cover
Contact Name
Sahidi
Contact Email
frdsahidi.007@gmail.com
Phone
+6282341390402
Journal Mail Official
jtheorema@gmail.com
Editorial Address
JL KH. Ahmad Dahlan No. 1 Mariyat Pantai Kecamatan Aimas Kabupaten Sorong - Papua Barat
Location
Kota sorong,
Papua barat
INDONESIA
THEOREMA : The Journal Education of Mathematics
ISSN : -     EISSN : 27459381     DOI : 10.36232
Core Subject : Education,
Theorema: The Journal Education of Mathematics merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong (Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan). Jurnal ini bertujuan sebagai tempat publikasi hasil penelitian dan pemikiran pada bidang Pendidikan Matematika
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 1 (2022): THEOREMA: The Journal Education of Mathematics" : 6 Documents clear
ANALISIS KEMAMPUAN PERSEPSI DAN VISUAL SPASIAL PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL GEOMETRI BERBASIS OPEN ENDED Ayu Yuniar Anggo; Sahidi Sahidi; Syamsulrizal Syamsulrizal
THEOREMA: The Journal Education of Mathematics Vol 3 No 1 (2022): THEOREMA: The Journal Education of Mathematics
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (399.9 KB) | DOI: 10.36232/theorema.v3i1.2604

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan persepsi dan visual spasial Peserta didik kelas IX A dalam pembelajaran Matematika materi Geometri berbasis open ended di MTs Al-Ma’Arif Kabupaten Sorong. Jenis penenelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan skunder. Teknik pengumpulan data dengan cara Tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunukan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan persepsi dan visual spasial peserta didik yang ditinjau dari beberapa indikator. Indikator kemampuan persepsi spasial yaitu : Pengkonsepan dan penyelesaian masalah. Indikator kemampuan visual spasial yaitu : Pengimajinasian dan pencarian pola. Kemampuan persepsi dan visual spasial dapat diperoleh berdasarkan tiga kategori yaitu Tinggi, Sedang, Rendah. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Kemampuan persepsi dan visual spasial Tinggi dengan nilai 100, 2) kemampuan persepsi dan visual spasial Sedang dengan nilai 81,25, dan 3) kemampuan persepsi dan visual spasial rendah dengan nilai 66,667.
PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN PRESENTASI BERBASIS ARTICULATE STORYLINE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI SPLDV KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH AIMAS Iin Pratiwi; Dwi Pamungkas
THEOREMA: The Journal Education of Mathematics Vol 3 No 1 (2022): THEOREMA: The Journal Education of Mathematics
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (464.878 KB) | DOI: 10.36232/theorema.v3i1.2605

Abstract

Rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran matematika disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya kurangnya penggunaan media pembelajaran yang mengakibatkan peserta didik lebih cenderung pasif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran presentasi berbasis Articulate Storyline terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII SMP Muhammadiyah Aimas pada materi SPLDV. Penelitian ini menggunakan metode Eksperiment dengan desain Pretest- Posttest Control group Designi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Muhamammdiyah Aimas yang terdiri dari 20 peserta didik. Pengumpulan data hasil belajar matematika peserta didik menggunakan instrumen berupa tes. Sedangkan pengolahan data menggunakan uji Paired Sample t test. Berdasarkan uji t dengan taraf signifikan
PENGEMBANGAN INSTRUMEN HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP Ridya Tri Wahyuningsih; Heny Sri Astutik; Mukhlas Triono
THEOREMA: The Journal Education of Mathematics Vol 3 No 1 (2022): THEOREMA: The Journal Education of Mathematics
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (355.092 KB) | DOI: 10.36232/theorema.v3i1.2606

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan instrumen HOTS dalampembelajaran matematika untuk peserta didik kelas VIII di SMP. Tujuan penelitian iniadalah (1) mengembangkan instrumen HOTS di SMP.; (2) memvalidasi instrumenHOTS melalui validasi ahli dan guru. Validasi ahli dilakukan denganmengkonsultasikan rancangan produk pengembangan kepada dosen ahli. Validasi gurudilakukan berdasarkan revisi. Penelitian ini menggunakan model Design BasedResearch. Pengembangan model ini terdiri dari 4 tahap yaitu 1) identifikasi dan analisismasalah oleh peneliti peneliti dan praktisi secara kolaboratif 2) mengembangkan solusiyang didasarkan pada teori, design principle yang ada dan inovasi teknologi 3)melakukan proses berulang untuk menguji dan memperbaiki solusi secara praktis 4)melakukan refleksi untuk menghasilkan design principle serta meningkatkanimplementasi dari solusi. Hasil penelitian berupa 1) 15 butir soal HOTS; 2) validasioleh para ahli menyatakan sangat valid dengan perolehan skor penilaian oleh ahlimateri sebesar 4,4 dengan kategori sangat baik dan ahli bahasa sebesar 5 dengankategori sangat baik, sedangkan dalam validasi guru rata-rata perolehan skor penilaiansebesar 4,3 dengan kategori sangat baik.
ANALISIS MINAT DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SECARA DARING DI MA NEGERI INSAN CENDEKIA SORONG PADA MASA PANDEMI COVID-19 Riskawati Riskawati; Mukhlas Triono; Syamsulrizal Syamsulrizal
THEOREMA: The Journal Education of Mathematics Vol 3 No 1 (2022): THEOREMA: The Journal Education of Mathematics
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (391.103 KB) | DOI: 10.36232/theorema.v3i1.2607

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat dan kemandirian belajar peserta didik kelas XII IPA 2 dalam pembelajaran matematika secara daring di MA Negeri Insan Cendekia sorong pada masa pandemi Covid-19. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, penyebaran angket dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data dan penyajian data. Hasil penelian ini menunjukkan bahwa minat dan kemandirian belajar peserta didik dapat ditinjau dari beberapa indikator. Indikator minat belajar yaitu: ketertarikan, konsentrasi/perhatian dalam belajar, motivasi dan pengetahuan. Indikator kemandirian belajar yaitu: tanggung jawab, percaya diri, mampu mengontrol diri, mengevaluasi diri dan kesadaran untuk belajar mandiri. Minat dan kemadirian belajar dapat diperoleh berdasarkan tiga kategori yaitu rendah, sedang dan tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik yang berkemampuan rendah memiliki minat belajar yang rendah dan memiliki kemandirian belajar yang rendah dan sedang. Peserta didik yang berkemampuan sedang memiliki minat belajar yang sedang dan tinggi dan memiliki kemandirian belajar yang sedang. Peserta didik yang berkemampuan tinggi memiliki minat belajar yang sedang dan tinggi dan memiliki kemandirian belajar yang tinggi.
PENGEMBANGAN E-COMIC SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS LOCAL WISDOM PADA MATERI GARIS DAN SUDUT KELAS VII SMP/MTs Yogi Indra Wijayanto; Suhartini Sumadi; Surya Putra Raharja
THEOREMA: The Journal Education of Mathematics Vol 3 No 1 (2022): THEOREMA: The Journal Education of Mathematics
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (722.87 KB) | DOI: 10.36232/theorema.v3i1.2608

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendapatkan media pembelajaran e-comic berbasis local wisdom pada materi garis dan sudut yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini dilakukan di MTs. N Kab. Sorong pada siswa kelas VII dengan sampel sebanyak 15 orang. Berdasarkan hasil penelitian, Pengembangan media pembelajaran yang dikembangkan berupa aplikasi e-comic math berbasis local wisdom pada materi garis dan sudut dinyatakan layak dan valid, dengan hasil rata-rata penilaian ahli media sebesar 3,87, ahli materi sebesar 3,5 dan ahli bahasa sebesar 3,8. Penilaian uji kepraktisan mendapatkan nilai rata-rata sebesar 3,447 disimpulkan pada kategori “sangat praktis”. Uji keefektifan dikategori efektivitas sedang, dengan nilai effect size sebesar 0,50, presentase sebesar 69%.
The Influence of the Ethnomathematical Learning Approach with Problem Based Learning Learning Model on Interests and Mathematics Learning Outcomes of Class VIII Students of MTs An-Nur Yapis Sorong City marlinda indah eka budiarti; Zakiyah Anwar; Wilton Rahajaan
THEOREMA: The Journal Education of Mathematics Vol 3 No 1 (2022): THEOREMA: The Journal Education of Mathematics
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (868.919 KB) | DOI: 10.36232/theorema.v3i1.2842

Abstract

Abstact: This study aims to determine the effect of the ethnomathematics learning approach with a problem based learning model on the interest and learning outcomes of eighth grade students of MTs An-nur, Sorong City. This research is a pre-experimental research. The subjects of this study were class VIII students of MTs An-nur Yapis, Sorong City, in the 2021/2022 academic year. This research was conducted in 4 meetings. Data collection techniques are observation, questionnaires, tests, documentation and field notes. The data analysis technique in this research is quantitative. After the data is analyzed and the results of the T-Test test calculations are obtained, the tcount value is (-28,638) ttable (2,080) thus H0 is rejected and H1 is accepted, which means that there is an influence of the ethnomathematical learning approach with problem based learning learning models on interests and outcomes. students learn mathematics, class circle material at VIII MTs An-nur Yapis Sorong City. In addition, to see whether or not the problem based learning model has an effect on students' interest and learning outcomes in mathematics, it can be seen from the average results of the pretest and posttest with an average KKM value of 73. Student learning outcomes in the pretest 32.45 and posttest are 79, 04. Meanwhile, 11 students answered that they were very happy and 13 students answered that they were happy to use problem based learning because they could easily complete the teaching materials given. Thus, it can be concluded that learning by using an ethnomathematical learning approach with a Problem Based Learning model has been carried out well.

Page 1 of 1 | Total Record : 6