cover
Contact Name
Estiyan Dwipriyoko
Contact Email
estiyand@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
asep.hidayat.1204@gmail.com
Editorial Address
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Langlangbuana, Jl. Karapitan No. 116 Bandung 40261
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
EDUCARE
ISSN : 1412579X     EISSN : 26847612     DOI : -
Core Subject : Education,
EDUCARE adalah jurnal ilmiah pendidikan dan pembelajaran, yang diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Langlangbuana (FKIP UNLA), pertama kali terbit pada tanggal 02 Mei 2002, bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional. Jurnal ini menyandang nama EDUCARE yang arti harfiahnya adalah penuntun dan pembimbing, yang diharapkan menjadi penuntun dan pembimbing ke arah kebaikan dan kebenaran.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 2, Oktober 2005" : 9 Documents clear
Membangun Karakter Bangsa Melalui Spritualisasi Pendidikan Eki Baihaki
EDUCARE Vol. 3 No. 2, Oktober 2005
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Langlangbuana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1467.611 KB)

Abstract

Kita semua meyakini agama memiliki energi sebagai sumber ruhaniah bagi umatnya untuk menggerakka ke arah sikap dan tindakan positif bagi kemaslahatan kehidupan di dunia dan akhirat. Namun ketika kita dihadapkan pada aktualitas hasil pendidikan yang dilaksanakan selama ini, kita masih menyaksikan adanya paradoks aktualiasi pendidikan, yang secara umum masih menggambarkan, bahwa pendidikan selama ini masih belum memberikan kontribusi yang bermakna dalam membangun karakter bangsa, yang beriman kuat. Kebijakan pendidikan ke depat perlu mengembangkan dan mengacu pada integrasi multi kecerdasan termasuk di dalamnya kecerdasan spritual (SQ) agar pendidikan mampu memberikan solusi yang bermakna dalam mengatasi permasalahan bangsa yang semakin kompleks.
Pendidikan dalam Jabatan Tenaga Kependidikan Erliany Syaodih
EDUCARE Vol. 3 No. 2, Oktober 2005
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Langlangbuana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1080.86 KB)

Abstract

Pembahasan tentang tenaga kependidikan berkaitan dengan banyak persolan, bukan hanya masalah rendahnya kinerja namun juga sistem danmekanisme pengelolaan untuk tenaga keendidikan. Dua hal yang saling memberi warna sekaligus membawa persoalan baru. Berkaitan degan mekanisma pengelolaan tenaga kependidikan di Indonesia, ada beberapa persolah yang harus segera ditanggulangi, diantaranya: (a) rendahnya tingkat pendidikan dibanding tuntutan, (b) sertifikasi dan legalisasi, (c) inkonsistensi ijazah dengan pekerjaan, (d) rendahnya kinerja profesional, dan (e) rendahnya peningkatan profesi dan dasysa suai terhadap perkembangn di lapangan.
Membangun Organisasi dengan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia/Empowering People Rita Zahara
EDUCARE Vol. 3 No. 2, Oktober 2005
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Langlangbuana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1230.788 KB)

Abstract

Organisasi adalah sistem sosial yang harus dikelola dengan tepat, sehingga perlu memahami cara kerjanya. Organisasi mengkombinasikan ilmu, teknologi dan kemanusiaan. Perilaku manusia dalam organisasi tidak dapat diatur seperti bagaimana kita mengatur benda mati, karena manusia penuh dinamika dan pemikiran yang beragam. Pelaku organisasi memerlukan motivasi, kepuasan kerja, penghargaan dan prestasi. Kepemimpinan yang efektif memerlukan partisipasi aktif dari staf yang dipimpinnya, dengan istilah lain pemberdayaan sumber daya manusia atau empowering people. Pemberdayaan sesungguhnya emrupakan alat wajib yang istimewan, yang dapat membantu pimpinan meningkatkan keberhasilan organisasi dengan memberikan sebagian kekuasaan danwewenangnya pada orang lain.
Lingkup Penelitian Akuntansi Dadang Sadeli
EDUCARE Vol. 3 No. 2, Oktober 2005
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Langlangbuana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1345.785 KB)

Abstract

Penelitian akuntansi adalah upaya yang dilakukan untuk mencari kebenaran. Hasil penelitian ini merupakan penyambung antara fenomena sosial dibidang akuntansi dengan struktur teori akuntansi. Fenomena sosial tersebut dituangkan dalam berbagai bentuk statement ilmiah sehingga menjadi teori yang menjelaskan tentang kebenaran yang sudah ada, mendukung teori yang sudah ada, mengingkari kebenaran yang sudah lama, dan membangun teori baru.
Asesmen (Penilaian) Pembelajaran Matematika Berdasarkan Kurikulum 2004 Mumun Syaban
EDUCARE Vol. 3 No. 2, Oktober 2005
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Langlangbuana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2027.205 KB)

Abstract

Dalam pembelajaran, sistem evaluasinya masih banyak didominasi oleh satu metode pengujian, yaitu tes kertas-pensil (paper and pencil test) yang hanya mengukur ingatan siswa terhadap informasi-informasi faktual dan prosedur-prosedur algoritmis saja. Saat ini, dalam kurikulum telah memasukkan tujuan-tujuan proses, sehingga tes-tes yang tertulis diperlukan untuk menilai perolehan keterampilan-keterampilan siswa. Proses ini merupakan bagian yang mendasar dalam pembelajaran. Salah satu saran auntuk negukur penilaian itu adalah dengan metode penilaian alternatif, yang mengukur kemampuan relatif siswa mencapai tujuan proses pengajaran.
Peranan Guru dan Tantangannya dalam Dunia Pendidikan Sungging Handoko
EDUCARE Vol. 3 No. 2, Oktober 2005
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Langlangbuana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1242.527 KB)

Abstract

Meskipun guru bukan satu-satunya pihak penentu pendidikan dan pengajar adalah bijaksana apabila para guru senantiasa berupaya untuk meningkatkan pengetahuan dan ketermapilan mengajarnya.
Pembelajaran Berbasis Kontekstual dan Implementasinya Melalui Direct Instruction dalam Praktikum Biologi Taufik Rahman
EDUCARE Vol. 3 No. 2, Oktober 2005
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Langlangbuana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1638.071 KB)

Abstract

Pembelajaran berbasis kontekstual atau Contextual Teaching and Learning (CTL) dipromosikan sebagai alternatif pendekatan baru, seiring dengan digulirkannya Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) atau Kurikulum 2004 sekarang ini. Pembelajaran melalui pendekatan CTL menitik beratkan siswa belajar dengan mengalami bukan dengan menghapal. Pendekatan-pendekatan pembelajaran yang berasosiasi dengan CTL antara lain Cara Belajar Siswa Aktif (CBSA), life skill education, pembelajaran kooperatif, problem based instruktion dan pembelajaran langsung atau direct instruction. Pendekatan pembelajaran yang dipergunakan perlu tercermin dalam silabus atau rencana pembelajaran.
Konflik Organisasi dan Negosiasi B. Anantha Sritumini
EDUCARE Vol. 3 No. 2, Oktober 2005
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Langlangbuana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1692.663 KB)

Abstract

Pertentangan atau konflik dapat merupakan masalah yang serius dalam setiap organisasi. Upaya pengelolaankonflik hanya mungkin untuk dilakukan apabila kita mengetahui secara pasti di mana letak konflik tersebut, karena hanya dengan mengetahui letak konflik secara patilah, kita dapat menerapkan stratei yang paling memungkinkan untuk mengatasi konflik dimaksud.
Kurikulum Berbasis Kompetensi: Suatu Tinjauan dalam Inovasi Pendidikan Iwa Kuntadi
EDUCARE Vol. 3 No. 2, Oktober 2005
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Langlangbuana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3262.163 KB)

Abstract

Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) merupakan salah satu bentuk kurikulum yang menekankan ketuntasan belajar yang dicerminkan dalam performansi yang merupakan perpaduan ranah afektif, psikomotor, dan kognitif. KBK merupakan salah satu alternatif jawaban terhadap tuntutan adanya perubahan berkenaan dengan globalisasi, desentralisasi pendidikan dan kebutuhan diversifikasi kurikulum. KBK memerikan kewenangan kepada daerah (desntralisasi) untuk mengembangkan sendiri silabus yang disesuaikan dengan kondisi masing-masing sekolah di daerah yang bersangkutan.

Page 1 of 1 | Total Record : 9