cover
Contact Name
Larasati Ahluwalia
Contact Email
larasatiahluwalia@teknokrat.ac.id
Phone
+6281325676915
Journal Mail Official
teknomark@teknokrat.ac.id
Editorial Address
Jl. Z.A. Pagar Alam No.9-11, Labuhan Ratu, Bandar Lampung. 35132
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
Journal Strategy of Management and Accounting Through Research and Technology (SMART)
ISSN : 29619882     EISSN : 29638844     DOI : https://doi.org/10.33365/smart.v1i2
Core Subject : Economy,
JOURNAL SMART: Journal Strategy of Management and Accounting Through Research and Technology is a scientific journal published by the Faculty of Economy and Business, Universitas Teknokrat Indonesia. Focus of this journal is to publication of research results, result of studies and development ideas in the field of management research, including : Financial Management ( Financial Technology, Financial Performance, Coorporate Finance), Human Resources Management ( Leadership, Organizational Behavior, Creativity, Human Capital), Marketing Management ( Brand Management, Consumers Behaviour, Green Marketing, Internet Marketing).
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2021): Volume 1 No. 1 Desember 2021" : 8 Documents clear
KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS, PENGHARGAAN, DAN SANKSI YANG DI IMPLEMENTASIKAN PADA KINERJA PEGAWAI (Studi Kasus Pegawai Kantor Balai Taman Nasional Way Kambas Lampung) Stevani Ayu Andarista; Larasati Ahluwalia; Maidiana Astuti Handayani
Journal Strategy of Management and Accounting Through Research and Technology (SMART) Vol 1, No 1 (2021): Volume 1 No. 1 Desember 2021
Publisher : Journal Strategy of Management and Accounting Through Research and Technology (SMART)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (498.147 KB) | DOI: 10.33365/smart.v1i1.1133

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan demokratis,penghargaan, dan sanksi pada kinerja pegawai Kantor Balai Taman Nasional WayKambas (TNWK) Lampung. Populasi penelitian adalah Pegawai Negeri Sipil Kantor Balai Taman Nasional Way Kambas (TNWK) Lampung, sedangkan sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 pegawai Kantor Balai Taman Nasional WayKambas (TNWK) Lampung. Metode pengambilan sampel menggunakan metodenon probability sampling dengan kategori sampling purposive, yaitu teknik yangtidak memberi peluang yang sama bagi setiap unsur atau anggota populasi untuk dipilih dan dijadikan sampel dan melalui beberapa pertimbangan pemilihan sesuai dengan kriteria-kriteria tertentu untuk mencapai tujuan penelitian. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, dengan menggunakan uji t dan uji F serta koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kepemimpinan dan variabel penghargaan secara parsial berpengaruh pada kinerja pegawai, sedangkan variabel sanksi secara parsial terbukti tidak berpengaruh pada kinerja pegawai Kantor Balai Taman Nasional Way Kambas (TNWK) Lampung. Secara simultan, variabel kepemimpinan demokratis, penghargaan dan sanksi terbukti berpengaruh secara bersama-sama pada kinerja pegawai Kantor Balai Taman Nasional Way Kambas (TNWK) Lampung. Sedangkan berdasarkan pada koefisien determinasi (R2) sebesar 0.468 atau 46,8%. Hal ini menujukkan bahwa sebesar 46,8% kinerja pegawai dapat dipengaruhi oleh kepemimpinan demokratis (X1), penghargaan (X2), dan sanksi (X3). Sedangkan sisanya 53,2% terdapat pada variabel lain yang tidak berada atau tidak diteliti pada penelitian ini. Kata kunci: Kepemimpinan Demokratis, Penghargaan dan Sanksi, Kinerja Pegawai dan Balai Taman Nasional Way Kambas Lampung.
PEMAHAMAN INVESTASI GENERASI MILENIAL PADA MINAT BERINVESTASI DI PEER TO PEER LENDING DI BANDAR LAMPUNG Ade Lahta Tarigan
Journal Strategy of Management and Accounting Through Research and Technology (SMART) Vol 1, No 1 (2021): Volume 1 No. 1 Desember 2021
Publisher : Journal Strategy of Management and Accounting Through Research and Technology (SMART)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (416.761 KB) | DOI: 10.33365/smart.v1i1.1077

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dari setiap dimensi pemahaman investasi yaitu pengetahuan, kemudahan, kepercayaan, manfaat dan risiko terhadap minat berinvestasi pada Peer To Peer Lending. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan 114 responden yaitu masyarakat Provinsi Lampung. Metode analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dimensi pemahaman investasi yaitu pengetahuan, kemudahan, kepercayaan, manfaat dan risiko berpengaruh positif terhadap minat berinvestasi pada Peer To Peer Lending. Kesimpulan dari penelitian ini minat generasi milenial untuk berinvestasi di Peer To Peer Lending dapat ditingkatkan dengan meningkatkan teknologi yang mempermudah generasi milenial dalam menggunakan aplikasi dari Peer To Peer Lending.
PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP HARGA SAHAM (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN PERKEBUNAN SUB SEKTOR SAWIT YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2017 -2019) Sandi Dwi Prasetyo
Journal Strategy of Management and Accounting Through Research and Technology (SMART) Vol 1, No 1 (2021): Volume 1 No. 1 Desember 2021
Publisher : Journal Strategy of Management and Accounting Through Research and Technology (SMART)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (294.948 KB) | DOI: 10.33365/smart.v1i1.1056

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap harga saham perusahaan perkebunan subsektor kelapa sawit yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017-2019. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksplanatori. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan mengolah data berupa angka-angka yang diukur secara sistematis. Data terukur diperoleh dari perusahaan sub sektor perkebunan kelapa sawit yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2017-2019 yang diperoleh dari website masing-masing perusahaan. Sedangkan data harga saham diperoleh dari situs dunia investasi di www.duniainvest.com. Penelitian ini menggunakan metode analisis data berupa analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengungkapan CSR ekonomi terhadap harga saham berpengaruh positif signifikan terhadap harga saham, Pengungkapan CSR Lingkungan terhadap harga saham tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham, Pengungkapan CSR Sosial terhadap harga saham tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham, Pengungkapan CSR Ekonomi, Pengungkapan CSR Lingkungan, Pengungkapan CSR Sosial berpengaruh signifikan terhadap harga saham secara simultan.Kata Kunci : Pengungkapan CSR Ekonomi, Pengungkapan CSR Lingkungan, Pengungkapan CSR Sosial dan Harga Saham
PENGARUH SERVICE QUALITY TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PRODUK PEMPEK PERMATA BANDAR LAMPUNG Erlan Kusuma Roza; Dian Novita; Yusra Fernando
Journal Strategy of Management and Accounting Through Research and Technology (SMART) Vol 1, No 1 (2021): Volume 1 No. 1 Desember 2021
Publisher : Journal Strategy of Management and Accounting Through Research and Technology (SMART)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (26.253 KB) | DOI: 10.33365/smart.v1i1.1069

Abstract

AbstractUMKM Pempek Permata Bandarlampung must be able to optimize its economic resources to increase competitiveness in the market and be able to formulate effective marketing strategies and always develop in a sustainable manner. Customer Satisfaction is influenced by Service Quality which must pay attention to five (5) indicators, namely Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, and Empathy (Emphaty) so as to improve service quality in order to improve number of subscribers. The results showed that the five (5) indicator variables of Service Quality had a significant positive effect. This shows the Tangible indicator variable (Physical Evidence) 73%, Reliability 91%, Responsiveness (Response) 84%, Assurance (Guarantee) 60%, Empathy (Empathy) 76%, which means it can partially influence customer satisfaction. at Pempek Permata Bandarlampung. Keywords: Service Quality: Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy, Customer Satisfaction AbstrakUMKM Pempek Permata Bandarlampung harus mampu mengoptimalkan sumber daya ekonominya guna meningkatkan daya saing di pasar serta mampu meramu strategi pemasaran yang efektif dan selalu mengembangkan secara berkelanjuta. Kepuasan Pelanggan dipengaruhi oleh Service Quality yang harus memperhatikan lima (5) indikator yaitu Bukti Fisik (Tangible), Kehandalan (Reliability), Daya Tanggap (Responsiveness), Jaminan (Assurance), dan Empati (Emphaty) sehingga meningkatkan meningkatkan kualitas pelayanan agar dapat meningkatkan jumlah pelanggan. Hasil penelitian menunjukan bahwa ke lima (5) variable indikator dari Service Quality  memiliki pengaruh positif signifikan. Hal ini menunjukan variabel indikator Tangible (Bukti Fisik) 73%, Reliability (Kehandalan) 91%, Responsiveness (Respon) 84%, Assurance (Jaminan) 60%, Empathy (Empati) 76%, yang berarti mampu mempengaruhi secara parsial terhadap kepuasan pelanggan di Pempek Permata Bandarlampung.Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Bukti fisik, Kehandalan, Respon, Jaminan, Empati, Kepuasan Pelanggan
ANALISIS PENGARUH SALURAN DISTRIBUSI DAN PROMOSI PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK (SURVEY PADA KONSUMEN PT INTI BHARU MAS LAMPUNG) Ovan Firnando; Dian Novita; Larasati Ahluwalia
Journal Strategy of Management and Accounting Through Research and Technology (SMART) Vol 1, No 1 (2021): Volume 1 No. 1 Desember 2021
Publisher : Journal Strategy of Management and Accounting Through Research and Technology (SMART)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (234.725 KB) | DOI: 10.33365/smart.v1i1.1111

Abstract

Saluran distribusi dan promosi merupakan suatu hal yang penting yang harus diperhatikan oleh perusahaan karena memang tanpa adanya saluran distribusi yang baik dan tepat dari perusahaaan maka target penjualan yang akan perusahaaan capai akan mengalami kesulitan dalam mencapai targetnya tersebut. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif. Penelitian ini menggunakan sampel 100 responden yaitu konsumen dari PT Inti Bharu Mas Lampung. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan simple random sampling. Metode pengumpulan data dengan penyebaran kuisioner. Hasil penelitian menunjukan bahwa diperoleh  secara parsial dan simultan variabel saluran distribusi dan promosi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap variabel keputusan pembelian dengan perbandingan nilai thitung ttabel dan Fhitung Ftabel. Kata Kunci: saluran distribusi, promosi, dan keputusan pembelian
Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Leverage dan Ukuran Perusahaan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility Pada Perusahaan Pertambangan Subsektor Batu Bara yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2019 Darma Ridho Ali; Vera Apri Dina Safitri; Muhtad Fadly
Journal Strategy of Management and Accounting Through Research and Technology (SMART) Vol 1, No 1 (2021): Volume 1 No. 1 Desember 2021
Publisher : Journal Strategy of Management and Accounting Through Research and Technology (SMART)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (434.481 KB) | DOI: 10.33365/smart.v1i1.1074

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, likuiditas, leverage dan ukuran perusahaan terhadap pengungkapan corporate social responsibility. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh perusahaan pertambangan subsektor batubara yang yang terdaftar di bursa efek Indonesia tahun 2017-2019 yang berjumlah 21 perusahaan.. Teknik pengambilan Sampel pada penelitian ini menggunakan sampling jenuh yakni seluruh populasi digunakan menjadi sampel. Metode analisis data pada penelitian ini meliputi statistik deskriptif, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji autokorelasi, uji heteroskedasitas, analisis regresi linear berganda, uji simultan dan uji parsial. Hasil analisis regresi linear berganda yang dilihat dari Uji T menunjukkan variabel Profitabilitas memiliki nilai signifikansi sebesar 0,007 lebih kecil dari 0,05 yang berarti variabel profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan CSR. hasil Uji T menunjukkan variabel Likuiditas memiliki nilai signifikansi sebesar 0,353 lebih besar dari 0,05 yang berarti variabel Likuiditas tidak berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan CSR. variabel Leverage memiliki nilai signifikansi sebesar 0,764 lebih besar dari 0,05 yang berarti variabel Leverage tidak berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan CSR. variabel Ukuran Perusahaan memiliki nilai signifikansi sebesar 0,239 lebih besar dari 0,05 yang berarti variabel ukuran perusahaan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap pengungkapan CSR.
ANALISIS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI UNTUK MENUNJANG PENGENDALIAN INTERNAL DALAM MENINGKATKAN LABA PERUSAHAAN (STUDI KASUS PADA LADYFAMESHOP BANDAR LAMPUNG) Annisa Sokarisma Putri; Annisa Sokarisma Putri; Dhiona Ayu Nani; Vera Apri Dina Safitri
Journal Strategy of Management and Accounting Through Research and Technology (SMART) Vol 1, No 1 (2021): Volume 1 No. 1 Desember 2021
Publisher : Journal Strategy of Management and Accounting Through Research and Technology (SMART)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (227.934 KB) | DOI: 10.33365/smart.v1i1.1106

Abstract

AbstractAccounting information system is one of information systems that can be applied to support company activities, especially the sales accounting information system. This sales accounting information system is very important because it can support adequate   internal   control   over   sales.   With   adequate   internal   control, manipulation  of  sales  can  be  avoided.  This  is  what  makes  the  author  to  do research on Ladyfameshop Bandar Lampung. Ladyfameshop is a dress store that is engaged in sales, selling various kinds of clothing products for women and men. The purpose of this study is to determine the sales accounting information system to support internal control in increasing company profits at Ladyfameshop Bandar Lampung. This type of research is qualitative research. The data used are primary data. With data collection techniques, namely using observations, interviews, and documentation of parties related to the data needed in this study. The data analysis method used in this research is descriptive analysis. The results showed that the parts involved in sales at Ladyfameshop are customers, sales, accounting, stock list, warehouse, and shipping. The document used contains the name of the buyer and the number of items ordered, as well as for sales invoices (struck) there is already a printed serial number. The implementation of activities when implementing the sales accounting information system at Ladyfameshop is quite good and adequate. The organizational structure at Ladyfameshop fulfills internal controls, namely by having a clear job description of the duties and responsibilities of each personnel.
PENGARUH FASILITAS KERJA DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT TEDCO AGRI MAKMUR DI LAMPUNG TENGAH Annisa Sufiyati; Emi Suwarni; Defia Riski Anggarini
Journal Strategy of Management and Accounting Through Research and Technology (SMART) Vol 1, No 1 (2021): Volume 1 No. 1 Desember 2021
Publisher : Journal Strategy of Management and Accounting Through Research and Technology (SMART)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (289.925 KB) | DOI: 10.33365/smart.v1i1.1085

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fasilitas kerja dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan PT Tedco Agri Makmur di Lampung Tengah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan PT Tedco Agri Makmur yang berjumlah 100 orang karyawan PT Tedco Agri Makmur. Tehnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) fasilitas kerja (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan PT Tedco Agri Makmur di Lampung Tengah. Hal ini dibuktikan bahwa dengan nilai t-hitung sebesar 3,200 sementara nilai t-tabel sebesar 1,98472, 2) kepuasan kerja (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan PT Tedco Agri Makmur di Lampung Tengah. Hal ini dibuktikan dengan nilai t-hitung 4,736 sementara nilai t-tabel sebesar 1,98472, 3) fasilitas kerja dan kepuasan kerja secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan PT Tedco Agri Makmur di Lampung Tengah. Hal ini dibuktikan bahwa nilai F-hitung sebesar 18,998 dengan Sig. 0,000. Sedangkan berdasarkan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,281 atau 28,1%. Sisanya 71,9% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini.    Kata Kunci : fasilitas kerja, kepuasan kerja kinerja karyawan  

Page 1 of 1 | Total Record : 8