cover
Contact Name
Rekno Sulandjari
Contact Email
rekno.sulandjari@gmail.com
Phone
+6282135231314
Journal Mail Official
rekno.sulandjari@gmail.com
Editorial Address
Jl. Banjarsari Barat 1 Semarang
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Egaliter
Published by Universitas Pandanaran
ISSN : 25807889     EISSN : 25976877     DOI : -
Majalah ilmiah Egaliter memiliki latar belakang disiplin ilmu komunikasi dan Kehumasan dengan konten tentang proses interaksi untuk menuju pemahaman sebuah konsep demi tujuan perkembangan hubungan yang lebih baik. Akan terbit secara berkala, berisi hasil penelitian dari para pemerhati dalam proses komunikasi, baik dari kalangan pengajar maupun pengamat sosial, internal maupun eksternal Universitas Pandanaran. Artikel yang disajikan bertujuan untuk menginspirasi secara praktis, teoritis dan sosial para pelaku komunikasi sehingga lebih hergonomis dalam mengambil sebuah kebijakan.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 5 (2019): Jurnal Egaliter Vol.3 No.5 Januari 2019" : 7 Documents clear
Hubungan Cara Komunikasi Dosen Dalam Proses Perkuliahan Terhadap Efisiensi Pemahaman Materi Kuliah Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Angkatan 2016-2018 Di Universitas Pandanaran Semarang
Jurnal Egaliter Vol 3, No 5 (2019): Jurnal Egaliter Vol.3 No.5 Januari 2019
Publisher : Universitas Pandanaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini diangkat dari sebuah latar belakang tentang pengaruh komunikasidosen terhadap mahasiswa jurusan politik angkatan 2016-2018 universitaspandanaran semarang dalam penelitian ini mahasiswa diharapkan dapatmenumbuhkan dan meningkatkan sikap komunikasi yang baik. Didalammenjawab masalah tersebut penulis menggunakan metode penelitian dekskriptifkuantitatif dengan jumlah polpulasi 55 mahasiswa . penulis melakukanpengumpulan data dengan cara menghimpun berbagai buku tentang komunikasi .yang berhubungan dengan pembahasan atau kepustakaan dan mengadakanpenelitian lapangan dengan menggunakan metode penelitian deksriptif kuantitatifdan tehnik penganjuran sempel yang digunakan adalah total sampling,denganmenggunakan kusioner sebagai pengumpulan data penelitian dengan jumlahreposnden sebanyak 55 orang Hasil penelitian didapat, tingkat respon responden terhadap cara komunikasi(Variabel X) sebanyak 100% yaitu 55 orang dalam kategori tinggi,0% yaitu tidakada responden dalam kategori sedang,0% yaitu tidak ada responden dalamkategori rendah. tingkat respon responden terhadap kinerja karyawan sebanyak100% yaitu 55 orang responden dalam kategori tinggi, 0% yaitu tidak ada dalamkategori sedang dan 0% yaitu tidak ada dalam kategori rendah. Berdasarkan tabel tabulasi silang hasil perhitungan 2 variabel diperolehmayoritas sebanyak 100% responden menyatakan pengaruh cara komunikasidosen terhadap efisiensi pemahaman mahasiswa dalam kategori tinggi. Melaluipenelitian ini disaran kan kepada dosen dan mahasiswa jurusan ilmu politikuniversitas pandanaran semarang agar meningkatkan proses komunikasi Keywords : efesiensi pemahaman, komunikasi inter persona, komunikasi dosendengan mahasiswa
Strategi Komunikasi Pemasaran Dinas Pariwisata Kota Medan Dalam Memperkenalkan Tarian Ahooi Sebagai New Branding Kota Medan
Jurnal Egaliter Vol 3, No 5 (2019): Jurnal Egaliter Vol.3 No.5 Januari 2019
Publisher : Universitas Pandanaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (450.87 KB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasipemasaran yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata dalam memperkenalkan TarianAhooi sebagai New Branding Kota Medan sekaligus mengetahui hambatan yangdihadapi oleh Dinas Pariwisata Kota Medan dalam memperkenalkan Tarian Ahooitersebut kepada masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian k ualitatif dengan pendekatankonstruktivis. Penentuan subyek penelitian ditentukan dengan metode purposivesampling. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi,wawancara mendalam, dan studi pustaka. Analisis data dilakukan dengan carareduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian inidilaksanakan di Kantor Dinas Pariwisata Kota Medan yang beralamat di JalanProf. HM. Yamin SH No. 40 Kota Medan Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran yangdilakukan oleh Dinas Pariwisata Kota Medan dalam memperkenalkan TarianAhooi sebagai New Branding Kota Medan dilakukan dengan menentukansegmentasi, penentuan target sasaran, dan penentuan citra. Ketiga strategi tersebutdidukung dengan berbagai bentuk bauran promosi seperti periklanan, penjualanpersonal, pemasaran langsung, pemasaran dari mulut ke mulut, dan pemasaranmelalui media sosial. Hambatan yang dihadapi dalam memasarkan Kota Medansebagai kota wisata adalah pengelolaan ragam budaya yang belum maksimal,Masyarakat kota Medan yang masih belum sadar wisata, komunikasi dankoordinasi dengan stakeholder yang masih belum berjalan secara maksimal danmasih terbatasnya anggaran yang tersedia. Kata kunci: Strategi, Komunikasi Pemasaran, Brand, Tarian Ahooi
Hubungan Intensitas Penggunaan Media Sosial Facebook Pada Keharmonisan Rumah Tangga Desa Dadapayam Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang
Jurnal Egaliter Vol 3, No 5 (2019): Jurnal Egaliter Vol.3 No.5 Januari 2019
Publisher : Universitas Pandanaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (783.379 KB)

Abstract

Menurut Bambang Cahyono (2009:15), facebook adalah website yang bertemakan Social Networking (Pencari teman di dunia maya) yang merupakanajang pergaulan yang populer di seluruh dunia termasuk di Indonesia . Facebook sebagai sarana komunikasi seperti juga handphone, e-mail, dan alat teknologiinformasi lain. Diantara manfaat facebook adalah sebagai pencari teman, saranadakwah, menyimpan file/tulisan dan lain-lain. Selain itu facebook jugamengandung bahaya. Dalam realitanya ada saja kasus pengguna facebook yangmenelantarkan aktivitas wajibnya karena lebih asyik bermain facebook sehinggahal ini menyebabkan kecanduan juga tidak jarang banyak yang lalai denganberkomentar asal, bahkan bercanda dengan vulgar dan tidak terkontrol. Setiapindividu memiliki motivasi dan tujuan dalam perilaku komunikasi mereka dalamhal ini adalah penggunaan media. Individu juga secara aktif memilih danmenggunakan media untuk memuaskan kebutuhan atau keinginan mereka.Dilingkup keluarga sendiri penggunaan media sosial facebook selain sebagai penunjang komunikasi, juga dimanfaatkan sebagai sarana hiburan atau pemuaskebutuhan. Namun di sisi lain ketika dalam suatu keluarga penggunaan mediasosial facebook terlalu berlebihan dampaknya adalah terhadap hubungan dalamkeluarga itu sendiri menjadi tidak baik karena lebih banyak waktu yangdiprioritaskan ke media sosial daripada dengan keluarga. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui melalui analisa pada Tabel 3.4.1 yaitutidak ada hubungan secara signifikan antara intensitas penggunaan media sosialfacebook terhadap keharmonisan dalam rumah tangga di Desa Dadapayam. Dapatdiketahui bahwa hasil hubungan antara intensitas penggunaan media sosialfacebook terhadap keharmonisan dalam rumah tangga dari 45 responden sebanyak1 responden atau 2,2 % menyatakan bahwa ada hubungan dalam kategori tinggi,sebanyak 7 responden atau 15,6 % menyatakan ada hubungan dalam kategorisedang, sisanya sebanyak 1 responden atau 2,2% menyatakan ada hubungandalam kategori rendah. Dalam penelitian ini dapat diketahui bahwa mayoritaspasangan keluarga di Desa Dadapayam dengan intensitas menggunakan facebookyang rendah sampai sedang, mimiliki tingkat keharmonisan rumah tangga yangbaik.Key Words : Facebook, Keluarga, Keharmonisan, Intensitas, Media Sosial
Hubungan Pola Komunikasi Atasan Dan Bawahan Terhadap Kinerja Karyawan PT.Sinergi Adiguna Pratama Penempatan Di Menara Suara Merdeka
Jurnal Egaliter Vol 3, No 5 (2019): Jurnal Egaliter Vol.3 No.5 Januari 2019
Publisher : Universitas Pandanaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Komunikasi dalam suatu organisasi erat kaitannya dengan struktur organisasiyang dipandang sebagai sistem, tempat mengalirnya arus informasi dalam suatuorganisasi Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola komunikasiatasan dan bawahan terhadap kinerja karyawan PT. Sinergi Adiguna Pratamapenempatan di Menara Suara Merdeka. Penelitian ini menggunakan metodepenelitian deskriptif kuantitatif dan teknik pengambilan sampel yang digunakanadalah Total Sampling, dengan menggunakan kuesioner sebagai pengumpulandata penelitian dengan jumlah responden sebanyak 25 orang karyawan. Hasil dari penelitian didapat, tingkat respon responden terhadap polakomunikasi atasan dan bawahan (variable X) sebanyak 56% yaitu 14 orang dalamkategori tinggi, 44% yaitu 11 orang dalam kategori sedang dan 0% tidak adaresponden dalam keadaan rendah. Hasil penelitian tingkat respon respondenterhadap kinerja karyawan (variabel Y) sebanyak 52% yaitu 13 orang respondendalam kategori tinggi, 48% yaitu 12 orang dalam kategori sedang dan 0% yaitutidak ada dalam kategori rendah. Hasil perhitungan 2 variabel ketegori yaitu menggunakan tabulasi silangdiperoleh mayoritas sebanyak 72% (18 orang) responden menyatakan hubunganpola komunikasi atasan dan bawahan terhadap kinerja karyawan dalam kategoritinggi, 0% (0 orang) responden menyatakan pengaruh komunikasi atasan danbawahan terhadap kinerja karyawan dalam kategori rendah.Keywords : atasan, bawahan, kinerja, komunikasi, personal
Hubungan Frekuensi Menonton Tayangan Budaya Korea (K-Pop) Dan Pengimitasian Sikap Pada Pelajar Di SMP Eka Sakti Banyumanik Semarang Tahun 2019 Endang Siswanti; Sinta Petri Lestari
Jurnal Egaliter Vol 3, No 5 (2019): Jurnal Egaliter Vol.3 No.5 Januari 2019
Publisher : Universitas Pandanaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Menyebarnya budaya Korea disebut juga dengan Korean wave (gelombangkorea) atau yang sering dikenal dengan hallyu. Gelombang Korea menampilkanberbagai jenis budaya Korea mulai dari film, video, musik, fashion dan segalapernak-pernik Korea (Yuanita 2012: 3). Pop culture yang saat ini tengah melandaberbagai negara terutama Negara-negara di Asia adalah Pop culture yang berasaldari Korea Selatan. Korea saat ini tengah membentuk mainstream baru diberbagai negara melalui K-pop (musik pop Korea), serial drama, film dan videogame. Korean wave di Indonesia bermula dari masuknya film-film dan dramaKorea pada tahun 2002. Produk budaya Korea telah berhasil mengemas nilai-nilaiAsia yang dipasarkan dengan gaya modern. Penelitian ini membahas tentang Pengaruh Tayangan Budaya Korea ( K-pop )Terhadap Pengimitasian Sikap Pada Pelajar. Tipe penelitian yang dilakukanpenulis adalah deskriptif kuantitatif dimana metode ini menganalisis danmenyajikan fakta secara sistematik sehingga dapat lebih mudah dipahami dandisimpulkan. Teori yang digunakan adalah Teori Kultivasi, yaitu teori yangmemperkirakan dan menjelaskan pembentukan persepsi, pengertian, dankepercayaan mengenai dunia sebagai hasil dari mengonsumsi pesan media dalamjangka panjang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tayanganbudaya korea ( K-POP ) terhadap perilaku imitasi pelajar. Populasi dalampenelitian ini adalah siswa kelas 7 dan 8 dengan jumlah sampel 100 siswa.Variabel dalam penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel independent(X) dan variabel dependent (Y). Variabel independent (X) merupakan tayanganbudaya Korea dan variabel dependent (Y) merupakan perilaku imitasi. Data yangdiperoleh adalah hasil kuesioner. Dalam penelitian ini menggunakan jenispenelitian kuantitatif, dimana penelitian kuantitatif menekankan analisisnya padadata-data numerikal (angka) yang diolah dengan metode statistika. Hasil analisisdata menunjukan bahwa menonton tayangan budaya Korea termasuk dalamkategori rendah sebesar 25 %, pengaruh terhadap perilaku imitasi anak termasukdalam kategori tinggi sebesar 58 %.Key Words:Budaya Korea, Imitasi, Kultivasi
fektivitas Peran Public Relations Petugas Pelayanan Pada Kepuasan Masyarakat Desa Leyangan Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang Santi Febrianti; Rekno Sulandjari
Jurnal Egaliter Vol 3, No 5 (2019): Jurnal Egaliter Vol.3 No.5 Januari 2019
Publisher : Universitas Pandanaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Public Relations merupakan suatu usaha yang direncanakan dengan secara terus-menerus yang dengan sengaja, dengan berguna untuk membangun serta jugamemepertahankan pengertian timbal balik antara organisasi serta jugamasyarakatnya. Negara berkewajiban melayani setiap warga negara dan pendudukuntuk memenuhi hak dan kebutuhan dasarnya dalam kerangka pelayanan publikyang merupakan amanat Undang-Undang Dasar Negara Republik IndonesiaTahun 1945, membangun kepercayaan masyarakat atas pelayanan publik yangdilakukan penyelenggara pelayanan publik merupakan kegiatan yang harusdilakukan seiring dengan harapan dan tuntutan seluruh warga negara danpenduduk tentang peningkatan pelayanan publik. Ukuran keberhasilan pelayananditentukan oleh tingkat kepuasan penerima pelayanan. Kepuasan pelayanandicapai apabila penerima pelayanan memperoleh pelayanan sesuai dengan yangdibutuhkan dan diharapkanā€ Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan Peran PublicRelations Petugas Pelayanan di Kantor Desa Leyangan dengan KepuasanMasyarakat Desa Leyangan. Tipe penelitian yang digunakan adalah penelitiandeskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah pelayanan di Kantor Desa 3bulan sebelum dilakukan penelitian yaitu 157 dan disesuaikan menjadi 61responden. Dari tabel Tabulasi Silang dapat disimpulkan bahwa jika Peran PublicRelations Petugas Pelayanan dilaksanakan secara baik dan maksimal (tinggi)maka tingkat kepuasan masyarakat Desa Leyangan Kecamatan Ungaran Timurmemiliki kategori tinggi, sejumlah 95% dari keseluruhan responden. Sehinggadapat disimpulkan jika terdapat hubungan positif antara Peran Public Relationspada para petugas Pelayanan Kantor Desa Leyangan pada tingkat kepuasanmasyarakat Desa Leyangan dalam menerima pelayanan.Kata Kunci: Public Relations, Pelayanan Publik, Kepuasan Pelayanan
Hubungan Komunikasi Interpersonal Pimpinan Dan Motivasi Kerja Pegawai Di Magistra Utama Cabang Semarang
Jurnal Egaliter Vol 3, No 5 (2019): Jurnal Egaliter Vol.3 No.5 Januari 2019
Publisher : Universitas Pandanaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dasar komunikasi antara satu orang dengan orang lainnya, merupakan kajian khusus dalam ilmu komunikasi yang disebut komunikasi interpersonal. Untuk membangun komunikasi interpersonal individu harusmempunyai konsep dalam komunikasi, yaitu bagaimana mengkonsepkan diri danmembentuk komunikasi dua arah untuk menciptakan komunikasi yang baik. Lalu harus menjadi pendengar yang baik. Komunikasi interpersonal yang buruk dapat mengakibatkan sumberpermasalahan di dalam sebuah perusahaan. Motivasi kerja dapat menurun dan dapat berdampak pada hasil kerja yang tidak maksimal. Motivasi tidak hanya datang dari diri sendiri, melainkan bisa datang dari orang lain dan untukmeningkatkan motivasi kerja, komunikasi antar karyawan dan pimpinan harusdi jaga dengan baik Tujuan akhir dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruhkomunikasi interpersonal terhadap motivasi kerja pegawai pada Magistra UtamaSemarang. Data dikumpulkan dengan kuesioner pada 10 responden, dan studipustaka. Dari hasil pengolahan data kuesioner yang disebarkan kepada seluruh responden, diperoleh hasil bahwa tingkat hubungan komunikasiinterpersonal pimpinan di Magistra Utama Semarang rendah, yaitu sebesar 60%dan dapat dikategorikan komunikasi interpersonal pimpinan belum efektif. Dantingkat motivasi kerja karyawan sebesar 70% dan dapat dikategorikan sangat rendah. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat agarpimpinan lebih menjaga komunikasi interpersonal agar dapat meningkatkanmotivasi kerja karyawan untuk mencapai taget perusahaan yang lebih baik lagi.Key Words: Interpersonal, Kerja, Komunikasi, Motivasi, Pimpinan

Page 1 of 1 | Total Record : 7