cover
Contact Name
Rusdi
Contact Email
slj@unm.ac.id
Phone
+628114607200
Journal Mail Official
slj@unm.ac.id
Editorial Address
Jl. AP. Pettarani No.9, Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan, 90222
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Social Landscape Journal
ISSN : -     EISSN : 2721236X     DOI : https://doi.org/10.56680/slj.v3i2
Core Subject : Education, Social,
Social Landscape Journal (SLJ) adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makassar. SLJ menyediakan akses terbuka dengan prinsip bahwa hasil penelitian yang diterbitkan dalam jurnal ini tersedia secara bebas untuk umum untuk mendukung pertukaran pengetahuan secara global. SLJ menerbitkan artikel tiga kali per tahun yaitu Maret, Juli dan November. SLJ menyediakan tempat bagi akademisi, peneliti, dan praktisi untuk menerbitkan artikel ilmiah. Setiap teks yang dikirim ke editor SLJ ditinjau oleh peer review. Semua manuskrip yang dikirim ke editor SLJ diterima dalam bahasa Indonesia atau Inggris. Ruang lingkup artikel yang tercantum dalam jurnal ini berkaitan dengan berbagai topik, termasuk: pendidikan ilmu sosial, geografi, Sosiologi, sejarah, ekonomi, dan sistem informasi Geografi. Jurnal ini tersedia dalam bentuk online saja dan sangat menghargai etika publikasi dan menghindari semua jenis plagiarisme.
Articles 51 Documents
SISTEM EKONOMI JAMA'AH AN-NADZIRKECAMATAN BONTOMARANNU KABUPATEN GOWA Kabupaten Gowa Hartono Hartono
Social Landscape Journal Vol 1, No 1 (2020): March
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (855.874 KB) | DOI: 10.56680/slj.v1i1.12446

Abstract

Sistem  Ekonomi Jama’ah An-Nadzir Kecamatan Romang Lompoa Kabupaten Gowa.Skripsi. Program Studi Pendidikan IPS, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makassar. Penelitian bertujuan untuk mengetahui, 1)Untuk mengetahui Sistem  Ekonomi Jama’ah An Nadzir di Kabupaten Gowa. 2) Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengarui Sistem Ekonomi Jama’ah An Nadzir di Kabupaten Gowa. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dalam proses pengumpulan data, peneliti menggunakanteknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.Berdasarkan hasil penelitian dapat di ketahui bahwa: 1) Sistem ekonomi Jama’ah An-Nadzir merupakan Sistem ekonomi islam  yang berdasarkan kepada Al-quran dan sunnah Rasulullah. Tujuan dari sistem ekonomi ini bukan untuk  memenuhi kebutuhan Material semata tetapi juga kebutuhan spiritual Jama’ah. Terdapat pengakuan terhadap hak individu dan juga hak umum Jama’ah. dan terdapat badan Baitul Maal untuk mengelolah harta yang bersumber dari sumberdaya milik Jama’ah dan juga infak. Harta yang terkumpul di Baitul Maal ini yang akan dibagikan kepada jama’ah yang membutuhkan seperti para janda dan juga anggota Jama’ah yang belum mapan perekonomiannya. 2) Faktor – faktor yang mempengaruhi Sistem Ekonomi Jama’ah An-Nadzir ialah sistem kepemimpinan jama’ah, ajaran yang mereka yakini, hubungan kerjasama dengan berbagai pihak seperti pemerintah daerah, masyarakat sekitar, pihak kampus STTP Gowa, sistem sosial budaya kelompok lain dalam hal  pembagian hasil/upah pengelolaan sawah.
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IX. 1 SMPN 1 MANUJU MELALUI PENDEKATAN SCAFFOLDING DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING Nurliah Nurliah
Social Landscape Journal Vol 2, No 1 (2021): March
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (306.314 KB) | DOI: 10.56680/slj.v2i1.19223

Abstract

This research is a class action research (Classroom Action Research) with the aim of improving and improving the quality of learning through the Scaffolding approach with the Problem Based Learning model. The research location is at SMPN 1 Manuju which is located on Jl. the Pallangga-Sapaya axis Km. 28 Pattallikang Village, Kec. Manuju Gowa Regency. The research subjects were class IX.1 students registered in the 2019/2020 school year, with a total of 33 students. In this study, activity data and student learning outcomes were obtained using non-test and test techniques. Data collection was carried out using observation sheets, and itemized questions. The results showed that there was an increase in the activity and learning outcomes of class IX students. 1 SMPN 1 Manuju after learning through the Scaffolding approach with the Problem Based Learning model. This is in accordance with the results of observations of teacher and student activities and student learning outcomes from cycle I to cycle II. the increase in activity and student learning outcomes is due to intensive scaffolding from teachers and students as peer tutors in developing the potential that students have in solving problems.
Pengaruh Kekerasan Pada Anak (Child Abuse) Terhadap Pola Pikir Siswa Di Smp Negeri 25 Makassar Nurul Annisa Asis
Social Landscape Journal Vol 2, No 3 (2021): November
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (342.335 KB) | DOI: 10.56680/slj.v2i3.23773

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Gambaran kekerasan pada anak (child abuse) di SMP Negeri 25 Makassar 2) Gambaran pola pikir anak di SMP Negeri 25 Makassar 3) hubungan antara kekerasan pada anak dengan pola pikir siswa-siswi di SMP Negeri 25 Makassar. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif. Variabel penelitian terdiri dari kekerasan pada anak (Variabel X) dan pola pikir (Variabel Y). Populasi penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 25 Makassar berjumlah 1082 siswa dan tingkat presisi yang digunakan sebesar 10%. Maka dari jumlah sampel adalah sebanyak 88 siswa. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa 1) Gambaran Kekerasan pada Anak (Child Abuse) di SMP Negeri 25 Makassar berada dalam kategori “sangat rendah” berdasarkan indikator kekerasan fisik, kekerasan psikis, kekerasan emosional. 2) Gambaran Pola Pikir Siswa di SMP Negeri 25 Makassar berada pada kategori “sedang” berdasarkan indikator Pola Pikir Tetap (Fixed Mindset) dan Pola Pikir Berkembang (Growth Mindset). 3) Hubungan antara Kekerasan pada Anak (Child Abuse) dengan Pola Pikir Siswa di SMP Negeri 25 Makassar “kuat”.
Peran BMT Al-Mukminin terhadap Pelayanan Masyarakat Di Pasar Cabbenge Kecamatan Lilirilau Kabupaten Soppeng Indah Andira Putri; Herman Herman; Muh Said
Social Landscape Journal Vol 2, No 1 (2021): March
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (362.562 KB) | DOI: 10.56680/slj.v2i1.19730

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui gambaran peran BMT Al-Mukminin di pasar Cabbenge Kecamatan Lilirilau Kabupaten Soppeng (2) Untuk mengetahui gambaran pelayanan BMT Al-Mukminin terhadap masyarakat di pasar Cabbenge Kecamatan Lilirilau Kabupaten Soppeng (3) Untuk mengetahui hubungan antara peran BMT Al-Mukminin dengan pelayanan BMT Al-Mukminin terhadap masyarakat di pasar Cabbenge Kecamatan Lilirilau Kabupaten Soppeng. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif survey dengan populasi berjumlah 289 orang, dan sampel berjumlah 74 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, angket dan dokumentasi. Serta teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa (1) gambaran peran BMT Al-Mukminin di pasar Cabbenge Kecamatan Lilirilau Kabupaten Soppeng berada pada kategori “beperan”, hal ini dilihat dari semua indikator yang berada dalam kategori sangat baik, (2) gambaran pelayanan BMT Al-Mukminin terhadap masyarakat di pasar Cabbenge Kecamatan Lilirilau Kabupaten Soppeng berada pada kategori “sangat baik”, hal ini dilihat dari semua indicator yang berada dalam kategori sangat baik, (3) dari hasil penelitian terdapat hubungan positif antara peran BMT Al-Mukminin terhadap pelayanan masyarakat di pasar Cabbenge Kecamatan Lilirilau Kabupaten Soppeng yang berada dalam kategori “cukup kuat”.
RESPON SISWA DALAM PEMBELAJARAN ONLINE SELAMA PANDEMI Feri Padli; Rusdi Rusdi
Social Landscape Journal Vol 1, No 3 (2020): November
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (767.227 KB) | DOI: 10.56680/slj.v1i3.14508

Abstract

Pandemi Wabah Covid 19 mengubah sistem pebelajaran menjadi distance learning atau sistem full daring. Sehingga situasi ini mengharuskan semua pihak mulai dari tenaga pengajar (guru) dan siswa beradaptasi menggunakan berbagai sistem pembelajaran yang tersedia dan diminati. Selain fasilitas tanyangan televisi (TVRI) dan siaran radio (RRI) pemerintah untuk semua jenjang sekolah di Indonesia, ada juga beberapa alternatif yang tersedia seperti Google Classroom, Aplikasi Video Conference (google meet, zoom, skype, webex dan sejenisnya), WhatsApp Group (WA). Karena fasilitas dari pemerintah untuk dibeberapa daerah masih tekendala signal akses, maka guru dan siswa lebih memilih tiga aplikasi alternatif tersebut. Tetapi pada implementasinya tetap ada beberapa kendala dari siswa dan guru itu sendiri. Mulai dari ketersediaan fasilitas internet, kuota data dan kemampuan guru sendiri yang belum familiar dengan aplikasi. Sehingga respon siswa pada metode pembelajaran daring ini cukup beragam. Dari hasil analisis penelitian ini menggambarkan perilaku siswa dalam pembelajaran daring cukup baik karena alasan proses pembelajaran yang lebih flexible dan tidak menyita banyak waktu. Namun untuk saat ini, siswa tetap lebih memilih belajar di sekolah daripada distance learning karena alasan terkendal fasilitas dan biaya serta kurangnya interaksi kelas.
Efforts To Improve The Learning Outcomes Of Students' IPS Using Problem Based Learning Models Ulfia Trisna; Syarifah Balkis; Suyuti Suyuti
Social Landscape Journal Vol 3, No 1 (2022): March
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (481.413 KB) | DOI: 10.56680/slj.v3i1.30951

Abstract

The research was carried out aimed at improving learning outcomes through the application of the Problem based Learning learning model in sosial studies subjects at SMP Negeri 8 Tanjungpinang. Based on the results of previous observations, learning is still teacher-centered, the lack of activeness of students in learning so that it has an impact on the low learning outcomes of students in sosial studies subjects. The subjects of this study were class VII students, totaling 16 people. This study uses a Problem Based Learning learning model, by orienting students to contextual problems to analyzing and evaluating problem solving activities, thereby increasing student activity in sosial studies learning, having an impact on increasing the average value of student learning outcomes with an average score. class average is 75.65 and the percentage of completeness is 87.5%. The data collection instruments used were test instruments and observation sheets. The results of the study indicate that the Problem Based Learning learning model can improve student learning outcomes in sosial studies learning at SMP Negeri 8 Tanjungpinang.
PENYESUAIAN DIRI MAHASISWA PADA BUDAYA MASYARAKAT (STUDI KASUS MAHASISWA PASCA KKN) Fitriah Fitriah
Social Landscape Journal Vol 1, No 2 (2020): July
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (688.205 KB) | DOI: 10.56680/slj.v1i2.13740

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Penyesuaian diri mahasiswa pada budaya masyarakat, 2) Kendala yang dihadapi mahasiswa dalam proses penyesuaian diri dengan budaya masyarakat. Metode penilitian yang digunakan adalah metode kulitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi.Hasil penelitian berdasarkan analisis data menunjukkan 1) Penyesuaian diri mahasiswa pada budaya masyarakat tergolong tidak baik dalam melakukan penyesuaian diri. Penyesuaian diri mahasiswa pada budaya masyarakat yang tergolong tidak baik dibuktikan melalui lima indikator yang terdiri dari dua dimensi. Dari kelima indikator tersebut, hanya dua diantaranya yang mampu dipenuhi oleh mahasiswa selama melaksanakan proses kuliah kerja nyata. 2) Kendala penyesuaian diri mahasiswa dalam proses penyesuaian diri dengan budaya masyarakat juga tidak baik. Dalam hal ini, mahasiswa dalam mengatasi kendala penyeusaian diri tidak dapat mengatasi semua kendala-kendala yang ada dalam penyesuaian diri pada budaya masyarakat terbukti dengan empat indikator dari kendala penyesuaian diri hanya satu yang dapat diatasi oleh mahasiswa.
PERAN GURU IPS TERHADAPAT PENDIDIKAN KARAKTER SANTRI (STUDI DESKRIPTIF PONDOK PESANTREN AN-NAHDLAH MAKASSAR) Miftahul Khaerat
Social Landscape Journal Vol 1, No 1 (2020): March
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (41.273 KB) | DOI: 10.56680/slj.v1i1.12249

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) peran guru IPS dalam pendidikan karakter santri Pondok Pesantren An-Nahdlah Makassar  dan 2) faktor-faktor yang mempengaruhi peran guru IPS dalam pembentukan karakter santri Pondok Pesantren An-Nahdlah Makassar. Metode penilitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, kuesioner/angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif deskriptif dan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian berdasarkan analisis data menunjukkan 1)  peran guru IPS dalam pendidikan karakter santri Pondok Pesantren An-Nahdlah Makassar  berada pada ketegori tinggi dengan indikator yaitu keteladanan, inspirator, motivator, evaluator. 2) faktor-faktor yang mempengaruhi peran guru IPS dalam pembentukan  karakter santri Pondok Pesantren An-Nahdlah Makassar berada pada ketegori tinggi dengan indikator kerpibadian guru, sikap, konsep diri serta hubungan antara guru dan anak didik
Model Pendidikan Karakter (Studi Metode Halaqah) dalam Organisasi Massa Wahdah Islamiyah Makassar Muhammad Fahriadi Azhari
Social Landscape Journal Vol 2, No 3 (2021): November
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (206.226 KB) | DOI: 10.56680/slj.v2i3.23764

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Gambaran model pendidikan karakter dalam organisasi massa Wahdah Islamiyah Makassar. 2) Apa saja faktor determinan dalam menerapkan model pendidikan karakter dalam organisasi massa Wahdah Islamiyah Makassar. 3) Upaya dari penerapan model pendidikan karakter dalam organisasi massa Wahdah Islamiyah Makassar. Jenis penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif maka dalam penelitian ini peneliti mengamati dan berinteraksi dengan pengurus DPP Wahdah Islamiyah dan objek penerapan model pendidikan karakter dalam ormas Wahdah Islamiyah baik berupa siswa, mahasiswa dan masyarakat umum yang terlibat didalamnya. Pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan teknik deskriftif kualitatif. Hasil penelitian, dapat diketahui bahwa: 1) Gambaran model pendidikan karakter dalam organisasi massa Wahdah Islamiyah Makassar yaitu metode halaqah (kelompok lingkaran), adanya marhalah (tingkatan), adanya kurikulum yang diatur, jumlah peserta terbatas, waktu yang fleksibel, rutin/bersifat intensif. (2) Faktor determinan dalam menerapkan model pendidikan karakter yaitu pendidik/disebut murabbi, peserta didik/mutarabbi, tujuan pendidikan, alat pendidikan, lingkungan pendidikan. (3) Upaya dari penerapan model pendidikan karakter dilakukan dengan cara dakwah umum dan dakwah khusus. Dakwah umum dengan kegiatan seperti tabligh akbar, pengajian, daurah-daurah yang diadakan dan sejenisnya dilaksanakan di masyarakat di masjid dan lewat syiar media sosial, termasuk dengan sosialisasi yang sifatnya individu, orang per orang, serta penawaran-penawaran resmi misalnya ke sekolah-sekolah, perguruan tinggi dan instansi. adapun dakwah khusus dengan cara melaukan yang namanya dakwah fardhiyah yaitu dakwah secara pribadi ke orang lain dengan mengajaknya untuk kemudian ikut belajar islam secara intensif
Pengaruh Harga Kelapa Sawit Terhadap Tingkat Kesejahteraan Petani Sawit Desa Sinabatta Kecamatan Topoyo Kabupaten Mamuju Tengah Surya Surya; Dalilul Falihin; Syarifah Balkis
Social Landscape Journal Vol 2, No 1 (2021): March
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (280.86 KB) | DOI: 10.56680/slj.v2i1.19717

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui gambaran tingkat harga kelapa sawit di Desa Sinabatta (2) Untuk mengetahui tingkat kesejahteraan petani sawit di Desa Sinabatta (3) Untuk mengetahui pengaruh harga kelapa sawit terhadap tingkat kesejahteraan petani sawit di Desa Sinabatta Kecamatan Topoyo Kabupaten Mamuju Tengah. Menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Variabel terdiri dari tingkat harga kelapa sawit (Variabel X) dan tingkat kesejahteraan (Variabel Y). Populasi adalah petani sawit di Desa Sinabatta yang berjumlah 250 orang, dan sampel berjumlah 71 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, kuesioner/angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa 1) gambaran harga kelapa sawit di Desa Sinabatta berada ada kategori “sangat tinggi”, dilhat dari faktor pendapatan, harga barang lain yang berkaitan, selera konsumen, ekspektasi, dan teknologi (2) gambaran tingkat kesejahteraan petani sawit di Desa Sinabatta berada pada kategori  “sangat tinggi” dilihat dari segi materi, segi fisik, segi mental,dan segi spiritual (3) adanya pengaruh harga kelapa sawit terhadap tingkat kesejahteraan petani sawit di Desa Sinabatta berada pada kategori “sangat kuat” dan dengan besar pengaruh 53,0 % Harga Kelapa Sawit mempengaruhi Tingkat Kesejahteraan Petani Sawit Desa Sinabatta Kecamatan Topoyo Kabupaten Mamuju Tengah.