cover
Contact Name
Hery Sasongko
Contact Email
prodi.televisi2@gmail.com
Phone
+62752-82077
Journal Mail Official
prodi.televisi2@gmail.com
Editorial Address
Jl. Bahder Johan, Guguk Malintang, Kec. Padang Panjang Tim., Kota Padang Panjang, Sumatera Barat 27118
Location
Kota padang panjang,
Sumatera barat
INDONESIA
Offscreen: film and television journal
ISSN : -     EISSN : 28305272     DOI : http://dx.doi.org/10.26887/os.v1i2.2864
Journal of Film and Television is an academic journal published by Department of Film and Television, Faculty of Visual Art and Design , Indonesian Institute of Art Padangpanjang twice a year. This journal publishes original articles with focuses on the results of studies in the field of Film and Television.
Articles 18 Documents
ANALISIS EKSISTENSI JURNALIS ONLINE DIGITAL DI ERA GLOBALISASI DALAM TINJAUAN KODE ETIK JURNALISTIK Vicia Dwi Prakarti DB
Offscreen Vol 1, No 2 (2022): Offscreen: film and television journal
Publisher : Institut Seni Indonesia Padangpanjang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (56.001 KB) | DOI: 10.26887/os.v1i2.2618

Abstract

Dunia jurnalis merupakan tonggak utama dalam wadah berita. Informasi dari segala penjuru dunia disiarkan dan diterima secara konvensional maupun digital. Menapaki jalan di era globalisasi saat ini segala informasi datang kepada kita melalui gadget dan smartphone secara online. Perkambangan dunia secara global merasuki setiap aspek kehidupan masyarakat pada era digital dalam mendapatkan informasi. Berbagai informasi yang tersebar pun tak khayal acap kali dijadikan sebuah pedoman dalam kehidupan. Untuk menyebarkan informasi kepada penonton, para jurnalis digital yang disebut jurnalis onlinepun tidak boleh terlepas dari etika jurnalistik yang harus dimiliki oleh seorang jurnalis online.
ANALISIS TYPE OF SHOT DAN CAMERA ANGLE DALAM PEMBENTUK SUSPENSE FILM PEREMPUAN TANAH JAHANAM SUTRADARA JOKO ANWAR Annisa Sabrina; Yesriva Nursyam; Choiru Pradhono
Offscreen Vol 1, No 1 (2021): offscreen film and television journal (July-December 2021)
Publisher : Institut Seni Indonesia Padangpanjang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (811.544 KB) | DOI: 10.26887/os.v1i1.2187

Abstract

ABSTRAK Film Perempuan Tanah Jahanam disutradarai oleh Joko Anwar dan bergenre thriller yang menceritakan tentang kekejaman seorang perempuan yang disebut dengan kata “Tanah Jahanam”, karena perbuatannya sangat tidak bermoral. Film ini banyak menghadirkan adegan suspense dari awal cerita hingga akhir cerita filmnya. Joko Anwar sebagai penulis skenario mampu menghadirkan setiap adegan-adegan yang dapat mempengaruhi psikologi dari para tokoh dalam film. Penelitian yang berjudul “Analisis Type Of Shot dan Camera Angle dalam Pembentuk Suspense film Perempuan Tanah Jahanam” bertujuan mencari dan mendeskripsikan suspense yang terbentuk dari Type Of Shot dan Camera Angle. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif sebagai upaya mendeskripsikan data yang diperoleh berupa gambar dan kata-kata yang deskriptif.Adegan-adegan suspense diidentifikasi kemudian diklasifikasi dan dikualifikasi dalam Type Of Shot dan Camera Angle. Hasil penelitian disimpulkan terdapat enam jenis Type Of Shot dalam pembentuk suspense meliputi Long Shot, Medium Long Shot, Medium Shot, Medium Close Up, Close Up dan Extreme Close Up yang terdapat pada Scene 1, Scene 6, Scene 35, Scene 39, Scene 55, Scene 73, Scene 86, Scene 95, Scene 114, Scene 123, Scene 125, Scene 140 dan Scene145. Camera Angle dalam pembentuk suspense meliputi High Angle, Eye Level Angle, Low Angle, Point Of View Shot, dan Dutch Angle yang terdapat pada Scene 1, Scene 39, Scene 133, Scene 140 dan Scene 145. Pembentukan adegan suspense melalui Type Of Shot dan Camera Angle juga memberikan reaksi dan pesan berbeda-beda yang dapat mempengaruhi emosi penonton. Kata Kunci: Type of Shot, Camera Angle, Suspense, Film Perempuan Tanah JahanamABSTRACT The film Perempuan Tanah Jahanam was directed by Joko Anwar and is a thriller genre that tells the story of the cruelty of a woman who is called "Tanah Jahanam", because her actions are very immoral. This film presents many suspense scenes from the beginning of the story to the end of the film. Joko Anwar as a screenwriter is able to present every scene that can affect the psychology of the characters in the film. The research entitled "Analysis of Type Of Shot and Camera Angle in the Form of Suspense for the film Perempuan Tanah Jahanam" aims to find and describe the suspense formed from Type Of Shot and Camera Angle. This research is a qualitative research with a descriptive approach as an effort to describe the data obtained in the form of pictures and descriptive words.The suspense scenes were identified then classified and qualified in Type Of Shot and Camera Angle. The results of the study concluded that there are six types of Type Of Shot in forming the suspension including Long Shot, Medium Long Shot, Medium Shot, Medium Close Up, Close Up and Extreme Close Up contained in Scene 1, Scene 6, Scene 35, Scene 39, Scene 55 , Scene 73, Scene 86, Scene 95, Scene 114, Scene 123, Scene 125, Scene 140 and Scene 145. Camera Angle in forming the suspension includes High Angle, Eye Level Angle, Low Angle, Point Of View Shot and Dutch Angle which found in Scene 1, Scene 39, Scene 133, Scene 140 and Scene 145. The formation of suspense scenes through Type Of Shot and Camera Angle also gives different reactions and messages that can affect the emotions of the audience. Keywords: Type of Shot, Camera Angle, Suspense, Film Perempuan Tanah Jahanam
PERANCANGAN DAN PEMBUATAN FILM PENDEK ANIMASI 2 DIMENSI “TIMUN MAS” Dedi Eko Nurcahyo
Offscreen Vol 1, No 2 (2022): Offscreen: film and television journal (January-June 2022)
Publisher : Institut Seni Indonesia Padangpanjang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26887/os.v1i2.2623

Abstract

ABSTRACTFilm is a medium of information and mass communication that is quite effective, because films can build public opinion with various formats of impressions and forms of presentation in conveying messages through a story that is audio-visual or vivid images and sounds. Timun Mas is a well-known folk tale in Java. In this study, the story of Timun Mas was repackaged into a 2-dimensional animated short film. Timun mas animation production methods include Pre-Production, Production, and Post-Production. The results of this animation design are in the form of scenarios, storyboards, characters, and an animated short film entitled "Timun Mas".Keywords: Short Film, Animation, Timun Mas ABSTRAKFilm menjadi media informasi dan komunikasi massa yang cukup efektif, karena film dapat membangun opini publik dengan berbagai format tayangan dan bentuk penyajiannya dalam penyampaian pesan melalui sebuah cerita yang bersifat audio visual atau gambar dan suara yang hidup. Timun mas merupakan cerita rakyat yang cukup terkenal di Jawa. Dalam penelitian ini, cerita Timun Mas dikemas ulang menjadi film pendek animasi 2 dimensi. Metode pembuatan animasi Timun mas meliputi Pra Produksi, Produksi, dan Pasca Produksi. Hasil dari perancangan animasi ini berupa skenario, storyboard, karakter, dan film pendek animasi berjudul “Timun Mas”.
PENCIPTAAN SKENARIO FILM FIKSI PEREMPUAN BERSTEMPEL MERAH DENGAN FORMULA EIGHT SEQUENCE STRUCUTRE Elin Siska Dayani; Hery Sasongko; Edi Suisno
Offscreen Vol 1, No 1 (2021): offscreen film and television journal (July-December 2021)
Publisher : Institut Seni Indonesia Padangpanjang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (342.56 KB) | DOI: 10.26887/os.v1i1.2186

Abstract

 ABSTRAK Skenario Film Fiksi Perempuan Berstempel Merah yang bergenre drama sosial merupakan skenario dengan menggunakan formula eight sequence structure. Eight Sequence Structure adalah pola pengembangan yang memiliki delapan tahapan kerja dalam mencapai akhir dari skenario. Perempuan Berstempel Merah menceritakan tentang seorang perempuan yang berjuang untuk demi mengharapkan tempat pulang dan mencari perlindungan dari takdir buruk yang ia alami. Kekerasan seksual yang terjadi mengakibatkan dampak buruk kepada korbannya, untuk melindungi korban dan demi mengatasi hal buruk tersebut, maka hadirlah skenario ini. Skenario ini bertujuan memperlihatkan dua puncak permasalahan yang dihadapi oleh pemeran utama dalam menghadapi masalahnya. Selain itu dengan menggunakan eight sequence structure skenario memiliki pengembangan yang baik agar lebih tersusun, dan detail sehingga memudahkan menciptakan skenario dan memudahkan pembaca dalam memahami cerita. Skenario ini menggunakan metode penciptaan dari persiapan, elaborasi, sintesis, realisasi hingga penyelesaian.Skenario Perempuan Berstempel Merah bertemakan kekerasan seksual yang terdiri dari 52 scene penceritaan dan menggunakan eight sequence structure dalam tahap penceritaan. Ke delapan sequence tersebut adalah sequence 1 pengenalan tokoh hingga point of attack (scene 7), sequence 2 membangun permasalahan tokoh (scene 8-14), sequence 3 adalah penyelesaian permasalahan tokoh yang membuat masalah lebih besar (scene 15-17), sequence 4 puncak titik pertama (scene 18-30), sequence 5 adalah bagian-bagian tenang dalam skenario dan diperkenalkan tokoh baru (scene 31- 38), sequence 6 merupakan puncak titik ke dua dalam skenario (scene 39-42), sequence 7 ketika permasalahan tak terduga terlihat dan membuat karakter memaksa untuk berbalik dari tujuan utamanya (scene 43-51), sequence terakhir yaitu sequence 8, adalah akhir dari permasalahan dan mencapai titik dimana baik atau buruknya cerita telah terselesaikan, di sequence ini akan diperlihatkan epilog (scene 52).  Kata Kunci : Skenario, Perempuan Berstempel Merah, Eight Sequence Structure, SequenceABSTRACTPerempuan Berstempel Merah is scenario with genre social drama which is using eight sequence structure as the main structure. Eight Sequence Structure is a development formula that has eight stages of work in reaching the end of the scenario. Perempuan Berstempel Merah tells the story about a broken woman who struggles to hope for place to return seek refuge from the bad fate she is experiencing. The sexual harassment has a bad impact on the victim, to protect the victim and to overcome this bad thing, creator made this screenplay. This scenario aims to show two peaks of problems faced by the main characters in dealing with their problems. In addition, by using an eight sequence structure, the scenario has a good development so that it is more structured and detailed, making it easier to create scenarios and make it easier for readers to understand the story. This scenario uses the method of creation from preparation, elaboration, synthesis, realization to completion.The Scenario of Perempuan Berstempel Merah with the theme of sexual harassment have 52 narrative scenes and uses eight sequence structures for main structure. The eight sequences are sequence 1 character introduction to the point of attack (scene 7), sequence 2 builds character problems (scene 8-14), sequence 3 is solving character problems that create bigger problems (scene 15-17), sequence 4 is first culmination (scene 18-30), sequence 5 is the quiet part in the scenario and new characters are introduced (scene 31-38), sequence 6 is second culmination in the scenario (scene 39-42), sequence 7 when the problem is unexpected looks and makes the character force to turn away from his main goal (scene 43-51), the last sequence, sequence 8, is the end of the problem and reaches a point where the good or bad story has been resolved, in this sequence an epilogue will be shown (scene 52) .Keywords : Scenario, Perempuan Berstempel Merah, Eight Sequence Strucutre, Sequence
ANALISIS PENGGAMBARAN FILMIS SKENARIO FILM BERTEMA SUPERNATURAL FRANSISKUS XAVERIUS YATNO KARYADI
Offscreen Vol 1, No 2 (2022): Offscreen: film and television journal (January-June 2022)
Publisher : Institut Seni Indonesia Padangpanjang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26887/os.v1i2.2825

Abstract

This research is aimed at obtaining comparisons of supernatural themes for screenwriters and for similar research. The research subject is the way of describing ideas about supernatural themes developed in West Sumatra which have been translated into film scenarios. The context is how a scriptwriter describes filmically through writing film scenes in a screenplay. Also, how a screenwriter relates the idea of describing the theme with the myths or conditions that develop in society.The data were collected through observation techniques and review of the screenplay script. Observations were made by reading supernatural-themed scenarios in order to obtain a general narrative description, making the essence of the story in the form of a synopsis, and carrying out analysis. The method of analysis was that the scenario was summarized into a synopsis; the screenplay describes the filmic depiction of the scenes; the level of clarity of the filmic depiction was categorized; and an analysis of the sequence of clarity was made. The analytical approach used was a qualitative approach.The conclusion is that the characters created are generally supernatural beings that have strength, supernatural powers, telepathy, hurt or heal ability, and other manipulative things such as communicating with other worlds or having super powers. The story setting takes place in a place that is not like our world, or also like our world as the setting but beyond our understanding, by revealing something that our world does not have. Plot events cannot be explained by science, such as the greatness of the characters in using strength and supernatural powers. Stories tend to be full of strange occurrences in the form of unreasonable things throughout the story, with the appearance or presence of supernatural beings. The storyline depicts good versus evil, fighting demons, spirits and ghosts.
ANALISIS SUDUT PANDANG KAMERA DALAM MEMVISUALISASIKAN KARAKTER TOKOH PADA FILM MARLINA SI PEMBUNUH DALAM EMPAT BABAK KARYA MOULY SURYA Novebri Tri Rusma Putra; Maisaratun Najmi; Yesriva Nursyam
Offscreen Vol 1, No 1 (2021): offscreen film and television journal (July-December 2021)
Publisher : Institut Seni Indonesia Padangpanjang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1018.564 KB) | DOI: 10.26887/os.v1i1.2185

Abstract

ABSTRACTThe camera viewpoint presented in visualizing the character makes Film Marlina The Murdere In The Four Acts, winning various awards at National and International. This paper aims to analyze the camera's point of view in visualizing the character of the character in the film. This study uses descriptive qualitative research to reveal the character of the characters that are illustrated by the camera's viewpoint. The film using the Sumba area setting. In the film is divided into four accounts in the story, act 1 the robbery round, act 2 the journey, act 3 the confession, and act 4 the birth. In the has several characters who have different characters, thanks to the deepening of the characters played by the cast in this film making the film gained many actor categories at National and International awards. Based on the character of the characters visualized by the angles of the camera. The analysis is based on empathy grouping character figures, based on Josep Mascelli's theory, namely character based on the words of the character, character based on the behavior of the character, character based on conversations between characters and characters based on the actions of figures. Keywords: Camera Viewpoint, Character, Film Marlina The Murdere In The Four Acts, Cinematic Elements ABSTRAKSudut pandang kamera yang dihadirkan dalam memvisualisasikan karakter tokoh membuat fim Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak berhasil memenangkan berbagai penghargaan di Nasional maupun Internasional. Tulisan ini bertujuan untuk menganalisis sudut pandang kamera dalam memvisualisasikan karakter tokoh. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif untuk mengungkap karakter tokoh yang divisualisasikan oleh sudut pandang kamera. Film Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak meggunakan setting daerah Sumba. Film ini dibagi menjadi empat pembabakan dalam ceritanya, yaitu babak perampokan, babak perjalanan, babak pengakuan dan babak kelahiran. Terdapat beberapa pemeran yang memiliki karakter tokoh yang berbeda-beda. Pendalaman karakter oleh para pemeran pada film ini membuat film ini banyak memenangkan kategori pemeran pada penghargaan Nasional maupun Internasional. Karakter tokoh yang divisualisasikan oleh sudut padang kamera dianalisis berdasarkan empat pengelompokkan karakter tokoh, berdasarkan teori dari Josep Mascelli yaitu, karakter tokoh berdasarkan perkataan tokoh, berdasarkan tingkah laku tokoh, berdasarkan percakapan antar tokoh dan berdasarkan tindakan tokoh. Kata kunci: Sudut Pandang Kamera, Karakter Tokoh, Film Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak, Unsur Sinematik
UPAYA PREVENTIF DALAM MENANGGULANGI TINDAK PIDANA PEMBAJAKAN FILM SECARA ONLINE MAUPUN OFFLINE DI INDONESIA Rahma Melisha Fajrina; Hery Sasongko
Offscreen Vol 1, No 2 (2022): Offscreen: film and television journal (January-June 2022)
Publisher : Institut Seni Indonesia Padangpanjang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (31.56 KB) | DOI: 10.26887/os.v1i2.2864

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab dari tindak pidana  pembajakan film secara online maupun offline di Indonesia serta upaya preventif yang dilakukan untuk menanggulangi tindak pidana pembajakan film tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian hukum normatif yang merupakan penelitian hukum normatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa faktor yang menjadi penyebab tindak pidana pembajakan film secara online maupun offline, yakni : 1) Faktor Teknologi dan Internet, 2) Faktor ekonomi, 3) Faktor Kesadaran Masyarakat 4) Faktor kesadaran Hukum Pada Pencipta Film, 5) Faktor Pengetahuan , 6) Faktor Penegakan Hukum, 7) Faktor Budaya. Adapun upaya preventif dalam menanggulangi tindak pidana pembajakan film secara online maupun offline di Indonesia adalah 1) Melakukan sosialisasi undang-undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta kepada masyarakat, 2) Pelaksanaan penutupan konten dan/hak akses pengguna yang melanggar hak cipta dan/atau hak terkait dalam sistem elektronik, 3) Pelaksanaan Undang-undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transasksi Elektronik 4) Melakukan perlindungan hak eksklusif terhadap pencipta film, 5) Adanya kesadaran hukum pada masyarakat, 6) Adanya kesadaran hukum pada pencipta film.Kata kunci : preventif , tindak pidana , pembajakan film, online, offline
PENCIPTAAN SKENARIO FILM FIKSI SIBILAH LANTAI DENGAN MENERAPKAN STRUKTUR TIGA BABAK DALAM MENINGKATKAN SUSPENSE Lira Rahma Juwita; Rosta Minawati; Yatno Karyadi
Offscreen Vol 1, No 1 (2021): offscreen film and television journal (July-December 2021)
Publisher : Institut Seni Indonesia Padangpanjang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (192.14 KB) | DOI: 10.26887/os.v1i1.2184

Abstract

ABSTRAK Skenario berfungsi untuk menuangkan ide cerita, sebagai acuan dalam produksi. Skenario film adalah susunan-susunan adegan yang mengandung unsur naratif disampaikan melalui media film. Struktur tiga babak adalah plot cerita yang disusun melalui tiga tahap yaitu babak I, babak 2 dan babak 3. Dalam skripsi ini pengkarya menciptakan sebuah skenario film fiksi dari tahap menemukan ide sampai menjadikan skenario yang utuh. Pengkarya menciptakan skenario Sibilah Lantai dengan menggunakan pola cerita struktur tiga babak dengan tujuan untuk meningkatkan suspense agar cerita yang disampaikan lebih menanrik dan pembaca dapat menikmati jalan ceritanya. Pengkarya menata suspense dalan setiap babak, sehingga pembaca bisa merasakan ketegangan pada babak 1, 2, dan 3. Skenario film fiksi yang berjudul Sibilah Lnatai ini berkisah tentang seorang pemuda pengangguran dan pemalas yang selalu di hina oleh orang-orang dilingkungannya. Hingga akhirnya pemuda ini mempelajari ilmu pelet sibilah lantai pada seorang dukun terkenal di kampunya, akan tetap setelah ia mempelajari pelet tersebut, pemuda ini justru menyalah gunakan sibilah  lantai untuk memperkosa gadis-gadis di kampungnya. Dengan ide ini pengkarya membangun jalan cerita dengan menciptakan suspense disetiap babak agar ceita yang ingin disampaikan pengkarya lebih menarik dan pembaca dibawa kedalam pikiran dan perasaan tokoh.Kata Kunci : Sibilah Lantai, Skenario, Struktur Tiga Babak, suspense. ABSTRACTScenarios serve to convey story ideas, as a reference in production. Film scenarios are scene arrangements containing narrative elements delivered through film media. The three-act structure is the plot of the story which is arranged in three stages, namely Act I, Act 2 and Act 3. In this thesis the author creates a fictional film scenario from the stage of finding ideas to making a complete scenario. The author creates the Sibilah Floor scenario using a three-act structure story pattern with the aim of increasing suspense so that the story told is more interesting and the reader can enjoy the storyline. The author arranges suspense in each act, so that the reader can feel the tension in acts 1, 2, and 3. This fictional film scenario entitled Sibilah Lnatai tells the story of an unemployed and lazy young man who is always despised by the people in his environment. Until finally this young man learned the science of floor sibilah pellets from a famous shaman in his village, but after he learned the pellets, this young man actually misused the floor sibilah to rape the girls in his village. With this idea, the writer builds the storyline by creating suspense in each chapter so that the story that the author wants to convey is more interesting and the reader is brought into the thoughts and feelings of the characters.Keywords: Floor Plan, Scenario, Three Act Structure, suspense.
PENDEKATAN KRONOLOGI PADA NASKAH DOKUMENTER TELEVISI “ WANITA PEMAES” Robby Yudistira; Dina Dwika Oktora
Offscreen Vol 1, No 2 (2022): Offscreen: film and television journal (January-June 2022)
Publisher : Institut Seni Indonesia Padangpanjang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (678.938 KB) | DOI: 10.26887/os.v1i2.2614

Abstract

Paes is the art of decorating the face of traditional brides, especially Javanese brides. The creation of a television documentary script raises the topic of a performer from the side of his profession and life. The method used in the creation of this manuscript is the chronological method which divides each sequence according to the three stages of the chronological method, namely the first sequence as the introduction, the second sequence as the body or description and the third sequence as the closing. By applying this method to the script, the resulting impression will be more easily understood by the audience.
ANALISIS FUNGSI LIGHTING UNTUK MEMPERLIHATKAN SUASANA KEHIDUPAN ANAK JALANAN PADA FILM SURAT KECIL UNTUK TUHAN Ari Musnandar; Yatno Karyadi; Eriswan Eriswan
Offscreen Vol 1, No 1 (2021): offscreen film and television journal (July-December 2021)
Publisher : Institut Seni Indonesia Padangpanjang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (988.767 KB) | DOI: 10.26887/os.v1i1.2188

Abstract

ABTSRAK Film Surat Kecil Untuk Tuhan merupakan film drama keluarga. Film ini memperlihatkan kerasnya kehidupan anak jalanan di kota besar, menggunakan lighting dengan memberikan penekanan pada tokoh maupun objek. Penelitian berjudul ”Analisis Fungsi Lighting Untuk Memperlihatkan Suasana Kehidupan Anak Jalanan Pada Film Surat Kecil Untuk Tuhan” bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan fungsi lighting dalam memperlihatkan suasana kehidupan anak jalanan. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan lighting sehingga mendukung kerasnya kehidupan anak jalanan.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan paparan analisis deskriptif sebagai upaya mendeskripsikan data yang diperoleh dalam bentuk kata-kata dan bahasa untuk memberikan gambaran tentang suatu fenomena secara detail. Melalui proses analisis, pada akhirnya akan membentuk sebuah kesimpulan. Penelitian ini dianalisa berdasarkan scene yang berhubungan dengan anank jalanan. Dalam scene dipilih satu buah shot yang mewakili sebuah scene.Berdasarkan hasil analisis dapat diketahui bahwa fungsi lighting pada film Surat Kecil Untuk Tuhan ini menggunakan cahaya pendukung suasana. Penerapan konsep lighting menggunakan warna jingga menjadi metode serta teknik yang ekspresif mendukung setiap adegan kehidupan anak jalanan yang disesuaikan dengan cerita dalam film. Kata kunci: Lighting, Suasana, Anak Jalanan.ABSTRACT Film Surat Kecil Untuk Tuhan is a famous family drama film in Indonesia. This film shows the hard life of street children in big cities, using lighting by giving emphasis to characters and objects. The research entitled "Analysis of the Functions of Lighting to Show the Life Atmosphere of Street Children on the Surat Kecil Untuk Tuhan Movie" aims to identify and describe the function of lighting in showing the life atmosphere of street children. In addition, this study also aims to find out how the application of lighting so as to support the rigors of the lives of street children.This study uses a qualitative approach with exposure to descriptive analysis in an effort to describe the data obtained in the form of words and language to provide an overview of a phenomenon in detail. Through the analysis process, it will eventually form a conclusion. This research was analyzed based on scenes related to street life. In the scene one shot is chosen which represents a scene.Based on the results of the analysis, it can be seen that the lighting function in the Surat Kecil Untuk Tuhan movie uses a light supporting the atmosphere. The application of lighting concepts using orange is an expressive method and technique that supports every life scene of street children adapted to the story in the film. Keywords: Lighting, Atmosphere, Street Children

Page 1 of 2 | Total Record : 18