cover
Contact Name
Yosep Septiana
Contact Email
yseptiana@itg.ac.id
Phone
+6282124588750
Journal Mail Official
algoritma@itg.ac.id
Editorial Address
Jl. Mayor Syamsu No.1, Jayaraga, Kec. Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44151
Location
Kab. garut,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Algoritma
ISSN : 14123622     EISSN : 23027339     DOI : https://doi.org/10.33364/algoritma
Core Subject : Science,
Jurnal Algoritma merupakan jurnal yang digunakan untuk mempublikasikan hasil penelitian dalam bidang Teknologi Informasi (TI), Sistem Informasi (SI), dan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), Multimedia (MM), dan Ilmu Komputer (Computer Science).
Articles 38 Documents
Search results for , issue "Vol 17 No 2 (2020): Jurnal Algoritma" : 38 Documents clear
Rancang Bangun Aplikasi Forum Diskusi Usaha Mikro Kecil dan Menengah Berbasis Web Sipa Almasik; Aldy Rialdy Atmadja; Yeni Pariyatin
Jurnal Algoritma Vol 17 No 2 (2020): Jurnal Algoritma
Publisher : Institut Teknologi Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (632.81 KB) | DOI: 10.33364/algoritma/v.17-2.168

Abstract

Pemberdayaan UsahasMikrosKecil dan Menengah (UMKM) dalam tingginya persaingan distengahsarussglobalisasi harus membuat UMKM sanggup menghadapi tantangan global, seperti pengembangan sumber daya manusia, meningkatkan inovasi produk dan perluasan area pemasaran. Selain itu UMKM sebagai struktur perekonomian nasional menghadapi beberapa masalah seperti manajemen sumber daya manusia, keterampilan, kemampuan, keahlian, keuangan dan informasi pemasaran. Dari masalah tersebut mengakibatkan UMKM tidak bisa menjalankan usahanya dengan baik, maka dibutuhkan sebuah aplikasi yang bisa menangani masalah tersebut. Rancang Bangun Aplikasi Forum Diskusi UMKM Berbasis Web ini dibuat untuk digunakan oleh pegiat UMKM dan Pemerintah di Kabupaten Garut. Metode dalam penelitian ini menggunakan metodologi Rational Unified Proccess (RUP) yang terdiri dari beberapa tahapan mulai dari inception, elaboration, construction dan transition. Hasil dari penelitian yaitu membuat sebuah aplikasi yang mampu menjembatani Pemerintah dengan UMKM atau sesama UMKM untuk berdiskusi mengenai permasalahan yang dihadapi serta untuk kemajuan UMKM di Kabupaten Garut.
Sistem Informasi Katalog Diler Motor di Kota Garut Hagi Pratama Iskandar; Ridwan Setiawan; Raden Erwin Gunadhi Rahayu
Jurnal Algoritma Vol 17 No 2 (2020): Jurnal Algoritma
Publisher : Institut Teknologi Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (582.063 KB) | DOI: 10.33364/algoritma/v.17-2.176

Abstract

Katalog yaitu media pemasaran, suatu produk dengan berbagai informasi didalamnya. Saat ini teknologi informasi berkembang sangat pesat dengan memanfaatkan teknologi informasi katalog bertransformasi menjadi E-Katalog atau Elektronik katalog. Permasalahan yang terjadi di dealer adalah terbatasnya media katalog dan belum adanya media katalog elektronik sehingga proses bisnis yang dijalankan menemui masalah. Untuk itu diperlukan media transformasi katalog dengan katalog elektronik. Perancangan yang dilakukan dengan metode Rational Unified Proces dan bahasa pemograman PHP serta MySQL sebagai Data Base. Permasalahan yang ada di dealer dapat diselesaikan dengan bantuan fitur yang ada di media Aplikasi berupa booking service dan ketersediaan unit kendaraan dengan media katalog elektronik yang dapat diakses dimana dan kapan saja dengan berbasis web.
Pengembangan Aplikasi Katalog Produk Usaha Kecil Menengah Berbasis Android Imat Firmansyah; Sri Rahayu; Rinda Cahyana
Jurnal Algoritma Vol 17 No 2 (2020): Jurnal Algoritma
Publisher : Institut Teknologi Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (296.57 KB) | DOI: 10.33364/algoritma/v.17-2.212

Abstract

Kemajuan teknologi smartphone banyak digunakan dalam berbagai bidang termasuk bidang pengembangan katalog produk UKM. Penggunaan smartphone dapat dimanfaatkan dalam bidang pemasaran dan promosi sehingga diharapkan dapat meningkatkan jumlah penjualan dan pendapatan. Dengan smartphone android memungkinkan katalog produk UKM. dapat diakses dimana saja dan kapan saja secara online menggunakan android. Informasi yang berasal dari internet yang diambil dari situs website atau blog tentang katalog produk UKM yang dikemas ke dalam bentuk aplikasi android agar lebih terjangkau dan memudahkan pengguna. Penulisan ini bertujuan untuk membuat sebuah aplikasi informasi tentang katalog produk UKM berbasis android yang diharapkan bisa memberikan informasi tentang katalog produk UKM kepada masyarakat. Berdasarkan permasalahan tersebut dibuat Aplikasi Informasi katalog produk UKM Berbasis Android, Sedangkan metodologi yang digunakan yaitu Multimedia Development Life Cycle versi Luther Sutopo yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu Konsep, desain, pengumpulan materi, Assembly, pengujian dan Distribusi. Penelitian ini menghasilkan Aplikasi Informasi katalog produk UKM berbasis Android yang mempermudah masyarakat dalam mengetahui tentang informasi kuliner, dimana saja dan kapan saja dapat diketahui sebagai media informasi tentang kuliner.
Media Pembelajaran Rumah Adat Indonesia Berbasis Android Menggunakan Algoritma Fisher Yates Shuffle Marwah Maulana Sidik; Dian Sa'adillah Maylawati; Ridwan Setiawan
Jurnal Algoritma Vol 17 No 2 (2020): Jurnal Algoritma
Publisher : Institut Teknologi Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (650.273 KB) | DOI: 10.33364/algoritma/v.17-2.218

Abstract

Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki berbagai suku bangsa, adat, maupun budaya, seiring dengan berjalannya waktu, dan adanya unsur-unsur budaya baru yang masuk ke Indonesia dapat menimbulkan perubahan yang sangat besar, sehingga minat dalam belajar mengenai budaya Indonesia sangatlah kurang, sedikit demi sedikit masyarak Indonesia melupakan budaya nya. Salah satu dari budaya tersebut yaitu rumah adat yang semakin ditinggalkan dan diganti dengan unsur-unsur moderen. media pembelajaran yang menarik dengan memanfaatkan teknologi sekarang yang salah satunya yaitu android, sebagai sarana untuk mempermudah dalam pemelajar. Penelitian ini bertujuan untuk membangun media pembelajaran berbasis android untuk mempermudah dalam pembelajaran mengenai rumah adat, agar dapat menarik minat belajar masyarakat Indonesia khususnya anak-anak yang dalam fase belajar. Aplikasi ini dibangun dengan menggunakan metodologi Multimedia Development Life Cycle versi Luther Sutopo dengan tahapan concept , design, material collecting, assembly, testing dan distribution. Selain itu, juga menggunakan algoritma Fisher Yates Shufle sebagai algoritma untuk pengacakan agar media pembelajaran lebih interaktif dan membantu dalam mengukur tingkat pemahaman pada peroses pembelajaran. Pengujian yang dilakukan menggunakan pengujian alpha test dan beta test dengan jenis pengujian black box dan white box. Adapun hasil dari aplikasi yang telah dievaluasi melalui kuesioner dengan jumlah 20 responden, aplikasi ini sangat membantu, mudah dipelajari dan dipahami, begitu pula perandoman yang dilakukan menggunakan Algoritma fisher yates shuffle depat berjalan dengan sangat baik, pada perhitungan pengujian setiap langkah-langkah dalam melakukan peroses pengacakan bernilai sama.
Rancang Bangun Sistem Informasi Pengelolaan Rumah Kos Deo Garut Berbasis Web Ridwan Setiawan; Asep Deddy Supriatna; Adam Hadi Kusuma
Jurnal Algoritma Vol 17 No 2 (2020): Jurnal Algoritma
Publisher : Institut Teknologi Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (584.707 KB) | DOI: 10.33364/algoritma/v.17-2.368

Abstract

Kos Deo yang berada di Kabupaten Garut, yang memeliki beberapa masalah untuk pengelolaan data penghuni kosan berupa transaksi bulanan dan pelaporan keluhan penghuni. Maka dari itu dibutuhkan sebuah aplikasi yang bisa menangani masalah tersebut. Perancangan Pengelolaan aplikasi Sistem Informasi Rumah Kos Deo Garut Berbasis Web ini bertujuan untuk mempermudah dalam mendata setiap penghuni yang kosan deo. Proses pembangunan aplikasi ini menggunakan metodologi dengan Unified Software Development Process pemodelan menggunakan Unified Model Language yang terdiri dari tiga tahap yaitu Inception, Colaboration, Contruction. Penelitian ini menghasilkan aplikasi berbasis web tentang pengelolaan rumah kos deo yang ada di Garut. Aplikasi ini untuk pengelolaan yang lebih baik secara digital melalui web baik dari sisi pengguna owner dalam melakukan pengelolaan, petugas untuk pelayanan dan memudahkan akses bagi setiap penghuni kos.
Rancang Bangun Aplikasi Pengenalan Mata Uang Berbasis Multimedia Widi Gumelar; Dewi Tresnawati; Rinda Cahyana
Jurnal Algoritma Vol 17 No 2 (2020): Jurnal Algoritma
Publisher : Institut Teknologi Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (600.274 KB) | DOI: 10.33364/algoritma/v.17-2.229

Abstract

Teknologi pada masa sekarang telah menjadi salah satu aspek yang wajib ada dalam setiap kehidupan umat manusia. Termasuk dalam media ajaran. Dengan adanya teknologi, media belajar dapat ditingkatkan menjadi lebih menarik dan lebih interaktif bagi siswa. Salah satu materi pembelajaran yang melatar belakangi pengenalan mata uang ada pada siswa Sekolah Dasar kelas II di mata pelajaran matematika pada kurikulum 2013, namun kurangnya pemanfaatan teknologi yang diterapkan pada media pembelajaran tersebut. Tujuan penelitian ini untuk membangun aplikasi pembelajaran pengenalan mata uang menggunakan system multimedia yang dapat membantu anak-anak khususnya pada siswa sekolah dasar. Pada penelitian ini menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle pengujian aplikasi menggunakan pengujian Alpha dengan black box testing, hasil penelitian ini berupa aplikasi pengenalan mata uang berbasis multimedia yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran khususnya untuk siswa Sekolah Dasar kelas II.
Rancang Bangun Aplikasi Web Katalog Produk Wisata Kuliner Berbasis Geographic Information System Yosep Septiana; Erwin Gunadhi; M. Safik Aghna; Muhammad Syauqi Mubarok
Jurnal Algoritma Vol 17 No 2 (2020): Jurnal Algoritma
Publisher : Institut Teknologi Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (506.455 KB) | DOI: 10.33364/algoritma/v.17-2.235

Abstract

Wisata kuliner merupakan kegiatan bepergian bersama-sama untuk memperluas informasi atau wawasan mengenai makanan. Aplikasi web katalog dapat menunjang informasi seputar wisata kuliner yang bisa dinikmati dengan mudah oleh semua kalangan masyarakat. Aplikasi seputar kuliner yang ada belum mengakomodir seluruh tempat wisata kuliner yang ada pada suatu wilayah. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi seputar wisata kuliner di mulai dari informasi kuliner, lokasi pertama kali wisatawan mengakses aplikasi dengan dilengkapi dengan rute jalan menuju tempat kuliner. Tidak hanya memberikan informasi kepada para wisatawan maupun masyarakat saja, akan tetapi dapat membantu pegiat-pegiat usaha kuliner sebagai media promosi untuk perusahaan kuliner mereka. Dengan menambahkan rute menuju lokasi kuliner yang menerapkan konsep Geographic Information System pada suatu aplikasi dapat memberikan informasi lebih akurat. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa studi pustaka, studi lapangan dengan melakukan observasi, serta studi literatur sejenis. Sedangkan untuk pengembangan aplikasi penulis menggunakan metodologi yang digunakan yaitu Rational Unified Process dengan tahapan diantaranya yaitu inception, elaboration, contruction, kemudian menggunakan pemodelan Unified Modelling Language dan menggunakan metode pengujian black-box, serta menerapkan konsep Geographic Information System. Dari hasil penelitian yang dilakukan ini dapat ditarik kesimpulan bahwa aplikasi web katalog produk wisata kuliner berbasis Geographic Information System ini mampu menyampaikan informasi mengenai tempat wisata kuliner dan membantu mempromosikan perusahaan kuliner, dimulai dari informasi tentang tempat, lokasi serta produknya.
Rancang Bangun Sistem Informasi Pengelolaan Barang dan Reservasi Wisma Yasmin Berbasis Web Gensa Rachmah Sumesta; Raden Erwin Gunadhi Rahayu
Jurnal Algoritma Vol 17 No 2 (2020): Jurnal Algoritma
Publisher : Institut Teknologi Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (553.767 KB) | DOI: 10.33364/algoritma/v.17-2.184

Abstract

Dalam era globalisasi yang semakin modern dan kompleks ini, persaingan perusahaan sangatlah besar dalam merebut pangsa pasar. Salah satu perusahaan yang bergerak dibidang penginapan adalah Wisma Yasmin Garut, dimana permasalah terjadi pada proses Booking dan pengelolaan stok barang oprasional. Sistem yang dibuat yaitu booking online dan pengelolaan data stok barang dengan bantuan media aplikasi berbasis web, sehingga Wisma Yasmin dapat memanfaatkan teknologi sistem informasi untuk booking dan pengelolaan stok dengan efektif dan efisien. Metode perancangan pada penelitian ini menggunakan metode USDP (Unified Software Developmen Proces) dan bahasa pemograman PHP serta MySQL sebagai database. Aplikasi yang dibuat diharapkan dapat menjawab tantangan pasar saat ini bagi perusahaan untuk merebut pangsa pasar.
Rancang Bangun Media Pembelajaran Interaktif Kumpulan Sholawat Berbasis Android Sri Rahayu; Aldy Rialdy Atmadja; Asep Rohimat
Jurnal Algoritma Vol 17 No 2 (2020): Jurnal Algoritma
Publisher : Institut Teknologi Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (622.706 KB) | DOI: 10.33364/algoritma/v.17-2.341

Abstract

Dalam era modern ini banyak orang yang menggunakan fasilitas android yaitu smartphone yang sangat canggih darizmasa ke masazterus berkembang dalam hal teknologi, di masyarakat banyak sekali yang tidak memanfaatkan fasilitas digital dan menggunakan fasilitas manual dalam tahapan belajar. Pemanfaat smartphone yaitu dengan adanya fitur multimedia yang terdiri penggabunganzantara suara, gambarzserta animasi untukzpenyampaian informasinya yang lebih menarik. Pemanfaatan sistem android untuk penyampaian informasi kepada kalangan masyarakat seperti media pembelajaran interaktif kumpulan sholawat yang mudah di pelajari. Dalam belajar sholawat ini supaya kita lebih ingat lagi kepada baginda nabi Muhammad SAW dan menjadikan syafaat di akhirat nanti. Masalah yang ada dalam penelitian sebelumnya didalam konten belum adanya evaluasi atau kuis yang di cantumkan. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat aplikasi media pembelajaran interaktif kumpulan sholawat berbasis android yang menampilkan informasi tentang sholawat berupa gambar teks dan suara lalu ada kuis game. Metode yang digunakan dalam aplikasi media pembelajaran interaktif kumpulan sholawat yaitu MultimediazDevelopment Life Cycle (MDLC) ada enam tahapan ialah concept (pengonsepan),xdesign (perancangan), material collecting (pengumpulan bahan), assembly (pembuatan), testing (pengujian), distribution (pendistribusian). Hasil dari penelitian adalah berupa aplikasi media pembelajaran interaktif kumpulan sholawat berbasis android. Berdasarkan pembahasan dan hasil dapat diperoleh dengan kesimpulan yaitu aplikasi media pembelajaran interaktif kumpulan sholawat berbasis android yang dibangun menyajikan sebagian materi kumpulan sholawat serta dengan audio dan gambar teks sholawat. Dalam aplikasi tersebut menyediakan fitur kuis game sejauh mana pemahaman pengguna terhadap materi sholawat dan untuk hiburan.
Rancang Bangun Aplikasi Komunitas Maya Kewirausahaan Berbasis Web Ridwan Setiawan; Asep Deddy Supriatna; M Yogi Despriyandi
Jurnal Algoritma Vol 17 No 2 (2020): Jurnal Algoritma
Publisher : Institut Teknologi Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (450.714 KB) | DOI: 10.33364/algoritma/v.17-2.192

Abstract

Informasi tentang kewirausahaan sangat penting bagi sebagian masyarakat, dimana dalam pencarian informasi kebanyakan dengan cara mencari dari artikel atau datang kepada komunitas kewirausaan Bandung untuk bertanya perihal cara mengembangkan usaha yang di lakukan oleh masyarakat. Dari kegiatan tersebut banyak permasalahan yang muncul dalam mencari informasi kepada komunitas seperti tidak tahu keberadaan komunitas kewirausahaan, lokasi sekertariat, alamat yang bisa dihubungi dan cara masuk menjadi anggota kewirausaan. Untuk mempermudah komunikasi dan berinteraksi antara masyarakat dengan komunitas maka dibuatlah penelitian tentang forum diskusi online tentang kewirausahaan dengan nama forum enterpeuneur, yang bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam mencari informasi dari komunitas dan penelitian ini dapat menjadi jembatan antara masyarakat dengan komunitas kewirausaan. Metodologi yang digunakan yaitu metodologi Relational Unified Process (RUP) dengan tahapan – tahapan meliputi inception, elaboration dan construction. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat mempermudah masyarakat dalam mencari informasi melalui fitur forum diskusi online, peta digital dan fitur tips & trik untuk memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi lanjutan yang tersedia pada aplikasi.

Page 1 of 4 | Total Record : 38