cover
Contact Name
Dadi Ahmadi
Contact Email
uptpublikasi@unisba.ac.id
Phone
+62 896-5745-3976
Journal Mail Official
jrpr@unisba.ac.id
Editorial Address
UPT Publikasi Ilmiah lantai 4, Rektorat Unisba, Jln Tamansari No.20, 40116
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Riset Public Relations
ISSN : 28083059     EISSN : 27986616     DOI : https://doi.org/10.29313/jrpr.v1i2
Jurnal Riset Public Relations Jurnal Riset Public Relations (JRPR) adalah jurnal peer review dan dilakukan dengan double blind review yang mempublikasikan hasil riset dan kajian teoritik terhadap isu-isu empirik dalam sub kajian media, strategi PR, dll. JRPR ini dipublikasikan pertamanya 2021 dengan eISSN 2798-6616 yang diterbitkan oleh UPT Publikasi Ilmiah, Universitas Islam Bandung. Semua artikel diperiksa plagiasinya dengan perangkat lunak anti plagiarisme. Jurnal ini akan ter-indeks di Google Schoolar, Garuda, Crossref, dan DOAJ. Terbit setiap Juli dan Desember.
Articles 70 Documents
Opini Member Mengenai Personal Selling Sales Moka Pos dalam Memasarkan Produk Olga Puspa Novilini; Riza Hernawati
Jurnal Riset Public Relations Volume 1, No. 1, Juli 2021, Jurnal Riset Public Relations (JRPR)
Publisher : UPT Publikasi Ilmiah Unisba

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (243.557 KB) | DOI: 10.29313/jrpr.v1i1.76

Abstract

Abstract. Large companies application cash Moka POS is one of business competitors in the online. Moka POS system is the point of sales. The point of sales arranged to present information business. If a cafe, then output is menu and price. The output of cash application was sent digitally through sms to customers cellular phones. Moka POS through personal selling post, sell their products use of the executive marketers sales which aims to affect consumer to purchase. On Moka POS sometimes frequent mistake by sales or communication on the application cashier online itself. To the Moka POS give to briefing sales. However sales was not able to practice so they cannot give satisfaction for their customers, this can be seen in figure a customer complaint. The purpose of research to know a member opinion about salesmanship sales, negotiating, marketing sales relationship Moka POS heading in markets better for you products. A method of descriptive with the sampling method of who used in research is the total sampling. The sample collection as many as 95 visitors. Based on the research done, shows that a member opinion about salesmanship sales, negotiating, relationship marketing Moka POS heading in markets better for you products sales could be said to be good because any product Moka POS offer will be able to understand, the manner of serving salesmanship sales, negotiating, relationship marketing to consumer good so consumers business operators become a member of the application of these Moka POS. Abstrak. Perusahaan besar aplikasi kasir online yaitu Moka POS adalah salah satu pesaing bisnis dalam bidang online. Moka POS merupakan aplikasi sistem Point of Sales. Sistem Point of Sales diatur agar dapat menyajikan informasi usaha. Apabila pada sebuah kafe, maka output-nya adalah daftar menu dan harga. Output dari aplikasi kasir tersebut dikirimkan secara digital melalui SMS ke ponsel pelanggan. Moka POS melalui personal selling, memasarkan produknya menggunakan tenaga pemasar yaitu Sales Executive yang bertujuan untuk mempengaruhi konsumen agar melakukan pembelian. Pada Moka POS terkadang juga sering terjadi kesalahan komunikasi oleh sales ataupun pada aplikasi kasir online itu sendiri. Untuk meminimalis keluhan-keluhan tersebut, Moka POS memberikan pembekalan kepada sales. Namun ternyata sales tersebut belum mampu mempraktekannya sehingga mereka tidak dapat memberikan kepuasan bagi pelanggannya, hal ini dapat dilihat pada gambar keluhan pelanggan. Tujuan penelitian untuk mengetahui opini member mengenai salesmanship sales, negotiating, relationship marketing sales Moka POS dalam memasarkan produk. Metode deskriptif dengan sampling yang digunakan dalam penelitian adalah total sampling. Pengambilan sampel sebanyak 95 orang. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa opini member mengenai salesmanship sales, negotiating, relationship marketing sales Moka POS dalam memasarkan produk bisa dikatakan baik karena setiap produk Moka POS yang di tawarkan dapat di mengerti, cara melayani salesmanship sales, negotiating, relationship marketing terhadap konsumen baik sehingga konsumen pelaku usaha menjadi member dari aplikasi Moka POS tersebut.
Kampanye Komunikasi Ecotransport dalam Mengurangi Transportasi Pribadi Rahmadhani Ayu Harvianti; Oji Kurniadi
Jurnal Riset Public Relations Volume 1, No. 1, Juli 2021, Jurnal Riset Public Relations (JRPR)
Publisher : UPT Publikasi Ilmiah Unisba

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (165.388 KB) | DOI: 10.29313/jrpr.v1i1.77

Abstract

Abstract. Ecotransport Indonesia is still fresh with diverse activities, from walking, public transportation, and cycling. The thing that is most crowded with the people of Bandung is cycling. Based on this phenomenon, the problem in this research is formulated as follows: (1) How does ecotransport plan a communication campaign program about reducing personal transportation? (2) How does ecotransport choose media as a publication tool? (3) Why does ecotransport use a persuasive approach in the communication campaign to reduce personal transportation? Researcher using qualitative case studies. Data collection techniques used in this study were interviews with key informan, observation, and literature. The results of this study are: The results obtained from this research are (1) the planning of the campaign carried out by determining the issues raised, one of which is in the discipline of driving, setting goals to provide education about environmentally friendly transportation or by other names Ecotransport, determining the message delivered to the public, this audience from Ecotransport which is not only focused on the community but also on the government as well and the strategy used is communication that is done face-to-face and persuasive through social media but still not maximized. (2) Media publications include conducting talk shows on the radio, in addition to making e-posters uploaded through social media. (3) The use of face-to-face communication to provide clear explanations will protect the environment. Abstrak. Ecotransport Indonesia ini terbilang masih fresh dengan kegiatan yang beraneka ragam, dari berjalan kaki, transportasi umum dan bersepeda. Hal yang paling ramai diikuti oleh masyarakat kota Bandung adalah bersepeda. Berdasarkan fenomena ini, masalah dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: (1) Bagaimana ecotransport merencanakan program kampanye komunikasi tentang pengurangan transportasi pribadi? (2) Bagaimana ecotransport memilih media sebagai alat publikasi? (3) Mengapa ecotransport menggunakan pendekatan persuasif dalam kampanye komunikasi untuk mengurangi transportasi pribadi? Peneliti menggunakan studi kasus kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dengan informan kunci, observasi, dan studi pustaka. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah (1) perencanaan kampanye yang dilakukan adalah menentukan isu yang diangkat salah satunya adalah dalam disiplin berkendara, penyusunan tujuan untuk memberikan edukasi mengenai transportasi ramah lingkungan atau dengan nama lain Ecotransport, menentukan pesan yang disampaikan kepada khalayak publik, khalayak dari Ecotransport ini yang tidak hanya terfokus kepada masyarakat saja melainkan kepada pemerintah juga dan strategi yang digunakan adalah komunikasi yang dilakukan secara face-to-face dan persuasive melalui media sosial dan hasilnya belum maksimal. (2) Media publikasi yang dilakukan yaitu melakukan talkshow di radio, selain itu dengan membuat e-poster yang diunggah melalui media sosial. (3) Penggunaan komunikasi secara tatap muka ini untuk memberikan penjelasan yang jelas akan menjaga lingkungan sekitar.
Strategi Branding Kopi Kewadanan dalam Menghadapi Persaingan Muchammad Faisal Ramadhan; Udung Noor Rosyad
Jurnal Riset Public Relations Volume 1, No. 1, Juli 2021, Jurnal Riset Public Relations (JRPR)
Publisher : UPT Publikasi Ilmiah Unisba

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (168.277 KB) | DOI: 10.29313/jrpr.v1i1.78

Abstract

Abstract. Age is no longer a limitation in terms of enjoying a cup of coffee, a drink that is identical to the parents precisely for the time being is a drink that is very popular with many generations. The number of local coffee shops that have sprung up in Indonesia is also one of the factors causing this to happen, including Kopi Kebadanan which appears as one of the coffee shops in Banjar, West Java. Kopi Kewadanan sees several opportunities in building a coffee shop business, especially in cities that, because the numbers are quite small to make an opportunity in the face of competition.The purpose of this study is to find out how the branding strategy carried out by Coffee Entity, to find out how the implementation of the branding strategy carried out by Coffee Kebadanan, to find out the reason Coffee Entity uses Instagram social media as a branding strategy in the face of competition in the coffee shop business. The method chosen to conduct research on this branding strategy the author chose a qualitative method. This type of research is more emphasized to explore the meaning stored in a social phenomenon. That way this type of research can provide in-depth results because the data obtained is open. The strategy used in this research is a case study because this phenomenon occurs within a certain time limit and the researcher emphasizes the process. The results showed that the Branding Strategy undertaken by Kopi Kewadanan was to use Instagram social media. Kopi Kewadanan utilizes features found on Instagram such as photos, videos and Instagram stories to load content from previously created concepts. There is a planning stage that contains research, determines the concept and creates content as well as an implementation stage such as uploading the content via Instagram so that it can be seen by followers who are Banjar city residents even from outside the city. Abstrak. Usia bukan lagi pembatas dalam hal untuk menikmati secangkir kopi, minuman yang identik dengan orang tua justru untuk saat ini menjadi minuman yang sangat digemari oleh banyak generasi. Banyaknya coffee shop lokal yang bermunculan di Indonesia juga menjadi salah satu faktor penyebab hal tersebut dapat terjadi termasuk Kopi Kewadanan yang muncul sebagai salah satu coffee shop yang ada di Banjar, Jawa Barat.Kopi Kewadanan melihat adanya beberapa peluang dalam membangun bisnis coffee shop khususnya di kota tersebut, karena jumlahnya yang cukup sedikit menjadikan kesempatan dalam menghadapi persaingan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi branding yang dilakukan oleh Kopi Kewadanan, untuk mengetahui bagaimana implementasi dari strategi branding yang dilakukan Kopi Kewadanan, untuk mengetahui alasan Kopi Kewadanan menggunakan media sosial Instagram sebagai strategi branding dalam menghadapi persaingan bisnis coffee shop. Metode yang dipilih untuk melakukan penelitian mengenai strategi branding ini penulis memilih metode kualitatif. Jenis penelitian ini lebih ditekankan untuk menggali makna yang tersimpan pada suatu fenomena sosial. Dengan begitu maka jenis penelitian ini dapat memberikan hasil yang mendalam karena data yang didapat bersifat terbuka. Strategi yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus karena fenomena ini terjadi dalam batas waktu tertentu dan peneliti menekankan pada prosesnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi Branding yang dilakukan oleh Kopi Kewadanan adalah dengan menggunakan media sosial Instagram. Pihak Kopi Kewadanan memanfaatkan fitur-fitur yang terdapat pada Instagram seperti foto, video dan Instagram story untuk memuat konten dari konsep yang telah dibuat sebelumnya. Terdapat tahap perencanaan yang berisi riset, menentukan konsep dan membuat konten serta tahap pelaksanaan seperti mengunggah konten tersebut melalui Instagram agar dapat dilihat oleh followers yang merupakan masyarakat kota Banjar bahkan dari luar kota.
Hubungan Kampanye Politik Calon Presiden 2019 melalui Media Sosial Instagram dengan Keputusan Memilih Mahasiswa Indonesia di Thailand Laras Weninggalih; M.E Fuady
Jurnal Riset Public Relations Volume 1, No. 1, Juli 2021, Jurnal Riset Public Relations (JRPR)
Publisher : UPT Publikasi Ilmiah Unisba

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (245.379 KB) | DOI: 10.29313/jrpr.v1i1.79

Abstract

Abstract. The popularity of the use of social media in society, especially young people, makes many politicians choose social media as an effective media for campaigning. In this 2019 Presidential Election, the social media phenomenon Instagram has become the main platform for the Indonesian people to participate in all forms of activities of the two presidential candidates, starting with information about their daily activities, including all content in the form of ideas and views that are promoted by the two pairs of candidates. The content has become the main news intake for Indonesian citizens, especially the segmentation of young people or students. Whether it's Indonesian students at home and abroad. Noted there are around 86,420 Indonesian students spread across 53 countries who will take part in the elections this year. This data was delivered by PPI World Communications Office Deputy Dinda Lisna Amilia in Jawa Pos Online. The purpose of this research is whether there is a relationship between the Political Campaign of Presidential Candidates 2019 through the Official Accounts @jokowi and @prabowo with the Decision to Choose among Indonesian Students in Thailand, then the method used is the correlational method using data collection techniques in the form of questionnaires and questionnaires. The population in this study were Indonesian students in Thailand as users of Instagram social media. The sample in this study amounted to 85 Indonesian students in Thailand out of a total population of 580 people in 2019. The sampling technique used was the Slovin technique. The results of this study are that there is a significant relationship between the political campaigns of the 2019 Presidential Candidates via the official Instagram account @jokowi and @prabowo on the decision to choose among Indonesian students in Thailand with a very high relationship. Abstrak. Kepopuleran penggunaan media sosial di masyarakat terutama kalangan muda, banyak membuat para politisi memilih media sosial sebagai media yang efektif untuk berkampanye. Dalam Pilpres 2019 ini, fenomena sosial media instagram telah menjadi platform utama bagi masyarakat Indonesia dalam mengikuti segala bentuk kegiatan kedua calon presiden dimulai dari informasi mengenai kegiatan kesehariannya, termasuk segala konten berupa gagasan dan pandangan yang dikampanyekan oleh kedua calon pasangan. Konten tersebut telah menjadi asupan berita utama bagi warga negara indonesia khususnya segmentasi kalangan muda atau mahasiswa. Baik itu pelajar Indonesia di dalam negeri maupun di luar negeri. Tercatat terdapat sekitar 86.420 mahasiswa Indonesia yang tersebar di 53 negara yang akan mengikuti pemilu pada tahun ini. Data ini disampaikan oleh Wakil Kantor Komunikasi PPI Dunia Dinda Lisna Amilia dalam Jawa Pos Online. Tujuan dalam penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan antara Kampanye Politik Calon Presiden 2019 melalui Akun Resmi Instagram @jokowi dan @prabowo dengan Keputusan Memilih di Kalangan Mahasiswa Indonesia di Thailand, lalu metode yang digunakan adalah metode korelasional dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa kuisioner dan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Indonesia di Thailand sebagai pengguna media sosial instagram. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 85 Mahasiswa Indonesia di Thailand dari total jumlah populasi 580 orang pada tahun 2019. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah menggunakan teknik Slovin. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan antara kampanye politik Calon Presiden 2019 melalui akun resmi Instagram @jokowi dan @prabowo terhadap keputusan memilih di kalangan mahasiswa Indonesia di Thailand dengan hubungan yang sangat tinggi.
Kegiatan Marketing Pr Label Musik Digital Audio Tape Bandung M Fadil Ramadhan; M. Subur Drajat
Jurnal Riset Public Relations Volume 1, No. 1, Juli 2021, Jurnal Riset Public Relations (JRPR)
Publisher : UPT Publikasi Ilmiah Unisba

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (212.583 KB) | DOI: 10.29313/jrpr.v1i1.80

Abstract

Abstract. Music labels Digital Audio Tape having the marketing public relations that his services can be used by audience. The marketing public relations label was set up by Trizha Harun as public relations at the music labels Digital Audio Tape. ( ruslan 2008: 249 ), Public relations serves to communicate both sides between the company with public internal and external relationships and mutual with the audience be considered important by label. Activity public relations is held mutual communication between institution with public intended to create mutual understanding and support for the achievement of a a particular purpose, policy, production activities the progress of institution or a positive image of institutions concerned. The public function of relations at the labels music Digital Audio Tape to increase the consumers which will perform recording on music label Digital Audio Tape. The purpose of this research that is to know the marketing public relations done by music labels Digital Audio Tape. The methodology qualitative perspective case study by Robert K. Yin more trying to map technique single case analysis in the analysis the marketing public relations done by music labels Digital Audio Tape. The research music label the concept of representatives using three with the creation event showcase cover tune in instagram, created an impromptu event or shocking venues, combining vocal technique of various genre of music becomes hip hop. Abstrak. Label music Digital Audio Tape memiliki kegiatan marketing Public Relations agar jasanya dapat digunakan oleh khalayak. Kegiatan marketing Public Relations label tersebut dibuat oleh Trizha Harun selaku Public Relations pada label musik Digital Audio Tape. (Ruslan 2008 :249), Public Relations berfungsi untuk menjalin komunikasi dua arah antara perusahaan dengan publik internal dan eksternal serta membina hubungan yang saling menguntungkan dengan khalayak atau pihak yang dianggap penting oleh label. Aktivitas Public Relations adalah menyelenggarakan komunikasi timbal balik antara lembaga dengan publik yang bertujuan untuk menciptakan saling pengertian dan dukungan bagi tercapainya suatu tujuan tertentu, kebijakan, kegiatan produksi demi kemajuan lembaga atau citra positif lembaga bersangkutan. Fungsi Public Relations pada label musik Digital Audio Tape untuk meningkatkan pelaku konsumen yang akan melakukan rekaman di label musik Digital Audio Tape. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kegiatan marketing public relations yang dilakukan oleh label musik Digital Audio Tape. Metode penelitian kualitatif dengan perspektif studi kasus Robert K. Yin yang lebih berupaya memetakan teknik single case analysis pada analisis kegiatan marketing public relations yang dilakukan oleh label musik Digital Audio Tape. Dari hasil penelitian label musik menggunakan tiga konsep MPR dengan cara menciptakan event showcase cover lagu di instagram, menciptakan mengadakan event dadakan atau (shocking venue), menggabungkan teknik vocal dari berbagai genre musik menjadi hip hop.
Kampanye Public Relations “Ngopi tapi Go Green” di RBoJ Coffee Firstsishella Shabrina Putri Mulia; Rizky Fauzi
Jurnal Riset Public Relations Volume 1, No. 1, Juli 2021, Jurnal Riset Public Relations (JRPR)
Publisher : UPT Publikasi Ilmiah Unisba

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (628.661 KB) | DOI: 10.29313/jrpr.v1i1.113

Abstract

Abstract. Cutlip and Gleen Broom who defined problems, planning, initiating and communicating, and evaluating activities. The literature review used in the coverage of this work is public relations, public relations campaigns, green campaigns, "Ngopi tapi Go Green". In addition, this paper will also use the SWOT analysis theory proposed by Philip Kotler. This work uses several data analysis techniques, in-depth interviews and collects secondary and primary data. The work shows that the Public Relations Campaign “Ngopi tapi Go Green” at RBoJ Coffee has followed the stages in the Public Relations Process. The stages of the activity process are used to inform, inspire, and educate the public, namely the pre-production, production and post-production processes. The work shows that it has succeeded in informing, inspiring, and educating the public with the support of analysis of facts and data that have been presented. Abstrak. Penciptaan karya yang berjudul Kampanye Public Relations “Ngopi tapi Go Green” di RBoJ Coffee” memiliki tujuan untuk menginformasi, menginspirasi, serta mengedukasi masyarakat melalui Kampanye “Ngopi tapi Go Green” dengan menggali melalui teori proses Public Relations yang dikemukakan oleh Allan Center, Scott Cutlip, dan Gleen Broom yang dimulai dari mendefinisikan masalah, perencanaan, bertindak dan berkomunikasi, serta evaluasi kegiatan. Tinjauan literatur yang digunakan dalam penciptaan karya ini yaitu public relations, kampanye public relations, kampanye go green, “Ngopi tapi Go Green”. Selain itu, karya ini juga akan menggunakan teori analisis SWOT yang dikemukakan oleh Philip Kotler. Karya ini menggunakan beberapa teknik pengumpulan data, meliputi wawancara mendalam serta mengumpulkan data sekunder dan primer. Hasil karya menunjukan bahwa Kampanye Public Relations “Ngopi tapi Go Green” di RBoJ Coffee telah mengikuti tahapan dalam Proses Public Relations. Tahapan proses kegiatan yang digunakan untuk membentuk menginformasi, menginspirasi, serta mengedukasi masyarakat, yaitu proses pra-produksi, produksi, dan pasca produksi. Hasil karya menunjukkan telah berhasil menginformasi, menginspirasi, serta mengedukasi masyarakat dengan didukungnya analisis fakta dan data-data yang telah dipaparkan.
Pengaruh Marketing Public Relations terhadap Loyalitas Pelanggan Florensia Prihandini; A. Sigit Pramono Hadi
Jurnal Riset Public Relations Volume 1, No. 1, Juli 2021, Jurnal Riset Public Relations (JRPR)
Publisher : UPT Publikasi Ilmiah Unisba

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (413.914 KB) | DOI: 10.29313/jrpr.v1i1.114

Abstract

Abstract. The high public interest in cake and bakery products has made many people join online baking classes. Some of them enrolled on Titan Baking Course. To build and maintain customer loyalty, and to prevent customers from switching to another course, Titan Baking Course conducted Marketing Public Relation activities in the form of free online baking demo. This study aims to measure the impact of the Marketing Public Relations on customer loyalty in Titan Baking Course. By using a quantitative approach, this study aims to find out how the causality relationship between the independent variable (X) is the Marketing Public Relations with the dependent variable (Y), namely Customer Loyalty. Respondents were selected using probability sampling technique, namely simple random sampling. From the results of the study, it was found that the Marketing Public Relations of the Titan Baking Course had a positive impact on Customer Loyalty and had an influence strength of 38%. Thus an understanding that customer loyalty in Titan Baking Couse is influenced by the Marketing Public Relations by 38%. While the other 62% is determined by other factors not included in this study. Abstrak. Tingginya minat masyarakat terhadap produk kue dan roti membuat banyak orang mengikuti kelas pelatihan membuat kue secara daring, salah satunya di Titan Baking Course. Untuk membentuk dan mempertahankan loyalitas pelanggan, serta mencegah agar pelanggan tidak beralih ke tempat kursus lainnya, banyak cara yang dilakukan oleh Titan Baking Course. Salah satunya dengan melakukan kegiatan Marketing Public Relations berupa baking demo online tak berbayar. Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pelaksanaan Marketing Public Relations terhadap loyalitas pelanggan pada Titan Baking Course. Dengan pendekatan yang bersifat kuantitatif, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana hubungan sebab akibat antara variabel independen (X) yaitu Marketing Public Relations dengan variabel dependen (Y) yaitu loyalitas pelanggan. Responden dipilih dengan menggunakan metode probability sampling berupa simple random sampling. Hasil penelitian ini mengungkapkan, terdapat fakta bahwa Marketing Public Relations Titan Baking Course berdampak positif terhadap Loyalitas Pelanggan dan memiliki kekuatan pengaruh sebesar 38%. Sedangkan 62% lainnya ditentukan oleh faktor-faktor lain yang tidak termasuk dalam kajian penelitian ini.
Strategi Komunikasi Krisis pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru di Bank Bukopin KCP Cianjur Salbia Salsabila Mulki
Jurnal Riset Public Relations Volume 1, No. 1, Juli 2021, Jurnal Riset Public Relations (JRPR)
Publisher : UPT Publikasi Ilmiah Unisba

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (289.185 KB) | DOI: 10.29313/jrpr.v1i1.175

Abstract

Abstract. Crisis situations cannot be avoided, but they can be handled and prevented from recurring. This type of crisis categorization also needs to be done so that handling issues with crisis communication can return a positive brand image to the company in the eyes of the public. Situational Crisis Communication Theorystrengthens the findings of researchers in the field regarding crisis communication strategies in handling the issue of liquidation that befell Bank Bukopin KCP Cianjur. This research uses a constructivist paradigm with a qualitative research approach, a case study research type. Has answered about how and why in a comprehensive and comprehensive manner regarding the crisis communication strategy on the issue of the liquidation of Bank Bukopin KCP Cianjur during the new habitual adaptation period. The findings of this study reveal that the crisis communication strategy during the adaptation period for new habits carried out by Bank Bukopin was able to change defensive issues into offensive issues and turning points for better or worse the company. The crisis communication strategies implemented by the Bukopin bank are1) Denial; 2) diminishment; 3) Rebuilding; 4) Maintaining relationship. Abstrak. Situasi krisis memang tidak dapat dihindari, tetapi bisa ditangani dan dicegah agar tidak terjadi kembali. Tipe kategorisasi krisis pun perlu dilakukan agar penanganan isu dengan komunikasi krisis dapat mengembalikan brand image positif pada perusahaan di mata publik.Situational Crisis Communication Theorymemperkuat temuan peneliti di lapangan mengenai strategi komunikasi krisisdalam penanganan isu likuidasi yang menimpa Bank Bukopin KCP Cianjur. Penelian ini menggunakan paradigm konstruktivis dengan pendekatancualitative research jenis case study research. Telah menjawab tentang how dan why secara menyeluruh dan komprehensif mengenai strategi komunikasi krisis pada isu likuidasi Bank Bukopin KCP Cianjur di masa adapatasi kebiasaan baru. Adapun hasil temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa strategi komunikasi krisis pada masa adapatasi kebiasaan baru yang dilakukan Bank Bukopin mampu mengubah defensive issues menjadi offensive issues dan turning point for better or worse perusahaannya. Adapun strategi komunikasi krisis yang dilakukan bank bukopin yaitu 1) Denial; 2) diminishment; 3) Rebuilding; 4) Maintaining relationship.
Pengalaman Komunikasi Lintas Budaya Mahasiswa Undergraduate Indonesia di Belanda Daulat Ilmi Maldani; Erik Setiawan
Jurnal Riset Public Relations Volume 1, No. 1, Juli 2021, Jurnal Riset Public Relations (JRPR)
Publisher : UPT Publikasi Ilmiah Unisba

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (532.449 KB) | DOI: 10.29313/jrpr.v1i1.176

Abstract

Belanda merupakan salah satu negara yang terkenal dengan kualitas pendidikan yang terbaik, tidak heran mengapa banyak masyarakat dari berbagai penjuru dunia berlomba-lomba untuk melanjutkan studinya di Belanda. Hal ini didukung dengan adanya teknologi yang maju dan sumber daya manusia yang baik. Selain itu, terdapat berbagai manfaat seperti pengalaman dan relasi yang luas juga menjadi hal lain yang dipertimbangkan. Namun, adanya hambatan komunikasi dan fenomena gegar budaya sering kali terjadi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi fenomenologi dan paradigma interaksionis. Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) untuk mengetahui bagaimana pengalaman komunikasi lintas budaya mahasiswa undergraduate Indonesia di Belanda. dan 2) untuk memahami bagaimana makna pada komunikasi lintas budaya yang dialami mahasiswa undergraduate Indonesia di Belanda. Dalam penelitian ini, teori yang digunakan yaitu Komunikasi Lintas Budaya yang mendasar pada Speech Code Theory dan Face Negotiation Theory. Hasil dari penelitian ini menggambarkan bahwa pengalaman yang terdapat diklasifikasi kedalam tiga bagian yaitu pengalaman komunikasi lintas budaya, pengalaman diri sendiri, dan pengalaman dengan lingkungan. Lalu, adanya makna yang terbentuk dari mahasiswa undergraduate Indonesia dalam menjalankan proses studi di Belanda sebagai cara untuk meraih cita-cita yang diinginkan.
Strategi Komunikasi Marketing Public Relations Barli Coffee Agung Priyono; Dadi Ahmadi
Jurnal Riset Public Relations Volume 1, No. 1, Juli 2021, Jurnal Riset Public Relations (JRPR)
Publisher : UPT Publikasi Ilmiah Unisba

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (248.816 KB) | DOI: 10.29313/jrpr.v1i1.306

Abstract

Abstract. Barli Coffee, one of the Coffee Shops in the city of Bandung, which is adjacent to the Art Museum, has a different concept from other Coffee Shop concepts. Entering the era of globalization, competition in various fields is getting real. The success of the performance of Public Relations as an important item of the organization or company tasked with creating and maintaining a positive value or image of the organization is getting higher. When viewed from the marketing mix carried out by Barli Coffee, there are several marketing mixes that are applied to the marketing strategy process at Barli Coffee, namely the initial marketing strategy, which was carried out in the first month by Barli, namely doing live music. The second marketing strategy, which Barli Coffee Shop does is to carry the concept of "Friday I'm In Love" this concept intends to hold a promo every Friday. The "Friday I'm In Love" promo was established since the PSBB was tightened and the concept of the promo is that every consumer who comes can pay sincerely. The third marketing strategy carried out by activities that can be carried out at Barli Coffee is such as podcasts and live concerts. The researcher wanted to find out more about Barli Coffee's marketing public relations communication strategy regarding the promotion of "Friday I'm In Love". The aim is to find out the process of marketing public relations communication strategy, the obstacles that occur during the marketing public relations communication strategy process, and the reasons why choosing social media as a promotional medium. The research methodology is a qualitative-descriptive method with a single holistic case study research approach. Data collection techniques are carried out by interview, observation, documentation, and literature study. The research subjects of key informants consist of internal parts sales & marketing, and barista Barli Coffee and supporting informants, owner of Barli Coffee. The result of the research is that the pull strategy applies tactics to promote "Friday I'm In Love" the tactic used is to hold the promotion every Friday. By holding this promo, which is to offer added value to consumers, as a stimulus to maximize sales. One of which is undertaken by Barli, namely by collaborating with several companies or brands. The obstacles are the lack of a graphic design team to focus on work on social media content and operating hours which have the effect of reducing the entry of Barli and this Health Protocol affecting places that are not allowed to be occupied due to regulations from the Government. The reason for using Instagram is because it can attract consumers widely, follow trends, and get positive feedback. Abstrak. Barli Coffee salah satukCoffee Shop diokota Bandung yang berdampingan dengan Museum art ini memiliki konsep yang berbeda dengan konsep-konsep Coffee Shop lainnya. Memasuki era globalisasi, persaingan di berbagai bidang semakin nyata saja. Keberhasilan kinerja Public Relations sebagai item penting organisasi atau perusahaan yang bertugas menciptakan dan mempertahankan nilai atau image positif organisasi semakin tinggi. Jika dilihat dari bauran pemasaran yang dilakukan Barli Coffee ada beberapa bauran pemasaran yang diaplikasikan pada proses strategi marketing di Barli Coffee yaitu Strategi marketing awal, yang dilakukan di bulan pertama oleh Barli yaitu melakukan live music. Strategi marketing kedua, yang Barli Coffee Shop lakukan adalah mengusung konsep “Friday I’m In Love” konsep ini bermaksud mengadakan promo di setiap hari Jum’at. Promo “Friday I’m In Love” didirikan semenjak PSBB diperketat dan konsep dari promo tersebut yaitu setiap konsumen yang datang dapat membayar se-Ikhlasnya. Strategi marketing ketiga yang dilakukan kegiatan yang dapat dilakukan di Barli Coffee yaitu seperti Podcast, dan live concert. Peneliti ingin mengetahui lebih lanjut strategi komunikasi marketing public relations Barli Coffee mengenai promosi “Friday I’m In Love”. Tujuannya untuk mengetahui proses strategi komunikasi marketing public relations, hambatan-hambatan yang terjadi selama proses strategi komunikasi marketing public relations itu terjadi, dan alasannya kenapa memilih media sosial sebagai media promosi. Metodologi penelitiannya yaitu metode kualitatif-deskriptif dengan pendekatan penelitian studi kasus tunggal holistic. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi pustaka. Subjek penelitian pada key informant terdiri bagian internal yaitu sales & marketing, dan barista Barli Coffe serta informan pendukungnya yaitu owner Barli Coffee. Hasil penelitiannya yaitu penerapan taktik untuk mempromosikan “Friday I’m In Love” dengan mengadakan promosinya pada setiap hari Jum’at. Dengan diadakan promo ini yaitu menawarkan nilai tambah kepada konsumen, sebagai suatu stimulus untuk mendorong penjualan dengan maksimal. Kemudian salah satu yang dijalani oleh Barli yitu dengan berkolaborasi dengan beberapa perusahaan atau brand. Hambatannya yaitu kurangnya tim design grafis untuk fokus kerja di konten media sosial dan jam operasional yang dampaknya mengurangi pemasukkan Barli dan Protokol Kesehatan ini mempengaruhi tempat-tempat yang tidak boleh ditempati karena adanya aturan dari Pemerintah. Alasan menggunakan media sosial Instagram karena dapat menarik konsumen secara luas, mengikuti trend, dan mendapatkan feedback positif.