cover
Contact Name
Dadi Ahmadi
Contact Email
uptpublikasi@unisba.ac.id
Phone
+62 896-5745-3976
Journal Mail Official
jrpr@unisba.ac.id
Editorial Address
UPT Publikasi Ilmiah lantai 4, Rektorat Unisba, Jln Tamansari No.20, 40116
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Riset Public Relations
ISSN : 28083059     EISSN : 27986616     DOI : https://doi.org/10.29313/jrpr.v1i2
Jurnal Riset Public Relations Jurnal Riset Public Relations (JRPR) adalah jurnal peer review dan dilakukan dengan double blind review yang mempublikasikan hasil riset dan kajian teoritik terhadap isu-isu empirik dalam sub kajian media, strategi PR, dll. JRPR ini dipublikasikan pertamanya 2021 dengan eISSN 2798-6616 yang diterbitkan oleh UPT Publikasi Ilmiah, Universitas Islam Bandung. Semua artikel diperiksa plagiasinya dengan perangkat lunak anti plagiarisme. Jurnal ini akan ter-indeks di Google Schoolar, Garuda, Crossref, dan DOAJ. Terbit setiap Juli dan Desember.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Volume 2, No. 1, Juli 2022, Jurnal Riset Public Relations (JRPR)" : 10 Documents clear
Kegiatan CSR dalam Meningkatkan Corporate Image Indah Dwi Lestari; Riza Hernawati
Jurnal Riset Public Relations Volume 2, No. 1, Juli 2022, Jurnal Riset Public Relations (JRPR)
Publisher : UPT Publikasi Ilmiah Unisba

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (125.682 KB) | DOI: 10.29313/jrpr.vi.626

Abstract

Abstract. The Covid-19 has put Indonesia on the verge of an economic recession, causing companies to drastically decline. Therefore, the purpose of this study is to find out the activities of PT. X Indonesia Regional III-West Java in improving corporate image through CSR activities of the Free Online Learning Program. The research method used is a qualitative method with a case study approach. By using triangulation source data analysis techniques. The results of this study found that the brand image of PT.X was considered very positive by the people of the village of Melatiwangi, so that it experienced an increase and a good image of the company. The approach taken by PT.X in CSR activities by conducting outreach conducted directly to the community regarding the installation of wifi technology and seminar activities carried out is also a direct approach with the community. The process of CSR activities carried out was firstly determining the concept, then looking for information, brainstorming, coordinating, and surveying. There are obstacles that occur in the field in the implementation of this free online learning csr program because of the unavailability of a good network, no access points available, the distance between beneficiaries is far. Abstrak. Pandemi Covid-19 telah membuat Indonesia berada di ambang resesi ekonomi sehingga menyebabkan perusahaan-perusahaan menurun secara drastis. Maka dari itu,tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kegiatan PT.X Indonesia Regional III-Jawa Barat dalam meningkatkan corporate image melalui kegiatan CSR Program Bebas Belajar Online. Metode penelitian yang digunakan adalah Metode Kualitatif dengan pendekatan Studi Kasus. Dengan menggunakan teknik analisis data triangulasi sumber. Hasil pada penelitian ini ditemukan bahwa brand image pada PT.X dinilai sangat positif oleh masyarajat desa melatiwangi, sehingga mengalami peningkatan dan citra yang baik terhadap perusaan. Pendekatan yang dilakukan oleh PT.X pada kegiatan csr dengan melakukan penyuluhan yang dilakukan secara langsung kepada masyarakat mengenai pemasangan teknologi wifi serta kegiatan seminar yang dilakukan juga merupakan pendekatan langsung dengan masyarakat. Proses kegiatan csr yang dilakukan yang pertama penentuan konsep, lalu mencari informasi, brainstorming, berkoordinasi, dan suvey. Ada hambatan yang terjadi dilapangan pada pelaksanaan program csr bebas belajar online ini karena tidak tersedianya jaringan yang bagus, tidak tersedia akses point, jarak antara penerima manfaat yang jauh.
Hubungan Terpaan Tweet “Twitter, Please Do Your Magic” dengan Sikap Remaja Alya Ratna Dewi; Dadi Ahmadi
Jurnal Riset Public Relations Volume 2, No. 1, Juli 2022, Jurnal Riset Public Relations (JRPR)
Publisher : UPT Publikasi Ilmiah Unisba

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (192.317 KB) | DOI: 10.29313/jrpr.vi.639

Abstract

Abstract. Twitter as microblogging is a popular form of short blog offers a variety of new information quickly through short messages that someone shares through the timeline. The appearance of the phrase "Twitter, Please Do Your Magic" which is used to share problems with people, contains the hope that the problem can be resolved quickly through the help of retweets, retweet quotes (replies). Based on this phenomenon, the purpose of the study was to find out how the relationship between the exposure of "Twitter, Please Do Your Magic" tweets and adolescent attitudes. Researchers use quantitative methods with correlational analysis techniques. The population in this study was the followers of The Coil Twitter account numbering 793,400 followers. With the sampling technique using simple random sampling obtained the number of research samples as many as 60 Twitter users who responded to one of the tweets "Twitter, Please Do Your Magic on @Kumparan account. The data collection techniques used in this study are questionnaires, observations, and literature studies. The data analysis techniques used in this study are descriptive technical analysis and inferential analysis techniques. The results showed that there was a significant and significant relationship between the tweet "Twitter, Please Do Your Magic" and adolescent attitudes. Abstrak. Twitter sebagai microblogging yaitu bentuk blog singkat populer menawarkan beragam informasi baru secara cepat melalui pesan-pesan singkat yang dibagikan seseorang melalui timeline. Kemunculan kalimat “Twitter, Please Do Your Magic” yang digunakan untuk membagikan permasalahan seesorang, mengandung harapan agar permasalahan tersebut dapat terselesaikan dengan cepat melalui bantuan retweet, quote retweet (reply). Berdasarkan fenomena tersebut maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hubungan antara terpaan tweet “Twitter, Please Do Your Magic” dengan sikap remaja. Peneliti menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah followers akun Twitter Kumparan berjumlah 793.400 followers. Dengan teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling diperoleh jumlah sampel penelitian sebanyak 60 pengguna Twitter yang merespon salah satu tweet “Twitter, Please Do Your Magic di akun @Kumparan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner, observasi, dan studi pustaka. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknis analisis deskriptif dan teknik analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan dan cukup berarti antara terpaan tweet “Twitter, Please Do Your Magic” dengan Sikap Remaja.
Efektivitas Komunikasi Tim Ranger dalam Sosialisasi Core Values Akhlak kepada Karyawan Intan Mayasa; Erik Setiawan
Jurnal Riset Public Relations Volume 2, No. 1, Juli 2022, Jurnal Riset Public Relations (JRPR)
Publisher : UPT Publikasi Ilmiah Unisba

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (93.54 KB) | DOI: 10.29313/jrpr.vi.640

Abstract

Abstract. As stipulated in the Circular Letter of the Minister of SOEs Number: SE 7/MBU/07/2020 dated July 1, 2020 regarding the Core Valuess of Human Resources of State-Owned Enterprises, all SOEs including PT. X Parent Unit for South Sulawesi, Southeast Sulawesi and West Sulawesi Regions are required to apply the main valuess of AKHLAK as Corporate Culture, the Ranger Team has the responsibility to socialize them. The purpose of this study was to determine the effectiveness of the Ranger Team's communication in socializing the core valuess of AKHLAK to employees. The research method used is quantitative with a descriptive study approach. Data collection techniques obtained in the form of research questionnaires with 63 respondents and literature studies relevant to this research. The dimensions of communication effectiveness measured in this study are known as "7-Cs Communication" (Cutlip et.al) which consists of credibility (credibility), context (context), content (content), clarity (clarity), continuity and consistency ( continuity and consistency), channels and capability of the audience. The results showed that the seven dimensions had effective results, so it can be concluded that the majority of employees assessed that the socialization carried out by the Ranger Team was an effective socialization. Abstrak. Sebagaimana ditetapkan dalam Surat Edaran Menteri BUMN Nomor: SE 7/MBU/07/2020 tanggal 1 Juli 2020 tentang Nilai-Nilai Utama (Core Valuess) Sumber Daya Manusia Badan Usaha Milik Negara, maka semua BUMN termasuk PT. X Unit Induk Wilayah Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat wajib menerapkan nilai-nilai utama AKHLAK menjadi Budaya Perusahaan, Tim Ranger memiliki tanggung jawab untuk mensosialisasikannya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efektivitas komunikasi Tim Ranger dalam sosialisasi core values AKHLAK kepada karyawan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan studi deskriptif. Teknik pengumpulan data yang didapatkan berupa angket penelitian dengan 63 responden dan studi pustaka yang relevan untuk penelitian ini. Dimensi efektivitas komunikasi yang diukur dalam penelitian ini dikenal dengan istilah “7-Cs Communication” (Handaru, 2017) yang terdiri dari credibility (kredibilitas), contex (konteks), content (isi), clarity (kejelasan), continuity and consistency (kontinuitas dan konsistensi), channels (saluran) dan capability of the audience (kapabilitas khalayak). Hasil penelitian menunjukan bahwa ketujuh dimensi tersebut memiliki hasil yang efektif, maka dapat disimpulkan bahwa mayoritas karyawan menilai sosialisasi yang dilakukan oleh Tim Ranger merupakan sosialisasi yang efektif.
Strategi Komunikasi Pemasaran X Muhammad Althafariq Ramadhan; Maman Chatamallah
Jurnal Riset Public Relations Volume 2, No. 1, Juli 2022, Jurnal Riset Public Relations (JRPR)
Publisher : UPT Publikasi Ilmiah Unisba

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (111.474 KB) | DOI: 10.29313/jrpr.vi.641

Abstract

Abstract. Tour and Travel companies during the Covid-19 pandemic faced challenges that were not easy to deal with, given the existence of regulations imposing restrictions on community activities which resulted in limited use of tour and travel services for tourism. This study aims to describe the marketing communication strategy which consists of : (1) communication; (2) marketing communication; (3) marketing communication purpose; (4) marketing strategy; (5) communication marketing strategy; (6) marketing public relations; (7) digital marketing; and (8) tourism at PT. Justatrip Justatrip Sahabat Perjalanan. The approach used is descriptive qualitative. The research subject is the owner of PT. Justatrip Justatrip Sahabat Perjalanan, Syarief Darmawan (Owner), Reizhard Fernando (Marketing Communication). Data collection techniques in this research are using literature study techniques, observation (observation), and interviews. Data were analyzed using models from Miles and Huberman with the stages of data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The data validity test was done by triangulating the data sources. The results showed that the marketing function as the survival of the company is very important because it is responsible for the company's income. X's marketing communication strategy includes Advertising and Promotions. Abstrak. Perusahaan tour dan travel pada masa pandemi Covid-19 ini menghadapi tantangan yang tidak mudah dihadapi, mengingat adanya peraturan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat yang berdampak pada terbatasnya penggunaan jasa tour dan travel untuk berpariwisata. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi komunikasi pemasaran yang terdiri atas; (1) komunikasi; (2) komunikasi pemasaran; (3) tujuan komunikasi pemasaran; (4) strategi pemasaran; (5) strategi komunikasi pemasaran; (6) marketing public relations; (7) digital marketing; dan (8) pariwisata di PT. Justatrip Sahabat Perjalanan. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah Pemilik PT. Justatrip Sahabat Perjalanan, Syarief Darmawan (Owner), Reizhard Fernando (Marketing Communication). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik studi kepustakaan, observasi (pengamatan), dan wawancara. Data dianalisis dengan menggunakan model dari Miles dan Huberman dengan thapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fungsi marketing sebagai kelangsungan perusahan sangat penting karena bertanggungjawab atas pendapatan perusahaan. Strategi komunikasi pemasaran X meliputi Advertising (Periklanan) dan Promotions (Promosi).
Kegiatan Marketing Public Relations PT. X Bandung pada Program “Komunitas Siap Gerak” Nidiya Regika Putri; Mohamad Subur Drajat
Jurnal Riset Public Relations Volume 2, No. 1, Juli 2022, Jurnal Riset Public Relations (JRPR)
Publisher : UPT Publikasi Ilmiah Unisba

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (224.758 KB) | DOI: 10.29313/jrpr.vi.753

Abstract

Abstract. Currently, there are many young, beautiful and accomplished Muslim designers who make modern clothing without leaving Islamic law. The purpose of this research is to find out the management of Marketing Public Relations activities, optimization of the media used and the reasons for PT. X Bandung chose the “Ready to Move Community” Program. The theory used is, three ways strategy, new media, and the operational concept of public relations. This research was structured using a qualitative method with a case study approach. Meanwhile, the data collection technique was done by interview, observation, literature study and documentation. The results of this study found that in program management, namely determining goals, time & activities carried out, determining the target public, then collaborating with professional trainers, strategies to attract consumer interest and the results of the "Community Ready to Move" program activities. then optimizing the media used by PT. X is by using Instagram social media where Instagram has Instagram business features, feeds and stories to maximize its promotion. Meanwhile, Arktiv's reason for choosing the "Komunitas Ready Gerak" program to market Muslim clothing is to introduce healthy living, and as a form of Arktiv's social care for the community. Abstrak. Saat ini banyak desaigner muslim muda, cantik dan berprestasi yang membuat busana modern tanpa meninggalkan syariat islam. Tujuan adanya penelitian ini untuk mengetahui pengelolaan kegiatan Marketing Public Relations, optimalisasi media yang dimanfaatkan dan alasan dari PT. X Bandung memilih Program “Komunitas Siap Gerak”. Teori yang digunakan yaitu, three ways strategy, new media, dan konsep operasional public relations. Penelitian ini disusun menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, studi pustaka dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa dalam pengelolaan program yaitu menentukan tujuan, waktu & kegiatan yang dilakukan, menentukan publik sasarannya, lalu bekerjasama dengan pelatih professional, strategi menarik minat konsumen dan hasil dari kegiatan program “Komunitas Siap Gerak”. lalu optimalisasi media yang dimanfaatkan PT. X yaitu dengan menggunakan media sosial Instagram dimana Instagram memiliki fitur instagram business, feeds dan story untuk memaksimalkan promosinya. Sedangkan alasan Arktiv memilih program “Komunitas Siap Gerak” untuk memasarkan busana muslim yaitu untuk memperkenalkan hidup sehat, dan sebagai bentuk kepedulian sosial dari Arktiv untuk masyarakat.
Strategi Komunikasi Konsep “Bayar Seikhlasnya” di Kafe X Rheza Erwin Ismail; Tresna Wiwitan
Jurnal Riset Public Relations Volume 2, No. 1, Juli 2022, Jurnal Riset Public Relations (JRPR)
Publisher : UPT Publikasi Ilmiah Unisba

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (113.094 KB) | DOI: 10.29313/jrpr.vi.879

Abstract

Abstract. Competition in the business world, especially in the culinary field, is currently experiencing an increasing level of competition, namely a condition that includes price and quality factors. Economic growth is experienced by many big cities in Indonesia, one of which is Bandung. This study aims 1) to analyze the communication strategy planning of the concept of "Pay in Grace" in the X Cafe Bandung, 2) to analyze the implementation of the communication strategy of the "Pay in Grace" concept in the X Café Bandung, and 3) to analyze the evaluation of the communication strategy concept of "Pay in Grace "at X Cafe Bandung. The method used in this research is descriptive method using a quantitative approach. The object in this study was X Cafe Bandung and the subjects in this study were owner of X Cafe Bandung, 1 communication strategist, and 2 consumers from X Cafe. Bandung. Data collection techniques used in this study were interviews, observation, and literature study. The results of this study are the communication strategy of the concept of "Bayar Seikhlasnya" which is carried out by Kafe X has been going well because it follows the initial planning, implementation, and evaluation. Abstrak. Persaingan dunia bisnis terutama di bidang kuliner pada saat ini mengalami tingkat persaingan yang meningkat, yaitu suatu kondisi mencakup faktor harga dan kualitas. Pertumbuhan perekonomian dialami banyak kota besar di Indonesia, salah satunya adalah Kota Bandung. Penelitian ini bertujuan 1) untuk menganalisis perencanaan strategi komunikasi konsep “Bayar Seikhlasnya” di Kafe X Bandung, 2) untuk menganalisis pelaksanaan strategi komunikasi konsep “Bayar Seikhlasnya” di Kafe X Bandung, dan 3) untuk menganalisis evaluasi strategi komunikasi konsep “Bayar Seikhlasnya” di Kafe X Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Objek dalam penelitian ini adalah Kafe X Bandung dan subjek dalam penelitian ini, yaitu 1 orang owner Kafe X Bandung, 1 orang pakar strategi komunikasi, dan 2 orang konsumen dari Kafe X Bandung. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah wawancana, observasi, dan studi literatur. Hasil dari penelitian ini adalah strategi komunikasi konsep “Bayar Seikhlasnya” yang dilakukan oleh Kafe X sudah berjalan dengan baik karena mengikuti perencanaan awal, pelaksanaan, dan evaluasi.
Strategi Marketing Public Relations Coffee Shop X di Masa Pandemi Fildzah Amalina El Rahman; M Husen fahmi
Jurnal Riset Public Relations Volume 2, No. 1, Juli 2022, Jurnal Riset Public Relations (JRPR)
Publisher : UPT Publikasi Ilmiah Unisba

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (123.627 KB) | DOI: 10.29313/jrpr.vi.881

Abstract

Abstract. The growth of the business world today has increased very rapidly and is undergoing continuous metamorphosis. Currently, competition in the trading business is increasingly showing a very narrow phase of competition. SinceThe corona virus outbreak that has spread to almost all corners of the earth is showing results in the food and beverage business. This bad effect is starting to be felt by the X coffee shop, which has to adopt an efficient marketing strategy in order to survive in this critical condition. available and the media used. Using qualitative research methods with a case study research approach and the theory of Marketing Mix by Thomas L. Harris. By collecting data using interview techniques, documentation. The results of this study indicate that the marketing strategy used by X's coffee shop is going well, although there has been no significant progress since the pandemic. The strategy is starting from launching a new menu, the prices offered are relatively cheap from other coffee shops, creating good opinions through social activities such as distributing lunch to people who have performed Friday prayers. The media used in terms of promotion and sales are Tokopedia and Instagram. Because these two applications are very easy to use, free of cost, in the number of users who are very much. Abstrak. Pertumbuhan dunia bisnis saat ini telah meningkat sangat pesat dan mengalami metamorfosis yang terus menerus. Saat ini kompetisi dalam usaha dagang semakin memperlihatkan fase persaingan yang sangat sempit. Sejak Wabah virus corona yang menyebar nyaris ke penjuru bumi menunjukkan hasil pada bisnis food and beverage. Akibat buruk ini mulai dirasakan oleh coffee shop X yang harus menimang strategi marketing yang efisien agar bisa bertahan pada kondisi yang genting ini.Tujuannya untuk mengetahui langkah-langkah dan perencanaan strategi marketing yang digunakan, publisitas, packaging produk tersebut, promosi yang digunakan, hambatan yang ada dan media yang digunakan. Menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian studi kasus dan teori Marketing Mix oleh Thomas L.Harris. Dengan mengumpulkan data menggunakan teknik wawacara, dokumentasi. Hasil penelitian ini bahwa strategi marketing yang di gunakan oleh coffee shop X berjalan dengan baik walaupun belum ada kemajuan yang signifikan sejak adanya pandemic. Strategi yang dilakukan mulai dari meluncurkan menu baru, harga yang ditwarkan relatif murah dari coffee shop lainnya, menciptakan opini yang baik melalui kegiatan sosial seperti membagikan makan siang kepada masyarakat yang telah menunaikan sholat jumat. Media yang digunakan dalam hal promosi dan penjualan yaitu Tokopedia dan Instagram. Karena kedua aplikasi ini sangat mudah digunakan, bebas biaya, dalam jumlah penggunanya yang sangat banyak.
Hubungan Membaca Berita Online di Line Today dengan Kepuasan Membaca Audience Irham Fauzan; Maman Suherman
Jurnal Riset Public Relations Volume 2, No. 1, Juli 2022, Jurnal Riset Public Relations (JRPR)
Publisher : UPT Publikasi Ilmiah Unisba

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (87.896 KB) | DOI: 10.29313/jrpr.vi.884

Abstract

Abstract. Line is one of the biggest social media in Indonesia, and one of its favorite features is Line Today. This research departs from the uses and gratification theory, and conceptually discusses the frequency, duration, content of news messages. The variables in this study are reading online news and the variable of audience satisfaction. The research method used in this research is quantitative research and correlational quantitative approach. The results found in this study are, the relationship between the frequency of reading news on Line Today with audience reading satisfaction, the relationship between the two variables has a strong positive relationship. The relationship between the duration of reading online news on Line Today with audience reading satisfaction, the relationship between these two variables has a strong positive relationship. The relationship between the content of the online news message Line Today with audience reading satisfaction, the relationship between the two variables has a strong positive relationship. The relationship between reading online news on Line Today with audience reading satisfaction, the relationship between these two variables has a strong positive relationship. Abstrak. Line adalah salah satu media sosial terbesar di Indonesia, dan salah satu fitur favoritnya adalah Line Today. Penelitian ini berangkat dari teori uses and gratification, dan secara konseptual membahas tentang frekuensi, durasi, isi pesan berita. Variabel dalam penelitian ini adalah membaca berita online dan variabel kepuasan penonton. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan pendekatan kuantitatif korelasional. Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini adalah, hubungan antara frekuensi membaca berita di Line Today dengan kepuasan membaca khalayak, hubungan antara kedua variabel tersebut memiliki hubungan positif yang kuat. Hubungan antara durasi membaca berita online di Line Today dengan kepuasan membaca khalayak, hubungan antara kedua variabel tersebut memiliki hubungan positif yang kuat. Hubungan antara isi pesan berita online Line Today dengan kepuasan membaca khalayak, hubungan kedua variabel memiliki hubungan positif yang kuat. Hubungan antara membaca berita online di Line Today dengan kepuasan membaca khalayak, hubungan antara kedua variabel tersebut memiliki hubungan positif yang kuat.
Strategi Komunikasi Pemasaran Bengkel Kulit Melalui Instagram Bima Rizky Ramadhan; Wulan Tri Gartanti
Jurnal Riset Public Relations Volume 2, No. 1, Juli 2022, Jurnal Riset Public Relations (JRPR)
Publisher : UPT Publikasi Ilmiah Unisba

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (97.448 KB) | DOI: 10.29313/jrpr.vi.886

Abstract

Abstract. The development of technology and the internet, has a great effect on individuals in receiving and disseminating information to the public. The objectives to be achieved in this research are to design, implement and find out the obstacles to the marketing communication strategy of the workshop on Instagram media. In this study, the method used is a qualitative method with a case study approach. The data collection technique was carried out through the interview and documentation stages using in-depth interviews in research that the researchers were thorough. The results of this study indicate that the leather workshop marketing communication strategy activities on Instagram media provide an overview of leather workshops in designing leather workshop marketing communication strategies on Instagram media in creating content and concepts that will be shared via Instagram and to find out the reasons for implementing leather workshops in using communication strategies. marketing leather workshops on Instagram to help leather workshops develop their business and the results are felt to be very large for consumer knowledge of workshop vendors. So that it can find out the obstacles that are passed by leather workshops in designing and implementing leather workshop marketing communication strategies on Instagram media. Abstrak. Perkembangan teknologi dan internet ini, memberikan efek yang besar pada individu dalam menerima dan menyebarkan informasi kepada khalayak. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk merancang, mengimplementasikan dan mengetahui hambatan pada strategi komunikasi pemasaran bengkel kuit pada media instagram. Pada penelitian ini, metode yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tahap wawancara dan dokumentasi dengan menggunakan wawancara mendalam pada penelitian yang peneliti teliti. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kegiatan strategi komunikasi pemasaran bengkel kulit pada media instagram memberikan gambaran mengenai bengkel kulit dalam merancang strategi komunikasi pemasaran bengkel kulit pada media instagram dalam membuat konten dan konsep yang akan dibagikannya melalui instagram dan untuk mengetahui alasan implementasi bengkel kulit dalam menggunakan strategi komunikasi pemasaran bengkel kulit pada instagram untuk membantu bengkel kulit mengembangkan bisnis dan hasilnya dirasakan sangat besar bagi pengetahuan konsumen terhadap vendor bengkel. Sehingga dapat mengetahui hambatan yang dilalui oleh bengkel kulit dalam merancang dan mengimplementasikan strategi komunikasi pemasaran bengkel kulit pada media instagram.
Grooming Front Officer dan Kepuasan Konsumen Imtihan Apta Maulana; Nurrahmawati
Jurnal Riset Public Relations Volume 2, No. 1, Juli 2022, Jurnal Riset Public Relations (JRPR)
Publisher : UPT Publikasi Ilmiah Unisba

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (99.518 KB) | DOI: 10.29313/jrpr.vi.887

Abstract

Abstract. Grooming is something that needs to be concern of, especially for companies that provide service aspects. In several studies, grooming can affect the level of customer satisfaction. Customer satisfaction has a role to create customer loyalty and a good image for the company. BPJS Kesehatan Bandung is one of a company that provides service aspects, especially in the front office, and is one of the institutions that is oriented to customer satisfaction. Therefore, BPJS Kesehatan Bandung needs to pay attention to grooming and customer satisfaction in order to create customer satisfaction and a positive image. This study uses social exchange theory to describe the phenomena that occur in the study. This study uses a quantitative approach with descriptive research methods. Data collection techniques in this study in the form of distributing questionnaires, observation techniques, interview techniques, and literature study. The results obtained are the index value found in the grooming variable as much as 4.21 which is included in the very good category, the value is obtained from the average value of all X sub-variables. While the other variables, namely the satisfaction of obtaining an index value of 4.15 which is included in the good category, the value is taken from the average value of all Y sub-variables. Abstrak. Grooming merupakan hal yang perlu diperhatikan khususnya bagi perusahaan yang memiliki aspek pelayanan. Dalam beberapa penelitian, grooming dapat memengaruhi tingkat kepuasan pelanggan, Kepuasan pelanggan memiliki peran untuk menciptakan loyalitas pelanggan serta citra yang baik bagi perusahaan. BPJS Kesehatan Bandung merupakan perusahaan yang memiliki aspek pelayanan khususnya pada bagian front office, serta merupakan salah satu lembaga yang berorientasi pada kepuasan pelanggan. Oleh sebab itu, BPJS Kesehatan Bandung perlu memerhatikan grooming dan kepuasan pelanggan demi menciptakan kepuasan pelanggan dan citra yang positif. Penelitian ini menggunakan teori pertukaran sosial untuk menggambarkan fenomena yang terjadi dalam penelitian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa penyebaran angket, teknik observasi, teknik wawancara, dan studi pustaka. Hasil penelitian yang didapatkan adalah nilai indeks yang ditemukan pada variabel grooming sebanyak 4,21 yang termasuk ke dalam kategori sangat baik, nilai tersebut diperoleh dari nilai rata-rata seluruh sub-variabel X. Sedangkan variabel lainnya yaitu kepuasan memperoleh nilai indeks 4,15 yang termasuk ke dalam kategori baik, nilai tersebut diambil dari nilai rata-rata seluruh sub-variabel Y.

Page 1 of 1 | Total Record : 10