cover
Contact Name
Dhanan Abimanto
Contact Email
dhananabimanto@gmail.com
Phone
+6289667747299
Journal Mail Official
ebismen@unimar-amni.ac.id
Editorial Address
Jl. Soekarno Hatta No.180, Palebon, Kec. Pedurungan, Kota Semarang, Jawa Tengah 50246
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
EBISMEN Jurnal Ekonomi Bisnis dan Manajemen
ISSN : 2962763X     EISSN : 29627621     DOI : htpps://doi.org/10.58192/ebismen
Core Subject : Economy,
Jurnal yang ditujukan untuk publikasi artikel ilmiah yang diterbitkan oleh Universitas Maritim AMNI Semarang. Jurnal ini adalah Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Manajemen yang bersifat peer-review dan terbuka. Bidang kajian dalam jurnal ini termasuk sub rumpun Ekonomi Bisnis Dan Manajemen.
Articles 176 Documents
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMANFAATAN DAN PENGGUNAAN SISTEM E-TICKET PADA PO. BUS HARYANTO Agus Aji Samekto; Retno Mulatsih; Azid Dipo Yamah Sari
Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen Vol. 1 No. 1 (2022): Maret: Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen
Publisher : FEB Universitas Maritim Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1660.944 KB)

Abstract

Pada penelitian ini menganalisis tiga variabel, yaitu variabel ekspektasi kinerja, faktor sosial dan kondisi yang memfasilitasi yang mempengaruhi variabel dependen yaitu pemanfaatan penggunaan E-tiket. Perumusan masalah, tujuan penelitian dan hipotesis pada penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh yang positif dan signifikan secara individual antara variabel independen yaitu: ekspektasi kinerja, faktor sosial dan kondisi yang memfasilitasi terhadap variabel dependen yaitu pemanfaatan penggunaan E-tiket. Pada penelitian ini obyek yang diambil adalah penumpang bus PO. Haryanto di kudus. Teknik analisis datanya adalah teknik regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dihasilkan persamaan regresi: Y = -0,469 + 0,375 X1 + 0,478 X2 + 0,169 X3 + µ. Hasil persamaan regresi linier berganda menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial antara ekspektasi kinerja terhadap pemanfaatan penggunaan E-tiket (nilai t hitung sebesar 5,470 > nilai t tabel sebesar 1,986), Hasil persamaan regresi linier berganda menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara faktor sosial terhadap pemanfaatan penggunaan E-tiket (nilai t hitung = 7,197 > t tabel = 1,986), Hasil persamaan regresi linier berganda menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kondisi yang memfasilitasi terhadap pemanfaatan penggunaan E-tiket (nilai t hitung = 2,596 > t tabel = 1,986), Koefesien determinasi mendapatkan nilai Adjusted R square sebesar 0,549 dengan demikian 54,9% penumpang bus PO. Haryanto di kudus dijelaskan oleh 3 variabel tersebut, sedangkan sisanya 45,1% seperti harga, kemudahan dan lainnya. merupakan pengaruh variabel lain yang tidak termasuk didalam penelitian ini.
BAHASA INGGRIS DAN EKONOMI TRANSPORTASI Dhanan Abimanto
Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen Vol. 1 No. 1 (2022): Maret: Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen
Publisher : FEB Universitas Maritim Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1260.25 KB) | DOI: 10.58192/ebismen.v1i1.8

Abstract

Peran bahasa Inggris sangatlah penting dalam berbagi hal termasuk dalam meningkatkan ekonomi trasnportasi. Di Indonesia perekonomian transportasi bergantung pada investor dalam negeri maupun investor asing. Maka dalam hal ini Indonesia harus mempersiapkan segala bidang, seperti SDM, khususnya Kemampuan Komunikasi Bahasa Inggris. komunikasi bdalam berbahsa Inggris berperan penting dalam pergerakan ekonomi khususnya di bidang transportasi untuk mendorong kemajuan infrastruktur sehingga mempermudah transportasi di Indonesia yang kemudian dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional maupun ekonomi global . Kemampuan Komunikasi Bahasa Inggris mutlak harus direncanakan secara berkesinambungan oleh pemerintah maupun swasta atau korporasi. Lebih jauh lagi, apabila SDM khususnya yang bergerak di bidang transportasi di Indonesia ini kemampuan Komunikasi Bahasa Inggris baik, maka mereka akan meningkatkan kemajuan transportasi dan ekonomi Indonesia secara bersamaan.
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KETEPATAN WAKTU KEBERANGKATAN PESAWAT DI BANDARA INTERNASIONAL RAJA HAJI FISABILILLAH TANJUNGPINANG Andar Sri Sumantri; Dhanan Abimanto; Rahmat Debit Putra
Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen Vol. 1 No. 1 (2022): Maret: Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen
Publisher : FEB Universitas Maritim Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1452.777 KB)

Abstract

Pada penelitian ini menganalisis faktor yang mempengaruhi ketepatan waktu keberangkatan pesawat di bandara internasional Raja Haji Fisabilillah Tanjungpinang. Metode penelitian ni menggunakan observasi dan kuesioner, sedangakan untuk metode analisis data adalah menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Maintenance, Scheduling dan Kapasitas Air Side berpengaruh psitif dan signig=fikan terhadap On Time Performance-nya dengan pembuktian uji t masing-masing variabel mendapatkan t hitung sebesar (0,385), (2,822), dan (5,176).
PENGARUH MOTIVASI DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA KOPERASI UNIT DESA (KUD) SEJAHTERA BABAT TOMAN Novita Sari; Fadilla Fadilla; Havis Aravik
Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen Vol. 1 No. 2 (2022): Juni : Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen
Publisher : FEB Universitas Maritim Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1521.407 KB)

Abstract

This study aims to analyze the effect of motivation and work discipline on employee performance at KUD Sejahtera Babat Toman. Samples were selected using the saturated sample technique. Data for 40 respondents was collected through a questionnaire. This research implements multiple linear regression method to analyze the data. The data collection technique in this study used a questionnaire technique. The data analysis technique in this study uses the Classical Assumption Test, Multiple Regression, Hypothesis Testing (t-test and F-test), and the coefficient of determination. The data processing in this study used the SPSS (Statistical Package for the Social Science) software program version 23.00. The results of the investigation show that partially motivation has a significant and positive effect on the performance of KUD Sejahtera Babat Toman employees with a t count > t table or (3.372 > 2.028). or (0.806 < 2.028). However, simultaneously motivation and work discipline have a significant effect on employee performance with the value of F arithmetic > F table or (11.371> 3.25). This fact is useful for KUD Sejahtera Babat Toman to improve employee performance, so the company must consider motivation and work discipline factors together.
PENGARUH PEMBIAYAAN TERHADAP PROFITABILITAS BANK SYARIAH INDONESIA PERIODE 2016-2020: (Studi Kasus Bank Syariah Mandiri Cabang Demang Palembang) Elza Umiyarzi; Moh. Faizal; Fadilla Fadilla
Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen Vol. 1 No. 2 (2022): Juni : Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen
Publisher : FEB Universitas Maritim Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1322.61 KB) | DOI: 10.58192/ebismen.v1i2.13

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai pengaruh pembiayaan terhadap profitabilitas Bank Syariah Indonesia periode 2016-2020 (studi kasus ex Bank Syariah Mandiri) di Demang Palembang. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini antara lain: 1) Apakah pembiayaan Mudharabah berpengaruh terhadap ROA Bank Syariah Indonesia Pengaruh Pembiayaan Terhadap Profitabilitas Bank Syariah Indonesia Periode 2016-2020 (Studi Kasus Ex Bank Syariah Mandiri) Di Demang Palembang, 2) Apakah pembiayaan Murabahah berpengaruh terhadap ROA Bank Syariah Indonesia Periode 2016-2020 (Studi Kasus Ex Bank Syariah Mandiri) Di Demang Palembang, 3) Apakah pembiayaan Ijarah berpengaruh terhadap ROA Bank Syariah Periode 2016-2020 (Studi Kasus Ex Bank Syariah Mandiri) Di Demang Palembang, 4) Bagaimana pengaruh pembiayaan mudharabah, murabahah dan ijarah terhadap ROA Bank Syariah Indonesia Periode 2016-2020 (Studi Kasus Ex Bank Syariah Mandiri) Di Demang Palembang secara bersama-sama. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pembiayaan terhadap profitabilitas Bank Syariah Indonesia Periode 2016-2020 Studi Kasus Ex Bank Syariah Mandiri Di Demang Palembang baik secara parsial maupun simultan. Data diperoleh dari laporan keuangan bulanan Bank Syariah Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Analisis data yang digunakan menggunakan analisis linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembiayaan mudharabah berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap ROA, (2) pembiayaan murabahah berpengaruh positif dan signifikan ROA, (3) pembiayaan ijarah berpengaruh negatif dan tidak signifikan ROA, (4) pembiayaan mudharabah, murabahah dan ijarah secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas (ROA).
Analisis Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha CV Tjahaja Baru Lubuk Buaya Padang Khairil Azmi
Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen Vol. 1 No. 2 (2022): Juni : Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen
Publisher : FEB Universitas Maritim Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1580.138 KB)

Abstract

Public demand for motorcycles is always increasing. The motorcycle manufacturers compete with each other to offer their products. Yamaha is one of the largest and most excellent automotive companies, especially in Indonesia. In the current uncertain economic situation due to the Covid-19 pandemic crisis, this has resulted in sluggishness in motorcycle sales. So that before marketing their products, companies need to pay attention to consumer behavior first. Because consumer behavior will be the target for purchasing products to be marketed. The purpose of the study was to analyze consumer behavior in deciding to purchase a Yamaha motorcycle at CV Tjahaja Baru Lubuk Buaya Padang. This study uses qualitative methods and belongs to field research with semi-structured interviews and documentation as data collection techniques. The findings from this study are that prospective motorcycle consumers in buying a motorcycle take a lot of considerations to get the motorcycle they want, what are the advantages of a motorcycle, an affordable price, if purchased on credit with low interest and so on.
PENGARUH PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN, MOTIVASI, KOMPETENSI TERHADAP KINERJA GURU SMA DI KOTA BATAM DI MEDIASI KOMITMEN ORGANISASI Adi Neka Fatyandri; Teddi Firmawan
Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen Vol. 1 No. 2 (2022): Juni : Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen
Publisher : FEB Universitas Maritim Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1166.696 KB)

Abstract

This study was conducted to examine the effect of Training and Development, Motivation, Competence on the Performance of High School Teachers in Batam City in the mediation of Organizational Commitment. The object of this research uses 3 schools in Batam City, namely SMAN 1 Batam, SMAN 3 Batam and SMAN 5 Batam, with a total population of 160 teachers. Determination of the sample using the Slovin Formula with a Margin Of Error 5% the result is 114 teachers obtained as a sample, data collection by distributing questionnaires through Google Forms in 3 schools and successfully filled out by 131 teachers. This research is quantitative, using Partial Least Square (PLS) for data processing, and the modeling technique used is Structural Equation Model (SEM). This study states that the Variables of Training and Development, Motivation, Competence have a significant positive effect on Organizational Commitment, Variables of Training and Development, Motivation, Competence and Organizational Commitment have a significant positive influence on Teacher Performance, Variables of Organizational Commitment Successfully Mediate the Variables of Training and Development, Motivation , Competence on Teacher Performance.
ANALISIS FAKTOR HUMAN ERROR, HEWAN, CUACA DAN RAMBU-RAMBU LALU LINTAS TERHADAP TERJADINYA KECELAKAAN LALU-LINTAS PADA JALAN RAYA DENPASAR-GILIMANUK KABUPATEN JEMBRANA BALI I Gede Rivaldy Aryana Gita Nanda; Kusdibyo Kusdibyo; Supriyanto Supriyanto
Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen Vol. 1 No. 1 (2022): Maret: Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen
Publisher : FEB Universitas Maritim Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1568.471 KB)

Abstract

Traffic accidents are influenced by several factors including human error, animals, weather, traffic signs. Of the four, have an influence on traffic accidents with satisfactory results. The purpose of this study was to determine whether there was an influence of Human error, Animals, Weather, and Traffic Signs on traffic accidents on the Denpasar-Gilimanuk highway, Jembrana Regency, Bali. In this study, the research population is motorized vehicle users who cross the Denpasar-Gilimanuk highway, Jembrana Regency by taking a sample system with a total of 93 respondents (samples). The variables in this study consisted of: Human error (X1), Animals (X2), Weather (X3), Traffic signs (X4) and the dependent variable was Traffic Accident (Y). The research model is multiple linear regression analysis. The results of the analysis using the statistical tool SPSS V.25 program obtained multiple linear regression equations Y = -1.530+0,313X1+0,227X2+0,258X3+0,318X4+µ. Shows that, based on empirical facts (the results of filling out the questionnaire) and multiple linear regression results show that the Human error variable (X1) has a t count of 3.680 and a t table of 1.98729 then H1 is accepted and significant, animals (X2) have a t count of 2,035 and t table of 1,98729 then H2 is accepted and significant, weather (X3) has a t count of 2.852 and t table of 1.98729 then H3 is accepted and significant, traffic signs (X4) has a t count of 4.618 and t table of 1.98729 then H4 is accepted and significant. In the coefficient of determination test (R Square) the Adjust R Square value of 0.633 means that 63.3% of the variation in the dependent variable of traffic accident factors can be explained by the independent variables of human error, animals, weather, traffic signs. While the remaining 36.7% is explained by other reasons outside the variables studied.
ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA OPERASIONAL PERUSAHAAN FREIGHT FORWARDING DALAM MENUNJANG KEGIATAN EKSPOR Kholid Mawardi
Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen Vol. 1 No. 1 (2022): Maret: Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen
Publisher : FEB Universitas Maritim Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1387.493 KB)

Abstract

This study aims to analyse the significance factors of Sea Export Process, Forwarding Responsibility, and Warehouse Handling Process towards the operational performance of Raja abadi branch Company in Semarang. This study is performed to the company's staff members as the population of 70 respondents. The data collection involves observations, literary reviews, interviews, documentations, and questionaires. Furthermore, the analysis technique used in this study is based on the result of research and multiple analysis using SPSS v.23 program. Based on the results of the research, the following equations are generated : Y = 2,752 + 0,268X1 + 0,342X2 + 0,184X3 + µ Based on the multiple linear regression equation, the study found out that the most dominant variable in the operational performance of the company is the Forwarding Responsibility variable with the regression coeficiency of 0,342. Furthermore, the determinated coeficiency (adjusted R square) showed a result of 0,707 or 70,7%. This means the operational performance of the company is governed by the variables of Sea Export Process, Forwarding Responsibility, and Warehouse Handling Process by 70,7% as well as other factors by 29,3%. Therefore, it is found that Air Export Process, Forwarding Responsibility, and Warehouse Handling Process played a positive and significance role for the operational of the Raja abadi branch Company in Semarang.
ANALISIS FAKTOR – FAKTOR KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN PUBLIK: (Studi Kasus Pada Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Perindustrian dan Tenaga Kerja Kota Bukittinggi) Gusriyal Gusriyal; Asep Ajidin
Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen Vol. 1 No. 2 (2022): Juni : Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen
Publisher : FEB Universitas Maritim Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1227.174 KB)

Abstract

Pelayanan publik pada hakikatnya adalah pemberian pelayanan prima kepada masyarakat yang merupakan perwujudan kewajiban aparatur pemerintah sebagai abdi masyarakat. Pemenuhan kebutuhan masyarakat dalam pelayanan publik akan menjadi prioritas utama yang dipenuhi oleh pemerintah pada saat ini. Aparatur pemberi pelayanan, dalam melaksanaan pelayanan publik harus menyikapinya sesuai dengan azas dan prinsip pelayanan publik. Dimana pelayanan yang diberikan harus maksimal dan memuaskan masyarakat. Untuk mengetahui kepuasan masyarakat pada Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Perindustrian dan Tenaga Kerja Kota Bukittinggi, berdasarkan PermenpanRB Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik, menjadi acuan untuk melakukan evaluasi terhadap kinerja pelayanan dalam bentuk Indeks Kepuasan Masyarakat. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui nilai kepuasan masyarakat dan tingkat kesesuaian yang diberikan dengan indikator yang acuan adalah persyaratan, prosedur pelayanan, kecepatan waktu, kewajaran biaya, kesesuaian produk, kompetensi petugas, kesopanan petugas, sarana dan prasarana, layanan pengaduan. Nilai indeks kepuasan masyarakat yang diperoleh oleh DPMPTSPPTK Kota Bukittinggi adalah nilai 3,32 dan jika dikonversikan adalah 83,09 dengan predikat B (Baik) dan tingkat kesesuaian yang rendah dan belum dilaksanakan dengan baik adalah indikator indikator kecepatan waktu dalam memberikan pelayanan dan kompetensi/kemampuan petugas dalam pelayanan. Kata kunci: ; ;

Page 1 of 18 | Total Record : 176