; Muhammad Taufik Awaludin
JSEP (Journal of Science Education and Practice) Vol 1, No 1 (2017): December 2017
Publisher : Universitas Pakuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (41.995 KB) | DOI: 10.33751/jsep.v1i1.380

Abstract

Abstrak: Kualitas lingkungan hidup yang semakin menurun telah mengancam kelangsungan perikehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya, serta pemanasan global yang semakin meningkat yang mengakibatkan perubahan iklim dan hal ini akan memperparah penurunan kualitas lingkungan hidup. Pendidikan tinggi berperan dalam peningkatan pemahaman dan perubahan perilaku yang lebih bertanggung jawab di kalangan mahasiswa terhadap lingkungan hidup. Diperlukan suatu strategi dan pendekatan yang dituangkan ke dalam model pembelajaran yang dirasa efektif dalam rangka memecahkan masalah mahasiswa dalam kepekaannya terhadap lingkungan. Model pembelajaran Problem Based Learning dan Brainstorming diharapkan dapat meningkatkan kompetensi dan keterampilan mahasiswa dengan cara menghimpun berbagai gagasan, pendapat, informasi, pengetahuan, dan pengalaman, serta membuat mahasiswa mahir dan memiliki kecakapan dalam memecahkan masalah lingkungan. Penelitian ini merupakan Classroom Action Research yang bertujuan untuk menemukan cara belajar yang lebih kreatif dan inovatif, meningkatkan motivasi belajar, mencari pemecahan masalah kesehatan lingkungan dan mengaitkannya dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian dilakukan di Program Studi Pendidikan Biologi di salah satu LPTK Swasta Kota Bogor. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan antusiasme pada siklus I sebesar 73 % menjadi 84% pada siklus II. Kemampuan memecahkan masalah kesehatan lingkungan pada siklus I dengan nilai rata-rata 77,63 dan prosentase ketuntasan 63,33% bertambah pada siklus II dengan nilai rata-rata 84,85 dan prosentase ketuntasan 86,67%.Kata Kunci: Problem Based Learning, Brainstorming, Kemampuan Memecahkan Masalah
PENGEMBANGAN INTERACTIVE PROBLEM BASED MODULE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN PENGUASAAN KONSEP IPA B. Seftian B. Seftian; Anna Permanasari; Bibin Rubini
JSEP (Journal of Science Education and Practice) Vol 1, No 1 (2017): December 2017
Publisher : Universitas Pakuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (331.843 KB) | DOI: 10.33751/jsep.v1i1.381

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Research and Development (RD) terbatas dengan desain ADDIE yang diharapkan akan menghasilkan produk berupa Interactive Problem Based Module (IPBM). Penelitian selanjutnya dilakukan untuk mengetahui efektifitas dari IPBM terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis (CT) dan penguasaan konsep IPA siswa pada materi kepadatan populasi dan pencemaran lingkungan. Penelitian ini dilaksanakan pada salah satu SMP di Kota Bogor semester genap tahun 2017. Populasi penelitian berjumlah 33 orang siswa yang ditentukan secara purposive sampling. Penelitian pre-eksperimen ini dilakukan dengan pre-post test design. Instrumen tes yang digunakan berupa soal pilihan ganda dan uraian yang sebelumnya telah diuji terhadap item tes berupa uji validitas, uji reliabilitas, tingkat kesukaran butir soal, dan daya pembeda soal. IPBM divalidasi oleh ahli dari segi media maupun materi dengan penilaian dalam kategori sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan IPBM dalam pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan penguasaan konsep IPA dengan baik. Hal tersebut dapat dilihat dari data yang diperoleh Hasil implementasi terlebih menyeluruh terhadap penggunaan IPBM dalam pembelajaran dapat meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis siswa dengan %N-gain 48, dan meningkatkan Penguasaan Konsep siswa dengan %N-gain 40. Siswa yang memenuhi kriteria ketuntasan adalah 27 orang dari 33 siswa.Kata Kunci: Interactive Problem Based Module, Keterampilan Berpikir Kritis, Penguasaan Konsep

Page 1 of 1 | Total Record : 6