cover
Contact Name
Andi Hamzah Fansury
Contact Email
andyfansury@gmail.com
Phone
+6285255265759
Journal Mail Official
embriopendidikan@journalfkipuniversitasbosowa.org
Editorial Address
Jalan Urip Sumoharjo Km 4 Kampus 2 Lantai 5 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bosowa, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar
Published by Universitas Bosowa
ISSN : 2528357X     EISSN : 29618495     DOI : https://doi.org/10.52208/embrio
Core Subject : Education, Social,
Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar adalah Jurnal yang Diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (p-ISSN 2528-357X| e-ISSN 2961-8495) adalah jurnal ilmiah yang terbit dua kali dalam setahun pada bulan Juni dan Desember. Jurnal ini terbit secara offline sejak 2016 dan online sejak 2019. Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar menerbitkan karya ilmiah tentang hasil studi dan tinjauan literatur di bidang pendidikan, dan pengajaran ditingkat pendidikan dasar. Konteks jurnal ini menerbitkan artikel profesional atau konseptual, dan artikel penelitian yang dibentuk pada studi kualitatif dan kuantitatif di bidang cakupan berikut: Pendidikan Pengajaran Bahasa di Sekolah Dasar Kebijakan Pendidikan Pengembangan Kurikulum dan Materi TIK dalam Pendidikan
Articles 45 Documents
Search results for , issue "Vol. 8 No. 1 (2023): Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar" : 45 Documents clear
PENERAPAN PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA MATERI TARI TRADISONAL KELAS III SD GMIT AIR MAMA KABUPATEN ALOR NTT Gloria Luciana Magang; Andi Hamsiah; Masni
EMBRIO PENDIDIKAN: JURNAL PENDIDIKAN DASAR Vol. 8 No. 1 (2023): Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar
Publisher : Lembaga Jurnal FKIP Universitas Bosowa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52208/embrio.v8i1.393

Abstract

Gloria Luciana Magang. 2022. Penerapan Pembelajaran Seni Budaya Dan Prakarya Materi Tari Tradisional Kelas III SD Gmit Air Mama Kabupaten Alor NTT. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Bosowa. Dibimbing Oleh Dr. Hj. A. Hamsiah, M.Pd dan Masni, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penerapan pembelajaran tari tradisional di SD Gmit Air Mama NTT. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tenik wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh sesuai dengan gambaran fakta yang terjadi di lapangan dimana peserta didik belajar melakukan tarian Lego-lego. Tari lego-lego tergolong tarian adat yang merupakan salah satu kekayaan budaya yang disampaikan secara turun-temurun dari nenek moyang, saya melihat siswa lebih antusias dalam mengikuti pelajaran seni tari disekolah khususnya tari Lego-lego. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan penerapan pembelajaran tari tradisional Lego-lego disekolah dapat membangun kesadaran siswa bahwa tari tradisional itu sangat penting sehingga tidak mudah dilupakan.
PENGARUH PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK DI UPT SPF SD INPRES GALANGAN KAPAL II KOTA MAKASSAR surianti; Muhammad Yunus; Susalti Nur Arsyad
EMBRIO PENDIDIKAN: JURNAL PENDIDIKAN DASAR Vol. 8 No. 1 (2023): Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar
Publisher : Lembaga Jurnal FKIP Universitas Bosowa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52208/embrio.v8i1.432

Abstract

Surianti. 2022. Pengaruh Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) Terhadap Hasil Belajar Ips Peserta Didik di UPT SPF SD Inpres Galangan Kapal II. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bosowa. Dibimbing oleh Muhammad Yunus dan Susalti Nur Arsyad. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Cooperative Learning tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) terhadap hasil belajar IPS peserta didik di UPT SPF SD Inpres Galangan Kapal II. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian Posttest-only Control Group Design, yaitu memberikan tes sebelum adanya perlakuan, kemudian memberikan tes setelah adanya perlakuan. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV-A sebanyak 30 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan model Cooperative Learning tipe Student Team Achievement Divisions dalam peningkatan hasil belajar IPS peserta didik di UPT SPF SD Inpres Galangan Kapal II Kota Makassar.
PENGARUH KEAKTIFAN BELAJAR SISWA SELAMA PROSES PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS V UPT SPF SD NEGERI DAYA 1 KOTA MAKASSAR Nur Diana; Muhammad Asdam; Andi Hamsiah
EMBRIO PENDIDIKAN: JURNAL PENDIDIKAN DASAR Vol. 8 No. 1 (2023): Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar
Publisher : Lembaga Jurnal FKIP Universitas Bosowa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52208/embrio.v8i1.434

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh keaktifan belajar siswa selama proses pembelajaran bahasa Indonesia terhadap hasil belajar pada siswa kelas V UPT SPF SD Negeri Daya 1 Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode korelasi. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V UPT SPF SD Negeri Daya 1 Kota Makassar dan sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas V B UPT SPF SD Negeri Daya 1 Kota Makassar yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan observasi dan angket untuk mengetahui keaktifan belajar siswa selama proses pembelajaran bahasa Indonesia, dan teknik tes digunakan untu mengetahui hasil belajar siswa selama proses pembelajaran bahasa Indonesia. Dari hasil penelitian, berdasarkan pengisian angket dan lembar observasi tentang keaktifan siswa selama proses pembelajaran bahasa Indonesia dapat disimpulkan bahwa keaktifan siswa di kelas V adalah bervariasi atau berbeda-beda. Adapun hasil analisis data mengenai keaktifan belajar terhadap hasil belajar siswa diperoleh kesimpulan yaitu ada pengaruh keaktifan belajar terhadap hasil belajar siswa selama proses pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas V UPT SPF SD Negeri Daya 1 Kota Makassar, dari perolehan hasil perhitungan korelasi product moment dengan rhitung sebesar 0,4414. Hasil product moment tersebut lebih besar dari nilai rtabel pada taraf signifikan 5% dengan nilai 0.3809. Hal ini menunjukan hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima yaitu ada pengaruh pengaruh keaktifan belajar siswa selama proses pembelajaran bahasa Indonesia terhadap hasil belajar pada siswa kelas V UPT SPF SD Negeri Daya 1 Kota Makassar. Kata kunci: Pengaruh, Keaktifan, Hasil Belajar Siswa
Penerapan Pendekatan Konstruktivisme Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V SD Negeri 6 Wakorumba Selatan Hasranawati; Muhammad Bakri; Tismi Dipalaya
EMBRIO PENDIDIKAN: JURNAL PENDIDIKAN DASAR Vol. 8 No. 1 (2023): Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar
Publisher : Lembaga Jurnal FKIP Universitas Bosowa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52208/embrio.v8i1.436

Abstract

ABSTRAK Hasranawati. 2022. Penerapan Pendekatan Konstruktivisme Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V SD Negeri 6 Wakorumba Selatan. Skripsi program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bosowa. Dibimbing oleh Muhammad Bakri dan Tismi Dipalaya. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis karangan narasi dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 6 Wakorumba Selatan. Prosedur penelitian ini meliputi 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai rata-rata kelas pada siklus I yaitu: 59,4 dan meningkat pada siklus II yaitu: 80,9. Pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa 40% dan ketidaktuntasan hasil belajar siswa 60% sedangkan pada siklus II ketuntasan hasil belajar siswa diketahui sudah mencapai 100%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa dalam pembelajaran keterampilan menulis karangan narasi dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme terjadi peningkatan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V SD Negeri 6 Wakorumba Selatan. Kata Kunci : Pendekatan konstruktivisme, keterampilan menulis, karangan narasi.
PROFIL ANALISIS NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM BUKU TEMATIK PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III UPT SPF SD INPRES GALANGAN KAPAL II MAKASSAR Alvrida Sambokayyang; A. Hamsiah; Susalti Nur Arsyad
EMBRIO PENDIDIKAN: JURNAL PENDIDIKAN DASAR Vol. 8 No. 1 (2023): Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar
Publisher : Lembaga Jurnal FKIP Universitas Bosowa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52208/embrio.v8i1.437

Abstract

ABSTRAK Alvrida Sambokayyang. 2022. Skripsi. Analisis Nilai Pendidikan Karakter Dalam Buku Tematik Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas III UPT SPF SD Inpres Galangan Kapal II Kota Makassar, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Dibimbing oleh A Hamsiah, dan Susalti Nur Arsyad. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan jenis-jenis nilai karakter yang terdapat dalam buku tematik pembelajaran Bahasa Indonesia kelas III UPT SPF SD Inpres Galangan Kapal II. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa nilai yang terkandung dalam buku tematik pembelajaran bahasa Indonesia kelas III terdapat beberapa nilai karakter yaitu, semangat kebangsaan, tanggung jawab, kreatif, toleransi, bekerja keras tetapi yang diterapkan disekolah yaitu, religius, jujur, disiplin, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, cinta tanah air, menghargai prestasi, cinta damai, peduli lingkungan, peduli sosial.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI MASA PEMBELAJARAN TATAP MUKA TER BATAS KELAS IV SDN LIMBUNG PUTERI KABUPATEN GOWA An Namirah; Muhammad Asdam; Masni
EMBRIO PENDIDIKAN: JURNAL PENDIDIKAN DASAR Vol. 8 No. 1 (2023): Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar
Publisher : Lembaga Jurnal FKIP Universitas Bosowa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52208/embrio.v8i1.440

Abstract

An Namirah. 2022. Pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ipa di masa pembelajaran tatap muka terbatas kelas IV SDN limbung puteri Kabupaten Gowa. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. dibimbing oleh Muhammad Asdam dan Masni. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di masa pembelajaran tatap muka terbatas kelas IV. Penelitian ini di laksanakan di SDN Limbung Puteri Kabupaten Gowa tahun ajaran 2021/2022. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian experimen one-group pretest-posttest. Sampel penelitian ini berjumlah 27 siswa terdiri dari 11 perempuan dan 16 laki-laki. Dari hasil nilai rata-rata (mean) pretest adalah 67.92 dan berada pada kategori masih rendah, sedangkan rata-rata (mean) postest 91,85 berada pada kategori sangat tinggi nilai rata-rata pada postest lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata pretest. Hasil penelitian untuk uji-t diperoleh thitung > ttabel diperoleh (10,50 >1,796) maka H0 ditolak H1 diterima diterima. Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di masa pembelajaran tatap muka terbatas kelas IV SDN Limbung Puteri Kabupaten Gowa. Kata Kunci : project based learning, hasil belajar siswa
Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Discovery learning Pada Peserta Didik Kelas V UPT SPF SD Inpres Perumnas Antang II Kota Makassar Nurul Pratiwi; Jaja Jamaludin; St. Muriati
EMBRIO PENDIDIKAN: JURNAL PENDIDIKAN DASAR Vol. 8 No. 1 (2023): Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar
Publisher : Lembaga Jurnal FKIP Universitas Bosowa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52208/embrio.v8i1.441

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA melalui model discovery learning pada peserta didik kelas V Tahun Ajaran 2021/2022 di UPT SPF SD Inpres Perumnas Antang II Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Desain penelitian meliputi empat komponen yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V UPT SPF SD Inpres Perumnas Antang II Kota Makassar yang berjumlah 32 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu dianalisis dengan statistika deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas yaitu 74,83 pada siklus I dan 93,22 pada siklus II. Pada siklus I ketuntasan hasil belajar yaitu 45,16 sedangkan pada siklus II ketuntasan hasil belajar yaitu 93,5 yang sudah melampaui indikator keberhasilan. Hal ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model discovery learning dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V UPT SPF SD Inpres Perumnas Antang II Kota Makassar. Kata kunci: Model discovery learning, Hasil Belajar IPA
Pengaruh Latar Belakang Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa SDN Cendrawasih I Kota Makassar Mega Islamiah; Muhammad Bakri; Susalti Nur Arsyad
EMBRIO PENDIDIKAN: JURNAL PENDIDIKAN DASAR Vol. 8 No. 1 (2023): Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar
Publisher : Lembaga Jurnal FKIP Universitas Bosowa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52208/embrio.v8i1.443

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latar belakang sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian ex-post facto, karena fakta yang dikumpulkan sudah ada dan menunjukkan untuk meneliti hubungan sebab-akibat yang tidak dimanupulasi atau tidak diberi perlakuan. Sampel penelitian adalah siswa kelas VA sebanyak 28 orang dan kelas VB sebanyak 24 orang dengan jumlah keseluruhan sampel 52 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa latar belakang sosial ekonomi orang tua berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap prestasi belajar siswa SDN Cendrawasih I Kota Makassar. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh latar belakang sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa. Kata kunci: Latar Belakang Sosial Ekonomi Orang Tua, Prestasi Belajar Siswa
Pengaruh tontonan Tik Tok terhadap perilaku siswa kelas v di Sdn 204 Sompe Kabupaten Wajo Ervinna Wahyuni; Mas'ud Muhammadiah; Asti Dwiyanti
EMBRIO PENDIDIKAN: JURNAL PENDIDIKAN DASAR Vol. 8 No. 1 (2023): Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar
Publisher : Lembaga Jurnal FKIP Universitas Bosowa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52208/embrio.v8i1.445

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tontonan tik tok terhadap perilaku siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian korelasi. Lokasi penelitian dilakukan di SDN 204 Sompe Kabupaten Wajo. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan Observasi dan dianalisis secar kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tontonan Tik Tok berpengarus secara positif dan signifikan terhadap perilaku siswa kelas v SDN 204 Sompe Kabupaten Wajo. Kata kunci: Tontonan Tik Tok, Perilaku Siswa
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP MEMBACA PEMAHAMAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SD INPRES LANRAKI 2 Annisa Maulida; Syahriah Madjid; Nursamsilis Lutfin
EMBRIO PENDIDIKAN: JURNAL PENDIDIKAN DASAR Vol. 8 No. 1 (2023): Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar
Publisher : Lembaga Jurnal FKIP Universitas Bosowa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52208/embrio.v8i1.449

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap membaca pemahaman Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Inpres Lanraki 2. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian Quasi Eksperimental Design dengan model Nonequivalent Control Design yang dilakukan dengan 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV sebanyak 59 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, dokumentasi, dan tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan menggunakan SPSS versi 25. Hasil analisis menunjukkan nilai rata-rata posttest eskperimen adalah 80 sedangkan nilai rata-rata posttest kontrol adalah 67,42. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji Mann Whitney diperoleh Asymp. Sig. (2-tailed) bernilai 0.020, karena 0.020 lebih kecil dari < 0.05 maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe make a match berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar membaca pemahaman Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Inpres Lanraki 2 Makassar.