cover
Contact Name
Gede Eka Putrawan
Contact Email
gputrawan08@fkip.unila.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalaksara@fkip.unila.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
AKSARA: Jurnal Bahasa dan Sastra
Published by Universitas Lampung
ISSN : 14112051     EISSN : 26203928     DOI : -
AKSARA: Jurnal Bahasa dan Sastra (Journal of Linguistics and Literature) is a biannual journal (April and October) published by the Department of Language and Arts Education, Faculty of Teacher Training and Education, University of Lampung. It addresses a wide range of different fields in linguistics, applied linguistics, arts, and literature. The journal aims to promote the development of links between research in linguistics, applied linguistics, arts, as well as literature and its application in professional and educational settings. Therefore, the journal invites researchers, scholars, students to submit their research articles and literature reviews for publication in this journal.
Arjuna Subject : -
Articles 160 Documents
Hubungan antara motivasi berprestasi dan pengetahuan pembuatan tes dengan kualitas soal buatan guru sma dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra di Kota Pangkalpinang Asyraf Suryadin; Maulina Hendrik; Yorenza Meifinda
Aksara: Jurnal Bahasa dan Sastra Vol 21, No 2 (2020): AKSARA: Jurnal Bahasa dan Sastra
Publisher : Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (245.143 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, 1) hubungan antara motivasi berprestasi dengan kualitas soal buatan guru SMA dalam mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 2) hubungan antara pengetahuan pembuatan tes dengan kualitas soal buatan guru SMA dalam mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Penelitian dilakukan dengan metode survei teknik korelasional. Populasi target  seluruh guru mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Kota Pangkalpinang sebanyak 30 guru. Sampel penelitian  menggunakan sampel total, analisis ujicoba instrumen penelitian untuk validitas soal pada instrumen pertama menggunakan korelasi Product moment karl-pearson dan untuk ujicoba penelitian kedua menggunakan korelasi point biserial, reliabilitas instrumen pertama menggunakan spearman-brown dan instrumen kedua menggunakan kuder-richardson ( K-R ). Hasil penelitian menyimpulkan: pertama, terdapat hubungan positif antara motivasi berprestasi (X1) dengan kualitas soal buatan guru ( Y), dengan persamaan regresi Y = - 12,50 + 0,69 X1  dan koefisien korelasi ry1 = 0,37 serta koefisien determinasi r2y1 = 0, 133, kedua, terdapat hubungan positif antara pengetahuan pembuatan tes ( X2) dengan kualitas soal buatan guru SMA mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. dx.doi.org/10.23960/aksara/v21i2.pp133-144 
A Critical Reading Process on Foreign Language Pedagogical Knowledge: Toward a Developmental Theory of Beginning Teacher Practices (The Abstract Text of A Research Paper in The Modern Language Journal) Feni Munifatullah
Aksara: Jurnal Bahasa dan Sastra Vol 18, No 2 (2017): Aksara: Jurnal Bahasa dan Sastra
Publisher : Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (464.103 KB)

Abstract

This article discusses the abstract of the paper entitled Foreign Language Pedagogical Knowledge: Toward a Developmental Theory of Beginning Teacher Practices in The Modern Language Journal 91(07):63-82 from critical thinking standards and critical literacy supported by systemic functional grammar aspects. The analyses indicate that the text can be considered as an appropriate text considering the author, its audience, its well-established and complete structure, and a very concise purpose. The text is clear, accurate, relevant, broad, and sufficient. It is consistent to what it discusses along the text, provides the facts instead of opinions, and contains so many topics but lacks cohesive devices. Besides, the critical literacy aspects guide the reader to explore deeper into the text by using systemic functional grammar some aspect of cohesion is solved by theme progression and the use of tenses and modals. The discussion has assisted the reader to come to a conclusion that the abstract is well presented/produced.Keywords: critical thinking standards, critical thinking literacies, functional analysis DOI: http://dx.doi.org/10.23960/aksara/v18i2.pp154-168
Kajian sosiolinguistik penggunaan alih kode dan campur kode dalam film Tarung Sarung karya Archie Hekagery Ahmad Midani; Sinta Rosalina
Aksara: Jurnal Bahasa dan Sastra Vol 23, No 1 (2022): Oktober 2021 - April 2022
Publisher : Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (420.263 KB)

Abstract

Sosiolinguistik merupakan studi yang mengkaji budaya berdarskan bahasa yang digunakan  dalam masyarakat. Salah satu bagian dari studi sosiolinguistik adalah alih kode dan campur kode, alih kode dan campur kode sering terjadi di dalam masyarakat hal tersebut disebabkan adanya pendatang dari luar daerah. Karena Indonesia merupakan negara maritime karenanya banyak masyarakat yang mampu menggunakan dua sampai tiga kode bahasa sekalipun. Hal tersebut dapat dibuktikan dalam masyarakat Indonesia dan pada film-film yang menjadikan keragaman bahasa indoneisa sebagai tema film tersebut, contonya  film Tarung Sarung Karya Archie Hekagery dalam film tersebut dialognya mengunakan beberapa bahasa sehingga sering terjadi alih kode dan campur kode. Pada film Tarung Sarung Karya Archie Hekagery alih kode dan campur kode dipengaruhi oleh lawan bicara, jenjang pendidikan, dan latar belakang penutur. Penelitian ini menggunakan metode derskriptif kualitatif dengan tujuan menjelaskan bentuk alih kode dan campur kode yang digunakan dalm film Tarung Sarung Karya Archie Hekagery guna untuk menujukan keragaman bahasa yang digunakan oleh masyarakat Indonesia disebuah daerah melalui sebuah film.
Aplikasi content language integrated learning (CLIL) berbasis proyek terhadap peningkatan kemampuan berbahasa Inggris mahasiswa Hery Yufrizal
Aksara: Jurnal Bahasa dan Sastra Vol 21, No 2 (2020): AKSARA: Jurnal Bahasa dan Sastra
Publisher : Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (256.491 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji  dan menginventarisasi faktor-faktor apa saja yang mendukung atau menghambat pembelajaran Bahasa Inggris melalui Pendekatan Content Language Integrated Learning berbasis projek pada MKU Bahasa Inggris di perguruan tinggi di Lampung. Penelitian ini berorientasi pada pengembangan produk dimana proses pengembangannya dideskripsikan seteliti mungkin dan produk akhirnya dievaluasi. Hasil penelitian menjukukan bahwa program CLIL berbasis projek pada mata kuliah bahasa Inggris di beberapa program studi di FKIP Unila dapat berjalan dengan baik. Hal ini terbukti dari pelaksanaan keseluruhan kegiatan program dari pelaksanaan pembentukan kelompok, mahasiswa bekerja dalam kelompok untuk menyelesaikan proyek dengan baik. Kegiatan presentasi kelompok dalam bahasa Inggris, presentasi pribadi dan tanggapan mahasiswa terhadap semua aktivitas menunjukkan hasil yang positif. dx.doi.org/10.23960/aksara/v21i2.pp169-184 
Sikap Bahasa Siswa SMP dan SMA terhadap Pembelajaran Bahasa Inggris di Kota Bandar Lampung Sudirman Sudirman; Huzairin Huzairin
Aksara: Jurnal Bahasa dan Sastra Vol 18, No 1 (2017): Aksara: Jurnal Bahasa dan Sastra
Publisher : Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (333.297 KB)

Abstract

The objective of this study was to describe laguage attitude of junior and senior high school (SMP and SMA) students in learning English as a lesson at shools in Bandar Lampung. Since language attitude is a basic motor to motivation in learning language including English, it is of a worthy attention to know and describe it for the sake of teaching and learning English process. The population of this study was SMP and SMA students while the samples were a number of the students taken purposively. Accordingly, the samples were stratified sampling. Data were collected using questionaire with closed question items and analized using simple profile model. The result showed that SMP students` attitude toward native speaker, learning orientation, and motivation was higer than their attitude toward class and English teachers. Similarly, SMA students` attitude was high in learning orientation, followed by motivation of learning. The difference of attitude between SMP and SMA students was shown by the highest score on the attitude toward the importance of learning English in order to be appriciated if they have good ability in Englsh.Keywords: Attitude, Learning English, Motivation
Language shift: local language proficiency of the younger generation in Lampung Bambang Riadi
Aksara: Jurnal Bahasa dan Sastra Vol 22, No 2 (2021): Mei - Oktober
Publisher : Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (177.921 KB)

Abstract

Banyak penelitian telah dilakukan tentang pergeseran bahasa sebagai produk budaya, tetapi sangat sedikit penelitian tentang kemampuan dan pola bahasa lokal, khususnya di Lampung. Oleh karena itu, kami bertujuan untuk menjelaskan bagaimana kemampuan bahasa daerah dan pola bahasa di kalangan generasi muda. Metode deskriptif menganalisis data yang diperoleh dari kuesioner yang diberikan kepada partisipan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah terjadi pergeseran bahasa daerah di kalangan generasi muda Lampung. Data tersebut menjelaskan bahwa masih sedikit anak muda yang masih fasih berbahasa daerah dan menggunakan bahasa Indonesia untuk berkomunikasi dalam berbagai ranah. Dengan demikian, generasi muda secara bertahap meninggalkan bahasa daerah sebagai kekayaan budaya Indonesia. Implikasi studi juga dibahas, bersama dengan beberapa rekomendasi untuk studi masa depan.
Kemampuan Membaca Kritis dengan Menggunakan Teknik SQ3R Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Bambang Riadi
Aksara: Jurnal Bahasa dan Sastra Vol 16, No 2 (2015): Jurnal Aksara
Publisher : Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (521.281 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan membaca kritis baik sebelum dan sesudah digunakannya teknik SQ3R dan mendeskripsikan perbedaan kemampuan membaca kritis antara sebelum dan sesudah digunakannya teknik SQ3R. Metode yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester ganjil Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Tahun Pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 42 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan membaca kritis sebelum diterapkan SQ3R sebesar 63,2 dengan kategori cukup. Setelah diterpakan teknik SQ3R nilai rata-rata naik menjadi 80,6 dengan kategori baik. Berdasarkan hasil perhitungan data menunjukkan bahwa lebih besar daripada (12.831 2,019) dan nilai Sig (2-tailed) lebih kecil dari 0,025 (0,000 0,025. Hasil uji-t tersebut menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan yang bearti bahwa teknik SQ3R mampu meningkatkan kemampuan membaca kritis.Kata kunci: membaca, membaca kritis, teknik SQ3R,
Analysis of relationship between language applications and culture; Angkola- Mandailing community Anna Leli Harahap
Aksara: Jurnal Bahasa dan Sastra Vol 22, No 2 (2021): Mei - Oktober
Publisher : Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (205.72 KB)

Abstract

ABSTRACTThis research discussed about the relationship between language application and culture; language as a means of culture in Angkola- Mandailing community, and this research intended to know the relationship between language application and culture in Angkola Angkola- Mandailing community. This research was conducted by qualitative-descriptive method that describes the relationship between language application and culture based on Nababan's theory (Nababan, 1986).  The results of this research are that the relationship between language and culture in Angkola ethnic:  1) language as a means of cultural development; for example margondang, mangayun. 2) Language as a pathway for cultural heir; for example: martahi /marpege-pege, makkobar.  3) And language as an inventory of cultural characteristics; markusip which is no longer practiced by young people in Padangsidimpuan, however, in Angkola- Mandailing community knows what that (markusip). So the relationship between language and culture is very clear in this research, because without language it is culture, and culture includes language.Keywords: Language Applications and Culture; development, heir, inventory
Makna simbolik gerak tari halibambang Susi Wendhaningsih; Dwiyana Habsary
Aksara: Jurnal Bahasa dan Sastra Vol 22, No 1 (2021): AKSARA: Jurnal Bahasa dan Sastra
Publisher : Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (664.949 KB)

Abstract

This thesis explores the significance of the symbols in the Halibambang dance. These concepts can be traced back to the dance gestures, costumes and assets of the Halibambang dance.The study review focuses on the sense of motion and is related to the principles held by the people of Lampung. The approach used in this research is ethnocoreology. The Halibambang dance is one of the many dances that originate in the Saibatin tradition. It's a dance that's performed in groups. This dance is performed by the woman, and this dance represents the nature of the butterflies. The concept that can be studied apart from the name and the movement of the dance. Results have shown that the sense of the Halibambang. The results showed that the sense of the Halibambang dance movement describes the behavior of people of Lampung, and the movements used also reflect the livelihoods of the Saibatin people. Keywords: Meaning of Symbolic, Dance Movement, Halibambang Dance
Penerapan Membaca Permulaan untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Estuning Dewi Hapsari
Aksara: Jurnal Bahasa dan Sastra Vol 20, No 1 (2019): AKSARA: Jurnal Bahasa dan Sastra
Publisher : Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (259.584 KB)

Abstract

Membaca merupakan keterampilan berbahasa yang wajib dikuasai  oleh siswa kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah (MI). Hal tersebut dikarenakan hampir semua buku teks menuntut siswa untuk dapat membaca. Siswa yang tidak dapat membaca akan mengalami kesulitan dalam proses pembelajaran. Siswa kesulitan dalam memahami perintah serta materi di dalam buku teks.  Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (classroom action research).  . Penelitian dilakukan di MI Plus Al Islam Dagangan tahun pelajaran 2018/2019. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jenis data penelitian terbagi menjadi dua, yaitu data proses dan data hasil. Data proses dijadikan alat untuk mengukur kualitas proses pembelajaran. Sedangkan data hasil digunakan untuk mengetahui tingkat keberhasilan pembelajaran. Berdasarkan temuan penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan membaca permulaan dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa. Peningkatan ditunjukkan dengan nilai rata-rata siswa pada siklus I sebesar 51,25,siklus II 71 dan siklus III sebesar 75,8. DOI: http://dx.doi.org/10.23960/aksara/v20i1.pp10-24

Page 1 of 16 | Total Record : 160