cover
Contact Name
Khairul Anwar
Contact Email
mathanwar@unja.ac.id
Phone
+6285273944759
Journal Mail Official
mathanwar@unja.ac.id
Editorial Address
Mathematics Education Studies Program Faculty of Teacher Training and Education Jambi University Jl. Jambi-Ma.Bulian Km 15 Mendalo Darat, Jambi
Location
Kota jambi,
Jambi
INDONESIA
Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika
Published by Universitas Jambi
ISSN : 20882157     EISSN : 25800779     DOI : -
Core Subject : Education,
Edumatica Journal is a journal on mathematics education. The Journal publishes articles of research in mathematics education including teaching and learning, instruction, curriculum development, learning environments, teacher education, educational technology, educational developments, from many kinds of research such as survey, research and development, experimental research, classroom action research, etc.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 01 (2013): Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika" : 9 Documents clear
Penerapan Pendekatan Kontruktivisme Dalam Perkuliahan Perencanaan Pengajaran Matematika Armis -
Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 3 No 01 (2013): Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Program Studi Pendidikan Matemarika PMIPA FKIP Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (82.065 KB) | DOI: 10.22437/edumatica.v3i01.1389

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktifitas dan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Perencanaan Pengajaran Matematika (PPM), dengan mengaplikasikan pendekatan kontruktivisme dalam pembelajaran. Penelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan subjek penelitian adalah mahasiswa semester III kelas D pada Program Studi Pendidikan Matematika PMIPA FKIP Universitas Islam Riau yang mengikuti perkuliahan PPM pada semester ganjil 2012/2013. Data aktifitas mahasiswa diperoleh melalui lembar pengamatan, dan data hasil belajar mahasiswa diperoleh dengan malakukan tes. Dari hasil pengamatan diperoleh informasi bahwa aktifitas mahasiswa semakin membaik dengan diterapkan pendekatan konstruktivisme. Pendekatan konstruktivisme juga dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Perencanaan Pengajaran Matematika. Kata kunci: pendekatan konstruktivisme, aktifitas, hasil belajar PPM
Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Dengan Penerapan Teori Vygotsky Pada Materi Geometri Di SMP Negeri 3 Padangsidimpuan Feri Tiona Pasaribu
Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 3 No 01 (2013): Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Program Studi Pendidikan Matemarika PMIPA FKIP Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (86.416 KB) | DOI: 10.22437/edumatica.v3i01.1390

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan: (1) Menentukan tingkat pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menerapkan teori Vygotsky pada pokok bahasan kubus dan balok, (2) Untuk mengetahui kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika dengan menerapkan teori Vygotsky dapat meningkat pada pokok bahasan kubus dan balok di kelas IX SMP Negeri 3 Padangsidimpuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Berdasarkan hasil tes awal, diperoleh informasi rata-rata bahwa siswa memiliki tingkat kemampuan memecahkan masalah masih rendah dengan nilai rata-rata kelas 69,18. Setelah pemberian tindakan pada siklus I, tingkat kemampuan siswa memecahkan masalah adalah sedang dengan nilai rata-rata kelas 73,32 dengan 31 siswa atau 72,1% dari seluruh siswa telah mencapai tingkat ketuntasan belajar secara individu. Selanjutnya, setelah pelaksanaan tindakan pada siklus II, tingkat kemampuan siswa memecahkan masalah adalah tinggi dengan nilai rata-rata kelas 78,86 dengan jumlah siswa yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar sebanyak 40 orang atau 93,02% dari seluruh siswa. Berdasarkan analisis penelitian tersebut, diperoleh gambaran bahwa penerapan teori Vygotsky pada pokok bahasan kubus dan balok di kelas IX SMP Negeri 3 Padangsidimpuan dapat meningkatan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah. Kata kunci: pembelajaran, teori Vygotsky, pemecahan masalah
Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP Finola Marta Putri
Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 3 No 01 (2013): Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Program Studi Pendidikan Matemarika PMIPA FKIP Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (137.993 KB) | DOI: 10.22437/edumatica.v3i01.1391

Abstract

Abstrak Penelitian ini merupakan penelitian dengan desain kelompok kontrol non ekuivalen untuk mengetahui pengaruh pembelajaran matematika realistik terhadap kemampuan penalaran matematis siswa SMP. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP di Pekanbaru semester ganjil pada tahun ajaran 2011/2012, dan pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sesuai dengan desainnya, maka peneliti memilih kelas VII-3 sebagai kelas eksperimen yang memperoleh pembelajaran matematika realistik dan kelas VII-2 sebagai kelas kontrol yang memperoleh pembelajaran konvensional. Setiap kelas terdiri dari 41 siswa yang terbagi ke dalam kategori kemampuan matematika siswa kelompok tinggi, sedang, dan rendah di kelasnya. Hasil penelitian ini adalah (1) peningkatan kemampuan penalaran matematis antara siswa yang memperoleh pembelajaran matematika realistik tidak berbeda secara signifikan dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran matematika secara konvensional; (2) peningkatan kemampuan penalaran matematis antara siswa yang memperoleh pembelajaran matematika realistik tidak berbeda secara signifikan dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran matematika secara konvensional ditinjau dari kelompok siswa (tinggi, sedang, dan rendah). Kata Kunci: pembelajaran matematika realistik, kemampuan penalaran matematis
Pengembangan Soal Tipe Pisa Di Sekolah Menengah Pertama Aisyah -
Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 3 No 01 (2013): Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Program Studi Pendidikan Matemarika PMIPA FKIP Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (73.875 KB) | DOI: 10.22437/edumatica.v3i01.1392

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan soal-soal tipe PISA yang valid dan praktis; 2) mengetahui efek potensial soal matematika tipe PISA terhadap kemampuan matematis siswa SMP N 3 Palembang. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan (development research). Subjek penelitian ini yaitu siswa SMPN 3 Palembang kelas IX10 sebanyak 29 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah walk trough untuk mengetahui validitas soal secara konten, konstruk, dan bahasa; dokumentasi untuk mengetahui kepraktisan soal; tes dan wawancara untuk mengetahui efek potensial soal matematika tipe PISA terhadap kemampuan matematis siswa SMP. Dari hasil analisis data disimpulkan bahwa penelitian ini telah menghasilkan 1) perangkat soal tipe PISA sejumlah 14 butir soal berbentuk uraian non objektif yang memiliki enam level kesulitan dalam PISA yang valid dan praktis. 2) perangkat soal tipe PISA mempunyai efek potensial yaitu dapat memicu siswa untuk mengeksplor kemampuan matematis siswa. Kata kunci: penelitian pengembangan (development research), soal tipe PISA.
Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Beliefs Siswa Pada Pembelajaran Open-Ended Dan Konvensional Desti Wahyuni; Nyayu Masyita Ariani; Ali Syahbana
Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 3 No 01 (2013): Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Program Studi Pendidikan Matemarika PMIPA FKIP Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (67.187 KB) | DOI: 10.22437/edumatica.v3i01.1406

Abstract

Abstrak Kurangnya kemampuan pemecahan masalah matematis dan beliefs siswa menyebabkan rendahnya hasil pembelajaran matematika siswa. Oleh karena itu untuk menumbuhkan keduanya dapat dilakukan pembelajaran melalui pendekatan Open-Ended. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan signifikan antara kemampuan pemecahan masalah matematis dan beliefs siswa yang menggunakan pembelajaran dengan pendekatan Open-Ended dan Konvensional di SMP Negeri 19 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 19 Kota Bengkulu. Dengan teknik acak, diperoleh bahwa siswa kelas VIII A sebagai kelas kontrol dan kelas VIII C sebagai kelas eksperimen. Pada kelas eksperimen dilakukan pembelajaran dengan pendekatan Open-Ended sementara kelas kontrol diberi pembelajaran konvensional. Data kemampuan pemecahan masalah matematis dikumpulkan melalui tes kemampuan pemecahan masalah matematis, sedangkan data beliefs dikumpulkan melalui angket. Data-data tersebut dianalisis dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada pembelajaran dengan pendekatan Open-Ended berbeda dengan kemampuan pemecahan masalah matematis dengan pembelajaran konvensional. Kemudian beliefs siswa pada pembelajaran dengan pendekatan Open-Ended juga berbeda dengan beliefs siswa pada pembelajaran konvensional. Kata kunci : kemampuan pemecahan masalah matematis, beliefs, pendekatan open-ended, konvensional.
Proses Berpikir Kritis Siswa SMA Tipe Kepribadian Thinking Dalam Memecahkan Masalah Matematika Yelli Ramalisa
Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 3 No 01 (2013): Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Program Studi Pendidikan Matemarika PMIPA FKIP Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (59.835 KB) | DOI: 10.22437/edumatica.v3i01.1407

Abstract

Abstrak Berpikir kritis merupakan suatu jenis berpikir yang penting dalam memecahkan masalah matematika dan thinking adalah tipe kepribadian yang terlahir memiliki karakter kritis tinggi. Namun bakat kritis yang dimiliki siswa tipe thinking ini seringkali tidak terlihat oleh guru dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi proses berpikir kritis siswa tipe kepribadian thinking dalam memecahkan masalah matematika. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan lembar soal pemecahan masalah matematika, dan dengan cara wawancara untuk mengunkap proses berpikir kritis siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa yang memiliki tipe kepribadian thinking pada semester genap tahun akademik 2011/2012. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa tipe kepribadian thinking memiliki kemamapuan berpikir kritis karena siswa ini dapat memenuhi semua tahapan berpikir kritis saat memecahkan masalah yang diberikan. Kata kunci : berpikir kritis, tipe kepribadian thinking, memecahkan masalah matematika
Pembelajaran Geometri Menurut Standar Pengajaran NCTM Dengan Setting Kooperatif Di Smp Negeri 22 Jambi Rohati Rohati; Sri Winarni; Elfiati Elfiati
Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 3 No 01 (2013): Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Program Studi Pendidikan Matemarika PMIPA FKIP Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (131.706 KB) | DOI: 10.22437/edumatica.v3i01.1409

Abstract

Abstrak Dunia pendidikan seakarang menuntut seluruh proses pembelajaran yang berorientasi pada keaktifan siswa dan kemampuan siswa dalam berinteraksi dengan sesama teman dalam kelasnya. Salah satu hal yang bisa dilakukan oleh seorang guru untuk memenuhi hal tersebut adalah dengan menerapkan pengajaran menurut standar National Council of Teachers of Mathematics (NCTM) dengan setting kooperatif. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah memaparkan bagaimana bentuk pembelajaran geometri menurut standar NCTM dengan setting kooperatif. Penelitian ini juga dilakukan untuk melihat respon siswa terhadap pembelajaran yang dilakukan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Sumber data adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Kota Jambi. Pelaksanaan tindakan dalam setiap siklus penelitian terdiri dari 4 komponen yaitu merencanakan , melaksanakan, mengamati dan merefleksi. Dari 3 kali siklus yang dilakukan diperoleh peningkatan hasil belajar. Pada siklus ketiga diperoleh rata-rata hasil belajar siswa 76, 5 yang lebih tinggi dibandingkan siklus sebelumnya. Respon siswa juga menunjukkan perubahan setiap siklus. Hal ini ditunjukkan dengan semakin aktif siswa belajar berkelompok.Empat komponen dalam pengajaran NCTM juga bisa dilaksanakan yaitu berupa tugas-tugas, wacana, lingkungan belajar dan analisis. Kata Kunci : geometri, standar NCTM, setting kooperatif
Meningkatkan Pemahaman Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Dengan Menggunakan Software Graphmatica Selamat Siregar
Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 3 No 01 (2013): Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Program Studi Pendidikan Matemarika PMIPA FKIP Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (80.472 KB) | DOI: 10.22437/edumatica.v3i01.1410

Abstract

Abstrak Salah satu solusi yang patut dicoba untuk membantu menyelesaikan masalah siswa yang kurang gairah dalam belajar matematika, pemahaman dan hasil belajar yang rendah adalah dengan memanfaatkan software graphmatica dalam pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak 3 siklus dengan melibatkan siswa kelas XII IPA.2 SMA Negeri 4 Padangsidimpuan sebanyak 34 orang sebagai subjek penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri atas lembar observasi, tes pemahaman, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa dari 75,10% pada siklus 1 menjadi 82,94% pada siklus 2. Kemudian untuk pemahaman terjadi peningkatan dari 62,90% pada siklus 1 menjadi 67,70% pada siklus 2, dan 71,66% pada siklus 3. Demikian juga dengan hasil belajar matematika siswa, terjadi peningkatan yaitu dari 63,38% pada siklus 1; 66,76% pada siklus 2, dan 73,53% pada siklus 3. Simpulannya adalah aktivitas belajar, pemahaman, dan hasil belajar siswa meningkat pada mata pelajaran matematika dengan menggunakan software graphmatica. Kata Kunci: aktivitas belajar, pemahaman, hasil belajar, dan software graphmatica
Metakognisi Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika (Studi Kasus Pada Siswa Smp Berdasarkan Gender) Kamid W Sitas
Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 3 No 01 (2013): Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Program Studi Pendidikan Matemarika PMIPA FKIP Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (133.736 KB) | DOI: 10.22437/edumatica.v3i01.1411

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan profil metakognisi siswa sekolah menengah pertama berdasarkan perbedaan gender dalam menyelesaikan soal matematika. Pengambilan data pada penelitian kualitatif deskriftif ini dilakukan dengan wawancara berbantuan lembar tugas. Untuk mendapatkan proses metakognisi digunakan rekaman hasil wawancara yang mengarah pada pertanyaan langkah-langkah penyelesaian soal berdasarkan langkah-langkah Polya (1973). Hasil penelitian yang dilakukan terhadap siswa laki-laki dan perempuan menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan dalam menggunakan struktur atau kemampuan yang sudah dimilikinya untuk menyelesaikan soal matematika yang dihadapi. Akan tetapi terdapat perbedaan prosedur pada langkah memahami dan melaksanakan pemecahan soal. Sedangkan langkah merencanakan dan melihat kembali tidak terdapat perbedaan dalam prosedur maupun konsep. Kata kunci: metakognisi, soal matematika, gender

Page 1 of 1 | Total Record : 9


Filter by Year

2013 2013


Filter By Issues
All Issue Vol 13 No 02 (2023): Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 13 No 01 (2023): Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 12 No 03 (2022): Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 12 No 02 (2022): Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 12 No 01 (2022): Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 11 No 03 (2021): Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 11 No 02 (2021): Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 11 No 01 (2021): Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 10 No 01 (2020): Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 10 No 2 (2020): Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 9 No 02 (2019): Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 9 No 1 (2019): Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 8 No 01 (2018): Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 8 No 2 (2018): Edumatica | Jurnal Pendidikan Matematika Vol 7 No 02 (2017): Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 7 No 01 (2017): Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 6 No 02 (2016): Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 6 No 01 (2016): Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 5 No 02 (2015): Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 5 No 01 (2015): Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 4 No 02 (2014): Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 4 No 01 (2014): Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 3 No 02 (2013): Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 3 No 01 (2013): Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 2 No 02 (2012): Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika 2011: Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika More Issue