cover
Contact Name
-
Contact Email
jikm@alptkptm.org
Phone
+6271717417
Journal Mail Official
jikm@alptkptm.org
Editorial Address
Jalan Ahmad Yani No. 137, Pabelan, Surakarta, Indonesia 57169
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar
ISSN : -     EISSN : 28286375     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar (JIKM) merupakan jurnal ilmiah hasil pengabdian masyarakat yang memfokuskan kegiatannya pada program kampus mengajar. JIKM merupakan jurnal ilmiah dengan akses terbuka dan peer-review yang diterbitkan secara berkala oleh Asosiasi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (ALPTK PTMA). Tujuan jurnal imiah ini adalah untuk mensosialisasikan, mempublikasikan, dan mendeseminasikan hasil, temuan, inovasi, dan rekomendasi hasil-hasil pelaksanaan program kampus merdeka yang dilaksanakan baik di lingkungan pendidikan formal, pendidikan informal, maupun pendidikan non formal. Program kampus mengajar hakikatnya untuk mengembangkan, memberdayakan, meningkatkan, membudayakan, membudidayakan, menguatkan, melatih, menerampilkan, menumbuhkan, menumbuhkembangkan, merevitalisai, menghidupkan kembali, dan/atau bentuk-bentuk inovasi pengembangan serta pemberdayaan sasaran masyarakat pendidikan secara luas.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 3, No. 1, April 2023" : 10 Documents clear
Peningkatan Literasi Membaca dan Menulis bagi Siswa Sekolah Dasar melalui Kegiatan Lakusi (Latihan Khusus Literasi) Laras Widi Anggraini; Laili Etika Rahmawati
Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar Vol. 3, No. 1, April 2023
Publisher : Asosiasi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah(ALPTK PTMA)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56972/jikm.v3i1.57

Abstract

Gerakan literasi saat ini menjadi salah satu tujuan yang dianggap penting dalam pencapaian pendidikan di Indonesia. Literasi sering dikaitkan dengan kemampuan membaca dan menulis, meskipun begitu literasi juga diartikan sebagai kemampuan seseorang dalam memahami apa isi bacaan yang dibaca. Kemampuan membaca dan menulis menjadi kemampuan dasar yang harus dikuasi oleh siswa Sekolah Dasar. Untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis siswa diperlukan bimbingan atau latihan secara rutin sehingga kemampuan tersebut akan terasah dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi masalah literasi membaca dan menulis siswa SD Negeri Patihan 1 melalui kegiatan Lakusi (Latihan Khusus Literasi). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi serta dokumentasi dengan subjek siswa SD Negeri Patihan 1. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatkan kemampuan membaca siswa SD Negeri Patihan 1 serta meningkatnya jumlah rata-rata literasi siswa pada test AKM.
Adaptasi Teknologi dan Literasi melalui Program Kampus Mengajar di Sekolah Dasar Negeri 01 Plumbon Anggun Sita Dewi; Zainal Arifin; Eko Purnomo; Hery Siswanto
Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar Vol. 3, No. 1, April 2023
Publisher : Asosiasi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah(ALPTK PTMA)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56972/jikm.v3i1.61

Abstract

Penelitian ini berangkat dari adanya Program Kampus Mengajar yang memiliki tujuan untuk memajukan pendidikan di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan kegiatan yang dilakukan pada saat Kampus Mengajar di SD Negeri 01 Plumbon. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu SD Negeri 01 Plumbon, Karanganyar. Sedangkan objek penelitian ini berupa realisasi program kampus mengajar di SD Negeri 01 Plumbon, Karanganyar. Data yang dikumpulkan dalam penelitian kualitatif ini berbentuk observasi dan dokumentasi. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu program kerja yang telah disusun dan dilaksanakan selama mengabdi menjadi mahasiswa kampus mengajar 3 di SD Negeri 01 Plumbon yaitu: mengajar, adaptasi teknologi, administrasi sekolah, literasi sekolah, dan budaya sekolah. Kegiatan kampus mengajar membawa dampak signifikan terhadap beberapa pihak. Harapannya yaitu kegiatan kampus mengajar ini tetap dipertahankan untuk membantu memajukan pendidikan.
Membangun Generasi Good Citizen dengan pemanfaatan Teknologi Digital di Sanggar Bimbingan Kepong Malaysia Meitania Affandi; Ardhana Januar Mahardhani; Ikhwan Fauzi Nasution
Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar Vol. 3, No. 1, April 2023
Publisher : Asosiasi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah(ALPTK PTMA)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56972/jikm.v3i1.76

Abstract

Pemanfaatan TIK dalam pembelajaran diperlukan dalam dunia Pendidikan. Keterampilan abad 21 dan karakteristik yang dimiliki oleh warga negara abad 21 adalah kemampuan untuk melihat masyarakat global. Tujuan pelaksanaan program ini adalah sebagai sarana upaya siswa untuk memanfaatkan teknologi dengan benar agar menjadi generasi good citizen. Penggunaan teknologi digital dalam pembelajaran dapat diartikan sebagai sistem pemrosesan digital yang mendorong pembelajaran aktif, konstruksi pengetahuan, penyelidikan dan penelitian oleh siswa serta memungkinkan komunikasi jarak jauh dan berbagi pengetahuan antara guru dan atau siswa di dalam kelas. Metode pengabdian yang digunakan dalam kegiatan ini adalah dengan membimbing peserta didik untuk memanfaatkan teknologi dengan benar. Cara yang dilakukan dalam metode pengabdian ini dengan sosialisasi dan lapangan. Dari kegiatan yang dilakukan menjadikan para siswa lebih kreatif dalam menggunakan teknologi. Siswa semakin terbiasa dan mampu menggunakan TIK dengan baik.
Implementasi dan Pengembangan Media Pembelajaran Game Calistung untuk Meningkatkan Literasi dan Numerasi di SD N 04 Kemuning Dika Novan Ramadhan; Hardika Dwi Hermawan; Nisa Dwi Septiyanti
Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar Vol. 3, No. 1, April 2023
Publisher : Asosiasi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah(ALPTK PTMA)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56972/jikm.v3i1.81

Abstract

Program Kampus Mengajar adalah salah satu program unggulan yang diadakan oleh Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dilaksanakan oleh mahasiswa untuk membantu proses pembelajaran yang ada di SD maupun SMP di tempat 3T. Penelitian ini dibuat dengan tujuan mendeskripsikan penerapan media pembelajaran guna membantu semangat belajar siswa dalam meningkatkan daya membaca, menulis serta menghitung di SDN 04 Kemuning. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan cara pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru pamong, guru kelas dan siswa, sedangkan untuk objek penelitian ini akan berkaitan dengan implementasi inovasi, motivasi serta budaya literasi numerasi “Game Calistung”. Hasil penelitian di SDN 04 Kemuning di ketahui bahwa guru dalam pembelajaran program Calistung menggunakan metode yang beraneka ragam, selain itu media dan tempat pembelajaran yang digunakan juga bervariasi. Implementasi literasi menggunakan buku perpus keliling, buku bergambar, angka huruf yang bergambar dan juga media elektronik seperti gawai yang berisikan game edukasi berupa literasi dan numerasi.
Pengembangan Media Pembelajaran Poster Berbasis Literasi dan Numerasi di SDN 3 Krakitan Mei Wahyu Lestari; Intan Nur Rahmadhani; Miftakhul Huda; Hami Na’im; Raditya Ardha Kusuma; Detalia Noriza Munahefi
Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar Vol. 3, No. 1, April 2023
Publisher : Asosiasi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah(ALPTK PTMA)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56972/jikm.v3i1.88

Abstract

Guru perlu melakukan inovasi dalam pembelajaran. Salah satu yang harus dilakukan oleh guru adalah pengembangan media pembelajaran. Media pembelajaran berbasis poster dapat digunakan oleh guru untuk meningkatkan literasi dan numerasi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian Research & Development (R&D) dalam usahanya untuk menciptakan sumber belajar yang berguna dan menarik bagi siswa untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 3 Krakitan. Objek penelitian ini adalah media pembelajaran yang digunakan oleh guru Kelas V dan VI berupa poster. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan projek. Setelah mengidentifikasi polemik tersebut, peneliti membuat media poster yang menarik untuk siswa SDN 3 Krakitan. Dengan poin atau eksistensi materi yang sesuai, siswa akan dapat dengan mudah mengerti dan memahami penjelasan dari guru. Peran media pembelajaran dalam pendidikan sangatlah signifikan, dan proses pembelajaran yang efisien sehingga dapat berkontribusi dalam menguatkan hasil belajar siswa dan pencapaian tujuan program Kampus Mengajar.
Peningkatan Minat Baca melalui Program Literasi Pagi Pojok Baca bagi Siswa Sekolah Dasar Muhammad Ulinnuha; Marsita Julia Bakti; Az-Zahra Maulida
Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar Vol. 3, No. 1, April 2023
Publisher : Asosiasi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah(ALPTK PTMA)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56972/jikm.v3i1.90

Abstract

Penelitian berjudul Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa SD Negeri 1 Krasak melalui program Literasi Pagi bertujuan untuk meningkatkan minat baca, tata bahasa, dan merubah sikap kearah yang positif melalui banyak membaca pada siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik obeservasi dan dokumentasi serta wawancara langsung dengan guru. Minat baca siswa SD Negeri 1 Krasak masih rendah, berdasarkan hasil penelitian bahwa: Minat baca siswa SD Negeri 1 Krasak masih rendah dilihat dari peran perpustakaan yang belum maksimal serta belum adanya pojok baca. Para siswa lebih memilih untuk bermain bersama teman kelasnya, dibanding membaca buku. Faktor yang mempengaruhi minat baca siswa yaitu, Faktor internal kemampuan membaca, dan kurangnya minat baca baca. Sedangkan faktor eksternal penyebab rendahnya minat baca siswa adalah lingkungan yang kurang mendukung baik lingkungan keluarga maupun sekolah. Adanya program Literasi Pagi diharapkan dapat meningkatkan minat baca siswa.
Pengembangan dan Peningkatan Program Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa di Sekolah Dasar Farhana Ifrida; Miftakhul Huda; Harun Joko Prayitno; Eko Purnomo; Sujalwo Sujalwo
Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar Vol. 3, No. 1, April 2023
Publisher : Asosiasi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah(ALPTK PTMA)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56972/jikm.v3i1.94

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan program yang diterapkan untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa di SD Negeri Geneng 01. Sekaligus untuk mendeskripsikan penerapannya agar efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah hasil pelaksanaan program peningkatan kemampuan literasi dan numerasi siswa. Data diperoleh melalui proses pengamatan dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui kemampuan literasi dan numerasi penting untuk dikuasai siswa sejak di jenjang sekolah dasar agar lebih mudah dalam memahami rumpun ilmu lainnya dan sebagai bekal melanjutkan pendidikan pada tingkat yang lebih tinggi. Program yang efektif diterapkan untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa adalah program literasi pagi, les tambahan, pojok baca, serta program menghidupkan perpustakaan dan mading sekolah.
Revitalisasi Perpustakaan untuk Meningkatkan Literasi Membaca Siswa SMP Negeri 2 Gondangrejo, Karanganyar Fitri Wahyuningrum; Anita Zanjabiila; Afifah Afifah; Meliana Dewi Rachmawati; Nindya Prameswara Sayoga; Mahadhika Wipradharma; Bita Parga Zen
Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar Vol. 3, No. 1, April 2023
Publisher : Asosiasi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah(ALPTK PTMA)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56972/jikm.v3i1.97

Abstract

Era kemajuan teknologi seperti sekarang ini, anak-anak cenderung lebih suka bermain-main dengan telepon pintar ketimbang membaca buku, padahal buku merupakan jendela dunia. Dimana melalui buku, kita dapat mengetahui banyak informasi di dunia luar. Memang tak dapat dipungkiri sekolah pun saat ini menggunakan telepon pintar dalam pembelajaran, namun peranan buku tentu tak dapat dilupakan begitu saja. Anak-anaksaat ini menjadi asing dengan buku karena adanya hal tersebut. Penulis ingin menghidupkan kembali budaya literasi melalui revitalisasi perpustakaan. Revitalisasi perpustakaan dilakukan di SMP Negeri 2 Gondangrejo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan minat baaca siswa SMP Negeri 2 Gondangrejo setelah diadakanya Revitalisasi Perpustakaan oleh mahasiswa kampus mengejar 2. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan Teknik wawancara observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini dapat meningkatkan literaasi membaca siswa SMP Negeri 2 gondangrejo. Dengan adanya sarana dan prasarana tersebut, kegiatan membaca di perpustakaan menjadi lebih menyenangkan. Peserta didik sangat antusias dengan adanya perpustakaan ini. Setiap hari selalu ada peserta didik yang berkunjung ke perpustakaan untuk sekedar membaca buku. Hal ini tentu dapat mempengaruhi peningkatan minat baca peserta didik di SMP Negeri 2 Gondangrejo.
Program Gerakan Literasi sebagai Upaya Peningkatan Literasi Baca di Sekolah Dasar Azizah Dinda Husna; Lita Novena Putri; Nuriyah Arina Fitri; Dani Kurniawan
Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar Vol. 3, No. 1, April 2023
Publisher : Asosiasi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah(ALPTK PTMA)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56972/jikm.v3i1.99

Abstract

Program Pendidikan yaitu Kampus Mengajar diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Misi program Kampus Mengajar saat ini adalah untuk mengajar, membantu dengan teknologi, dan mendukung administrator sekolah dan guru. Membantu guru dalam melaksanakan pembelajaran, khususnya dalam melatih kemampuan literasi dan numerasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan kemampuan berhitung dan literasi siswa di SD N 2 Wonokerto yang memiliki kendala dan tantangan tersendiri dalam mengembangkan literasi dan numerasi. Penelitian ini memakai metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meningkatnya dorongan dan minat mereka untuk belajar akademik baik membaca maupun berhitung di SD N 2 Wonokerto. Selain itu ada juga faktor penghambatnya yaitu keterbatasan media pembelajaran, perkembangan teknologi yang kurang dimanfaatkan dengan baik dan kurangnya partisipasi orang tua dalam memberikan dukungan terhadap anaknya.
Edukasi Kesehatan Seksual Remaja pada Siswa Sanggar Bimbingan (SB) Muhammadiyah Kepong, Malaysia Listiana Masyita Dewi; Miranda Azahra; Rafif Ryandra Izdhihar; Nastiti Farasvita Putri; Lia Kicky Mahmudi
Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar Vol. 3, No. 1, April 2023
Publisher : Asosiasi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah(ALPTK PTMA)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56972/jikm.v3i1.103

Abstract

Masa remaja merupakan tahapan perkembangan manusia, dimana terjadi peralihan dari fase kanak-kanak menuju dewasa. Masa remaja sangat erat kaitannya dengan masa pubertas, yaitu masa terjadinya perubahan bentuk fisik dan fungsi tubuh, sehingga seseorang mulai mampu melakukan proses reproduksi seksual. Edukasi terkait kesehatan seksual sangat diperlukan bagi remaja. Namun, sebagai negara yang menganut adab Ketimuran, terkadang hal tersebut masih dianggap tabu. Pemberian edukasi kesehatan seksual pada remaja sangat penting untuk membekali remaja dalam menuju masa dewasanya. Berbagai variasi latar belakang siswa di Sanggar Belajar (SB) Muhammadiyah Kepong, Malaysia, disertai dengan keterbatasan pembelajaran yang diselenggarakan, menyebabkan edukasi tentang kesehatan seksual bagi remaja, khususnya siswa di SB Muhammadiyah Kepong yang sudah mulai memasuki masa remaja, belum tersampaikan. Kegiatan edukasi kesehatan seksual pada remaja ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan pada siswa mengenai apa saja yang terjadi pada diri mereka serta bagaimana mereka harus menyikapinya. Kegiatan edukasi dilakukan melalui active class sharing, sedangkan penilaian pengetahuan siswa diukur melalui pretes dan postes. Melalui kegiatan edukasi ini, didapatkan adanya peningkatan skor pretes dan postes sebesar 132.3%. Dengan demikian kegiatan pengabdian masyarakat ini berhasil meningkatkan pengetahuan para siswa tentang kesehatan seksual pada remaja. Kegiatan serupa dapat kembali diberikan secara berkala pada siswa.

Page 1 of 1 | Total Record : 10