cover
Contact Name
Dhanan Abimanto
Contact Email
dhananabimanto@gmail.com
Phone
+6289667747299
Journal Mail Official
ebismen@unimar-amni.ac.id
Editorial Address
Jl. Soekarno Hatta No.180, Palebon, Kec. Pedurungan, Kota Semarang, Jawa Tengah 50246
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
EBISMEN Jurnal Ekonomi Bisnis dan Manajemen
ISSN : 2962763X     EISSN : 29627621     DOI : htpps://doi.org/10.58192/ebismen
Core Subject : Economy,
Jurnal yang ditujukan untuk publikasi artikel ilmiah yang diterbitkan oleh Universitas Maritim AMNI Semarang. Jurnal ini adalah Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Manajemen yang bersifat peer-review dan terbuka. Bidang kajian dalam jurnal ini termasuk sub rumpun Ekonomi Bisnis Dan Manajemen.
Articles 21 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 3 (2022): September: Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen" : 21 Documents clear
PROMOSI DAN PELAYANAN SEBAGAI STRATEGI MEMPERTAHANKAN USAHA PADA TOKO RITEL DI SUKABUMI Hanipah Hanipah; Zeffanya Raphael Wijaya
Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen Vol. 1 No. 3 (2022): September: Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen
Publisher : FEB Universitas Maritim Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (988.542 KB)

Abstract

The purpose of this study is to see and analyze how a retail business maintains its business, including maintaining customer loyalty. The research was conducted at a retail store in Sukabumi. Methods of data collection is done through observation and interviews with resources in the store. The results showed that: 1) retail stores in maintaining their business utilize various promo modules and involve the active role of all resources in the store; 2) retail stores provide all the best to consumers, through an attitude that prioritizes 5S, and strives to meet every consumer need, so as to maintain consumer trust and loyalty; 3) the ability to promote and good service makes retail stores can compete with competitors and can maintain their business.  
PENGARUH MOTIVASI DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA Yolanda Tri Damayanti; Ce Gunawan
Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen Vol. 1 No. 3 (2022): September: Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen
Publisher : FEB Universitas Maritim Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (868.002 KB)

Abstract

Tujuan dari studi ini untuk mengetahui pengaruh Motivasi dan Lingkungan Keluarga terhadap Minat Berwirausaha di Kalangan Mahasiswa Kota Sukabumi. Metodologi: Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 100 sampel. Sedangkan teknik pengujian kualitas instrumen meliputi uji validitas dan uji reliabilitas. Sedangkan untuk pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda, uji t (parsial), dan uji f (simultan). Hasil: Bahwa variabel Motivasi dan Lingkungan Keluarga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Minat Berwirausaha. Dan terdapat pengaruh yang signifikan antara Motivasi dan lingkungan keluarga terhadap Minat Berwirausaha secara simultan.
PENERAPAN DIGITAL MARKETING SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN BAKMI TANDO 07 Gita Sagita; Zeffanya Raphael Wijaya
Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen Vol. 1 No. 3 (2022): September: Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen
Publisher : FEB Universitas Maritim Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (885.052 KB)

Abstract

Pandemi covid-19 telah menghadirkan berbagai tantangan khususnya bagi pelaku UMKM. Pergeseran cara melakukan pemasaran offline ke online nampaknya memaksa UMKM untuk dapat mengikuti perubahan tersebut. Saat ini, berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM baru sekitar delapan juta pelaku usaha atau 13% dari seluruh UMKM yang mampu memanfaatkan teknologi informasi dalam bisnisnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan digital marketing yang dilakukan oleh Bakmi Tando 07 dan apa kendala yang dihadapi saat menerapkan digital marketing. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan wawancara terstruktur, wawancara mendalam, dan observasi terhadap pelaku usaha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan digital marketing dilakukan dengan memposting produk di media sosial seperti Facebook, Instagram, dan status Whatsaap. Selain itu juga membangun kemitraan dengan Go-Food, Grab-Food, dan Shopee-Food untuk menambah platform pemasaran produk secara digital dan kemudahan dalam pesan-antar makanan. Kendala yang dihadapi dalam menerapkan digital marketing adalah koneksi internet yang tidak stabil, keterlambatan dalam pengiriman, serta masalah internal karena kurangnya SDM akibat pesanan yang banyak karena promosi di media sosial.
PENGARUH KARAKTERISTIK PEKERJAAN, PENGEMBANGAN KARIR DAN KOMPENSASI TERHADAP LOYALITAS KURIR PADA PT. SHOPEE EXPRESS HUB KEDIRI Galang Supra Yudha; Rike Kusuma Wardhani; Nuraidya Fajariah
Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen Vol. 1 No. 3 (2022): September: Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen
Publisher : FEB Universitas Maritim Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1155.261 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh karakteristik pekerjaan, pengembangan karir dan kompensasi terhadap loyalitas kurir pada PT. Shopee Express Hub Kediri. Teknik analisis data yang digunakan peneliti dalam penelitian ini menggunakan uji statistik melalui uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji t, uji F dengan alat bantu SPSS versi 26.0. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner, wawancara dan observasi. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh, dengan jumlah responden 65 orang. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh peneliti dari persamaan regresi linier berganda Y = 17,557 + (-0,496)X1 + (-0,229)X2 + 0,572X3. Hasil dari analisis yang dilakukan, hasil penelitian menunjukan bahwa variabel karakteristik pekerjaan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas kurir dengan bukti bahwa Sig t 0,002 < 0,05, variabel pengembangan karir tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas kurir dengan bukti Sig t 0,461 > 0,05, variabel Kompensasi berpengaruh signifikan terhadap loyalitas kurir dengan bukti Sig t 0,003 < 0,05, dan hasil karakteristik pekerjaan, pengembangan karir dan kompensasi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas kurir dengan bukti Sig t 0,001 < 0,05.  Hasil analisis nilai R2 = 0,245 atau 24,5%.
PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP AGRESIVITAS PAJAK DENGAN PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY SEBAGAI VARIABEL MODERASI Dewi Kusuma Wardani; Agnesia Jeni Dodok
Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen Vol. 1 No. 3 (2022): September: Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen
Publisher : FEB Universitas Maritim Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1403.143 KB)

Abstract

This study aims to find empirical evidence about the effect of corporate governance on tax aggressiviness with the disclosure of corporate social responsibility as a moderating variable seen from the financial statements listed on the IDX. The sampel data is 193 annual financial reports in 2016-2020. The analysis was carried out using multiple linear regression analysis and Moderated Regression Analysis (MRA) with the SPSS version 21 program. Based on the results of data analysis and discussion conducted, it can be concluded that corporate governance has a positive effect on tax aggressiviness. Corporate social responsibility can weaken the negative influence of corporate governance on tax aggressiveness.
ANALISIS RASIO KEUANGAN UNTUK MENGUKUR KINERJA KEUANGAN KOPERASI SEBELUM DAN SAAT PANDEMI PADA PRIMKOP KARTIKA WIRAYUDHA BRIGIF MEKANIS 16/WIRA YUDHA Tsania Nuraida Sania; Edi Murdianto; Taufik Akbar
Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen Vol. 1 No. 3 (2022): September: Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen
Publisher : FEB Universitas Maritim Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (921.874 KB)

Abstract

Abstract. This study aims to find out and analyze whether there are differences in financial performance before and after Covid-19 at Primkop Kartika Wira Yudha Mechanical Brigif 16/Wira Yudha in the 2018-2021 period. The sampling technique in this research is to use the technique of collecting financial report data documentation. Sampling in this study is the financial statements of Primkop Kartika Wira Yudha Brigif Mekanis 16/Wira Yudha. Data obtained through interviews and documentation. The data analysis technique used is quantitative descriptive analysis, difference test and Wilcoxon test. The financial ratios used are Current Ratio, Quick Ratio, Cash Ratio, ROA and ROE. The results of the study indicate that there is no significant difference between the Current Ratio (X1), Quick Ratio (X2), Cash Ratio (X3), ROA (X4) and ROE (X5) before and during the Covid-19 pandemic. This is because the company is still effective in managing company assets during the Covid-19 period and can still generate net profit for the cooperative Keywords: Covid-19, Current Ratio (X1), Quick Ratio (X2), Cash Ratio (X3), ROA (X4) and ROE (X5) Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis apakah terdapat perbedaan kinerja keuangan sebelum dan setelah adanya Covid-19 pada Primkop Kartika Wira Yudha Brigif Mekanis 16/Wira Yudha pada periode 2018-2021. Teknik pengambilan sample dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik pengumpulan dokumentasi data laporan keuangan. Pengambilan sample dalam penelitian adalah laporan keuangan Primkop Kartika Wira Yudha Brigif Mekanis 16/Wira Yudha. Data diperoleh melalui wawancara beserta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Deskriptif Kuantitatif, Uji Beda dan Uji Wilcoxon. Rasio keuangan yang digunakan adalah Current Ratio, Quick Ratio, Cash Ratio, ROA dan ROE. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan secara seignifikan antara Current Ratio (X1), Quick Ratio (X2), Cash Ratio (X3), ROA (X4) dan ROE (X5) sebelum dan saat pandemi Covid-19. Hal ini disebabkan karena perusaahan masi efektif dalam mengelola aset perusaahan di masa Covid-19 dan juga masih dapat menghasilkan laba bersih pada koperasi. Kata kunci: Covid-19, Current Ratio (X1), Quick Ratio (X2), Cash Ratio (X3), ROA (X4) dan ROE (X5)
Pengaruh Profitabilitas, Solvabilitas, Likuiditas Terhadap Initial Return Pada Perusahaan Sektor Consumer Goods Periode 2017-2021 Palupi Dwi Novita Sari; Trisnia Widuri; Zaenul Muttaqien
Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen Vol. 1 No. 3 (2022): September: Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen
Publisher : FEB Universitas Maritim Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (893.018 KB)

Abstract

Pengaruh profitabilitas, solvabilitas dan likuiditas terhadap initial return sangat penting untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Dengan mengetahui pengaruh tersebut pihak perusahaan sektor consumer goods bisa lebih mengoptimalkan tingkat profitabilitas, solvabilitas dan likuiditas diwaktu yang akan datang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Sampel yang diambil adalah sesuai dengan kriteria-kriteria yang sudah ditentukan oleh peneliti. Peneliti ini dilakukan dalam waktu 5 tahun dari tahun 2017-2021 pada perusahaan sektor consumer goods yang melakukan IPO. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas, mempunyai pengaruh positif dan tidak signifikan, solvabilitas mempunyai pengaruh positif dan tidak signifikan dan likuiditas berpengaruh positif dan tidak signifikan. Secara Bersama-sama variabel independent tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen, hal itu dibuktikan nilai R2 sebesar 0.046 atau sebesar 4,6%.
Pengaruh Gaya Hidup, Kualitas Layanan, Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mata Hati Cafe Kediri Yenny Artha Fahira; Suseno Hendratmoko; Trisnia Widuri
Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen Vol. 1 No. 3 (2022): September: Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen
Publisher : FEB Universitas Maritim Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1146.628 KB)

Abstract

Cafe menjadi salah satu usaha yang banyak dicari. Sudah banyak ditemukan café di Kota Kediri, salah satu nya adalah Mata Hati Café. Mata Hati merupakan café yang terbilang baru namun sudah memiliki banyak peminat. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh gaya hidup, kualitas pelayanan dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian Mata Hati Café di Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini dengan metode non-probability sampling dengan teknik accidental sampling, sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 85 responden. Pada penelitian ini didapatkan hasil bahwa gaya hidup, kualitas pelayanan, dan persepsi harga memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Mata Hati Café Kota Kediri.
Pengaruh Persepsi Harga, Cita Rasa, dan Promosi Terhadap Loyalitas Konsumen di Kober MIe Setan Kediri. Sinta Wahyu; Rafikhein Novia Ayuanti; Moh. Saleh Udin
Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen Vol. 1 No. 3 (2022): September: Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen
Publisher : FEB Universitas Maritim Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1570.199 KB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menjelaskan Pengaruh Persepsi Harga, Cita Rasa, dan Promosi terhadap Loyalitas Konsumen di Kober Mie Setan. Variabel dalam penelitian ini adalah Persepsi Harga (X1), Cita Rasa (X2), Promosi (X3), dan Loyalitas Konsumen (Y). Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi,wawancara, dan penyebaran kuesioner atau angket pada konsumen Kober Mie Setan Kediri. Pada penelitian ini memiliki populasi sejumlah 350 responden serta sampel sejumlah 187 responden dengan teknik analisa uji instrumen, uji prasyarat analisis, dan pengujian hipotesis diharapkan dapat menjawab empat rumusan masalah dalam penelitian ini. Analisa dikerjakan dengan Software SPSS for Windows versi 25. Berdasarkan hasil uji yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa: 1) Persepsi Harga (X1) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Konsumen (Y) di Kober Mie Setan; 2) Cita Rasa (X2) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Konsumen (Y) di Kober Mie Setan; 3) Promosi (X3) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Konsumen (Y) di Kober Mie Setan; Persepsi Harga (X1), Cita Rasa (X2), dan Promosi (X3) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Konsumen (Y) di Kober Mie Setan
PENGARUH CURRENT RATIO, DEBT EQUITY RATIO, RETURN ON EQUITY TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN FARMASI Intan Dwi Yuniarti
Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen Vol. 1 No. 3 (2022): September: Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen
Publisher : FEB Universitas Maritim Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1264.516 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh current ratio, debt equity ratio, return on equity terhadap harga saham. Jenis penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling, sampel penelitian ini terdiri dari 8 perusahaan dengan menggunakan laporan tahunan 2016-2020 sehingga, data penelitian ini berjumlah 40. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis regresi data panel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) current ratio berpengaruh negatif dan signifikan terhadap harga saham pada perusahaan farmasi yang terdaftar di BEI periode 2016-2020; (2) debt equity ratio berpengaruh negatif dan signifikan terhadap harga saham pada perusahaan farmasi yang terdaftar di BEI periode 2016-2020; (3) return on equity berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap harga saham pada perusahaan farmasi yang terdaftar di BEI periode 2016-2020; dan (4) current ratio, debt equity ratio, return on equity secara simultan bepengaruh dan signifikan terhadap harga saham pada perusahaan farmasi yang terdaftar di BEI periode 2016-2020.

Page 1 of 3 | Total Record : 21