cover
Contact Name
Nurwinsyah Rohmaningtyas
Contact Email
nurwins@unisda.ac.id
Phone
+6285292445369
Journal Mail Official
jurnaladilla@unisda.ac.id
Editorial Address
Program Studi Ekonomi Syari'ah Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Darul Ulum (UNISDA) Jl. Airlangga 03 Sukodadi Lamongan Jawa Timur
Location
Kab. lamongan,
Jawa timur
INDONESIA
ADILLA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Syari'ah
ISSN : 26218453     EISSN : 26209535     DOI : https://doi.org/10.52166/adilla
Fokus kajian jurnal ADILLA dalam bentuk: 1) Hasil penelitian, 2) Gagasan konseptual, 3) Kajian kepustakaan, dan pengalaman praktis
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 2 (2022): Juli" : 11 Documents clear
Pemikiran Yuval Noah Harari Terhadap Ekonomi Uang Dan Ekonomi Agama Ahmad Ubaidillah; Misbahul Khoir
ADILLA : Jurnal Ilmiah Ekonomi Syari'ah Vol 5 No 2 (2022): Juli
Publisher : Universitas Islam Darul 'ulum Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (213.849 KB) | DOI: 10.52166/adilla.v5i2.3195

Abstract

Ilmu ekonomi adalah ilmu yang diciptakan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan yang semakin tidak terkendali. Begitu manusia menyadari betapa sedikit yang mereka ketahui tentang dunia, maka manusia memiliki alasan yang kuat untuk mencari pengetahuan baru, untuk membuka jalan bagi kemajuan sains. Tulisan ini mencoba mencari tahu pemikiran Yuval Noah Hariri dalam ekonomi. Pembahasan yang diajukan adalah tentang peran uang bagi manusia dan posisi ekonomi agama dalam isu ekonomi global. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi. Sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uang hanya memiliki nilai dalam imajinasi manusia. Nilainya tidak dalam struktur kimia atau warna atau dalam bentuk cangkang atau kertas. Dengan kata lain, uang bukanlah realitas material. Uang adalah produk psikologis. Uang bekerja dengan mengubah materi menjadi pikiran. Selain itu, Harari berpendapat bahwa tidak ada yang namanya “Ekonomi Kristen, Ekonomi Islam”, atau “ekonomi Hindu”. Bukannya tidak ada ide-ide ekonomi dalam Alkitab, Quran atau Veda. Hanya saja ide-ide tersebut tidak uptodate, tidak relevan dengan tantangan ekonomi modern. Teori-teori ekonomi modern jauh lebih relevan daripada dogma-dogma tradisional yang telah menjadi umum untuk menafsirkan bahkan konflik-konflik agama yang pura-pura dalam istilah ekonomi, sementara tidak ada yang berpikir sebaliknya
Peran Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) Dalam Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Pada KSPPS Mandiri Artha Sejahtera Syuhada' Syuhada'; Lailaturrohmah Lailaturrohmah
ADILLA : Jurnal Ilmiah Ekonomi Syari'ah Vol 5 No 2 (2022): Juli
Publisher : Universitas Islam Darul 'ulum Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (321.191 KB) | DOI: 10.52166/adilla.v5i2.3196

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran KSPPS Mandiri Artha Sejahtera dalam pemberdayaan UMKM. Penelitian ini berlokasi di KSPPS Mandiri Artha Sejahtera Jln. Raya Sumberrejo-Bojonegoro (depan pasar sumberrejo) No. 247. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif yaitu dengan menggunakan teknik observasi dan wawancara. Observasi dan wawancara yang dilakukan peneliti yang terlibat langsung dengan KSPPS Mandiri Artha Sejahtera dan nasabah usaha mikro kecil. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran KSPPS Mandiri Artha Sejahtera dalam pemberdayaan UMKM di Sumberrejo sudah maksimal, hal ini dibuktikan dengan dibukanya lapangan pekerjaan di berbagai sektor untuk menyerap tenaga kerja dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya masyarakat kecil atau kurang mampu. Namun ada problematika yang harus dihadapi oleh KSPPS Mandiri Artha Sejahtera di antaranya dari pihak eksternal dan pihak internal. Meskipun demikian, KSPPS Mandiri Artha Sejahtera tetap memiliki strategi-strategi khusus dalam menghadapi problematika tersebut. Dengan memberikan pelatihan-pelatihan dan mempermudah pelayanan pembiayaan di KSPPS Mandiri Artha Sejahtera maka UMKM dapat dikembangkan.
Pengaruh Digital Marketing Dan Strategi Promosi Terhadap Peningkatan Penjualan Pada CV. Sinar Terang Gresik Ali Muhajir; Ana Fitriyatul Bilgies
ADILLA : Jurnal Ilmiah Ekonomi Syari'ah Vol 5 No 2 (2022): Juli
Publisher : Universitas Islam Darul 'ulum Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (292.382 KB) | DOI: 10.52166/adilla.v5i2.3197

Abstract

Penelitin ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh digital marketing dan strategi promosi terhadap peningkatan penjualan, baik secara parsial maupun secara simultan, pada CV. Sinar Terang Gresik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah digital marketing (X1), strategi promosi (X2) dan peningkatan penjualan (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan CV. Sinar Terang yang berjumlah 126 orang, dengan Jumlah sampel 56 orang pelanggan, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan kriteria uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa digital marketing memiliki pengaruh positif terhadap peningkatan penjualan. Hal ini didasarkan pada hasil t-hitung pada variabel digital marketing sebesar 5,036 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000. Strategi promosi juga berpengaruh positif terhadap peningkatan penjualan. Hal ini didasarkan pada hasil t-hitung pada variabel strategi promosi sebesar 3,362 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,001. Kemudian secara simultan digital marketing dan strategi promosi juga berpengaruh signifikan terhadap peningkatan penjualan pada CV. Sinar Terang Gresik. Hal ini didasarkan pada hasil penelitian yang dapat dilihat dari hasil F-hitung sebesar 4,023 dengan tingkat signifikansi kurang dari 5% yaitu 0,000.++
Revitalisasi Pasar Tradisional Dalam Sudut Pandang Ekonomi Islam Untuk Meningkatkan Kepuasan Pedagang di Pasar Lembung Ahmad Munir Hamid
ADILLA : Jurnal Ilmiah Ekonomi Syari'ah Vol 5 No 2 (2022): Juli
Publisher : Universitas Islam Darul 'ulum Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (622.83 KB) | DOI: 10.52166/adilla.v5i2.3225

Abstract

Maraknya perkembangan pasar moderen menjadi ancaman bagi pasar tradisional. Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara secara mendalam, observasi langsung, dan pencatatan dokumen. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Penelitian ini menggunakan teknik Analisis SWOT. Strategi yang tepat dalam pengelolaan pasar tradisional dalam meningkatkan kepuasan pedagang di Pasar Lembung dengan cara mempertahankan dan meningkatkan pelayanan serta kebersihan lingkungan pasar guna memberikan kenyamana dan mempertahankan pelanggan, melakukan kerjasama antar pengelola dengan pedagang agar terjalin kerja sama pedagang dengan pengelola untuk memperbanyak produk yang akan dijual sehingga semakin banyak pilihan produk yang akan dijual ke konsumen. Islam mengatur agar persaingan dipasar dilakukan dengan adil. Setiap bentuk yang dapat menimbulkan ketidak adilan dilarang seperti talaqqi rukban dilarang karena pedagang yang menyongsong dipinggir kota mendapat keuntungan dari ketidaktahuan penjual dari kampung akan harga yang berlaku dikota, mengurangi timbangan dilarang karena barang dijual dengan harga yang sama untuk jumlah yang lebih sedikit, menyembunyikan barang cacat dilarang karena penjual mendapatkan harga yang baik untuk kualitas buruk.
Pengaruh Motivasi, Disiplin, dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada KSPPS BTM Mulia Rifky Ardhana Kisno Saputra; Siti Nur Wahidah
ADILLA : Jurnal Ilmiah Ekonomi Syari'ah Vol 5 No 2 (2022): Juli
Publisher : Universitas Islam Darul 'ulum Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (599.346 KB) | DOI: 10.52166/adilla.v5i2.3263

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh motivasi, disiplin, dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan KSPPS BTM Mulia baik secara simultan ataupun parsial. Adapun latar belakang penelitian ini, peneliti menemukan permasalahan kurang maksimalnya kinerja karyawan yang diduga akibat rendahnya motivasi, disiplin, dan lingkungan kerja. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data primer diperoleh dari hasil wawancara dan kuesioner, sedangkan data sekunder diperoleh dari data studi kepustakaan. Dalam penentuan sampel digunakan teknik Proportionate Stratified Random Sampling dimana teknik ini digunakan bila populasi mempunyai anggota yang tidak homogen dan berstrata secara proposional dan didapatkan 45 orang responden. Metode analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik, uji multikolonieritas, ujii autokorelasi, uji heteroskedasitas, uji normalitas, uji hipotesis, uji f (uji simultan), uji t (uji parsial), koefisien determinasi. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa secara parsial variabel motivasi berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan. Hasil uji parsial variabel disiplin berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan. Dan hasil uji parsial variabel lingkungan tidak berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan. Sedangkan secara simultan variabel motivasi, disiplin, dan lingkungan kerja berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan.
Pengaruh Cita Rasa Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Crispi Jamur Bobby’z di Desa Sukorejo Kecamatan Karangrejo Kabupaten Tulungagung Ruruh Dewi Sekar Masitoh; Maria Agatha Sri W H
ADILLA : Jurnal Ilmiah Ekonomi Syari'ah Vol 5 No 2 (2022): Juli
Publisher : Universitas Islam Darul 'ulum Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (707.194 KB) | DOI: 10.52166/adilla.v5i2.3268

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh cita rasa dan promosi terhadap keputusan pembelian baik secara parsial maupun secara simultan pada Crispi Jamur Bobby’z Di Desa Sukorejo Kecamatan Karangrejo Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah cita rasa (X1), promosi (X2) dan keputusan pembelian (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Crispi Jamur Bobby’z yang berjumlah 1.195 orang, dengan Jumlah sampel 180 konsumen, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik probability sampling yaitu menggunakan simpel random sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan kriteria uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cita rasa memiliki pengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Hal ini didasarkan pada hasil t-hitung pada variabel cita rasa sebesar 6,631 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000. Promosi juga berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Hal ini didasarkan pada hasil t-hitung pada variabel promosi sebesar 5,237 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000. Kemudian secara simultan cita rasa dan promosi juga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Crispi Jamur Bobby’z. Hal ini didasarkan pada hasil penelitian yang dapat dilihat dari hasil F-hitung sebesar 51,151 dengan tingkat signifikansi kurang dari 5% yaitu 0,000.
Pengaruh Digital Marketing Dan Strategi Promosi Terhadap Peningkatan Penjualan Pada CV. Sinar Terang Gresik Ali Muhajir; Ana Fitriyatul Bilgies
ADILLA : Jurnal Ilmiah Ekonomi Syari'ah Vol 5 No 2 (2022): Juli
Publisher : Universitas Islam Darul 'ulum Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52166/adilla.v5i2.3197

Abstract

Penelitin ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh digital marketing dan strategi promosi terhadap peningkatan penjualan, baik secara parsial maupun secara simultan, pada CV. Sinar Terang Gresik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah digital marketing (X1), strategi promosi (X2) dan peningkatan penjualan (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan CV. Sinar Terang yang berjumlah 126 orang, dengan Jumlah sampel 56 orang pelanggan, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan kriteria uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa digital marketing memiliki pengaruh positif terhadap peningkatan penjualan. Hal ini didasarkan pada hasil t-hitung pada variabel digital marketing sebesar 5,036 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000. Strategi promosi juga berpengaruh positif terhadap peningkatan penjualan. Hal ini didasarkan pada hasil t-hitung pada variabel strategi promosi sebesar 3,362 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,001. Kemudian secara simultan digital marketing dan strategi promosi juga berpengaruh signifikan terhadap peningkatan penjualan pada CV. Sinar Terang Gresik. Hal ini didasarkan pada hasil penelitian yang dapat dilihat dari hasil F-hitung sebesar 4,023 dengan tingkat signifikansi kurang dari 5% yaitu 0,000.++
Revitalisasi Pasar Tradisional Dalam Sudut Pandang Ekonomi Islam Untuk Meningkatkan Kepuasan Pedagang di Pasar Lembung Ahmad Munir Hamid
ADILLA : Jurnal Ilmiah Ekonomi Syari'ah Vol 5 No 2 (2022): Juli
Publisher : Universitas Islam Darul 'ulum Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52166/adilla.v5i2.3225

Abstract

Maraknya perkembangan pasar moderen menjadi ancaman bagi pasar tradisional. Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara secara mendalam, observasi langsung, dan pencatatan dokumen. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Penelitian ini menggunakan teknik Analisis SWOT. Strategi yang tepat dalam pengelolaan pasar tradisional dalam meningkatkan kepuasan pedagang di Pasar Lembung dengan cara mempertahankan dan meningkatkan pelayanan serta kebersihan lingkungan pasar guna memberikan kenyamana dan mempertahankan pelanggan, melakukan kerjasama antar pengelola dengan pedagang agar terjalin kerja sama pedagang dengan pengelola untuk memperbanyak produk yang akan dijual sehingga semakin banyak pilihan produk yang akan dijual ke konsumen. Islam mengatur agar persaingan di pasar dilakukan dengan adil. Setiap bentuk yang dapat menimbulkan ketidak adilan dilarang seperti talaqqi rukban dilarang karena pedagang yang menyongsong dipinggir kota mendapat keuntungan dari ketidaktahuan penjual dari kampung akan harga yang berlaku dikota, mengurangi timbangan dilarang karena barang dijual dengan harga yang sama untuk jumlah yang lebih sedikit, menyembunyikan barang cacat dilarang karena penjual mendapatkan harga yang baik untuk kualitas buruk.
Pengaruh Motivasi, Disiplin, dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada KSPPS BTM Mulia Rifky Ardhana Kisno Saputra; Siti Nur Wahidah
ADILLA : Jurnal Ilmiah Ekonomi Syari'ah Vol 5 No 2 (2022): Juli
Publisher : Universitas Islam Darul 'ulum Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52166/adilla.v5i2.3263

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh motivasi, disiplin, dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan KSPPS BTM Mulia baik secara simultan ataupun parsial. Adapun latar belakang penelitian ini, peneliti menemukan permasalahan kurang maksimalnya kinerja karyawan yang diduga akibat rendahnya motivasi, disiplin, dan lingkungan kerja. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data primer diperoleh dari hasil wawancara dan kuesioner, sedangkan data sekunder diperoleh dari data studi kepustakaan. Dalam penentuan sampel digunakan teknik Proportionate Stratified Random Sampling dimana teknik ini digunakan bila populasi mempunyai anggota yang tidak homogen dan berstrata secara proposional dan didapatkan 45 orang responden. Metode analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik, uji multikolonieritas, ujii autokorelasi, uji heteroskedasitas, uji normalitas, uji hipotesis, uji f (uji simultan), uji t (uji parsial), koefisien determinasi. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa secara parsial variabel motivasi berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan. Hasil uji parsial variabel disiplin berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan. Dan hasil uji parsial variabel lingkungan tidak berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan. Sedangkan secara simultan variabel motivasi, disiplin, dan lingkungan kerja berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan.
Pengaruh Cita Rasa Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Crispi Jamur Bobby’z di Desa Sukorejo Kecamatan Karangrejo Kabupaten Tulungagung Ruruh Dewi Sekar Masitoh; Maria Agatha Sri W H
ADILLA : Jurnal Ilmiah Ekonomi Syari'ah Vol 5 No 2 (2022): Juli
Publisher : Universitas Islam Darul 'ulum Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52166/adilla.v5i2.3268

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh cita rasa dan promosi terhadap keputusan pembelian baik secara parsial maupun secara simultan pada Crispi Jamur Bobby’z Di Desa Sukorejo Kecamatan Karangrejo Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah cita rasa (X1), promosi (X2) dan keputusan pembelian (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Crispi Jamur Bobby’z yang berjumlah 1.195 orang, dengan Jumlah sampel 180 konsumen, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik probability sampling yaitu menggunakan simpel random sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan kriteria uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cita rasa memiliki pengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Hal ini didasarkan pada hasil t-hitung pada variabel cita rasa sebesar 6,631 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000. Promosi juga berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Hal ini didasarkan pada hasil t-hitung pada variabel promosi sebesar 5,237 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000. Kemudian secara simultan cita rasa dan promosi juga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Crispi Jamur Bobby’z. Hal ini didasarkan pada hasil penelitian yang dapat dilihat dari hasil F-hitung sebesar 51,151 dengan tingkat signifikansi kurang dari 5% yaitu 0,000.

Page 1 of 2 | Total Record : 11