cover
Contact Name
Nur Fadli Utomo
Contact Email
fadli.utomo@iain-manado.ac.id
Phone
+6282271416750
Journal Mail Official
fadli.utomo@iain-manado.ac.id
Editorial Address
IAIN Manado, Jl S.H. Sarundajang, Kawasan Ring Road I, Malendeng, Paal Dua, Manado
Location
Kota manado,
Sulawesi utara
INDONESIA
The Teacher of Civilization: Islamic Education Journal
ISSN : 28097513     EISSN : 27212149     DOI : -
Core Subject : Religion, Education,
Jurnal Pendidikan Islam yang diterbitkan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan Islam terutama kaitannya dengan keadaan masyarakat multikultural di Sulawesi Utara khususnya Manado.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2021): Volume 2 No. 2 September 2021" : 5 Documents clear
Pengaruh Keharmonisan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kepulauan Sangihe Dea Andisi; Ardianto Ardianto; Shinta Nento
Journal of Islamic Education : The Teacher of Civilization Vol 2, No 2 (2021): Volume 2 No. 2 September 2021
Publisher : IAIN Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang pengaruh keharmonisan keluarga terhadap prestasi belajar peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kepulauan Sangihe. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui adakah pengaruh positif yang ditimbulkan oleh keharmonisan keluarga terhadap prestasi belajar peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kepulauan Sangihe. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket (kuesioner) pada variabel keharmonisan keluarga (X) dan teknik dokumen yaitu nilai raport pada variabel (Y) dengan teknik pengelolahan data melalui uji validitas reliabilitas. Selanjutnya untuk teknis analisis data dilakukan melalui uji asumsi klasik dengan menggunakan uji normalitas, linearitas dan homogenitas untuk melihat kesesuaian dan hubungan kedua variabel dan dilanjutkan dengan pengujian hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian dan pengujian hipotesis melalui model regresi linear sederhana menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan antara keharmonisan keluarga dengan prestasi belajar peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kepulauan Sangihe. Hal ini terlihat dari nilai signifikan berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dari uji regresi linear sederhana dengan perolehan nilai signifikan sebesar 0,002 < 0,05. Kemudian dalam perbandingan melalui ttabel diperoleh nilai thitung 3,246 > ttabel 1,995 yang berarti bahwa nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel Dengan demikian, kedua perbandingan tersebut menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan dari keharmonisan keluarga terhadap prestasi belajar peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kepulauan Sangihe. Keharmonisan keluarga memberikan kontribusi sebesar 12,1% bagi prestasi belajar. Sisanya, sebanyak 87,9% ditentukan oleh faktor-faktor lain.
Peran Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Tut Wuri Handayani Dalam Mengembangkan Literasi Masyarakat Muslim Di Pulau Gangga Dua, Kecamatan Likupang Barat, Kabupaten Minahasa Utara Febrianti Angginaloi; Ardianto Ardianto; Nur Fadli Utomo
Journal of Islamic Education : The Teacher of Civilization Vol 2, No 2 (2021): Volume 2 No. 2 September 2021
Publisher : IAIN Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Studi ini mengkaji tentang peran Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Tut Wuri Handayani dalam pengembangan literasi masyarakat Muslim di Pulau Gangga Dua Kec. Likupang Barat Kab. Minahasa Utara. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu Bagaimana fungsi Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Tut Wuri Handayani dalam pengembangan literasi masyarakat dan Bagaimana hambatan implementasi fungsi Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Tut Wuri Handayani dalam pengembangan literasi masyarakat muslim di Pulau Gangga Dua, Kec. Likupang Barat, Kab. Minahasa Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek penelitian dari pengelola serta masyarakat sebagai pengunjung. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu 1) Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Tut Wuri Handayani melihat faktor-faktor yang dapat mempengaruhi literasi masyarakat yaitu usia, jenis kelamin, intelegensi, kemampuan membaca, kebutuhan psikologis, jenis buku, jumlah buku. Hal ini dikarenakan faktor tersebut berasal dari dalam diri seseorang dan berasal dari luar. 2) hambatan implementasi yang terjadi di dalam TBM Tut Wuri Handayani yaitu koleksi buku-buku agama Islam masih kurang, pendampingan dalam kegiatan masih perlu ditingkatkan, serta ruang membaca yang masih menggunakan ruangan kantor untuk tempat penyimpanan buku-buku.
Peran Organisasi Bundo Kanduang Andakasuma Nusa Dalam Melaksanakan Pendidikan Islam di Manado Sulawesi Utara Frisca Safitri Mangkuto; Delmus Puneri Salim; Mustafa Mustafa
Journal of Islamic Education : The Teacher of Civilization Vol 2, No 2 (2021): Volume 2 No. 2 September 2021
Publisher : IAIN Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Studi ini dilatarbelakangi oleh kegiatan penanaman nilai-nilai keagamaan yang dilaksanakan oleh organisasi Bundo Kanduang Andakasuma Nusa Sulawesi Utara dan strategi yang digunakan dalam melaksanakan kegiatan tersebut agar lebih efektif dan merasa pantas dengan adat istiadat yang dipegang teguh oleh masyarakat Minang yaitu Adat Basandi Syarak dan Syarak Basandi Kitabullah.Penelitian ini dilakukan menggunakan metode Kualitatif, karena penelitiannya dilakukan pada kondisi yang alamiah agar lebih mudah disesuaikan apabila berhadapan dengan kenyataan jamak dan menyajikan secara langsung hakikat hubungan antara peneliti dan responden. Tujuan penelitian untuk mengetahui (1) bagaimana peran organisasi Bundo Kanduang Andakasuma Nusa dalam melaksanakan pendidikan Islam di Manado, (2) faktor pendukung dan penghambat organisasi Bundo Kanduang Andakasuma Nusa dalam melaksanakan pendidikan Islam di Manado. Pengumpulan data yang digunakan yakni melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.Hasil temuan penelitian ini menunjukkan bahwa peran organisasi Bundo Kanduang Andakasuma Nusa sebagai ajang silaturahmi terhadap anggota yang dijadikan sebagai sarana untuk saling berbagi ilmu khususnya membahas pendidikan Islam. Sehingga Bundo Kanduang Andakasuma Nusa merupakan wadah pemersatu terhadap anggotanya dalam mengembangkan pendidikan Islam. Disamping itu telah terbentuk Tahfidz Qur’an sebagai lembaga pendidikan Islam yang dibuka untuk umum. Faktor pendukung berupa fleksibilitas keanggotaan yang merangkul, adanya semangat pengurus untuk perkembangan organisasi menjadi besar, semangat anggota yang aktif untuk terus belajar pendidikan Islam. Faktor penghambat berupa sarana dan prasarana yang masih perlu untuk ditingkatkan, kurangnya kehadiran dari anggota untuk mengikuti kegiatan rutin, kurangnya disiplin dari beberapa anggota yang sering terlambat datang, serta adanya keterbatasan waktu membahas materi seputar pendidikan Islam yang hanya setiap sekali dalam dua minggu.
Pendidikan Agama Islam Dalam Konteks “Merdeka Belajar” Gina Nurvina Darise
Journal of Islamic Education : The Teacher of Civilization Vol 2, No 2 (2021): Volume 2 No. 2 September 2021
Publisher : IAIN Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kebijakan “Merdeka Belajar" merupakan ide dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim dalam rangka memperbagus sistem pendidikan nasional. Konsep “Merdeka Belajar” merupakan usaha untuk mewujudkan kemerdekaan dalam berpikir. Pendidikan Agama Islam sebagai rangkaian mata pelajaran Islam disampaikan baik secara formal di sekolah ataupun informal dan nonformal di rumah dan masyarakat dengan materi yang diajarkan mulai dari tingkat sekolah dasar hingga perguruan tinggi harus merespons kebijakan Merdeka Belajar ini secara baik.Dengan menggunakan metode penelitian secara library research didapatkan kesimpulan bahwa Pembelajaran Pendidikan Agama Islam versi “Merdeka Belajar” dirancang untuk melatih peserta didik agar memiliki kemampuan beripikir kritis, memiliki kreativitas, memiliki kemampuan dan keterampilan berkomunikasi serta membuat peserta didik memiliki kerja sama dan mampu berkolaborasi agar nantinya peserta didik bisa memiliki pemikiran yang lebih matang, lebih bijak, lebih cermat agar peserta didik mampu untuk memahami, mengembangkan dan menerapkan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari.
Peran TVRI Sulawesi Utara Dalam Mengembangkan Wawasan Keagamaan Mualaf di Kota Manado Mahyudhin Bandjer; Rivai Bolotio; Sahari Sahari
Journal of Islamic Education : The Teacher of Civilization Vol 2, No 2 (2021): Volume 2 No. 2 September 2021
Publisher : IAIN Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Studi ini berjudul Peran TVRI Sulawesi Utara Dalam Mengembangkan Wawasan Keagamaan Mualaf di Kota Manado. Yang menjadi latar belakang penelitian ini adalah bahwa TVRI sebagai Lembaga Penyiaran Publik atau TV Publik. TV Publik berbeda dan harus dibedakan dengan TV Swasta. Siaran TV Publik berorientasi pada konten kepublikan yang bertujuan memberikan nutrisi psikologis kepada khalayak serta pelestarian dan pengembangan sumber daya bangsa. TVRI Sulawesi Utara adalah salah satu TV Publik yang berada di daerah yang keberadaannya untuk melaksanakan penyelenggaraan penyiaran televisi yang menjangkau seluruh wilayah NKRI dan untuk menghadirkan ragam siaran yang memilliki nilai-nilai pendidikan, kepublikan dan kearifan lokal. Ada enam mata acara keagamaan Islam TVRI Sulawesi Utara yang ikut berperan dalam mengembangkan wawasan keagamaan Mualaf di Kota Manado.Permasalahan pada penelitian, bagaimana peran TVRI Sulawesi Utara dalam mengembangkan wawasan keagamaan Mualaf di Kota Manado dan apa yang menjadi factor pendukung dan penghambat. Penelitian ini dibatasi pada konten sekaligus kualitas program dan dampaknya pada khalayak penonton. Lokasi penelitian adalah di TVRI Sulawesi Utara yang beralamat di jalan Televisi Tikala Banjer Kelurahan Banjer Kecamatan Tikala Kota Manado. Metode pengumpulan data yakni observasi, wawancara dan dokumentasi.Adapun teknik analisa data yakni teknik deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelusuran dan analisa data maka penulis berkesimpulan bahwa TVRI Sulawesi Utara berperan aktif dalam mengembangkan wawasan keagamaan Mualaf di Kota Manado dengan berbagai factor pendukung yang harus ditingkatkan serta konsisten dengan konten kepublikan sekaligus menciptakan segmen penonton dan factor penghambat yang harus dibenahi serta mengevaluasi pada kemasan, pola siaran dan aksesibilitas.

Page 1 of 1 | Total Record : 5