cover
Contact Name
Nur Hidayanti
Contact Email
info@amalinsani.org
Phone
+6282298759047
Journal Mail Official
info@amalinsani.org
Editorial Address
Jalan Ir Sutami Krenceng Citangkil Cilegon
Location
Kota cilegon,
Banten
INDONESIA
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Published by Amal Insani Foundation
ISSN : -     EISSN : 29623715     DOI : https://doi.org/10.56721/mulia.v1i2
MULIA is a journal devoted to accommodating community service articles carried out by lecturers. Published 2 (two) times a year, every August and February. The focus and scope of the service include Economics, Social, Community and Humanities which are based on community economic development, improving community skills and family economic resilience
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2023): MULIA (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat) September 2023" : 7 Documents clear
KEMAMPUAN MASYARAKAT DALAM MENGORGANISIR MITIGASI BENCANA GEMBA BUMI DAN TSUNAMI DI KELURAHAN TORONIPA KECAMATAN SOROPIA KABUPATEN KONAWE Hasddin; Osu Oheoputra Husen; Taufik Taufik; Alvian Ishak; Jusran Sahiruddin; Muh Julian
MULIA (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat) Vol. 2 No. 2 (2023): MULIA (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat) September 2023
Publisher : Amal Insani Foundation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56721/mulia.v2i2.269

Abstract

The Soropia region (including Toronipa) is a disaster-prone area and has a high level of risk. The potential for earthquake events in the future is very likely to occur, so mitigation efforts should be carried out to reduce risk and community preparedness efforts in facing (emergency response) earthquake and tsunami disasters. The initial stage was conducting socialization and assessing the ability of the community to organize earthquake and tsunami disaster mitigation activities in Toronipa Village, Soropiah District, Konawe Regency. The result is that there is a change in the mindset and attitude patterns of the people of Toronipa Village to prepare themselves according to the prevention and preparedness criteria. In order to help the community responsible for the earthquake and tsunami disaster, this activity is implemented into the provision of a geographic information system in the form of route maps and assembly points, as well as proper evacuation main points. However, it is necessary to provide disaster facilities and infrastructure in Toronipa Village to provide preparedness for earthquakes and tsunamis which are very likely to occur at any time.
PENGUATAN LITERASI DIGITAL PADA ERA DISRUPSI DIGITAL PADA REMAJA DI PULO PANJANG Moh Fikri Tanzil Mutaqin; Bosrowi Bosrowi; Arif Islamawan; Dana Triar Prihatin; David Sutedi; Febbiyanti Febbiyanti; Firda Fitrianingsih; Marcelina Prihatini; Muhammad Ramandani; Nenden Gustika Maulani; Rama Yuhanda Satria; Ramdan Fauzani; Rizki Maulana; Rizqia Nanda Putri; Septia Nanda Putri; Siti Nur Aisyah; Upit Apiat Apiat
MULIA (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat) Vol. 2 No. 2 (2023): MULIA (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat) September 2023
Publisher : Amal Insani Foundation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56721/mulia.v2i2.280

Abstract

Saat ini, remaja banyak menghabiskan waktu bermain di jejaring sosial. Karena dengan memenuhi kebutuhan remaja melalui media sosial, mereka akan memiliki sikap individual mereka akan lebih fokus pada smartphone mereka untuk mengakses jejaring sosial. Dalam konteks ini, generasi muda membutuhkan keterampilan literasi digital, yang mencakup kemampuan untuk memahami dan menggunakan informasi dari berbagai media dan format untuk melindungi masyarakat agar tidak terpapar media digital sehingga memiliki kemampuan berpikir kritis dan mampu berekspresi. diri dan berpartisipasi dalam media. Dengan kemajuan teknologi yang luar biasa, maka diperlukan pemanfaatan teknologi secara tepat untuk menyelaraskan kehidupan masyarakat, agar teknologi tidak menjadi bumerang jika tidak dimanfaatkan dengan baik. Tingkat literasi digital di Pulopanjang masih rendah, banyak remaja menggunakan teknologi dengan cara yang kurang fungsional. Dimana penyebabnya adalah kurangnya pemahaman masyarakat terhadap akibat hukum dari disinformasi dan penyalahgunaan teknologi. Oleh karena itu, dalam pengabdian ini dilakukan intervensi bersama remaja khususnya siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat untuk belajar fungsi di bidang teknologi dan validasinya. Dalam hal ini dilakukan penguatan literasi digital untuk remaja di Pulopanjang pada tiga keterampilan khusus diantaranya 1) membangun nalar kritis, 2) menyampaikan opnini setuju dan tidak setuju berdasarkan fakta, serta 3) meningkatkan kemampuan teknis dalam pencarian informasi.
PENCEGAHAN STUNTING SEJAK DINI MELALUI SERUAN MENJAGA SANITASI LINGKUNGAN KEPADA MASYARAKAT DI KAMPUNG PERES DESA PULO PANJANG Moh Fikri Tanzil Mutaqin; Novita Sari; Nedi Kurnaedi; Maulida Nur; Lili Fajrudin; Ibnu Sina; Ratu Yustika Rini
MULIA (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat) Vol. 2 No. 2 (2023): MULIA (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat) September 2023
Publisher : Amal Insani Foundation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kegiatan sosialisasi tentang Pencegahan stunting sejak dini melalui seruan menjaga sanitasi lingkungan kepada masyarakat bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih dalam kepada masyarakat di kampung Peres Desa Pulo Panjang sehingga masyarakat mampu melakukan antisipasi terkait peningkatan angka stunting dan memperbaiki sanitasi lingkungan di wilayah tersebut. Kegiatan pengabdian yang dilaksanakan di Kampung Peres, Desa Pulo Panjang, Kecamatan Pulo Ampel ini dihadiri oleh masyarakat khususnya Ibu Rumah Tangga (IRT) dan para kader posyandu. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan ini adalah dengan melakukan metode survei lapangan, persiapan, dan sosialisasi. Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini terdapat peningkatan pemahaman masyarakat mengenai stunting dan cara menjaga sanitasi lingkungan yang lebih baik. Masyarakat yang hadir merasa termotivasi untuk lebih peduli dalam menjaga sanitasi lingkungan karena dari hal kecil tersebut bisa menimbulkan permasalahan pada peningkatan angka stunting guna menciptakan generasi anak didalam keluarga yang lebih baik dan mendukung bagi tumbuh kembang seluruh anggota keluarga.
PELATIHAN PEMANFATAAN SAMPAH ORGANIK MENJADI ECO-ENZYME DI KELURAHAN CURUG MANIS Destri Astrianingsih; Vivit Nurhikmah Havita; Umalihayati Umalihayati; Raden Akhmad Atqoo; Arfian Suryasuciramdhan; Aditya Rachman; Indra Septian; Norma Sri Hastuti; Nazwa Aulia Shihab; Melani Zyahrotul Nadifah; Hiroshi Agung Saputra; Hapid Saepudin; Damar Wulan; Muhammad agung rizki; Shifa Aulia Putri
MULIA (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat) Vol. 2 No. 2 (2023): MULIA (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat) September 2023
Publisher : Amal Insani Foundation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56721/mulia.v2i2.282

Abstract

The lack of public understanding and awareness regarding the use of organic waste means that there is no organized waste management in the Curug Village environment. So, the aim of this service is to provide knowledge and skills for the community in utilizing organic waste into eco-enzymes as a form of effort to reduce environmental pollution as a result of disorganized waste management. This service method uses a participatory approach by involving housewives in Curug Manis Village, Curug District, Serang City. This service activity began with initial observations related to the discovery of several problems which were then followed up in the form of training activities on the use of organic waste into eco-enzymes.
PENGUATAN KARAKTER DAN MINAT BACA ANAK DI SDN PULO PANJANG 2 MELALUI GERAKAN LITERASI SEKOLAH BERSAMA MOTOR LITERASI (MOLI) Desma Yuliadi Saputra; Nedi Kurnaedi; Rina Andriani; Dely Julyanti
MULIA (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat) Vol. 2 No. 2 (2023): MULIA (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat) September 2023
Publisher : Amal Insani Foundation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research aims to explore efforts to strengthen the character and reading interest of children at SDN Pulo Panjang 2 through the implementation of the School Literacy Movement in collaboration with KKM Kelompok 17 of Universitas Bina Bangsa, along with Motor Literasi (MOLI). Character education is the primary focus in shaping the moral character of students, with an emphasis on values such as responsibility, self-confidence, and appreciation. Additionally, this activity is designed to enhance children's reading interest through the integration of physical activities with literacy learning. The activity was carried out on July 29, 2023, with a total of 40 students. The methodology of this activity involved field analysis, literacy studies, and interviews. The data obtained will provide in-depth insights into how character strengthening and reading interest are integrated into the school curriculum and their impact on the moral development and reading interest of students. The results of this research are expected to provide valuable insights for other schools that are striving to integrate character strengthening and literacy to enhance the quality of moral and literacy education for children.
PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PARIWISATA BERBASIS LINGKUNGAN DAN PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MENGEMBANGKAN EKOSISTEM LAUT (DESA EDUWISATA) Subhan Widiansyah; Nurul Hayat; Stevany Afrizal
MULIA (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat) Vol. 2 No. 2 (2023): MULIA (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat) September 2023
Publisher : Amal Insani Foundation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Community Service through the "Edutourism Village" is an implementation of the third tridharma of higher education, namely Community Service, as well as to equip lecturers and students of the FKIP Untirta Sociology Education Study Program on how to carry out service that produces work products with the community, and accompanied by professional instructors as partners. The purpose of carrying out this service is apart from developing tourism in the Ujung Kulon area, this is also done together with the community so that they can maintain and preserve the marine ecosystem in the Ujung Kulon area as a result of the Tsunami that occurred at the end of 2018. The implementation method used in community service activities This is providing information and skills through lecture methods and material presentations as well as group discussions. Then proceed with simulation.
PENGEMBANGAN KOMPETENSI LITERASI DIGITAL WARGA BELAJAR PENDIDIKAN KESETARAAN DALAM MENGHADAPI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 Dadan Darmawan; Ahmad Fauzi; Subhan Widiansyah
MULIA (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat) Vol. 2 No. 2 (2023): MULIA (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat) September 2023
Publisher : Amal Insani Foundation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengabdian masyarakat pengembangan kompetensi literasi digital dalam menghadapi era revolusi industri 4.0 pada Pendidikan kesetaraan di PKBM (1) Mengembangkan 4 Kompetensi Literasi Digital pada warga belajar Pendidikan kesetaraan 1) Mengembangkan kompetensi warga belajar pendidikan kesetaraan dalam pencarian di internet (Internet Searching) 2) mengembangkan kompetensi warga belajar pendidikan keseteraan Pandu Arah (Hypertext Navigation) 3) mengembangkan kompetensi evaluasi konten informasi (Content Evaluation) warga belajar Pendidikan kesetaraan  4) Mengembangkan kompetensi penyusunan pengetahuan (Knowlegde Asembly) warga belajar Pendidikan keseteraan. (2) Mempraktekan 8 dimensi atau indikator komponen literasi digital bagi warga belajar pendidikan kesetaraan. : 1) Functional skill Beyond. Keahlian dalam menggunakan ICT   2)Creativy. Kreasi Produk atau keluaran dalam berbagai format dan model dengan memanfaatkan teknologi digital dan kemampuan berfikir kreatif dan imajinatif  3)Collaboration. Kemampuan warga belajar berpartisipasi dalam ruang digital dan mampu menjelaskan dan menegoisasikan ide gagasan orang lain yang di dapatkan dari internet  4)Communication. Mampu berkomunikasi melalui media teknologi digital dan mampu dan mengerti audiens 5)Ability to Find and Select Information. Kemampuan mencari dan menyelidiki informasi 6)Critical Thinking and Evalution. Mampu berkontribusi, menganalisis, menajamkan kemampuan berfikir kritis saat berhadapan dengan informasi 7)Cultural and Social Understanding sejalan dengan konteks pemahaman sosial budaya 8)E-Safety menjamin keamanan saat pengguna bereksplorasi, berkreasi, berkolaborasi dengan teknologi digital.

Page 1 of 1 | Total Record : 7