cover
Contact Name
Prima Mytra
Contact Email
jurnalalilmi91@gmail.com
Phone
+6285239211417
Journal Mail Official
mytraprima@gmail.com
Editorial Address
Jalan Sultan Hasanuddin No. 20, Kelurahan Balangnipa, Kecamatan Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai
Location
Kab. sinjai,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Al-Ilmi: Jurnal Riset Pendidikan Islam
ISSN : 27765059     EISSN : 27751503     DOI : https://doi.org/10.47435/al-ilmi.v2i2
Core Subject : Religion, Education,
Jurnal Al-Ilmi: jurnal Riset Pendidikan Islam, adalah Jurnal yang dipelpopori oleh Program Pascasarjana Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai yang dikelolah oleh Lembaga Peneltian dan Pengabdian Masyarakat.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 1 (2021): Volume 02 Nomor 01 September 2021" : 6 Documents clear
Pengaruh Minat Belajar Dan Kreativitas Berpikir Terhadap Prestasi Peserta Didik marsuki marsuki; Firdaus Firdaus; Syamsir Syamsir
Jurnal Al-Ilmi: Jurnal Riset Pendidikan Islam Vol 2 No 1 (2021): Volume 02 Nomor 01 September 2021
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat IAI Muhammadiyah Sinjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1006.781 KB) | DOI: 10.47435/al-ilmi.v2i1.706

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat belajar dan kreativitas berfikir terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 4 Kecamatan Sinjai Timur Kabupaten Sinja. Penelitian ini merupakan jenis penelitian survei dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jumlah populasi dan sampel adalah 20 orang data yang dikumpulkan dalam penelitian ini diperoleh dari angket yang diberikan kepada peserta didik SMP Negeri 4 Kecamatan Sinjai Timur Kabupaten Sinjai,dengan menggunakan aplikasi IBM SPSS 16 For Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar dan kreativitas berfikir terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 4 Kecamatan Sinjai Timur Kabupaten Sinjai memiliki pengaruh yang signifikan hal ini diperoleh berdasarkan hasil analisis menggunakan aplikasi IBM SPSS 16 For Windows pada tabel Anova nilai f-hitung = 141.395 dan f tabel = 2,086 karena F-hitung > F tabel, maka H0 di tolak dan H1 di terima artinya terdapat pengaruh minat belajar dan kreativitas berpikir terhadap prestasi belajar peserta didik dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 4 Kecamatan Sinjai Timur Kabupaten Sinjai. Dari tabel 4.16 di atas menunjukkan bahwa nilai koefisien determinasi R = 0,971, R Square 0,943 artinya adalah minat belajar dan kreativitas berpikir berpengaruh terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 4 Kecamatan Sinjai Timur Kabupaten Sinjai. Sebesar 0,943 jika dipersenkan menjadi 94,3 % jika berdasrakan tabel kategorisasi pengujian 94,3 berada dalam kategori sangat tinggi (79,5 % - 95 %).
Pengaruh Pembelajaran Daring Dan Luring Terhadap Hasil Belajar Siswa Mahfia mahfia; Muh Anis; Mustamir Mustamir
Jurnal Al-Ilmi: Jurnal Riset Pendidikan Islam Vol 2 No 1 (2021): Volume 02 Nomor 01 September 2021
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat IAI Muhammadiyah Sinjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1193.963 KB) | DOI: 10.47435/al-ilmi.v2i1.734

Abstract

Pengaruh Pembelajaran (Daring Dan Luring) Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran PAI Siswa Di SDN 2 Balangnipa Sinjai. Tesis, Program Pasca Sarjana Program Studi Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai . Tujuan penelitian ini untuk Mengetahui pengaruh parsial pembelajaran daring dan pembelajaran luring terhadap hasil belajar mata pelajaran PAI di SDN 2 Balangnipa Sinjai. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif verifikatif, variabel bebas dalam penelitian ini adalah pembelajaran daring(X1) dan pembelajaran Luring (X2) Sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar (Y). jumlah sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 55 siswa. Sumber data primer dengan teknik pengumpulan angket menggunakan skala likert sebagai pengukuran,. Selanjutnya data diolah dengan sofware statistik SPSS versi 26 dengan proses uji validitas, uji reliabilitas, uji prasyarat analisis dan uji t. Hipotesis penelitian ini diduga pembelajaran daring (X1) tidak berpengaruh terhadap hasil belajar (Y), dan diduga pembelajaran luring (X2) memberikan pengaruh terhadap hasil belajar (Y). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama pembelajaran daring (X1) tidak berpengaruh secara terhadap hasil belajar (Y), di mana diperoleh nilai t-hitung sebesar -1,099 dengan nilai sig. sebesar 0,277. Kedua pembelajaran luring (X2) memberikan pengaruh terhadap hasil belajar (Y), diperoleh nilai t-hitung sebesar 23,449 dengan nilai sig. sebesar 0,000.
Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Sukmawati Sukmawati; Hardianto Rahman; Mustamir Mustamir
Jurnal Al-Ilmi: Jurnal Riset Pendidikan Islam Vol 2 No 1 (2021): Volume 02 Nomor 01 September 2021
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat IAI Muhammadiyah Sinjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (922.62 KB) | DOI: 10.47435/al-ilmi.v2i1.748

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh pembelajaran daring terhadap motivasi belajar dalam mata pelajaran Aqidah Akhlak siswa Madrasah Aliyah Negeri 2 Sinjai, (2) Pengaruh pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Aqidah Akhlak Madrasah Aliyah Negeri 2 Sinjai, (3) Seberapa besar pengaruh pembelajaran daring terhadap motivasi belajar dan hasil belajar dalam mata pelajaran Aqidah Akhlak siswa Madrasah Aliyah Negeri 2 Sinjai. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian survey dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Subyek dalam dari penelitian ini adalah siswa kelas XI. Adapun metode pengumpulan data yaitu dengan teknik angket, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan deskriptif statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, ada pengaruh pembelajaran daring terhadap motivasi belajar siswa Madrasah Aliyah Negeri 2 Sinjai dengan nilai 0,002<0,05. Ke dua, ada pengaruh pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa Madrasah Aliyah Negeri 2 Sinjai dengan nilai 0,035<0,05. Ke tiga, besar pengaruh pembelajaran daring terhadap motivasi belajar sebesar 43,5%, dan pembelajaran daring terhadap hasil belajar sebesar 30,5%.
Pengaruh Penguasaan Media Video Dan Media Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Nurbaya Nur; Muh Judrah; Muh Anis
Jurnal Al-Ilmi: Jurnal Riset Pendidikan Islam Vol 2 No 1 (2021): Volume 02 Nomor 01 September 2021
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat IAI Muhammadiyah Sinjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1097.74 KB) | DOI: 10.47435/al-ilmi.v2i1.760

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media vidio dan media visual terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Fiqih di MTs Darussalam Patalassang Kabupaten Sinjai, baik secara parsial maupun simulta (bersama-sama). Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian survei dengan menggunakan pendekatan kuntitatif. Subyek dari penelitian ini adalah peserta didik MTs Darussalam Patalassang. Adapun metode pengumpulan data yaitu dengan menyebarkan angket (kuesioner), melakukan observasi, serta mengumpulkan informasi dari sumber ataupun dokumen-dokumen yang tersedia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media video dalam pembelajaran mata pelajaran Fiqih memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik MTs Darussalam Patalassang dengan besar pengaruh yaitu 0.490. Sedangkan penggunaan media visual tidak memberikan pengaruh signifikan terhadap hasil belajar peserta didik tingkat keyakinan 95%. Namun, penggunaan kedua media tersebut secara bersama-sama (simultan) memiliki pengaruh signifikan terhadap hasil belajar peserta didik dengan proporsi pengaruh sebesar 33.9%. Minimnya fasilitas sekolah seperti ketersediaan LCD (Liquid Crystal Display), audio/speaker pendukung, poster, serta ruangan yang nyaman dan memadai dapat menjadi faktor lain yang menyebabkan kecilnya signifikansi pengaruh penggunaan kedua media tersebut. Melalui penelitian ini, seluruh pihak terkait diharapkan dapat menyesuaikan metode belajar mengajar di kelas dengan berbasis pada penggunaan teknologi serta memnafaatkan kemudahan akses informasi untuk menunjang hasil belajar siswa.
Pengaruh Penggunaan Laptop Dan Alat Peraga Terhadap Kinerja Guru Di Ra Kecamatan Sinjai Timur Jusniati Jusniati; Ismail Ismail; Marwati Marwati
Jurnal Al-Ilmi: Jurnal Riset Pendidikan Islam Vol 2 No 1 (2021): Volume 02 Nomor 01 September 2021
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat IAI Muhammadiyah Sinjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47435/al-ilmi.v2i1.764

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah ada pengaruh penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (laptop) terhadap kinerja guru di RA kecamatan sinjai timur, membuktikan apakah ada pengaruh pengembangan alat peraga terhadap kinerja guru RA kecamatan sinjai timur. membuktikan berapa besar pengaruh penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (laptop) serta pengembangan alat peraga. Penelitian ini termasuk jenis penelitian Ex Post Facto dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah keseluruhan guru RA sinjai timur yang mampu mengoperasikan leptop. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi atau catatan lapangan, dan angket atau kuesioner, sedangkan analisis datanya menggunakan teknik regresi linier multiplus (berganda). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (leptop) serta pengembangan alat peraga secara signifikan berpengaruh terhadap kinerja guru di RA Kecamatan Sinjai Timur. Nilai sig (0,013)< 0,05, maka Ha diterima atau terdapat pengaruh varibel X1 terhadap Y. Besar pengaruhnya adalah 0,612 atau 61,2%. (2) Nilai sig (0,034)< 0,05, maka Ha diterima atau terdapat pengaruh varibel X2 terhadap Y. Besar pengaruhnya adalah 0,479 atau 47,9%. (3) Nilai sig (0,007)< 0,05, maka Ha diterima atau terdapat pengaruh X1 dan X2 secara simultan terhadap Y. Besar pengaruh kedua varibel secara simultan terhadap Y adalah 0,810 atau 81%.
Pola Asuh Orang Tua Dalam Membentuk Sikap Sosial Peserta Didik Arman Arman; Amir Hamzah; Mustamir Mustamir
Jurnal Al-Ilmi: Jurnal Riset Pendidikan Islam Vol 2 No 1 (2021): Volume 02 Nomor 01 September 2021
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat IAI Muhammadiyah Sinjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1042.292 KB) | DOI: 10.47435/al-ilmi.v2i1.776

Abstract

Ada tiga lingkaran yang saling mempengaruhi, yaitu keluarga, sekolah dan masyarakat keluarga merupakan sumber pendidikan utama karena segala pengetahuan dan kecerdasan intelektual manusia diperoleh pertama dari keluarganya sendiri. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif naturalistic. Guba mempergunakan nama “Naturalistic Inquiry” (inkuiri naturalistik) cara mengamati dan pengumpulan data yang dilakukan dalam latar/seting alamiah, artinya tanpa memanipulasi subjek yang diteliti. Penelitian naturalistik adalah untuk mengetahui aktualitas, realitas sosial dan persepsi manusia melalui pengakuan mereka yang mungkin tidak dapat diungkap melalui penonjolan pengukuran formal atau pertanyaan penelitian yang telah dipersiapkan terlebih dahulu. Triangulasi dengan wawancara menggunakan teknik purposive terhadap 19 narasumber kunci di MTs Negeri 4 Sinjai, yaitu 5 tenaga pendidik, 4 orang tua peserta didik dan 10 peserta didik. Pola asuh orang tua memiliki peran yang besar terhadap perkembangan moral anak ketika dewasa, Pola asuh orangtua, pada dasarnya ada 3 macam, yaitu “pola asuh demokratis, otoriter dan permisif. gambaran sikap sosial peserta didik, di temui bahwa pembentukan sikap sosial adalah Faktor utama terbentuknya sikap peserta didik. Sikap merupakan; (1) reaksi efektif yang bersifat positif, negatif, atau campuran antara keduanya yang mengandung perasaan-perasaan kita terhadap suatu objek, (2) kecenderungan berperilaku dengan cara tertentu, terhadap suatu ojek tertentu, dan (3) reaksi kognitif sebagai penilaian kita terhadap suatu objek yang didasarkan pada ingatan, pengetahuan dan kepercayaan yang relevan. beberapa faktor yang mempengaruhi dalam pola pengasuhan orang tua adalah: Latar belakang pengasuhan orang tua, Tingkat pendidikan orang tua, Stasus ekonomi serta pekerjaan orang tua. Pola asuh yang dominan digunakan adalah demokratis.

Page 1 of 1 | Total Record : 6