cover
Contact Name
Muhammad Iqbal
Contact Email
jap.puslatbangkmp@gmail.com
Phone
+6282187708520
Journal Mail Official
jap.puslatbangkmp@gmail.com
Editorial Address
Jln. Raya Baruga No. 48 Antang Makassar 90234 Telp.: (0411) 490101 Fax.: (0411) 490107
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Administrasi Publik
ISSN : 18582186     EISSN : 2621251X     DOI : https://doi.org/10.52316/jap.v18i1
Core Subject : Social,
Jurnal Administrasi Publik adalah jurnal ilmiah berkala di bidang administrasi negara yang diterbitkan dua kali setahun oleh Pusat Pengembangan dan Pelatihan dan Kajian Manajemen Pemerintahan Lembaga Administrasi Negara RI Sejak tahun 1995, merupakan produk hasil kajian, penelitian, maupun pemikiran kritis terhadap isu-isu di bidang administrasi publik misalnya mengenai kebijakan publik, manajemen publik, desentralisasi, otonomi daerah, pelayanan publik,kelembagaan pemerintah dan sumberdaya aparatur.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 17 No 2 (2021): Jurnal Administrasi Publik" : 8 Documents clear
Survei Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik di Sulawesi Selatan Yossi Findarta Pratama; Andi Fitriyani Yahya; Alsry Mulyani; Yuliana Rauf; Rosmala Dewi Said; St. Suryani
Jurnal Administrasi Publik Vol 17 No 2 (2021): Jurnal Administrasi Publik
Publisher : Pusat Pengembangan dan Pelatihan dan Kajian Manajemen Pemerintahan Lembaga Administrasi Negara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (756.495 KB) | DOI: 10.52316/jap.v17i2.67

Abstract

Penelitian ini berjudul Survei Kepuasan Masyarakat terhadap Pelayanan Publik di Sulawesi Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1)Mengetahui sistem pelayanan publik layanan unit Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di Sulawesi Selatan 2)Mengetahui tingkat kepuasan masyarakat pada PTSP di Sulawesi Selataan. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei pada unit pelayanan publik PTSP di kota makassar, kabupaten Barru dan kabupaten Bantaeng. Responden penelitian adalah penerima layanan di unit layanan tersebut. Jumlah responden yang dilibatkan adalah 527 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Indeks Kepuasan Masyarakat unit pelayanan publik di Sulawesi Selatan memiliki nilai IKM 81,29 dengan nilai B dan berkinerja Baik.
Pemulihan Lanskap Ekonomi Pasca Pandemi Covid-19 Di Kabupaten Labuhanbatu Andjar Prasetyo
Jurnal Administrasi Publik Vol 17 No 2 (2021): Jurnal Administrasi Publik
Publisher : Pusat Pengembangan dan Pelatihan dan Kajian Manajemen Pemerintahan Lembaga Administrasi Negara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (878.748 KB) | DOI: 10.52316/jap.v17i2.71

Abstract

Tujuan dari kajian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisa dampak pandemi Covid-19 terhadap lanskap ekonomi masyarakat Labuhanbatu. Metode dalam kajian ini menggunakan kualitatif yang dideskripsikan dengan didasarkan pada ciri-ciri keilmuan yaitu rasional, empiris, dan sistematis karena berusaha menerangkan fenomena ekonomi. Sumber data sekunder dari publikasi lembaga yang memiliki relevansi dengan kajian, data primer dari kuisoner. Populasi adalah penduduk yang berusia 15 tahun ke atas yang bekerja berdasarkan lapangan usaha di Kabupatan Labuhanbatu tahun 2020. Penentuan sampel didasarkan dengan Two Stage Cluster, Sample primer sebanyak 156.223 orang, asumsi sampling error sebesar 0,22%, asumsi Koefisien Kepercayaan sebesar 1,96 dan asumsi parameter proporsi binomial sebesar 50%-50% sehingga diperoleh sampel sebanyak 797 orang. Waktu penelitian bulan Maret sampai dengan November 2020 dengan lokasi terdiri dari 9 (sembilan) kecamatan se Kabupaten Labuhanbatu. Pengumpulan data dengan survey terhadap instrumen berupa kusioner terbuka yang dibagi menjadi dua bagian, kusioner terbuka bersifat administratif dan kuisioner terbuka bersifat substantif. Temuan administratif masyarakat yang bekerja di lokus studi didominasi laki-laki dengan umur antara 30-49 tahun dan berpendidikan SMA. Temuan substantif dalam studi ini adalah adanya perubahan lanskap ekonomi di Kabupaten Labuhanbatu yang ditandai dengan pergeseran dari pekerjaan yang berkurang, Distribusi bantuan Pemerintah yang meningkat, Kelangkaan kebutuhan pokok, penghasilan yang semakin menurun dan perubahan peta lapangan usaha
Publikasi Layanan Pembelajaran Di Era Baru: Studi Kasus Online Learning Pada Kementerian Keuangan Jamila Lestyowati
Jurnal Administrasi Publik Vol 17 No 2 (2021): Jurnal Administrasi Publik
Publisher : Pusat Pengembangan dan Pelatihan dan Kajian Manajemen Pemerintahan Lembaga Administrasi Negara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (873.637 KB) | DOI: 10.52316/jap.v17i2.73

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis publikasi pada layanan publik pembelajaran daring di masa pandemi COVID-19. Stakeholder sebagai penerima layanan merupakan pihak yang harus dilayani sehubungan dengan produk jasa yang dihasilkan instansi pemerintah. Pembelajaran pada BPPK pada awal dan selama masa pandemi menggunakan kegiatan Kemeneku Corpu Open Class, Kemenkeu Corpu Talk dan seminar online sebagai andalannya. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan eksplanatoris menggunakan sumber data sekunder berupa poster/ flyer dan data dari media sosial. Dengan beragam kelebihan yang dimilikinya, kegiatan tersebut menjadi daya tarik bagi stakeholder baik langsung maupun tidak langsung untuk mengikutinya karena beragam tema yang ditawarkan melalui publikasi yang menarik. Walaupun memiliki beberapa kelemahan, namun publikasi kegiatan ini mampu diandalkan. KCT, KC Open Class dan seminar online tetap dipertahankan di masa mendatang selepas pandemi berakhir.
Responsivitas Penyelenggaraan Pelayanan Publik Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bone rasdiana; Riski Ramadani
Jurnal Administrasi Publik Vol 17 No 2 (2021): Jurnal Administrasi Publik
Publisher : Pusat Pengembangan dan Pelatihan dan Kajian Manajemen Pemerintahan Lembaga Administrasi Negara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (341.126 KB) | DOI: 10.52316/jap.v17i2.76

Abstract

Abstrak Responsivitas sebagai salah satu indikator dalam pelayanan publik yang berkaitan dengan daya tanggap aparatur negara terhadap kebutuhan masyarakat yang membutuhkan pelayanan sebagaimana yang diatur dalam perundang-undangan. Untuk itu. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan responsivitas penyelenggaraan pelayanan publik pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bone. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis deskriptif adapun sumber penelitian terdiri dari data primer dan data sekunder, penentuan informan juga berasal dari aparat pemerintah pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bone serta masyarakat. Data penelitian dikumpul dengan Observasi Partisipasi. wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Data tersebut dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data dan studi dokumentasi. Kemudian dilakukan pengabsahan data dengan triangulasi sumber, tiangulasi teknik dan triangulasi waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan merespon masyarakat sudah baik terlihat dari penggunaan nomor handpone Kepala Dinas sebagai nomor Publik, kecepatan melayani kurang baik diakibatkan oleh jaringan yang biasa eror dan aparatur pemerintah kurang dibandingkan dengan masyarakat yang banyak, ketepatan melayani sudah baik sesuai dengan standar operasional prosedur, kecermatan melayani sudah baik karena telah berbasis elektronik, ketepatan waktu pelayanan yaitu waktu proses sampai verifikasi harus sesuai jadwal, kemampuan menaggapi keluhan sudah baik karena telah menerima pengaduan dan pengisian Google Form yang diterapkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bone. Kata kunci: Responsivitas; Penyelenggaraan; Pelayanan Publik
Inovasi Pelayanan Publik (PAKDES: Aplikasi Laporan Dana Desa Kreatif Berbasis Online di Kecamatan Mallawa Kabupaten Maros) Aprilia Hapsari; Muhammad Guntur; Novayanti Sopia Rukmana
Jurnal Administrasi Publik Vol 17 No 2 (2021): Jurnal Administrasi Publik
Publisher : Pusat Pengembangan dan Pelatihan dan Kajian Manajemen Pemerintahan Lembaga Administrasi Negara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (971.569 KB) | DOI: 10.52316/jap.v17i2.77

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan secara mendalam sistem pelayanan publik dalam laporan pertanggungjawaban dana desa yang saat ini diterapkan di Desa Tellumpanaue dan Desa Barugae Kecamatan Mallawa Kabupaten Maros. Oleh karena itu, penulis bermaksud memberikan solusi terhadap masalah yang ada dengan sistem pelayanan sebelumnya yaitu dengan aplikasi PAKDES. Aplikasi ini dirancang sebagai salah satu media yang dapat memudahkan aparatur desa dalam melakukan pelaporan dana desa yang dapat diakses melalui smartphone. Selain memudahkan aparatur desa, aplikasi ini juga dirancang bagi masyarakat desa yang dapat mengakses hasil laporan pertanggungjawaban masing-masing desa yang ada di Indonesia, sehingga dapat menjadi wadah bagi masyarakat untuk berperan dalam pengelolaan dana desa yang tepat sasaran yang secara langsung akan mendukung terwujudnya prinsip transparansi pengelolaan dana desa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif yang akan menjabarkan secara lebih dalam fokus masalah yang akan diteliti. Pada peroses penelitian, peneliti menemukan data bahwa proses pertanggungjawaban yang saat ini diterapkan di Desa Barugae dan Desa Tellumpanuae Kecamatan Mallawa Kabupaten Maros telah mengalami pergeseran sistem, dari yang sebelumnya masih sistem manual, saat ini telah beralih ke Sistem Keuangan Desa (Siskeudes). Selanjutnya, aparatur desa diharapkan dapat melakukan pengembangan kompetensi dalam penguasaan teknologi informasi yang dilakukan melalui bimbingan teknis yang akan menjadi pondasi dalam meningkatkan proses pelayanan yang ada, khusunya dalam melaporkan peratanggungjawaban pengelolaan keuangan desa agar lebih transparan dan akuntabel.
Penerapan Soft Skill Coaching Pada Penyusunan Aktualisasi (Studi Kasus Pada Pelatihan Dasar CPNS Kabupaten Pulau Morotai) Najemiah M Amin
Jurnal Administrasi Publik Vol 17 No 2 (2021): Jurnal Administrasi Publik
Publisher : Pusat Pengembangan dan Pelatihan dan Kajian Manajemen Pemerintahan Lembaga Administrasi Negara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (443.856 KB) | DOI: 10.52316/jap.v17i2.78

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pertama, mengetahui prinsip coaching penulisan aktualisasi dan kedua mengetahui penerapan soft skill coaching dalam penulisan aktualisasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah Alumni Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil Golongan III Kabupaten Pulau Morotai sebanyak 40 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah studi kepustakaan, penyebaran kuisioner dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian diketahui bahwa, pertama prinsip coaching penulisan aktualisasi sudah berjalan dengan baik namun diperlukan penguatan pada aspek coach lebih banyak mendengar serta berkomitmen menyusun strategi kedepannya. Kedua, penerapan soft skill coaching dalam penulisan aktualisasi sudah berjalan dengn baik tetapi masih perlu penguatan pada aspek perilaku sopan santun. Maka secara keseluruhan diperlukan peningkatan kompetensi coaching secara berkesinambungan.
Adaptif, Agile dan Inovatif Kunci SDM Unggul Grace V. Dumalang
Jurnal Administrasi Publik Vol 17 No 2 (2021): Jurnal Administrasi Publik
Publisher : Pusat Pengembangan dan Pelatihan dan Kajian Manajemen Pemerintahan Lembaga Administrasi Negara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (842.282 KB) | DOI: 10.52316/jap.v17i2.84

Abstract

Smart ASN merupakan suatu konsepsi dan nilai baru yang dicanangkan Pemerintah di Tahun 2019 di lingkungan birokrasi Indonesia guna mendorong para aparatur agar mampu beradaptasi menghadapi perubahan eksternal yang bersifat global di lingkungan birokrasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan arah kebijakan yang dilakukan berbagai kabupaten/kota di Indonesia dalam upaya membangun SDM aparatur yang berkualitas dalam rangka mewujudkan Smart ASN. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode PRISMA (Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-analyses) dengan pertimbangan protokol riset metode PRISMA detail dan lengkap yang memungkinkan terhindar dari bias subjektif pada saat melakukan kajian literature. Hasil penelitian menunjukkan bahwa arah kebijakan yang dilakukan pemerintah kab/kota di Indonesia dalam upaya membangun SDM aparatur yang berkualitas dalam rangka mewujudkan Smart ASN pada dasarnya telah mengarah pada Grand Design Pembangunan ASN 2020-2024 yang terdiri dari perencanaan, perekrutan dan seleksi, pengembangan kompetensi, penilaian kinerja dan penghargaan, promosi, rotasi dan karir, serta peningkatan kesejahteraan. Keenam pemerintah daerah dalam penelitian ini telah bergerak ke arah strategi di atas meski masih banyak hal yang perlu disesuaikan dan disempurnakan dalam penerapannya.
Preface VOLUME XVII NOMOR 2 DESEMBER 2021 Admin Jurnal Administrasi Publik
Jurnal Administrasi Publik Vol 17 No 2 (2021): Jurnal Administrasi Publik
Publisher : Pusat Pengembangan dan Pelatihan dan Kajian Manajemen Pemerintahan Lembaga Administrasi Negara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (480.086 KB) | DOI: 10.52316/jap.v17i2.85

Abstract

PENGANTAR REDAKSI Pembaca yang berbahagia, puji syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT karena Jurnal Administrasi Publik Volume XVII Nomor 2, Desember 2021 dapat kembali hadir ke hadapan pembaca. Di edisi kali ini, Jurnal Administrasi Publik menghadirkan 7 artikel yang berfokus pada hasil penelitian di bidang Administrasi Publik maupun Pelatihan dan Pengembangan ASN. Tulisan pertama ditulis oleh Grace V. Dumalang dengan judul “Adaptif, Agile, Inovatif: Kunci SDM Unggul”. Tulisan kedua berasal dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Yossi Findarta Pratama, Andi Fitriyani Yahya, Alsry Mulyani, Yuliana Rauf, Rosmala Dewi Said, St. Suryani yang bertajuk ” Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik di Sulawesi Selatan”. Tulisan ketiga dihadirkan oleh Jamila Lestyowati dengan judul ” Flyer Pembelajaran Di Era Baru: Analisis Penyusunan dan Publikasi”. Tulisan keempat ditulis oleh Najemiah M. Amin yang diberi tajuk ” Penerapan Soft Skill Coaching Pada Penyusunan Aktualisasi (Studi Kasus Pada Pelatihan Dasar CPNS Kabupaten Pulau Morotai)”. Dalam tulisan kelima, Rasdiana, Riski Ramadani mencoba menuliskan hasil penelitiannya mengenai “Responsivitas Penyelenggaraan Pelayanan Publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bone”. Tulisan keenam dihadirkan oleh Andjar Prasetyo, Tomo Hadi Saputro, Amsal, Ray Septianis Kartika yang mengambil judul “Pemulihan Lanskap Ekonomi Pasca Pandemi Covid-19 Di Kabupaten Labuhanbatu”. Adapun tulisan ketujuh, ditulis oleh Aprilia Hapsari, Muhammad Guntur, Novayanti Sopia Rukmana S. dengan judul “Inovasi Pelayanan Publik di Kecamatan Mallawa Kabupaten Maros”. Redaksi Jurnal Administrasi Publik mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada penulis yang telah bersedia mengirimkan naskahnya kepada kami. Tidak lupa kami mengundang pembaca untuk berpartisipasi mengirimkan tulisan yang dimiliki untuk Jurnal Administrasi Publik edisi selanjutnya. Semoga setiap tulisan yang ada di dalam jurnal edisi ini dapat menjadi motivasi, sumbangan ide, serta tambahan ilmu bagi seluruh pembaca. Salam inovasi. Redaksi

Page 1 of 1 | Total Record : 8