cover
Contact Name
Rizki Fakhrowan
Contact Email
rizki.fakhrowan@feb.unmul.ac.id
Phone
+6281347230406
Journal Mail Official
jimm.feb@gmail.com
Editorial Address
Jl.Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur Indonesia
Location
Kota samarinda,
Kalimantan timur
INDONESIA
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Published by Universitas Mulawarman
ISSN : -     EISSN : 27153789     DOI : http://dx.doi.org/10.30872/jimm.v1i1
Core Subject : Economy,
Publikasi artikel hasil penelitian bidang Ilmu Manajemen Terbit 4 kali dalam 1 tahun Diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unmul
Articles 23 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 4 (2020): November" : 23 Documents clear
Pengaruh pePengaruh persepsi nilai dan kepercayaan serta citra lembaga terhadap kepuasan siswa di lembaga kursus dan pelatihan multi sarana informatika samarindarsepsi nilai dan kepercayaan serta citra lembaga terhadap kepuasan siswa di lembaga kursus dan pelatihan multi sarana informatika samarinda Redy Harie Senjaya; Suharno Suharno; Yohanes Kuleh
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 5, No 4 (2020): November
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jimm.v5i4.5478

Abstract

Tuntutan dunia kerja yang semakin kompetitif dengan kompetensi tertentu mendorong masyarakat untuk menguasai keahlian atau keterampilan tertentu yang tidak di dapat pada pendidikan formal, selain itu  adanya pasar bebas Asian atau Asean Economi Community (AEC) 2015, turut memacu persaingan antar individu secara global, yang mendorong tumbuhnya lembaga kursus dan pelatihan di Indonesia. Data pertumbuhan LKP yang cenderung meningkat, menimbulkan situasi persaingan yang semakin ketat, membuat setiap LKP harus mampu survive, bahkan harus dapat terus berkembang. Salah satu hal penting yang perlu dilakukan dan diperhatikan oleh LKP untuk dapat bertahan dan berkembang adalah dengan terus mempertahankan dan meningkatkan kepuasan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji hubungan antara persepsi nilai dan kepercayaan serta citra lembaga terhadap kepuasan siswa. Model diuji melalui penggunaan metodologi persamaan struktural, Structural Equation Modelling (SEM)-Parsial Least Squares (PLS). Data empiris diambil dari 91 alumni lembaga kursus LKP Multi Sarana Informatika Samarinda. Metode kuesioner dan teknik convenience sampling digunakan dalam mengumpulkan data. Analisis data dengan statistik deskriptif dan analisis model persamaan struktural digunakan untuk menguji model hipotesis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi nilai, kepercayaan dan citra lembaga memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan siswa dengan tingkat signifikan statistik 0,05. Hasil juga menunjukkan bahwa kepercayaan adalah konstruk yang paling mempengaruhi kepuasan siswa di lembaga kursus. 
PENGARUH BRAND TRUST DAN CUSTOMER EXPERIENCE TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DAN LOYALITAS PELANGGAN PADA RUMAH SAKIT SAMARINDA MEDIKA CITRA DI SAMARINDA Anisa Mulyasa Insani; Tetra Hidayati; Saida Zainurossalamia
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 5, No 4 (2020): November
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jimm.v5i4.7266

Abstract

Anisa Mulyasa Insani, The Effect of Brand Trust and Customer Experience on Customer Satisfaction and Customer Loyalty at Samarinda Medika Citra Hospital in Samarinda. Supervised by Mrs Dr. Tetra Hidayati, SE., M.Si and Mrs. Dr. Saida Zainnurossalamia, SE., M.Si. The purpose of this study was to find out about  The Effect of Brand Trust and Customer Experience on Customer Satisfaction and Customer Loyalty at Samarinda Medika Citra Hospital in Samarinda. This research is a quantitative research. The population in this study is the entire community in the city of Samarinda and have used services at the Samarinda Medika Citra hospital. The sample used in this study amounted to 90 respondents and using accidental sampling technique. The data analysis technique used is path analysis. In this study, the data used are primary and secondary data. The primary data collection method is carried out by a survey method with a questionnaire that distributed directly using Google Form, the primary data processing in this study used SPSS version 20 assistance program. The results of this study indicate that : (1) The relationship of Brand Trust has a positive and significant influence on Customer Satisfaction (2) Customer Experience has a positive and significant influence on Customer Satisfaction (3) Customer Satisfaction has a positive and significant influence on Customer Loyalty (4) Brand Trust has a positive and significant influence significant to Customer Loyalty (5) Customer Experience has a positive and significant influence on Customer Loyalty.
Analisis bullwhip effect pada makaroni kang kabayan (distributor makaroni samarinda) Rio Andika pratama; Ardi Paminto; Doddy Adhimursandi
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 5, No 4 (2020): November
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jimm.v5i4.8671

Abstract

Hasil pengujian menunjukkan bahwa pada metode awal yang dilakukan oleh Makaroni Kang Kabayan nilai bullwhip effect sebesar 1,665 ( 1), yang terjadi karena besarnya variansi order yang dilakukan Makaroni Kang Kabayan melebihi variansi demand dari reseller, sehingga selama periode Januari 2019-Februari 2020 harus menanggung beban persediaan dari 45.750 Pak produk. Penggunaan naive method mampu mengurangi nilai bullwhip effect, sehingga nilai bullwhip effect sama dengan satu, yang bermakna variansi order yang dilakukan Makaroni Kang Kabayan sama dengan variansi demand dari reseller. Selain itu dengan menggunakan naive method, Makaroni Kang Kabayan hanya perlu menanggung beban persediaan dari 25.950 Pak produk selama periode Januari 2019-Februari 2020.
PENGARUH PENGALAMAN KERJA DAN PENDIDIKAN TERHADAP PRESTASI KERJA DAN PENGEMBANGAN KARIR KARYAWAN MUHAMMAD HATTA NURHIDAYAT; Prof. Dr. Muhammad Saleh, MS; Dr. Gusti Noorlitaria Achmad, SE, MM
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 5, No 4 (2020): November
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jimm.v5i4.7171

Abstract

Abstract Job Satisfaction and Employee Performance are very important for the achievement of Vision and Mission Dinas Cipta Karya dan Tata Kota Samarinda.The purpose of this research is to find out and analyze the direct influence of the Job itself, Incentives, Promotion Opportunities, Supervision, Coworkers, Working Conditions on job satisfaction and employee performance, and to know and analyze the direct influence of job satisfaction and employee performance on Dinas Cipta Karya dan Tata Kota Samarinda. The results of the study show that the Job Directly has a positive and significant effect on job satisfaction, Direct incentives have a positive but not significant effect on Job Satisfaction, Promotion Opportunities directly have a positive and significant effect on Job Satisfaction, Direct supervision has a positive and significant effect on Satisfaction Work, coworkers directly have a positive and significant effect on Job Satisfaction, Working Conditions are directly negative and not significant towards Job Satisfaction, Jobs Alone are directly positive and significant to Employee Performance, Incentives are directly positive but not significant to Employee Performance, Opportunity Promotions are directly positive and significant towards Employee Performance, Supervision directly has a positive and significant effect on Employee Performance, Cooperation Partners directly have a positive and significant effect on Ki Employee Performance, Working Conditions are directly negative and not significant to Employee Performance, Job Satisfaction is directly positive but not significant to Employee Performance.Keywords : Work Alone, Incentives, Promotion Opportunities, Supervision,       Colleagues, Working Conditions, Job Satisfaction, Employee Performance
Pengaruh brand identity dan brand postioning terhadap pembentukan brand image pada lg smart tv di kota samarinda Rizka Ridha Aulia; Syarifah Hudayah; sri wahyuni
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 5, No 4 (2020): November
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jimm.v5i4.6586

Abstract

Rizka Ridha Aulia. Pengaruh Brand Identity dan Brand Positioning Terhadap Pembentukan Brand Image Pada LG Smart TV Di Kota Samarinda (Dibimbing oleh Prof. Dr. Hj. Syarifah Hudayah, M.Si dan Dr. Hj. Sri Wahyuni, SE., M.Si).Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh brand identity terhadap pembentukan brand image pada LG Smart TV di Kota Samarinda serta untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh brand positioning terhadap pembentukan brand image pada LG Smart TV di Kota Samarinda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand identity berpengaruh signifikan dan positif dengan nilai  adalah 0,000α = 0,05 terhadap pembentukan brand image pada LG Smart TV di Kota Samarinda, yang berarti hipotesis pertama diterima. Brand positioning berpengaruh signifikan dan positif dengan nilai  adalah 0,000α = 0,05 terhadap pembentukan brand image pada LG Smart TV di Kota Samarinda, yang berarti hipotesis kedua diterima.
Pengaruh E-Service Quality Dan Information Quality Terhadap E-Satisfaction Dan Dampaknya Terhadap E-Loyalty Rhandy Chandra Wahyudi; Zainal Abidin; Saida Zainurossalamia
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 5, No 4 (2020): November
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jimm.v5i4.8346

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh pengaruh kualitas layanan elektronik dan kualitas informasi terhadap kepuasan elektronik dan dampaknya terhadap loyalitas elektronik konsumen shopee, penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yaitu kuesioner dengan pertimbangan-pertimbangan tertentu. Kuesioner berhasil dikumpulkan dan diolah menggunakan metode Structural Equation Modeling dengan program SmartPLS. Hasil Penelitian menunjukan (1) kualitas layanan elektronik memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan elektronik, (2) kualitas layanan elektronik berpengaruh tidak signifikan terhadap loyalitas elektronik, (3) Kualitas Informasi berpengaruh signifikan terhadap kualitas layanan elektronik, (4) kualitas informasi berpengaruh tidak signifikan terhadap loyalitas elektronik, (5) kepuasan elektronik memiliki pengaruh signifikan terhadap loyalitas elektronik.
Pengaruh pengawasan dan kecerdasan emosional terhadap disiplin kerja dalam meningkatkan kinerja pegawai bapenda provinsi kalimantan timur Yudhea Sutrisno; Djoko Setyadi; Ledy Setyawati
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 5, No 4 (2020): November
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jimm.v5i4.7671

Abstract

Dalam penelitian ini melibatkan pegawai Pada Bapenda Provinsi Kalimantan Timur. Dalam penelitian ini, untuk melihat kinerja pegawai digunakan sampel 51 responden. Adapun analisis data yang digunakan oleh penulis adalah Structural Equation Model (SEM). Pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis multivariate yang dijalankan melalui program SmartPLS. Analisis data melalui partial Least Square (PLS) dilakukan melalui dua tahap, yaitu: Pertama, Menilai outer model atau model pengukuran. Kedua, Menilai Inner model atau model structural. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengawasan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap disiplin kerja pegawai, Kecerdasan emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap disiplin kerja pegawai, Pengawasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai, Kecerdasan emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai, Disiplin kerja berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kinerja pegawai.
DAMPAK KONDISI MAKROEKONOMI DAN FAKTOR FUNDAMENTAL PERUSAHAAN TERHADAP NON PERFORMING LOAN BANK PEMBANGUNAN DAERAH DI INDONESIA mukhamad helmi; sri mintarti; rizky yudaruddin
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 5, No 4 (2020): November
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jimm.v5i4.6621

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui apakah pertumbuhan ekonomi, inflasi, Return on Asset dan Firm Size memiliki pengaruh terhadap Non Performing Loan Bank Pembangunan Daerah di Indonesia periode 2014-2017. Penelitian ini menggunakan data laporan keuangan tahunan Bank Pembangunan Daerah dan data pertumbuhan ekonomi serta inflasi masing-masing provinsi dimana Bank Pembangunan Daerah tersebut beroperasi selama periode 2014-2017. Dengan jumlah sampel penelitian ini terdiri 24 Bank Pembangunan Daerah dimana pengujian dilakukan dengan analisis regresi linier berganda.Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh negatif dan signifikan dari Return on Asset terhadap Non Performing Loan. Sementara itu Firm Size memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Non Performing Loan. Pada pengujian hipotesis lainnya, baik pertumbuhan ekonomi maupun inflasi, keduanya berpengaruh tidak signifikan terhadap Non Performing Loan Bank Pembangunan Daerah di Indonesia periode 2014-2017.
PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN LOYALITAS MEREK SERTA KEPERCAYAAN MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HAND AND BODY LOTION MEREK CITRA DI KOTA SAMARINDA Yulfatia Palembangan; Hj Rahmawati SE.,MM; Muhammad Wasil SE., M.Si
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 5, No 4 (2020): November
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jimm.v5i4.6416

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah model yang menjelaskan proses  dari Kualitas Produk, dan Loyalitas Merek serta Kepercayaan Merek Terhadap Keputusan Pembelian Hand and Body Lotion merek Citra di Kota Samarinda. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan cara mengambil keseluruhan populasi yang ada di Kota Samarinda untuk dijadikan sampel penelitian, sehingga sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 85 responden. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linear berganda. Hasil dari pengujian menunjukkan bahwa Kualitas Produk berpengaruh secara positif signifikan terhadap keputusan pembelian Hand and Body Lotion merek Citra di Kota Samarinda, Loyalitas Merek berpengaruh secara positif signifikan terhadap keputusan pembelian Hand and Body Lotion merek Citra di Kota Samarinda, Kepercayaan Merek berpengaruh secara positif signifikan terhadap keputusan  pembelian Hand and Body Lotion merek Citra di Kota Samarinda.
PEMBERDAYAAN KARYAWAN DAN KEPUASAN KERJA SERTA DUKUNGAN ORGANISASI TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI PADA PT AGRONUSA SARTIKA SAMARINDA Yolanda Velen Ticia; Ariesta Heksarini; Siti Maria
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 5, No 4 (2020): November
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jimm.v5i4.6044

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pemberdayaan Karyawan dan Kepuasan Kerja serta Dukungan Organisasi terhadap Komitmen Organisasi. Populasi dari penelitian ini adalah karyawan PT. Agronusa Sartika Samarinda sebanyak 40 karyawan. Pengambilan sampel dengan cara Sampling Jenuh, sehingga semua anggota populasi digunakan sebagai sampel yaitu sebanyak 40 responden. Data dikumpulkan dengan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah Regresi Linier Berganda dengan menggunakan program Statistical Product and Service Solutions (SPSS) 22 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemberdayaan Karyawan, Kepuasan Kerja dan Dukungan organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Komitmen Organisasi

Page 1 of 3 | Total Record : 23