cover
Contact Name
GENESIS SEMBIRING DEPARI
Contact Email
genesissembiring@gmail.com
Phone
+6285359562521
Journal Mail Official
genesissembiring@gmail.com
Editorial Address
Jl. Ir Juanda no 56b, Medan
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH)
ISSN : -     EISSN : 2829792X     DOI : https://doi.org/10.55927/jiph.v1i2
Core Subject : Education,
Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH) adalah jurnal nasional yang berfokus kepada pengembangan ilmu pendidikan yang holistik di Indonesia. Fokus dari jurnal JIPH adalah bidang pendidikan secara umum, seperti bidang penelitian pendidikan dalam pengajaran, pembelajaran dan pengajaran, pengembangan kurikulum, lingkungan belajar, pendidikan guru, teknologi pendidikan, dan pengembangan pendidikan. Jurnal JIPH menerbitkan artikel 4 kali dalam setahun yakni pada bulan januari, April, Agustus dan Desember.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2023): April 2023" : 5 Documents clear
Program Bimbingan Belajar Gratis untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa SD Swasta YP HKBP 1 Pematangsiantar Dame Ifa Sihombing; Edi Parlindungan Nainggolan; Sondry Yandropa Maharaja; Desi Sonia Petlin Nainggolan; Ermi Nuraini Parhusip; Meta Siringo; Esra Natalia Silaban
Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH) Vol. 2 No. 2 (2023): April 2023
Publisher : PT FORMOSA CENDEKIA GLOBAL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55927/jiph.v2i2.3701

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa. Peserta kegiatan ini adalah seluruh siswa dari kelas 1 sampai kelas 6 Sekolah Dasar. Kegiatan pengabdian ini berbentuk bimbingan belajar yang bertujuan meningkatkan dan membiasakan literasi numerasi bagi anak-anak. Pelaksanaan kegiatan ini dengan tiga tahapan ,yaitu tahap rencana kegiatan yaitu dengan mengamati kondisi kemampuan literasi numerasi siswa, tahap pelaksanaan yang berbentuk bimbingan belajar, dan tahap evaluasi. Hasil dari kegiatan PKM ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan literasi numerasi serta pemahaman siswa dalam menyelesaikan permasalah konteks kehidupan sehari-hari. Anak-anak mampu mengikuti dan memahami materi yang diajarkan dalam bimbingan belajar ini dengan baik.
Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII Cindy Meilini Simanullang
Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH) Vol. 2 No. 2 (2023): April 2023
Publisher : PT FORMOSA CENDEKIA GLOBAL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55927/jiph.v2i2.3924

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif dengan bantuan aplikasi Articulate Storyline 3 yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi teorema pythagoras. Jenis penelitian ini ialah penelitian pengembangan (Research and Development)  dengan model pengembangan ADDIE. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:  diperoleh hasil dari validasi ahli materi dan ahli media  dengan persentase 95,3% dan 92,8% dan berada pada kategori sangat valid. Kepraktisan media pembelajaran dilihat melalui hasil angket respon siswa dan guru mata pelajaran matematika dengan persentase 87,65% dan 95,38% dimana persentase tersebut berada pada kategori sangat praktis. Keefektifan media pembelajaran dilihat melalui ketuntasan belajar klasikal dan hasil angket respon siswa dengan persentase 93,3% dan 96,1% dimana persentase tersebut berada pada kategori sangat efektif. Peningkatan kemampuan komunikasi matematis pada siswa, hasil yang diperoleh tingkat kemampuan komunikasi matematis berada pada rata-rata persentase 81,91% berada pada kategori tinggi, sedangkan berdasarkan uji N-Gain nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 0.451 yang artinya terjadi peningkatan kemampuan komunikasi matematis pada siswa dengan kategori sedang. Sehingga berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan pada penelitian ini adalah valid, praktis, efektif serta mampu meningkatkan kemampuan komunikasi matematis pada siswa.
Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPAS Model Guided Inquiry untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains dan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa X FKKSMK Muhammadiyah 5 Babat Sumarni
Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH) Vol. 2 No. 2 (2023): April 2023
Publisher : PT FORMOSA CENDEKIA GLOBAL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55927/jiph.v2i2.3939

Abstract

This research was done by developing science learning materials (lesson plans, student’s worksheets, student’s book, and learning achivement test) based on guided inquiry learning model using 4D development model to facilitate student’s science process skills and improving student’s learning achivement on environmental space connectivity. The objective of this research was to trial learning materials in 35 of junior high school’s students with one group pretest-postest design. Results were analyzed by descriptive quantitative-qualitative are: (1) Validity of learning material valid category (3.00); (2) Practicality based on: a) Feasibility of instruction good category (3,8); b) Readability of worksheets and student’s book students stating that the content and appearance of worksheets and student’s book is interesting; c) The response of students very positively (85.6%); (3) Effectiveness based on: a) Student’s activities who stand out were practice science process skills is high category (38,5%); b) Student’s science process skill in very high category as shown by student’s worksheet achivement (3,46); c) student learning achivement increased (N-Gain: 0.2-1.0). The conclusion of this research that science learning material depeloped base on guided inquiry learnig model, eligible to facilitate student’s science process skills and improve student learning achivement in junior high school.
Analisis Pembelajaran PKn dalam Menciptakan Toleransi di Sekolah Armi Alzzaini Alkautzhar; Indah Syifa Virani; Nazhifatun Zulfa Nabilah; Dita Lutfiah; Rama Wijaya Abdul Rozak; Nisrina Nurul Insani
Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH) Vol. 2 No. 2 (2023): April 2023
Publisher : PT FORMOSA CENDEKIA GLOBAL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55927/jiph.v2i2.3941

Abstract

Tolerance attitudes of students in schools are now starting to experience a decline with so much rejection of differences in many aspects of life. The purpose of this research is to find out whether Citizenship Education is able to create an attitude of tolerance in students at school. In conducting our research we used a descriptive qualitative method where our main focus in collecting data was interviewing three teachers of civics education at the senior high school level. The results of the study show that the Citizenship Education Subject has been able to create an attitude of tolerance in students towards their friends at school, especially during discussions in class. Although in the process of practice it is often faced with many obstacles both from the attitude of students and the surrounding environment.
Pendekatan Terintegrasi dalam Pengembangan Kurikulum Abad 21 Atik Puspita Rini; Naufal Fikri Firmansyah; Nugraheni Widiastuti; Yunitha Ike Christyowati; Achmad Noor Fatirul
Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH) Vol. 2 No. 2 (2023): April 2023
Publisher : PT FORMOSA CENDEKIA GLOBAL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55927/jiph.v2i2.3942

Abstract

Perubahan paradigma dalam dunia pendidikan pada era globalisasi, terutama dalam memenuhi kebutuhan siswa yang beragam dengan mengadaptasi kurikulum. Pembelajaran saat ini berpusat pada anak didik, menekankan pengalaman siswa secara nyata dan menganut keberagaman. Kurikulum perlu diadaptasi dengan mempertimbangkan karakteristik masing-masing lembaga, lingkungan dan ekosistem sekolah, serta kebutuhan dan karakteristik siswa di lingkungan sekolah. Dalam implementasi kurikulum abad 21, masih terdapat beberapa tantangan yang perlu diatasi, seperti mengembangkan kurikulum yang responsif terhadap perubahan global dan teknologi, serta mengakomodasi kebutuhan siswa yang beragam. Studi literatur dilakukan dengan membandingkan dan menarik kesimpulan dari beberapa jurnal, buku, dan hasil penelitian terdahulu untuk mengembangkan kurikulum abad 21. Delapan jurnal digunakan sebagai studi literatur yang diambil dari rentang waktu 2020-2023. Sitasi yang digunakan adalah American Psychological Association 7th edition. Pengembangan kurikulum harus responsif terhadap perubahan global, teknologi, dan masyarakat. Dalam mengembangkan kurikulum, perlu mengakomodasi kebutuhan peserta didik yang beragam dan menentukan tujuan pembelajaran yang relevan. Selain itu, pengukuran efektivitas dan kesesuaian kurikulum juga diperlukan. Kurikulum yang berkelanjutan harus mampu mempersiapkan peserta didik menghadapi tantangan masa depan dengan memberikan pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai yang relevan dalam konteks global, teknologi, dan sosial. Pendekatan terintegrasi dalam pengembangan kurikulum pada abad 21 dapat membantu siswa mengembangkan keterampilan yang diperlukan dalam masyarakat yang semakin kompleks dan terhubung. Kurikulum yang responsif harus memperhatikan perubahan global dan lokal serta mempertimbangkan tujuan pembelajaran yang relevan dan terukur untuk efektivitas dan kesesuaian kurikulum.

Page 1 of 1 | Total Record : 5