cover
Contact Name
Muhammad Shaleh Assingkily
Contact Email
assingkily27@gmail.com
Phone
+6282363776686
Journal Mail Official
assingkily27@gmail.com
Editorial Address
Jl. William Iskandar Ps. V, Medan Estate 20371
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial dan Pengabdian Kepada Masyarakat
ISSN : -     EISSN : 27770052     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
The focus of the Edu Society: Journal of Education, Social Sciences, and Community Service is on various problems in the fields of Education, Social Sciences and Community Service, both as material objects and as formal objects. We invite scientists, academics, researchers, practitioners and observers in the field of Education and Social Sciences to publish their research results in our journals, articles of which are focused on, among others: 1. Development and Design of Learning in the Field of Education 2. Learning Strategies in the Field of Education 3. Evaluation of Learning in the Field of Education 4. Educational Management 5. Inclusive Education 6. Social-Based Research on Education 7. Teacher Professionalism in Education 8. Utilization of Information and Digital Technology in Education 9. Community Service in the Field of Education and Social Sciences
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 3 (2022): Oktober 2022-Januari 2023" : 15 Documents clear
Animisme dalam Pandangan Masyarakat Islam Pematang Johar Kecamatan Labuhan Deli Kabupaten Deli Serdang Rodiatul Adawiyah Siregar
EDU SOCIETY: JURNAL PENDIDIKAN, ILMU SOSIAL DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT Vol. 2 No. 3 (2022): Oktober 2022-Januari 2023
Publisher : Association of Islamic Education Managers (Permapendis) Indonesia, North Sumatra Province

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56832/edu.v2i3.231

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa paham animisme dalam pandangan masyarakat Islam, dengan latar penelitian di Johar Kecamatan Labuhan Deli Kabupaten Deli Serdang. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Selanjutnya, peneliti menganalisis data dalam rangka menemukan makna temuan, yakni uraian proses mengorganisasikan dan mengurutkan data dalam pola kategori dan satuan uraian besar sehingga dapat ditemukan tema dan rumusan masalah hipotesis kerja, seperti yang didasarkan oleh data. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa paham animisme dalam pandangan masyarakat Muslim. Animisme adalah suatu kepercayaan tentang adanya roh atau jiwa pada benda-benda, tumbuh-tumbuhan hewan dan manusia. Di Desa Pematang Johar masyarakatnya masih ada yang menganut animisme dengan tanggapan karena masih menjalankan dan meneruskan tradisi leluhur yang tidak boleh punah, tetapi di sisi lain masyarakat tidak mempercayai keberadaan animisme tersebut yang berbentuk menentang syariat Agama Islam.
Analisis Peranan Retribusi Parkir Terhadap Pendapatan Asli Daerah : (Studi Kasus pada Pemerintahan di Banda Aceh) Azhari Alpad
EDU SOCIETY: JURNAL PENDIDIKAN, ILMU SOSIAL DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT Vol. 2 No. 3 (2022): Oktober 2022-Januari 2023
Publisher : Association of Islamic Education Managers (Permapendis) Indonesia, North Sumatra Province

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56832/edu.v2i3.232

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa peranan retribusi parkir terhadap pendapatan asli daerah (PAD). Adapun latar penelitian ialah kasus retribusi parkir pada pemerintahan di Banda Aceh. Metode riset yang dipakai merupakan metode riset kualitatif dengan teknik penelitian di lapangan. Riset kualitatif ini merupakan riset yang tidak memakai kalkulasi. Riset ini menghasilkan bagaimana restribusi parkir di tepi jalur biasa yang merupakan pembayaran atas pemakaian tempat parkir di tepi jalur biasa yang diresmikan oleh Pemerintah Kota Provinsi Banda Aceh. Retribusi ini bersifat wajib dan ditujukan kepada individu maupun basan yang sesuai dengan aturan perundang-undangan. Serta, bagi kota Banda Aceh sendiri, dalam pengurusan parkir pinggir jalur biasa oleh Biro Perhubungan Kota Banda Aceh ditetapkan bersumber pada prinsip aturan mengurus Forum for Corporate Governance in Indonesia, di antaranya transparansi, akuntabilitas, responsibilitas, kedaulatan serta kebiasaan.
Konsep Mukjizat Menurut Islam dan Kristen Arif Prabowo
EDU SOCIETY: JURNAL PENDIDIKAN, ILMU SOSIAL DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT Vol. 2 No. 3 (2022): Oktober 2022-Januari 2023
Publisher : Association of Islamic Education Managers (Permapendis) Indonesia, North Sumatra Province

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56832/edu.v2i3.233

Abstract

Mukjizat dalam Islam adalah kejadian/kelebihan di luar akal manusia yang tidak dimiliki oleh siapapun, karena mukjizat hanya dimilki oleh para Rasul yang diberikan oleh Allah kepada para Rasul-Nya. Apabila ada seseorang yang memiliki sesuatu yang luar bisa itu tidak bisa dikatakan sebagai mukjizat melainkan karomah. Sedangkan dalam Kristen mukjizat adalah suatu kejadian atau peristiwa yang luar biasa atau di luar kebiasaan yang dilakukan oleh Tuhan atau oleh Allah atau oleh Kuasa Roh Tuhan dengan tujuan tertentu, misalnya untuk meneguhkan pengutusan seorang Nabi Tuhan, seorang Rasul Tuhan maupun seorang hamba Tuhan.
Hubungan Antara Tingkat Pendidikan dan Tingkat Pengetahuan dengan Perilaku Hidup Sehat, Berkualitas di Lingkungan Rumah Selamat Ariga
EDU SOCIETY: JURNAL PENDIDIKAN, ILMU SOSIAL DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT Vol. 2 No. 3 (2022): Oktober 2022-Januari 2023
Publisher : Association of Islamic Education Managers (Permapendis) Indonesia, North Sumatra Province

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56832/edu.v2i3.234

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan antara tingkat pendidikan dan tingkat pengetahun dengan perilaku hidup sehat kualitas lingkungan rumah di Kabupaten Aceh Tenggara, Kecamatan Lawe Alas, serta untuk mengetahui bagaimana bentuk hubungan yang terjadi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara tingkat pendidikan dan tingkat pengetahuan dengan perilaku hidup sehat kualitas lingkungan rumah di Kabupaten Aceh Tenggara, Kecamatan Lawe Alas. Hubungan yang positif artinya semakin tinggi tingkat pendidikan dan tingkat pengetahuan maka semakin tinggi pula perilaku hidup sehat kualitas lingkungan rumah, berdasarkan keeratan hubungan dalam kategori tinggi. Dengan demikian, antara hubungan yang menyeluruh untuk penelitian ini, bahwa tingkat pendidikan berhubungan dengan secara signifikan positif terhadap tingkat pengetahuan dengan perilaku hidup sehat kualitas lingkungan rumah dan kebenaran telah diuji dan diterima.
Upaya Peningkatan Kinerja Guru dalam Pendidikan di SMP Swasta Amal Insani Dea Ayu Puspita; Indra Indra; Nailan Nikmah Siregar; Ropida Batubara
EDU SOCIETY: JURNAL PENDIDIKAN, ILMU SOSIAL DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT Vol. 2 No. 3 (2022): Oktober 2022-Januari 2023
Publisher : Association of Islamic Education Managers (Permapendis) Indonesia, North Sumatra Province

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56832/edu.v2i3.266

Abstract

Kinerja guru merupakan hasil, kemajuan dan prestasi kerja guru dalam melaksanakan pembelajaran, baik dalam merencanakan, melaksanakan proses pembelajaran dan mengevaluasi hasil pembelajaran, melakukan bimbingan dan latihan terhadap peserta didik, serta komitmennya dalam melaksanakan tugas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa upaya peningkatan kinerja guru dalam pendidikan di SMP Swasta Amal Insani. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi deskriptif. Hasil penelitian ini menguraikan bahwa peningkatan kinerja guru terus dilakukan oleh pemerintah dengan berbagai upaya, baik melalui program sertifikasi guru, melakukan pengembangan kurikulum nasional dan lokal, peningkatan kompetensi guru melalui pelatihan, pengadaan buku dan alat pelajaran, pengadaan dan perbaikan sarana dan prasarana pendidikan dan peningkatan mutu manajemen sekolah. Kinerja guru yang berkualitas akan berpengaruh pada mutu pembelajaran, mutu lulusan, mutu pendidikan dan pencapaian tujuan pendidikan. Kinerja guru tidak terwujud dengan begitu saja, tetapi dipengaruhi oleh faktor-faktor tertentu, baik faktor internal maupun eksternal sama-sama membawa dampak terhadap kinerja guru.
Problematika dalam Meningkatkan Partisipasi Anggota Majelis Taklim Nur Hasanah Hilir Desa Marindal I, Patumbak, Deli Serdang Putri Dewi Utami; Nispul Khoiri; Erwan Efendi
EDU SOCIETY: JURNAL PENDIDIKAN, ILMU SOSIAL DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT Vol. 2 No. 3 (2022): Oktober 2022-Januari 2023
Publisher : Association of Islamic Education Managers (Permapendis) Indonesia, North Sumatra Province

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56832/edu.v2i3.267

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika yang terjadi di dalam meningkatkan partisipasi anggota majelis taklim Nur Hasanah Hilir Desa Marindal I Kecamatan Patumbak Kabupaten Deli Serdang dan mengetahui upaya apa saja dalam mengatasi problematika yang ada di dalam majelis taklim Nur Hasanah Hilir. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan memperoleh data dari lapangan dan dianalisis menggunakan fakta dan keadaan di lapangan kemudian dibentuk menjadi teori atau kalimat. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan mengumpulkan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari dua yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Hasil penelitian ini adalah problematika dalam bidang kehadiran, problematika dalam bidang materi pembelajaraan, problematika dalam bidang media pembelajaran, problematika dalam bidang pembayaran iuran/arisan. Adapun upaya dalam mengatasi problematika-problematika tersebut yaitu: memberikan pemahaman kepada anggota majelis taklim agar lebih giat menghadiri kegiatan pelaksanaan majelis taklim sebagai wadah silaturahmi, memberikan materi yang sesuai dengan kebutuhan sehari-hari, melengkapi media di majelis taklim, memberikan pemahaman untuk rajin membayar iuran/arisan.
Manajemen Fundraising dalam Meningkatkan Kepercayaan Muzakki pada Lembaga Amil Zakat Dompet Dhuafa Cabang Sumatera Utara Rahmad Nur Munthe; Mailin Mailin; Erwan Efendi
EDU SOCIETY: JURNAL PENDIDIKAN, ILMU SOSIAL DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT Vol. 2 No. 3 (2022): Oktober 2022-Januari 2023
Publisher : Association of Islamic Education Managers (Permapendis) Indonesia, North Sumatra Province

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56832/edu.v2i3.268

Abstract

Peneltian ini untuk mengetahui manajemen fundraising dalam meningkatkan kepercayaan muzakki pada Lembaga Amil Zakat Dompet Dhuafa Cabang Sumatera Utara. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang digunakan pada penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Sedangkan teknik analisisnya adalah deskriptif kualitatif, dengan menjabarkan secara sistematis hasil wawancara dan pengamatan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, program-program Dompet Dhuafa Cabang Sumatera Utara terdapat 4 pilar, yaitu pilar ekonomi dan pemberdayaan, pilar pendidikan, pilar sosial dan dakwah, serta pilar kesehatan. Kedua, manajemen yang diterapkan Dompet Dhuafa Cabang Sumatera Utara dalam meningkatkan kepercayaan muzakki adalah dari segi pelaksanaan dilakukan dengan komunikasi, pelayanan dan metode langsung (direct fundraising) serta metode tidak langsung (indirect fundraising). Sedangkan dari segi evaluasi yang diterapkan meliputi evaluasi mingguan, bulanan, per semester dan tahunan. Ketiga, faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kepercayaan muzakki, yaitu faktor pendukung seperti, tersebarnya informasi Lembaga Amil Zakat Dompet Dhuafa, mempunyai program unggulan dan banyaknya mitra komunitas. Sedangkan faktor penghambat seperti, kurangnya komunikasi promosi, pemahaman tentang zakat masih rendah, dan muzakki memiliki penyaluran zakat sendiri.
Manajemen PT. Grand Darussalam Tour & Travel dalam Memberikan Pelayanan Prima Jamaah Haji dan Umroh di Kota Medan Qorry Nura Yunda; Mailin Mailin; Erwan Efendi
EDU SOCIETY: JURNAL PENDIDIKAN, ILMU SOSIAL DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT Vol. 2 No. 3 (2022): Oktober 2022-Januari 2023
Publisher : Association of Islamic Education Managers (Permapendis) Indonesia, North Sumatra Province

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56832/edu.v2i3.269

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen PT. Grand Darussalam Tour & Travel dalam memberikan pelayanan prima kepada jamaah haji dan umrah, serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat PT. Grand Darussalam Tour & Travel dalam memberikan pelayanan prima kepada jamaah haji dan umrah. Dalam mendapatkan data-data tersebut, maka penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan menggunakan observasi ataupun pengamatan secara langsung, serta wawancara langsung sebagai instrumen pengumpulan datanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam memberikan pelayanan prima kepada jamaah haji dan umrah, PT. Grand Darussalam Tour & Travel Medan telah menerapkan fungsi manajemen, yaitu: planning, organizing, directing, dan controlling. Mulai dari pembuatan program-program perjalanan ibadah haji dan umrah beserta dengan fasilitas yang diberikan, adanya struktur organisasi yang jelas, adanya pengarahan, bimbingan dan motivasi terhadap karyawan dan calon jamaah serta pengawasan dan evaluasi kegiatan yang dilakukan PT. Grand Darussalam Tour & Travel untuk dapat memberikan pelayanan yang lebih baik lagi. Faktor pendukung dan penghambat yang dialami PT. Grand Darussalam Tour & Travel dalam memberikan pelayanan prima kepada jamaah haji dan umrah yaitu PT. Grand Darussalam Tour & Travel didukung oleh letak yang stategis, sumber daya manusia yang profesional dan kompeten, memiliki izin resmi dari Kemenag serta dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang menunjang pelayanan kepada jamaah. Adapun faktor yang menjadi penghambat adalah latar belakang jamaah yang berbeda-beda yang menjadi pengaruh terhadap pemahaman jamaah.
Strategi Bimbingan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumatera Utara dalam Mensosialisasikan Sertifikat Halal pada Produk Makanan dan Minuman di Kota Medan Salman Salman; Nispul Khoiri; Erwan Efendi
EDU SOCIETY: JURNAL PENDIDIKAN, ILMU SOSIAL DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT Vol. 2 No. 3 (2022): Oktober 2022-Januari 2023
Publisher : Association of Islamic Education Managers (Permapendis) Indonesia, North Sumatra Province

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56832/edu.v2i3.270

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Strategi bimbingan majelis ulama Indonesia (MUI) Sumatera Utara dalam mensosialisasikan sertifikat halal pada produk makanan dan minuman di Kota Medan dan untuk mengetahui bagaimana hambatan serta tantangan majelis ulama Indonesia (MUI) Sumatera Utara dalam mensosialisasikan sertifikat halal pada produk makanan dan minuman di Kota Medan. Jenis penelitian ini tergolong kualitatif deskriptif dengan pendekatan penelitian yang digunakan adalah fenomenologi. Adapun informan penelitian terdiri dari wakil Direktur LPPOM MUI SU sekaligus Ketua Bidang Fatwa MUI dan Sekretaris LPPOM MUI SU. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data pada penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada dua strategi bimbingan yang digunakan LPPOM MUI yang terdapat dalam program-programnya, yaitu Pelatihan Sistem Jaminan Halal (SJH) dan Pelatihan CEROL SS23000. Kedua strategi melalui proses sosialisasi yang dikelompokkan sesuai target sasarannya yaitu strategi kepada produsen berupa seminar/talkshow halal. Strategi kepada konsumen melalui: berita dan informasi halal, silaturahmi, dan olimpiade halal. Adapun hambatannya adalah masih minimnya pelaku usaha yang melakukan sertifikasi halal dan belum adanya peraturan yang rinci dari pemerintah terkait kewajiban sertifikasi halal bagi pelaku usaha. Sedangkan tantangannya adalah masih terjadi pelanggaran berupa pemalsuan label halal oleh produsen atau perusahaan yang tidak bertanggung jawab dan kurangnya kesadaran hukum masyarakat secara umum.
Hubungan Perilaku Kepatuhan Mengonsumsi Obat Terhadap Pasien Hipertensi di Rumah Sakit Bina Kasih Medan Tahun 2022 Hengki Sirait; Novita Indenada Br. Tarigan; Leny Kreativitas Zebua; Siti Basyariah Situmorang; Alpiani Alpiani; Karmila Br. Kaban
EDU SOCIETY: JURNAL PENDIDIKAN, ILMU SOSIAL DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT Vol. 2 No. 3 (2022): Oktober 2022-Januari 2023
Publisher : Association of Islamic Education Managers (Permapendis) Indonesia, North Sumatra Province

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56832/edu.v2i3.271

Abstract

Kepatuhan terhadap pengobatan adalah faktor yang sangat penting untuk mencapai tingkat keberhasilan, oleh karena itu mengukur tingkat kepatuhan dalam mengkonsumsi obat sangat perlu dilakukan untuk mengetahui sampai di mana keberhasilan pengobatan telah dilakukan oleh pasien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan perilaku dengan kepatuhan mengkonsumsi obat terhadap pasien hipertensi di Rumah Sakit Bina Kasih Medan tahun 2022. Berdasarkan hasil uji chi-square diperoleh nilai P<0,017 artinya ada hubungan perilaku dengan kepatuhan mengkonsumsi obat terhadap pasien hipertensi di Rumah Sakit Bina Kasih Medan tahun 2022. Kesimpulan penelitian adalah ada hubungan perilaku dengan kepatuhan mengkonsumsi obat terhadap pasien hipertensi di Rumah Sakit Bina Kasih Medan Tahun 2022. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi tentang hubungan perilaku dengan kepatuhan mengkonsumsi obat terhadap pasien hipertensi di Rumah Sakit Bina Kasih Medan. Hasil penelitian ini juga dapat dijadikan sebagai data atau informasi untuk membuat seminar atau penyuluhan tentang hipertensi.

Page 1 of 2 | Total Record : 15