cover
Contact Name
Sjafruddin
Contact Email
sjafruddin@unimal.ac.id
Phone
+6285221306275
Journal Mail Official
negotium@unimal.ac.id
Editorial Address
Program Studi Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Malikussaleh, Jln. Sumatera No. 41, Kampus Bukit Indah Blang Pulo, Lhokseumawe 24351, Aceh Indonesia
Location
Kota lhokseumawe,
Aceh
INDONESIA
Negotium: Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis
ISSN : -     EISSN : 27770192     DOI : https://doi.org/10.29103/njiab.v4i2
Core Subject : Economy, Social,
Negotium: Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis publishedby Program Studi Administrasi Bisnis Universitas Malikussaleh, Lhokseumawe Aceh Indonesia. This journal is based on the peer-review process and is published twice a year. Negotium: Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis receives research articles and literature reviews according to the predetermined focus and scope of the journal. Negotium: The Journal of Business Administration invites lecturers, researchers, academics, and practitioners to submit their study results to this journal without any fees. The scope of this journal include: • Introduction to Administration • Basic Organization • Corporate Governance • Business Statistics • Business Operations Research • Business Ethics • Business Law • Introduction to Business • Creativity and Innovation • Entrepreneurship • Strategic Management • Leadership • Industrial Sociology • Change management • International Business • Indonesian Political System • Business Economics • Business communication • Business Research Methods • Taxation • Human Resource Management • Basic Financial Accounting • Managerial Accounting • Business Finance • Marketing Management • Operation management • Management information System
Articles 73 Documents
ANALISIS PEMASARAN TERHADAP BISNIS ONLINE (E-COMMERCE) DALAM JARINGAN SOSIAL INTERNET Nanda Ameliany
Negotium: Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis Vol 2, No 1 (2019)
Publisher : Program Studi Administrasi Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29103/njiab.v2i1.3024

Abstract

enelitian ini dilakukan agar dapat mengetahui pengaruh antara bisnis online (ecommerce) terhadap jaringan sosial internet, yang memiliki hubungan antara marketing mix yaitu bentuk pemasaran tradisional dan bentuk pemasaran moderen, hal tersebut dapat menjadi keutamaan pada pemasaran e-commerce. Sebuah jaringan internet diharapkan dapat membantu menciptakan kinerja pemasaran yang semakin masimal dan diharapkan dapat menciptakan penerapan transaksi penjualan dan pembelian yang dilakukan di dalam media internet mapun dalam dunia industri yang semakin berkembang. Semakin kedepan semakin banyak kalangan yang meminati strategi pemasaran melalui media elektronik seperti internet, maka dari itu harus membuat perkembangan yang semakin meningkatkan minat dalam menggunakan media internet tersebut. Berdasarkan pada jenis dan metode penelitian maka jenis penelitian ini dapat menggunakan metode kualitatif , dimana data yang diperoleh berdasarkan sistem pemasaran pada sebuah website internet dapat diinterpretasikan dengan bentuk data atau dokumentasi. Tekhnologi yang semakin berkembang menyebabkan membuat sebuah bisnis harus lebih berkembang dalam menentukan ide atau konsep perdagangan melalui perdagangan baru dengan menggunakan jaringan internet. Dengan demikian dapat meingkatkan pemasaran dengan lebih cepat, sehingga dengan mudah penjual menjual produknya ke seluruh wilayah.
PENGARUH LABEL HALAL, KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK MEREK WARDAH DI KOTA LHOKSEUMAWE Rika Saprianti; Nursanjaya Nursanjaya
Negotium: Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis Vol 4, No 2 (2021): Negotium Vol. 4 No. 2 Juli-Desember 2021
Publisher : Program Studi Administrasi Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29103/njiab.v4i2.4334

Abstract

The goal of this study is to see how the halal label, product quality, and pricing affect purchase decisions. The halal label (X1), product quality (X2), and pricing were the independent factors in this study (X3). Purchasing decisions for Wardah brand cosmetics are the dependent variable in this study. This study used 80 respondents from the Wardah consumer population in the city of Lhokseumawe as a sample. Primary data or direct use of a questionnaire were used to obtain data in this study. Multiple linear regression analysis was employed as the method of analysis. The f test and the t test are the hypothesis tests used in this investigation.
PERAN PROMOSI DALAM MEMEDIASI LINGKUNGAN PEMASARAN ONLINE TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN ONLINE (STUDI DI KOTA LHOKSEUMAWE) Lisa Iryani
Negotium: Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis Vol 1, No 2 (2018)
Publisher : Program Studi Administrasi Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29103/njiab.v1i2.1086

Abstract

 Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peranpromosi dalam memediasi lingkungan pemasaran onlineterhadap perilaku pembelian online pada masyarakat KotaLhokseumawe. Penelitian ini dilakukan di Kota Lhokseumawe,sampel yang diambil sebanyak 110 responden dengan metodepurposive sampling dan pengumpulan data dilakukan melaluipenyebaran kuesioner. Metode analisis data yang digunakanadalah berupa analisis jalur disertai Uji Sobel digunakan untukmenguji hipotesis yang dirumuskan. Hasil penelitan inimenunjukkan bahwa lingkungan pemasaran online secara positif dan signifikan mempengaruhi perilaku pembelian konsumen online. Lingkungan pemasaran online berpengaruh positif dansignifikan terhadap promosi. Promosi berpengaruh positif secarasignifikan terhadap perilaku pembelian konsumen online.Terakhir, promosi dapat memediasi secara signifikan lingkunganpemasaran online terhadap perilaku pembelian konsumenonline.
STUDI EMPIRIK: PERKEMBANGAN INVESTASI REKSADANA SYARIAH DI INDONESIA Sjafruddin Sjafruddin; Risna Dewi
Negotium: Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis Vol 4, No 1 (2021): Negotium Vol. 4 No. 1 Januari-Juni 2021
Publisher : Program Studi Administrasi Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

To invest in the stock market, people are often constrained in value of investments and high risk. The existence of mutual funds in the investment world is expected to provide an opportunity for investors who have the money and limited investment information in the financial markets. For investors who have a value judgment ethic, Islamic mutual funds can be an option while considering investment risk and return.Mutual fund industry in Indonesia has improved steadily increasing both in number of mutual funds, investment units, and net asset value. Islamic mutual funds also experienced an increase in the number of issued investment products based on Islamic values by investment manager. However, the total investment or contribution to economic activity is still lower investment in the mutual fund industry as a whole.
ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT DI PUSKESMAS DEWANTARA KABUPATEN ACEH UTARA Nanda Ameliany; Maisyura Maisyura
Negotium: Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis Vol 3, No 2 (2020)
Publisher : Program Studi Administrasi Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29103/njiab.v3i2.3056

Abstract

This study talks about the Effect of Service Quality on Community Satisfaction Index at Dewantara Health Center in North Aceh Regency. In this researcher found several problems such as lack of discipline and lack of enthusiasm of service officers in providing fast and good services for patients, namely in providing nimble administrative services, in the implementation of officers. The waiting period for the queue is too long. And the finding of puskesmas employees who are not friendly, this can be seen from the way the employee talks is curt and looks rude when serving patients. not in accordance with puskesmas culture. The cornerstone of the theory in this study is the theory of customer satisfaction based on perspective. The research question in this study is whether there is an effect of service quality on the community satisfaction index. And the purpose of this study is to determine the effect of service quality on the community satisfaction index. The method used in this research is a quantitative approach with data collection techniques by interviewing, observing and taking part of the respondents of 100 respondents in the Community Health Center in Dewantara District. The results of this study indicate that there is a positive and significant effect between service quality variables on the community satisfaction index in the Dewantara Health Center, Dewantara District, North Aceh Regency. After testing the hypothesis, the results of calculations in this study are tcount> ttable (2,278> 1,660). So Ha was accepted Ho was rejected. ABSTRAKPenelitian ini berbicara tentang Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Indeks Kepuasan Masyarakat Di Puskesmas Dewantara Kabupaten Aceh Utara. Pada peneliti ini ditemukan beberapa masalah seperti masih kurang disiplin dan masih kurang antusiasnya petugas pelayanan terhadap pemberian pelayanan yang cepat dan baik bagi pasien,yaitu dalam pemberian pelayanan administrasi tidak cekatan, dalam pelaksanaannya petugas. Masa tunggu untuk antrian terlalu lama. Dan Masih ditemukannya pegawai puskesmas yang tidak ramah, hal ini terlihat dari cara bicara pegawai yang ketus dan terlihat kasar saat melayani pasien. tidak sesuai dengan budaya puskesmas.  Landasan teori dalam penelitian ini adalah teori kepuasan pelanggan Berdasarkan Perpektif. Adapun yang menjadi pertanyaan penelitian dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh kualitas pelayanan terhadap indeks kepuasan masyarakat. Dan tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap indeks kepuasan masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data secara wawancara, observasi dan konsioner terhadap 100 orang responden di Pskesmas Kecamatan Dewantara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel kualitas pelayanan terhadap indeks kepuasan masyarakat di Puskesmas Dewantara Kecamatan Dewantara Kabupaten Aceh Utara. Setelah dilakukan pengujian hipotesis, maka hasil perhitungan pada penelitian ini  adalah nilai thitung>ttabel (2,278>1,660). Sehingga Ha diterima Ho ditolak.
STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS PADA BUDIDAYA BIBIT IKAN LELE DI GRUGOK KABUPATEN ACEH UTARA Lisa Iryani
Negotium: Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis Vol 2, No 2 (2019)
Publisher : Program Studi Administrasi Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29103/njiab.v2i2.3029

Abstract

Strategi bisnis secara fungsional berorientasi pada fungsi-fungsi kegiatan manajemen, misalnya strategi pemasaran, strategi produksi, strategi distribusi, strategi organisasi, strategi-strategi yang berhubungan dengan keuangan. Budidaya ikan lele merupakan pemasok bibit ikan lele yang berlokasi di Grugok Kabupaten Aceh Utara. Usaha yang telah dilakukan oleh peternak ikan lele ini sudah berjalan selama 10 tahun. Sehingga dirasa perlu untuk menganalisa bagaimana strategi pengembangan bisnis yang diterapkan pada peternakan bibit ikan lele yang berlokasi di Grugok Kabupaten Aceh Utara. Tujuan penelitian yang dilakukan adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pengembangan bisnis yang diterapkan pada peternakan bibit ikan lele di grugok kabupaten aceh utara.Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah kualitatif. Data penelitian diperoleh dari observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Informan dalam penelitian ini dibagi dalam dua kelompok, yaitu informan kunci yaitu pengusaha bibit ikan lele sebanyak 1 orang dan informan utama yaitu konsumen dan pelanggan yang membeli bibit ikan lele. Penentuan informan utama dilakukan secara aksidental yaitu penentuan informan secara kebetulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di lapangan menunjukkan bahwa faktor internal yang menjadi kekuatan peternakan bibit ikan lele adalah produk berkualitas, variasi produk, promosi yang modern, adanya potongan harga, karyawan yang rajin, dan peralatan yang memadai. Sedangkan yang menjadi kelemahan adalah lokasi kurang strategis, jumlah karyawan kurang. Faktor eksternal yang menjadi peluang peternak ikan lele adalah tidak ada usaha sejenis di sekitar lokasi usaha, penawaran sesuai dengan keinginan pelanggan, sedangkan faktor eksternal yang merupakan ancaman peternakan bibit ikan lele adalah persaingan dengan pembisnis baru maupun yang sudah ada, banyak pesaing menawarkan harga yang lebih murah, harga pakan yang relatif tinggi. Strategi yang dapat dijalankan peternakan bibit ikan lele untuk mengembangkan bisnisnya adalah meningkatkan kenyamanan pelanggan, Meningkatkan kualitas produk, menciptakan produk yang menghasilkan ikan lele pejantan lebih tinggi persentasenya dibanding betina, menambah jumlah karyawan agar karyawan dapat bekerja secara maksimal, meningkatkan dan menambah kegiatan promosi.
FLYPAPER EFFECT TERHADAP BELANJA DAERAH PADA KABUPATEN BIREUEN Imam Malik; Lakharis Inuzula
Negotium: Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis Vol 4, No 2 (2021): Negotium Vol. 4 No. 2 Juli-Desember 2021
Publisher : Program Studi Administrasi Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29103/njiab.v4i2.6275

Abstract

The purpose of this study is to analyze the effect of PAD and DAU on Regional Expenditures and then analyze the flypaper effect. The sampling technique used is purposive sampling with a sample of the Realization Report of the Regional Revenue and Expenditure Budget of Bireuen Regency in 2011-2015. The data used in this research is secondary data. The analytical method used is descriptive statistical test, hypothesis testing and multiple linear regression models. The result of this study is that DAU and PAD simultaneously have a significant effect on Regional Expenditures. Partially, DAU has no significant effect on Regional Expenditures and PAD has a significant effect on Regional Expenditures. During the research period, there was a flypaper effect in Bireuen Regency because the value of DAU to Regional Expenditures was greater than the value of PAD to Regional Expenditures.
ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN PADA GRAPARI TELKOMSEL KOTA LHOKSEUMAWE Nanda Ameliany
Negotium: Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : Program Studi Administrasi Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29103/njiab.v1i1.1091

Abstract

PT. Telkomsel memiliki kantor layanan yang bernama Grapari(Graha Pari Sraya) yang berfungsi untuk memberikan layananpurnajual kepada konsumennya. Grapari merupakan mediapenghubung langsung antara perusahaan dengan pelanggannya.Ada dua jenis layanan dalam Grapari yaitu walk in centre dan callcentre. Walk in centre adalah pusat layanan dimana pelangganharus datang mengunjungi pusat layanan tersebut untukmendapatkan layanan purnajual, sedangkan call centre adalahbagian dimana pelanggan cukup menghubungi costumer servicemelalui telepon. Layanan dapat berupa pembayaran tagihan KartuHalo, kerusakan simcard, dan lain-lain. Selain sebagai kantorpelayanan yang memfokuskan diri untuk melayani pelanggannya.
RESPONSIBILITAS PEMERINTAH KOTA LHOKSEUMAWE DALAM PENGELOLAAN PABRIK ES DAN GUDANG IKAN DI PANGKALAN PENDARATAN IKAN (PPI) PUSONG KOTA LHOKSEUMAWE Lisa Iryani
Negotium: Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis Vol 4, No 1 (2021): Negotium Vol. 4 No. 1 Januari-Juni 2021
Publisher : Program Studi Administrasi Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The Pusong Fish Landing Base (PPI) of Lhokseumawe City is one of the main infrastructures in supporting capture fisheries business, namely the construction of an Ice Factory and fish warehouse in 2009 and completed in 2011 with Special Autonomy and DAK funds of around Rp. 2 billion more. The management of the Pusong Ice Factory was chaotic, so that later the impact of the arrears in the electricity bill was a power cut by PLN, so the factory stopped operatingThis study aims to analyze and describe the responsibility of the Lhokseumawe City government in managing the Pusong fish landing base and the causes of the non-optimal management carried out by the Lhokseumawe City government. The methodology used in this study is a qualitative method through observation, interviews and documentation. In this study, it was found that the alleged weak analysis of the planning for the construction of the Lhokseumawe Pusong ice factory resulted in the provision of facilities and infrastructure at the ice factory being inadequate to produce ice blocks in large quantities and not in accordance with the standards for an ice factory. The lack of optimal elaboration of appropriate policies and the lack of qualified human resources in managing the ice factory at PPI Pusong Lhokseumawe.
PENGARUH IKLAN, KUALITAS PRODUK, HARGA DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MINUMAN YAKULT DI KOTA LHOKSEUMAWE (Studi Konsumen Yakult Pada Mahasiswa Universitas Malikussaleh Kampus Bukit Indah) Puspa Indah Sari; Sufi Sufi
Negotium: Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis Vol 4, No 1 (2021): Negotium Vol. 4 No. 1 Januari-Juni 2021
Publisher : Program Studi Administrasi Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to look the effect of advertising, product quality, price and brand image on purchasing decisions of yakult drinks for students at Malikussaleh University, Bukit Indah Campus. This research is a survey research. The population in this study were students of Malikussaleh University, Bukit Indah Campus, and the sample in this study were active students of the Business Administration study program at Malikussaleh University using the Slovin formula, which is a sampling technique that uses a critical value or accuracy limit of 0.1, so that the sample is obtained in This study amounted to 55 respondents from a total population of 120 students. The questionnaire test consisted of validity testing using the Product Moment method and reliability testing using the Cronbach's Alpha method. This study uses multiple regression analysis techniques with hypothesis testing using the SPSS 25 program. The results of this study indicate that advertising, product quality, price and brand image have an effect on purchasing decisions for yakult drinks at Malikussaleh University students, Bukit Indah Campus.