cover
Contact Name
Nurul Shofiah
Contact Email
nurulshofiah@uin-malang.ac.id
Phone
+6282231369172
Journal Mail Official
jips@uin-malang.ac.id
Editorial Address
Fakultas Psikologi - Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang - Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Journal of Indonesian Psychological Science (JIPS)
ISSN : 28284577     EISSN : 28284577     DOI : https://doi.org/10.18860/jips.v2i1.xxxxx
Focus and Scope Journal of Indonesian Psychological Science publishes peer-reviewed articles which provides detailed assistance for Authors to reach publication. It publishes research reports and scientific papers in psychology and/or related sciences which aims to advance science, knowledge, and theory of psychology. Journal of Indonesian Psychological Science accepts manuscripts of both academic and professional applied research (theoretical and/or empirical) that emphasize the novelty and originality of studies. The whole spectrums of research in psychology are welcome, which includes, but is not limited to the following topics: Transpersonal Psychology Social Psychology Cyber Psychology Psychology in Workplace and Organization Positive Psychology Educational and developmental Psychology Managing and understanding human Psychomectrics Intervention or applied psychology
Articles 14 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 01 (2021): The first Publication" : 14 Documents clear
Pengaruh Altruisme Terhadap Kebahagiaan Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Hilmi Yatun Solehah; Novia Solichah
Journal of Indonesian Psychological Science (JIPS) Vol 1, No 01 (2021): The first Publication
Publisher : UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18860/jips.v1i01.14921

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh altruisme terhadap kebahagiaan pada mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Malang 2018 yang menghadapi skripsi. Metode pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 104 orang. Dalam pengumpulan data penelitian peneliti menggunakan instrumen Self Report Altruism (SRA) dan Oxford Happiness Questionare (OHQ). Metode yang digunakan untuk analisis data yaitu uji deskriptif, uji normalitas, uji linearitas dan uji regresi linear sederhana dengan bantuan program Microsoft excel 2010 for Windows dan IMB SPSS versi 25.0 for Windows. Berdasarkan hasil perhitungan statistik didapatkan hasil bahwa nilai signifikansi sebesar 0,3 atau 30%. Hal ini berarti bahwa pengaruh variabel bebas (altruisme) terhadap variabel terikat (kebahagiaan) adalah sebesar 30%. Artinya terdapat pengaruh signifikan altruisme terhadap kebahagiaan, semakin tinggi tingkat altruisme seseorang maka semakin tinggi pula kebahagiaan yang akan dirasakan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini hanya berasal dari Fakultas Psikologi UIN Malang angkatan 2018 sehingga hasil yang didapat mungkin akan menimbulkan perbedaan apabila dilakukan pada Universitas atau organisasi lainnya, oleh karena itu diperlukan penelitian dengan menggunakan kelompok sampel berbeda baik itu dari segi jenis kelamin, usia dan demografi.
Tema-Tema Psikologi Dalam Kitab Alala Tanalul `Ilma Melalui Metode Maudhu`i Iqbal Ali Wafa; Iin Tri Rahayu; Yulia Sholichatun; Muhammad Bahrun Amiq
Journal of Indonesian Psychological Science (JIPS) Vol 1, No 01 (2021): The first Publication
Publisher : UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18860/jips.v1i01.14932

Abstract

Tema-Tema Psikologi Dalam Kitab Alala Tanalul `Ilma Melalui Metode Maudhu`i Psychological Themes in the Alala Tanalul `Ilma Book with Maudhu`i Method Iqbal Ali Wafa1, Iin Tri Rahayu2, Yulia Sholichatun3, Bahrun Amiq4Psikologi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesiaiqbalaliwafa2@gmail.com AbstrakKitab Alala Tanalul`Ilma selaku mata pelajaran awal yang diberikan di pesantren-pesantren baik salaf ataupun pesantren modern untuk menumbuhkan kepribadian santri ataupun karakter santri melalui  proses belajar mengajar. Dapat diketahui bersama bahwa, kitab Alala Tanalul`Ilma memiliki nilai–nilai pembelajaran, tidak hanya itu ada pula tema-tema psikologi didalamkitab tersebut. Riset ini bertujuan buat mengidentifikasi tema-tema psikologi yang terkandung dalam kitab Alala Tanalul`Ilma, sebab belum banyak ditemukan riset-riset yang meneliti mengenai tema-tema psikologi dalam kitab Tanalul`Ilma. Ada kesempatan buat meningkatkan riset buat memperoleh tema- tema psikologi dalam tersebut. Riset ini bertujuan untuk menganalisa tema-tema psikologi yang ada dalam kandungan Kitab Alala Tanalul `Ilma  yang disusun oleh Syekh Burhanudin Al  Islam Al Zarnuji dalam 37 bait. Prosedur riset dengan pendekatan tematik ataupun Mawdhu`i dipilih guna memperoleh hasil riset. Dimulai dengan memilah topik bahasan, setelah itu menghimpun bait yang masih terpaut serta menambahkan beberapa referensi tambahan sebagai penjelas jika diperlukan, mengkorelasikan bait antar bait yang mempunyai bahasan yang memiliki kesamaan tema, menyusun kerangka konseptualyang sesuai dengan tema-tema yang sama secara sistematis serta meningkatkan sebagian penjelasan yang diperlukan. Hasil riset menemukan ada 14 tema-tema psikologi yang ada pada Kitab tersebu. Secara garis besar, tema-tema psikologi tersebut adalah: belajar, intelegensi/ kecerdasan, motivasi/dorongan, kontrol diri, teori kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi, role model, nurture serta nature, kebutuhan untuk mendapatkan prestasi, proses kognitif, modeling atau proses meniru, kepribadian menurut  Freud (id, ego serta superego), bawah teori tabula rasa, pola asuh serta kemandirian.Kata kunci: Alala Tanalul `Ilma, Maudhu`i,  Variabel Psikologi AbstractThe book of Alala Tanalul `Ilma as a basic subject in Islamic boarding schools both salaf and modern is applied to shape the character or personality of students in the teaching and learning process. Studying through translation, the book Alala Tanalul `Ilma contains not only educational values, but  also psychological values . This study aims to analyze the psychological themes contained in Nadzom Alala Tanalul `Ilma written by Sheikh Burhanudin Al-Islam Al-Zarnuji with a total of 37 stanzas. The research method with the thematic approach or Mawdhu`i was chosen to obtain research results. Beginning with selecting a topic of discussion, then collecting related stanzas and adding the necessary information, correlating stanzas that have the same discussion, compiling a conceptual framework according to the same themes systematically and adding some required information. The results of the study found fourteen psychological themes obtained from 37 verses of the Alala Tanalul `Ilma book.    The themes are: learning, intelligence, motivation in lerning process, self-control in learning, basic human needs, role model, nurture and nature, achievement needs, cognitive process, modeling or imitation process, Freud's personality (id, ego and superego), basic tabula rasa theory, parenting and independence.Keywords: Alala Tanalul `Ilma, Maudhu`i, Psychological Variables
Pengaruh Self efficacy dan Manajemen Waktu Terhadap Stres Akademik Pada Siswa Achida Faiqotul Himmah; Nurul Shofiah
Journal of Indonesian Psychological Science (JIPS) Vol 1, No 01 (2021): The first Publication
Publisher : UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18860/jips.v1i01.14920

Abstract

Abstrak Kehidupan di lingkungan sekolah seharusnya menjadi ruang eksplorasi bagi individu untuk menyalurkan kreasinya. Namun terkadang, berbagai tuntutan akademik yang banyak, tugas yang menumpuk dan jadwal kegiatan yang padat, membuat siswa mengalami keadaan jenuh dan tertekan sehingga dapat memicu terjadinya stres. Faktor yang mempengaruhi stres yakni, self efficacy yang merupakan keyakinan seseorang dalam melakukan sesuatu yang mengarah pada pencapaian tujuan. Selain itu, manajemen waktu juga diperlukan agar aktivitas seseorang dapat berjalan efektif dan seimbang antara kemampuan yang dimiliki dengan tuntutan rutinitas yang dikerjakan. Tujuan Penelitian yakni (1) memaparkan tingkat stres akademik pada siswa, (2) memaparkan tingkat self efficacy pada siswa, (2) memaparkan tingkat manajemen waktu pada siswa, dan (4) pengaruh antara self efficacy dan manajemen waktu terhadap stres akademik pada siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis deskriptif dan regresi berganda. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X MA Wali Songo Putri Ngabar Ponorogo yang berjumlah 67 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat stres akademik siswa kelas X MA Wali Songo Putri Ngabar Ponorogo berada pada kategori sedang. Pada tingkat self efficacy dengan kategori sedang dan pada tingkat manajemen waktu, 70,1% juga mayoritas berada pada tingkat kategori sedang, dan berdasarkan hasil dari pengujian hipotesis penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara self efficacy dan manajemen waktu pada stres akademik dengan nilai R = 0,710 dan taraf signifikansi 0,000 (p0,05) dan secara bersama-sama memberikan kontribusi terhadap stres akademik sebesar 50,5%. Kesimpulan dalam penelitian ini secara secara bersama-sama self efficacy dan manajemen waktu memiliki pengaruh terhadap stres akademik pada siswa kelas X MA wali songo putri Ngabar Ponorogo.Kata kunci: Self Efficacy; Manajemen Waktu; Stres Akademik  AbstractLife in the school environment should be an exploration space for individuals to channel their creations. However, sometimes, a lot of academic demands piled up tasks and a hectic schedule of activities, make students experience a state of saturation and stress so that it can trigger stress. Factors that influence stress, namely, self-efficacy which is a person's belief in doing something that leads to the achievement of goals. In addition, time management is also needed so that one's activities can run effectively and in a balance between their abilities and the demands of the routine they do. The research objectives are (1) to explain the level of academic stress to students, (2) to explain the level of self-efficacy to students, (2) to explain the level of time management to students, and (4) the influence of self-efficacy and time management on academic stress in students. This study uses a quantitative approach with descriptive analysis and multiple regression. The sample in this study were students of class X MA Wali Songo Putri Ngabar Ponorogo, totalling 67 students. The results showed that the academic stress level of the tenth-grade students of MA Wali Songo Putri Ngabar Ponorogo was in the medium category. At the level of self-efficacy in the medium category and at the time management level, the majority of 70.1% are also at the moderate category level and based on the results of the research hypothesis testing, it shows that there is a significant effect between self-efficacy and time management on academic stress with a value of R = 0.710 and a significance level of 0.000 (p0.05) and jointly contributed to academic stress of 50.5%. The conclusion in this study jointly self-efficacy and time management influence academic stress in class X MA Wali Songo Putri Ngabar Ponorogo.Keywords: Self Efficacy; Time Management; Academic Stress
Hubungan Konsep Diri Akademik dan Self Regulated Learning dengan Stres Akademik Santri dalam Mengikuti Pembelajaran Daring Dina Lutfiana; Ermita Zakiyah
Journal of Indonesian Psychological Science (JIPS) Vol 1, No 01 (2021): The first Publication
Publisher : UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18860/jips.v1i01.14922

Abstract

Stres akademik merupakan hal yang wajar dirasakan pelajar bahkan santri yang juga menempuh pendidikan formal dan di pondok pesantren. Santri dituntut untuk mampu menyelesaikan tugas di sekolah dengan tetap mematuhi peraturan di pondok pesantren yakni pembatasan penggunaan HP. Santri diharapkan mampu meregulasi diri dalam belajar dengan baik yang disesuaikan dengan konsep diri masing-masing khusunya sebagai remaja agar tidak sampai mengalami stres akademik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik sampling purposive. Subjek penelitian yaitu santri pondok pesantren Sholahul Huda yang mengikuti pembelajaran daring dengan jumlah sampel 103 subjek. Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan adanya hubungan antara konsep diri akademik dan self regulated learning dengan stres akademik santri dalam mengikuti pembelajaran daring. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan negatif antara variabel konsep diri akademik dan self regulated learning dengan stres akademik santri (r = 0,570; p 0,05). Kontribusi konsep diri akademik dan self regulated learning dengan stres akademik sebesar 32,5 %, sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.
Pengembangan Perangkat Asesmen Mata Kuliah Psikologi Pendidikan Menggunakan Software Anates Dessy Rif'a Anzani; Achmad Kholif Rosyidi; Rahmat Aziz; Iqbal Ali Wafa; Ilham A.E. Zaeni
Journal of Indonesian Psychological Science (JIPS) Vol 1, No 01 (2021): The first Publication
Publisher : UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18860/jips.v1i01.14925

Abstract

AbstrakEvaluasi hasil belajar siswa merupakan usaha yang perlu dilaksanakan oleh seorang pendidik. Dalam rangka mengukur ketercapaian tujuan yang telah ditetapkan. Penelitian ini dilakukan untuk asesmen pada mata kuliah Psikologi Pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti tentang bagaimanakah daya beda, tingkat kesukaran, dan kualitas butir soal mata kuliah Psikologi Pendidikan di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Soal dalam asesmen disusun berdasarkan 4 tema dalam materi ini dan dikembangkan menjadi 24 butir soal. Penelitian ini dilaksanakan di Jurusan Psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim dengan mengikutsertakan 23 mahasiswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan cara memberikan interpretasi deskriptif atas data kualitatif yang ada. Soal yang telah dibuat akan dilakukan analisa yang meliputi reliabilitas soal, daya beda soal, derajat kesukaran, korelasi skor item terhadap skor total, dan kualitas pengecoh. Berdasarkan hasil analisa, didapati bahwa soal yang telah dibuat dapat digunakan lagi. Beberapa perubahan masih diperlukan, seperti penggantian soal dengan daya pembeda rendah. Kualitas pengecoh pada pilihan jawaban harus ditingkatkan agar pertanyaan menjadi lebih berkualitas. Soal-soal tersebut memiliki tingkat kesulitan yang lumayan. Soal dibagi secara merata dalam kompleksitas, mulai dari yang sangat sulit hingga yang sangat mudah. Kata kunci: Asesmen, Psikologi Pendidikan, Anates Abstract Evaluation of student learning outcomes is an effort that needs to be carried out by an educator. In order to measure the achievement of the goals that have been set. This research was conducted for assessment in Educational Psychology course. This study aims to examine how the differentiating power, level of difficulty, and quality of items in the Educational Psychology course at UIN Maulana Malik Ibrahim Malang are. The questions in the assessment are arranged based on 4 themes in this material and developed into 24 items. This research was conducted at the Department of Psychology UIN Maulana Malik Ibrahim by involving 23 students. This research was conducted by providing a descriptive interpretation of the existing qualitative data. The questions that have been made will be analyzed which includes the reliability of the questions, the differentiating power of the questions, the degree of difficulty, the correlation of the item scores to the total score, and the quality of distractors. Based on the results of the analysis, it was found that the questions that have been made can be used again. Some changes are still needed, such as the replacement of questions with low discriminating power. The quality of the distractors in the answer choices must be improved so that the questions are of higher quality. These questions have a decent level of difficulty. Problems are evenly divided in complexity, ranging from very difficult to very easy. Keywords: Assessment, Educational Psychology, Anates
Pengaruh Locus Of Control dan Peran Gender Terhadap Pengambilan Keputusan Karir Siswa Neneng Mukaffa Opier; Mohammad Mahpur
Journal of Indonesian Psychological Science (JIPS) Vol 1, No 01 (2021): The first Publication
Publisher : UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18860/jips.v1i01.14924

Abstract

AbstrakMenentukan “dan mempersiapkan karir merupakan salah satu tugas perkembangan yang sangat penting bagi remaja” khususnya mahasiswa. Faktanya, “masih banyak” siswa “SMA yang bingung menentukan karir masa depannya”. “Salah satu faktor” prediktif “internal dalam proses” pengambilan keputusan “karir siswa” adalah “locus of control” dan peran gender. “Locus of control” adalah kemampuan individu untuk “mengetahui akibat dari” tindakan “yang dilakukan”, sedangkan peran gender adalah persepsi siswa yang dibentuk oleh budaya tentang peran laki-laki dan perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh locus of control dan peran gender terhadap pengambilan keputusan karir siswa dan menjelaskan “kemampuan pengambilan keputusan karir siswa kelas XI dan XII SMAS Diponegoro Tumpang. Desain penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling. Jumlah responden dalam penelitian ini berjumlah 166 siswa dari total kelas XI dan XII SMAS Diponegoro Tumpang dengan rincian 72 siswa laki-laki dan 94 siswa perempuan. Pengukuran dalam skala ini menggunakan 3 skala yaitu Skala Locus of Control yang terdiri dari 22 item dengan reliabilitas = 0,735, Skala Peran Gender yang terdiri dari 60 item dengan reliabilitas = 0,925 dan Skala Pengambilan Keputusan Karir yang terdiri dari 15 item dengan reliabilitas = 0,832. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa terdapat pengaruh Locus of Control dan Gender Roles terhadap Pengambilan Keputusan Karir.”Kata kunci: Locus of Control, Peran gender, Pengambilan Keputusan Karir Abstract Determining and “preparing for a career is one of the most important developmental” tasks for teenagers, especially students. “In fact, there are still many high school students who are confused in determining their future career. One of the internal predictive factors in the student's career decision-making process is locus of control and gender roles. Locus of control is the individual's ability to know the consequences of the actions taken, while gender roles are student perceptions that are shaped by culture about the roles of men and women. This study aims to describe the influence of locus of control and gender roles on students' career decision-making and to explain the career decision-making abilities of students in class XI and XII of SMAS Diponegoro Tumpang. This research design uses quantitative research with sampling technique using proportional random sampling. The number of respondents in this study amounted to 166 students from the total class XI and XII SMAS Diponegoro Tumpang with details of 72 male students and 94 female students. Measurements in this scale use 3 scales, namely the Locus of Control Scale which consists of 22 items with reliability = 0.735, Gender Role Scale consisting of 60 items with reliability = 0.925 and Career Decision Making Scale consisting of 15 items with reliability = 0.832. Based on the results of this study, it is known that there is an influence of Locus of Control and Gender Roles on Career Decision Making.”Keywords: “Locus of Control, Gender Roles, Career Decision Making
Psychological Well-Being Pada Anak-Anak Remaja Panti Asuhan Taslimiyah Krebet Psychological Well-Being In Teenage Children Taslimiyah Krebet Orphanage Samsul Hidayat; Yusuf Ratu Agung; Rika Fuaturosida
Journal of Indonesian Psychological Science (JIPS) Vol 1, No 01 (2021): The first Publication
Publisher : UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18860/jips.v1i01.14929

Abstract

The research conducted was Psychological Well-Being on the orphanage children who live in the Taslimiyah Krebet Orphanage. From the narrative of the caregivers, there are some children who are not enthusiastic about participating in dormitory activities, still unaware of their potential, less social, and lacked confidence. Psychological Well-Being is a positive attitude for themselves and others, and has a good social relationship with their environment. This research was conducted at the Taslimiyah Krebet Orphanage, by selecting 4 subjects of orphanage teenagers living in the orphanage. The method in this study uses a qualitative method with a case study approach. The techniques used in data collection are through interviews and observations. The result obtained from this study indicates that the orphanage children at the Taslimiyah Krebet orphanage have high psychological well-being. It is proven that they are able to have a good accepting attitude, positive relationships, realize goals in life, have independence, can control the environment, have self-confidence, and understand their potential. It is also reinforced by the existence of good social support factors, the existence of a good economic status, the existence of a strong religion, and the existence of good personality control.
Pengaruh Altruisme Terhadap Kebahagiaan Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Hilmi Yatun Solehah; Novia Solichah
Journal of Indonesian Psychological Science (JIPS) Vol 1, No 01 (2021): The first Publication
Publisher : UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18860/jips.v1i01.14921

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh altruisme terhadap kebahagiaan pada mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Malang 2018 yang menghadapi skripsi. Metode pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 104 orang. Dalam pengumpulan data penelitian peneliti menggunakan instrumen Self Report Altruism (SRA) dan Oxford Happiness Questionare (OHQ). Metode yang digunakan untuk analisis data yaitu uji deskriptif, uji normalitas, uji linearitas dan uji regresi linear sederhana dengan bantuan program Microsoft excel 2010 for Windows dan IMB SPSS versi 25.0 for Windows. Berdasarkan hasil perhitungan statistik didapatkan hasil bahwa nilai signifikansi sebesar 0,3 atau 30%. Hal ini berarti bahwa pengaruh variabel bebas (altruisme) terhadap variabel terikat (kebahagiaan) adalah sebesar 30%. Artinya terdapat pengaruh signifikan altruisme terhadap kebahagiaan, semakin tinggi tingkat altruisme seseorang maka semakin tinggi pula kebahagiaan yang akan dirasakan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini hanya berasal dari Fakultas Psikologi UIN Malang angkatan 2018 sehingga hasil yang didapat mungkin akan menimbulkan perbedaan apabila dilakukan pada Universitas atau organisasi lainnya, oleh karena itu diperlukan penelitian dengan menggunakan kelompok sampel berbeda baik itu dari segi jenis kelamin, usia dan demografi.
Psychological Well-Being Pada Anak-Anak Remaja Panti Asuhan Taslimiyah Krebet Psychological Well-Being In Teenage Children Taslimiyah Krebet Orphanage Samsul Hidayat; Yusuf Ratu Agung; Rika Fuaturosida
Journal of Indonesian Psychological Science (JIPS) Vol 1, No 01 (2021): The first Publication
Publisher : UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18860/jips.v1i01.14929

Abstract

The research conducted was Psychological Well-Being on the orphanage children who live in the Taslimiyah Krebet Orphanage. From the narrative of the caregivers, there are some children who are not enthusiastic about participating in dormitory activities, still unaware of their potential, less social, and lacked confidence. Psychological Well-Being is a positive attitude for themselves and others, and has a good social relationship with their environment. This research was conducted at the Taslimiyah Krebet Orphanage, by selecting 4 subjects of orphanage teenagers living in the orphanage. The method in this study uses a qualitative method with a case study approach. The techniques used in data collection are through interviews and observations. The result obtained from this study indicates that the orphanage children at the Taslimiyah Krebet orphanage have high psychological well-being. It is proven that they are able to have a good accepting attitude, positive relationships, realize goals in life, have independence, can control the environment, have self-confidence, and understand their potential. It is also reinforced by the existence of good social support factors, the existence of a good economic status, the existence of a strong religion, and the existence of good personality control.
Pengaruh Self efficacy dan Manajemen Waktu Terhadap Stres Akademik Pada Siswa Achida Faiqotul Himmah; Nurul Shofiah
Journal of Indonesian Psychological Science (JIPS) Vol 1, No 01 (2021): The first Publication
Publisher : UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18860/jips.v1i01.14920

Abstract

Abstrak Kehidupan di lingkungan sekolah seharusnya menjadi ruang eksplorasi bagi individu untuk menyalurkan kreasinya. Namun terkadang, berbagai tuntutan akademik yang banyak, tugas yang menumpuk dan jadwal kegiatan yang padat, membuat siswa mengalami keadaan jenuh dan tertekan sehingga dapat memicu terjadinya stres. Faktor yang mempengaruhi stres yakni, self efficacy yang merupakan keyakinan seseorang dalam melakukan sesuatu yang mengarah pada pencapaian tujuan. Selain itu, manajemen waktu juga diperlukan agar aktivitas seseorang dapat berjalan efektif dan seimbang antara kemampuan yang dimiliki dengan tuntutan rutinitas yang dikerjakan. Tujuan Penelitian yakni (1) memaparkan tingkat stres akademik pada siswa, (2) memaparkan tingkat self efficacy pada siswa, (2) memaparkan tingkat manajemen waktu pada siswa, dan (4) pengaruh antara self efficacy dan manajemen waktu terhadap stres akademik pada siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis deskriptif dan regresi berganda. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X MA Wali Songo Putri Ngabar Ponorogo yang berjumlah 67 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat stres akademik siswa kelas X MA Wali Songo Putri Ngabar Ponorogo berada pada kategori sedang. Pada tingkat self efficacy dengan kategori sedang dan pada tingkat manajemen waktu, 70,1% juga mayoritas berada pada tingkat kategori sedang, dan berdasarkan hasil dari pengujian hipotesis penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara self efficacy dan manajemen waktu pada stres akademik dengan nilai R = 0,710 dan taraf signifikansi 0,000 (p0,05) dan secara bersama-sama memberikan kontribusi terhadap stres akademik sebesar 50,5%. Kesimpulan dalam penelitian ini secara secara bersama-sama self efficacy dan manajemen waktu memiliki pengaruh terhadap stres akademik pada siswa kelas X MA wali songo putri Ngabar Ponorogo.Kata kunci: Self Efficacy; Manajemen Waktu; Stres Akademik  AbstractLife in the school environment should be an exploration space for individuals to channel their creations. However, sometimes, a lot of academic demands piled up tasks and a hectic schedule of activities, make students experience a state of saturation and stress so that it can trigger stress. Factors that influence stress, namely, self-efficacy which is a person's belief in doing something that leads to the achievement of goals. In addition, time management is also needed so that one's activities can run effectively and in a balance between their abilities and the demands of the routine they do. The research objectives are (1) to explain the level of academic stress to students, (2) to explain the level of self-efficacy to students, (2) to explain the level of time management to students, and (4) the influence of self-efficacy and time management on academic stress in students. This study uses a quantitative approach with descriptive analysis and multiple regression. The sample in this study were students of class X MA Wali Songo Putri Ngabar Ponorogo, totalling 67 students. The results showed that the academic stress level of the tenth-grade students of MA Wali Songo Putri Ngabar Ponorogo was in the medium category. At the level of self-efficacy in the medium category and at the time management level, the majority of 70.1% are also at the moderate category level and based on the results of the research hypothesis testing, it shows that there is a significant effect between self-efficacy and time management on academic stress with a value of R = 0.710 and a significance level of 0.000 (p0.05) and jointly contributed to academic stress of 50.5%. The conclusion in this study jointly self-efficacy and time management influence academic stress in class X MA Wali Songo Putri Ngabar Ponorogo.Keywords: Self Efficacy; Time Management; Academic Stress

Page 1 of 2 | Total Record : 14