cover
Contact Name
Wahyu Nugroho
Contact Email
wahyu@fkip.upr.ac.id
Phone
+6285727639649
Journal Mail Official
sangkalemo.pgsd@upr.ac.id
Editorial Address
PGSD UNIVERSITAS PALANGKA RAYA Jln. Yos Sudarso Palangka Raya 73111, Kalimantan Tengah
Location
Kota palangkaraya,
Kalimantan tengah
INDONESIA
Sangkalemo
ISSN : -     EISSN : 28280520     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Sangkalemo aims to serve the needs of information of children education practitioners, including classroom teachers, teacher educators, and policymakers. Publishing evidence-based research around Indonesia, education system issues, this journal dedicated to improving the quality, standard and access of education for children. Sangkalemo accepts research from empirical projects to small-case studies, articles from practical to theoretical on the scope of: Curriculum and evaluation Effective pedagogy Children learning Family and community engagement Teacher training program Cultural issues in teaching and learning Child development Policy on diversity and social inclusion Technology in the classroom School design
Articles 32 Documents
Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Discovery Learning untuk Materi Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Widya Permata Dilla; Indah Yulianti
Sangkalemo : The Elementary School Teacher Education Journal Vol. 1 No. 1 (2022): Edisi Januari
Publisher : PGSD FKIP UPR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (336.161 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan modul berbasis discovery learning untuk materi menulis teks laporan hasil observasi yang valid, praktis, dan efektif untuk digunakan oleh siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Semen Padang yang berjumlah 24 orang. Pemilihan subjek penelitian berdasarkan pertimbangan-pertimbangan tertentu. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4D. Pengembangan diawali dengan tahap pendefinisian, perancangan, dan diakhiri dengan pengembangan. Selama penelitian, peneliti berkolaborasi dengan guru bahasa Indonesia. Data penelitian yang berbentuk kualitatif diperoleh dari analisis hasil wawancara dengan guru mata pelajaran Bahasa Indonesia, sedangkan data kuantitatif diperoleh dari penilaian validator ahli, guru dan siswa, dan hasil belajar siswa. Berdasarkan analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan sebagai berikut. Pertama, validitas modul berbasis discovery learning yang dikembangkan tergolong sangat valid dengan presentase 92,50 % .Kedua, praktikalitas modul yang dikembangkan tergolong sangat praktis dengan presentase 90,28% dan 83,33%. Ketiga, efektivitas modul yang dikembangkan tergolong sangat efektif dengan persentase penilaian pada aktivitas siswa, yakni 79,17%; penilaian aspek pengetahuan siswa sebesar 3,32 (B+), dan penilaian aspek keterampilan siswa sebesar 3,21 (B+). Jadi, modul yang telah dikembangkan dapat digunakan sebagai bahan ajar di dalam pembelajaran bahasa Indonesia, khususnya untuk materi menulis teks laporan hasil observasi.
Kontribusi Perhatian Orang Tua dengan Hasil Belajar Matematika di Masa Pandemi pada Siswa Kelas IV SDN 4 Palangka Hafidaturrafi’ah; Nyoto; Sri Endang Mugi Rahayu
Sangkalemo : The Elementary School Teacher Education Journal Vol. 1 No. 1 (2022): Edisi Januari
Publisher : PGSD FKIP UPR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (361.172 KB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pembelajaran yang dilakukan secara daring selama pandemi covid-19. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hubungan perhatian orang tua dngan hasil belajar matematika di masa pandemi pada siswa kelas IV SDN 4 Palangka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya kontribusi perhatian orang tua dengan hasil belajar matematika di masa pandemi pada siswa kelas IV SDN 4 Palangka. Jenis penelitian yang digunakan adalah statistik deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 4 Palangka Kota Palangka Raya semester genap Tahun Ajaran 2020/2021 yang berjumlah 33 siswa, sedangkan sampel diambil dari keseluruhan populasi, yaitu 33 orang tua siswa karena jumlah populasi yang kecil. Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk memperoleh data perhatian orang tua dan untuk memperoleh data hasil belajar matematika dari nilai ujian akhir semester. Teknik pengujian hipotesis menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil yang di dapat dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tingkat perhatian orang tua kelas IV SDN 4 Palangka memiliki rata-rata 74,52. Adapun perhatian orang tua yang diberikan dalam kategori baik yaitu sebesar 52% (17 orang tua siswa). Artinya, sebanyak 17 orang tua siswa yang memberikan perhatian kepada anaknya dengan baik yang berupa: 1) memberikan bimbingan, 2) memberikan nasihat, 3) memberikan motivasi dan penghargaan, 4) memenuhi kebutuhan anak, dan 5) memberikan pengawasan terhadap anak. Selanjutnya, siswa kelas IV SDN 4 Palangka memiliki rata-rata nilai hasil belajar matematika, yaitu 80,22 dengan kategori sangat baik yaitu sebesar 46% (15 siswa). Hal ini diartikan bahwa siswa mampu mengusai materi matematika dengan sangat baik.
Efektifitas Penggunaan Zoom Cloud Meeting dalam Pembelajaran Jarak Jauh pada Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital di SMK Karsa Mulya Palangka Raya Diplan
Sangkalemo : The Elementary School Teacher Education Journal Vol. 1 No. 1 (2022): Edisi Januari
Publisher : PGSD FKIP UPR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (285.723 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Untuk mengetahui sejauh mana efektivitas penggunaan Zoom Cloud Meeting dalam pembelajaran jarak jauh bagi guru dan peserta didik di SMK Karsa Mulya Palangka Raya. (2) Untuk mengetahui respon peserta didik di SMK Karsa Mulya Palangka Raya terhadap pembelajaran jarak jauh menggunakan Zoom Cloud Meeting. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April sampai Juni Tahun 2020 yang berlokasi di SMK Karsa Mulya Palangka Raya. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan Zoom Cloud Meeting dalam pembelajaran jarak jauh cukup efektif dan sangat bagus digunakan untuk pembelajaran jarak jauh saat ini karena dapat membantu dan memudahkan guru dan peserta didik saling berinteraksi dan bertatap muka dalam proses pembelajaran.
Implementasi Metode Integrated Curriculum dengan Pendekatan Saintifik pada Aktivitas Belajar Siswa Kelas IV SDN 5 Sungai Besar Banjarbaru di Masa Pandemi Covid-19 Rakhmad; Laila Rahmawati
Sangkalemo : The Elementary School Teacher Education Journal Vol. 1 No. 1 (2022): Edisi Januari
Publisher : PGSD FKIP UPR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (331.087 KB)

Abstract

Metode Integrated Curriculum dengan pendekatan saintifik merupakan salah satu metode pembelajaran yang diterapkan dalam pembelajaran daring. Bentuk metode penggabungan dari beberapa mata pelajaran untuk mengefisienkan waktu dan mengoptimalkan essensial materi yang diajarkan kepada siswa. Tujuan dari penerapan metode ini adalah untuk membuat siswa dapat menciptakan pengalaman belajar lebih baik mulai dari kegiatan mengamati/ obvervasi, menanya, mencoba, menalar dan mengkomunikasikan sehingga dapat menciptakan pembelajaran lebih menyenangkan dan bermakna dan mempu mengolah kemampuan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian yang diteliti adalah siswa kelas IV di SDN 5 Sungai Besar Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengamatan dan dokumentasi. Hasil yang didapat dalam penelitian ini adalah hamper seluruh siswa berperan aktif dalam tercapaian tujuan pembelajaran menggunakan metode dan pendekatan ini selama proses pelaksanaan pembelajaran daring. Sehingga integrated curriculum dengan pendekatan santifik dapat menjadi referensi metode dan pendekatan yang tepat untuk materi lainnya agar proses pembelajaran di masa covid-19 ini dapat optimal dan dapat meningkatkan kemampuan kreatifitas, kemandirian, inovatif, kolaboratif, pemecahan masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari dan mengasah kemampuan komunikasi siswa, baik tulisan maupun lisan.
Kontribusi Peningkatan Kreativitas Siswa Melalui Contextual Teaching Learning Kelas IV SDN 8 Langkai Palangka Raya Femmy; Utami Indah
Sangkalemo : The Elementary School Teacher Education Journal Vol. 1 No. 1 (2022): Edisi Januari
Publisher : PGSD FKIP UPR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (258.517 KB)

Abstract

enelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas 4 SDN 8 Langkai Kota Palangka Raya melalui model pembelajaran Contextual Teaching Learning. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitiannya adalah siswa dan siswi di kelas 4 SDN 8 Langkai Kota Palangka Raya yang terdiri dari 25 siswa. Dua puluh lima siswa tersebut terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Observasi lapangan pada obyek penelitian adalah merupakan cara yang dilakukan oleh peneliti untuk memperoleh data yang aktual berdasarkan fakta yang ada, sedangkan dalam melakukan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif komparatif. Setelah melakukan perbaikan pada siklus pertama, yang selanjutnya diterapkan pada siklus ke dua diperoleh hasil penelitian yang menunjukkan bahwa peningkatan kreativitas pembelajaran siswa kelas 4 SDN 8 Langkai Kota Palangka Raya dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) dalam pembelajaran tersebut, diketahui ada peningkatan kreativitas siswa. Tampak bahwa 84% (21) dari 25 orang peserta didik masuk dalam kriteria tinggi, 12% (3) orang peserta didik masuk dalam kriteria kreativitas sedang, dan terdapat 4% (1) orang siswa masuk dalam kriteria kreativitas rendah. Sementara pada kondisi awal (siklus pertama) saat dilakukan pembelajaran dengan model CTL hanya dijumpai 6 siswa (24%) kategori tinggi, 7 siswa (28%) kategori sedang, dan ada 12 siswa (48 %) kategori rendah. Dengan demikian melalui model pembelajaran CTL setelah melakukan perbaikan pada siklus ke dua ternyata dapat memberikan peningkatan yang sangat siknifikan atas peningkatan kreativitas belajar peserta didik.
Pengaruh Pembelajaran Kelompok Kecil, Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa dalam Mata Kuliah Pendidikan IPS-1 Level HOTS Manesa; Kuswari; Mariane Tinse; Aloisius Gonzaga
Sangkalemo : The Elementary School Teacher Education Journal Vol. 1 No. 1 (2022): Edisi Januari
Publisher : PGSD FKIP UPR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (346.153 KB)

Abstract

Pencarian cara baru sebagai respon terhadap permasalahan pembelajaran pada masa pandemi covid-19 harus dilakukan. Penelitian ini secara khusus pada mahasiswa PGSD pada semester I tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini dimaksudkan mendorong mahasiswa tetap belajar secara konsisten, meskipun dengan menjalankan protokol kesehatan. Permasalahan utama penelitian ini adalah mencari pengaruh rancang sistem perkuliahan kelompok kecil dan motivasi berprestasi mahasiswa terhadap hasil belajar mata kuliah Pembelajaran IPS-1 level HOTS. Tujuan penelitian adalah berusaha mendorong kesiapan dan aktivitas belajar mahasiswa PGSD pada semester I lebih konstruktif dan lebih sesuai dengan tuntutan kurikulum KKNI, dengan mengutamakan level kemamuan berpikir aspek kognitif tingkat tinggi (HOTS). Metode penelitian ini adalah quasi eksperimen, dengan variabel bebas sistem belajar kelompok kecil, variabel moderator motivasi berprestasi, dan variabel terikat hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara pembelajaran kooperatif kelompok kecil dengan pembelajaran kelompok kontrol pada pembelajaran IPS-1. Mahasiswa dengan strategi pembelajaran kelompok kecil memperoleh hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara mahasiswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi dengan yang memiliki motivasi berprestasi rendah pada pembelajaran IPS-1. Tidak terdapat interaksi yang signifikan antara strategi pembelajaran dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)-1
Kompetensi Profesional Guru dalam Pembelajaran Daring Pada Kelas V di SDN 1 Menteng Rahun Ajaran 2021 Agus Widianto; Edison; Wawan Kartiwa
Sangkalemo : The Elementary School Teacher Education Journal Vol. 1 No. 1 (2022): Edisi Januari
Publisher : PGSD FKIP UPR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (264.693 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang kompetensi profesional guru dalam pembelajaran daring di kelas V di SDN 1 Menteng Tahun Ajaran 2021. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juni 2021 di SDN 1 Menteng pada guru kelas V, yang kelas V di SDN 1 Menteng terdapat tiga akelas yaitu VA, VB, dan VC. Namun, peneliti hanya memilih fokus penelitiannya ke satu kelas saja, yaitu kelas VC. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan jenis penelitiannya adalah studi kasus. Data penelitian ini diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi bersama guru kelas VC dan Kepala SDN 1 Menteng. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru kelas VC SDN 1 Menteng telah menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung dalam pembelajaran daring yang diampu, menguasai standar Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu dalam pembelajaran daring, mengembangkan keprofesian secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif dalam pembelajaran daring, memanfaatkan teknologi informasi dan mengembangka diri dalam pembelajaran daring. Namun, guru kelas VC SDN 1 Menteng masih kurang dalam mengembangkan pembelajaran secara kreatif. Hal ini dikarenakan kerterbatasan interaksi antara siswa dan guru, karena aplikasi yang digunakan sebagai media pembelajaran daring adalah aplikasi Whats App saja yang didukung dengan plathform Youtube dan Google sebagai sumber refrensi bahan ajar selain Buku Guru dan Buku Siswa. Pemilihan aplikasi Whats App sebagai media utaman dalam pelaksanaan pembelajaran daring adalah tindakan yang diambil guru kelas VC SDN 1 Menteng untuk menyesuaikan kondisi dan situasi siswa, selain itu pemilihan aplikasi Whats App juga dipilih karena pengoperasiannya yang terbilang cukup mudah dan hemat biaya kuota internet.
Pengembangan Media Komik Berbasis Pendidikan Karakter pada Muatan IPS Subtema 2 (Kebersamaan dalam Keberagaman) Kelas IV SDN 1 Denggen Tahun Pelajaran 2020/ 2021 Selfia Irianti; Burhanuddin; Dina Apriana
Sangkalemo : The Elementary School Teacher Education Journal Vol. 1 No. 1 (2022): Edisi Januari
Publisher : PGSD FKIP UPR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (336.687 KB)

Abstract

Pembelajaran IPS berfungsi untuk membina karakter siswa terutama membekali mereka dalam menjalani kehidupan sosial di masyarakat sehingga peserta didik menjadi pribadi yang baik dan berguna bagi bangsa dan Negara. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengetahui kelayakan produk komik pendidikan karakter sebagai penunjang proses pembelajaran. Penelitian ini menggunkan model pengembangan Borg & Gall dengan menyederhankan sepuluh langkah menjadi tujuh langkah yaitu analisis kebutuhan, perencanaan, Pengembangan produk awal, pengujian terbatas, revisi hasil uji produk, uji produk utama, dan revisi produk akhir. Uji coba dilakukan di kelas IV SDN 1 Denggen, sebanyak 28 peserta didik. Nilai-nilai karakter yang digunakan dalam komik tersebut adalah nilai religius, bersahabat, bergaya hidup sehat, cinta damai dan toleransi. Kevalitan produk yang dibuat dilihat dari hasil validasi dengan mengunakan lembar validasi ahli media, ahli materi dan respon peserta didik. Berdasarkan analisis data diperoleh dengan menggunakan skala lima, hasil penelitian menunjukkan bahwa komik pendidikan karakter yang dikembangkan oleh peneliti sangat valid, dengan hasil dari validasi ahli media memperoleh skor 48 pada rentang X > 42,06 dengan katagori sangat baik , sedangkan dari validasi ahli materi mendapat skor 46 pada rentang X > 42,06 dengan katagori sangat baik, dan respon peserta didik mendapat skor 1284 dengan hasil rata-rata 45, 87 pada rentang skor X > 42,06 dengan kategori sangat baik. Dengan demikian komik pendidikan karakter layak digunakan sebagai penunjang dalam proses pembelajaran di kelas IV SDN 1 Denggen.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN JAM SUDUT PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 12 LUBUKLINGGAU Ria Mayasari Ria; Andriana Sofiarini; R. Angga Bagus Kusnanto
Sangkalemo : The Elementary School Teacher Education Journal Vol. 1 No. 2 (2022): Edisi Juli
Publisher : PGSD FKIP UPR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (468.366 KB)

Abstract

This study aims to develop a product in the form of corner clock learning media in fourth grade mathematics learning at SD Negeri 12 Lubuklinggau in accordance with the 2013 curriculum and to produce a corner clock learning media that is valid, practical, and has effectiveness in the learning process. This research is a development research with a 4D development model. Based on the results of the validation analysis by the three experts, namely: linguists, material experts, and media experts, it showed that the angle clock media on the angle material and its measurements met the criteria of high validity with an average score of 0.85. While the results of the analysis of the assessment sheet on the practicality of teachers and students consisting of a small group (small group) of 6 students and a large group of 20 people, it was found that the corner clock media met the practical criteria with an average score of 92%, and the results of the effectiveness analysis showed that after conducting posttest obtained completeness of learning outcomes 73% with good criteria. So it can be concluded that the corner clock learning media in mathematics learning meets the valid, practical, and effective criteria for use in learning.
The Effectiveness of the Fading Method and the Use of Color in Improving Reading Ability: Efektifitas Metode Fading dan Penggunaan Warna dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Nor Fatmah; Noor Alkaff; Ainun Alkaff
Sangkalemo : The Elementary School Teacher Education Journal Vol. 1 No. 2 (2022): Edisi Juli
Publisher : PGSD FKIP UPR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (355.016 KB)

Abstract

Reading skills are one of the skills that have an important role in human life. Reading is a mental process where there is process of translating visual codes into meaningful spoken language. The purpose of the reading process is to receive or understand the message contained in the text or writing. In this case, some students have difficulty in reading, which causes the demands for learning to be unfulfilled. This is due to the lack of stimulus provided during the learning process so that there is a decrease in students' reading ability, then the fading method and the use of color become interventions in improving the ability and fluency of reading in elementary students. The method used is a single subject, to see the effectiveness of a behavior modification approach with the fading method and the use of color to improve reading skills. In exploring the data, interviews, observation, and psychological tests in the form of the WISC IQ test were used, and informal reading tests were used. The results of the intervention showed that there was an increase in students' reading fluency by using the fading method and the use of color.

Page 1 of 4 | Total Record : 32