cover
Contact Name
Rizki Fakhrowan
Contact Email
rizki.fakhrowan@feb.unmul.ac.id
Phone
+6281347230406
Journal Mail Official
jimm.feb@gmail.com
Editorial Address
Jl.Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur Indonesia
Location
Kota samarinda,
Kalimantan timur
INDONESIA
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Published by Universitas Mulawarman
ISSN : -     EISSN : 27153789     DOI : http://dx.doi.org/10.30872/jimm.v1i1
Core Subject : Economy,
Publikasi artikel hasil penelitian bidang Ilmu Manajemen Terbit 4 kali dalam 1 tahun Diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unmul
Articles 32 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 3 (2022): September" : 32 Documents clear
Pengaruh kesadaran merek (brand awareness) dan kepercayaan merek (brand trust) terhadap keputusan pembelian Alzahra Sepbrina Arpani; Purwadi Purwadi
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 7, No 3 (2022): September
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jimm.v7i3.9507

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji kesadaran merek (brand awareness) dan kepercayaan merek (brand trust) berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen sampo merek Dove di Kota Samarinda. Variabel independen dalam penelitian ini adalah kesadaran merek dan kepercayaan merek. Sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini adalah keputusan pembelian. Terdapat 100 responden berhasil dikumpulkan dalam penelitian ini. Penelitian ini bersifat kuantitatif dan pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner. Sementara itu alat analisis yang digunakan adalah analisis linear berganda dan program yang digunakan untuk mengolah data adalah IBM SPSS 25.0.
Pengaruh motivasi dan work engagement terhadap employee performance Azura Septy Devi; Syaharuddin Y Syaharuddin Y
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 7, No 3 (2022): September
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jimm.v7i3.10014

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengetahui pengaruh motivasi  dan work engagement terhadap employee performance Hotel Aston Samarinda. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan Hotel Aston Samarinda yang berjumlah 85 orang. Hasil regresi linier berganda menunjukkan bahwa kelayakan model diperoleh nilai signifikan sebesar 0,000 0,05 yang menyatakan model layak dianalisis dengan analisis regresi linier berganda. Uji hipotesis menunjukkan nilai koefisien regresi variabel motivasi adalah 0,483 dengan signifikansi sebesar 0,000 0,05 dan nilai koefisien regresi variabel work engagement sebesar 0,417 dengan signifikansi sebesar 0,000 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi dan work engagement memiliki  pengaruh positif dan signifikan terhadap employee performance Hotel Aston Samarinda.
Pengaruh motivasi kerja dan lingkungan kerja fisik serta kompensasi finansial terhadap kinerja karyawan Vika Yuli Novita Sari; Zainal Ilmi; Dirga Lestari AS
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 7, No 3 (2022): September
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jimm.v7i3.10591

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Motivasi Kerja dan Lingkungan Kerja Fisik serta Kompensasi Finansial terhadap Kinerja Karyawan pada Hotel Grand Victoria Samarinda. Metode pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh karena semua anggota populasi dilibatkan sebagai sampel dengan sampel yang digunakan dalam penelitian berjumlah 50 orang karyawan. Penelitian ini bersifat kuantitatif. Pengumpulan data dengan kuesioner dengan menguji motivasi kerja dan lingkungan kerja fisik serta kompensasi finansial sementara variabel terikat adalah kinerja karyawan. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan metode analisis data Partial Least Square (PLS) dengan Ver 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, lingkungan kerja fisik berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, kompensasi finansial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan.
Pengaruh kapabilitas pemasaran dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran Siti Zubaidah; Alexander Sampeliling
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 7, No 3 (2022): September
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jimm.v7i3.9730

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh kapabilitas pemasaran dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran. Survey dilakukan pada 47 Toko/Furniture di Samarinda yang menjual produk dari Meubel Jati Jepara di Samarinda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kapabilitas pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran pada produk Muebel Jati Jepara Samarinda dengan nilai signifikan kapabilitas pemasaran (X1) adalah 0,015 0,05. Orientasi kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran dengan nilai signifikan orientasi kewirausahaan (X2) 0,000 0,05.
Politic influence dan corporate governance terhadap earning management perusahaan sub sektor kontruksi di bei Gery Nugroho; Ardi Paminto; Rizky Yudaruddin
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 7, No 3 (2022): September
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jimm.v7i3.8631

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh Politic Influence dan Corporate Governance terhadap Earning Management. Objek dari penelitian ini adalah perusahaan sektor kontruksi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2015-2018. Dengan jumlah populasi 18 perusahaan dan jumlah sampel berdasarkan teknik purposive sampling yaitu 11 perusahaan. Alat analisis yang digunakan adalah regresi data panel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa politic influence berpengaruh positif siginifikan terhadap earning management, politic influence berpengaruh negatif signifikan terhadap corporate governance, corporate governance berpengaruh positif signifikan terhadap earning management, corporate governance tidak memiliki pengaruh mediasi antara politic influence terhadap earning management.
Pengaruh brand image dan label halal terhadap keputusan pembelian produk Maulidah Maulidah; Suharno Suharno
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 7, No 3 (2022): September
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jimm.v7i3.10778

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah Brand Image dan Label Halal berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah Pada Konsumen Wanita di Kota Samarinda. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Brand Image dan Label Halal, sementara variable terikat dalam penelitian ini adalah Keputusan Pembelian. Penelitian ini dilakukan pada konsumen produk kosmetik Wardah di Kota Samarinda, yang terdiri dari 120 responden. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner dengan menguji pengaruh Brand Image dan Label Halal terhadap Keputusan Pembelian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Brand Image berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Sedangkan Label Halal berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian.
Pengaruh self-efficacy dan motivasi intrinsik terhadap kinerja driver Ade Andhika; Sukisno Selamet Riadi
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 7, No 3 (2022): September
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jimm.v7i3.9810

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji bagaimana pengaruh Teamwork dan Stres Kerja secara langsung terhadap variabel Kepuasan Kerja dan Kinerja Karyawan Giant Ekstra Alaya Samarinda. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Teamwork, Stres Kerja dan Kepuasan Kerja sementara variabel terikat adalah Kinerja Karyawan. Penelitian ini dilakukan pada Giant Ekstra Alaya Samarinda yang terdiri dari 51 responden. Penelitian ini bersifat kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan menguji Teamwork dan Stres Kerja terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja karyawan. Analisis data menggunakan teknik analisis PLS (Partial Least Square). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Teamwork berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Kerja, Teamwork berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Karyawan, selanjutnya Stres Kerja berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Kepuasan Kerja, Stres Kerja berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Kinerja Karyawan, dan Kepuasan Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Karyawan Giant Ekstra Alaya Samarinda.
Pengaruh corporate social responsibility terhadap earnings management dengan kepemilikan pemerintah sebagai variabel moderasi pada perusahaan sub sektor konstruksi yang terdaftar di bursa efek Indonesia Ratih Kumala Oktaviani; Justina Ade Judiarni
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 7, No 3 (2022): September
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jimm.v7i3.9434

Abstract

Studi ini menganalisis dengan menggunakan sampel sebanyak 9 perusahaan di sub sektor konstruksi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2018 dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris mengenai dampak variabel independen, yaitu: Corporate Social Responsibility dan Kepemilikan Pemerintah sebagai variabel moderasi. Alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi data panel dan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Corporate Social Responsibility berpengaruh negative signifikan terhadap Earnings Management, (2) Kepemilikan pemerintah berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap Earnings Management, (3) Kepemilikan Pemerintah memoderasi pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Earnings Management.
Pengaruh work-life balance dan kepuasan kerja terhadap komitmen organisasional serta kinerja agen Novelinka Alfatiana Laima; Djoko Setyadi
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 7, No 3 (2022): September
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jimm.v7i3.11616

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah Pengaruh Work-Life Balance dan Kepuasan Kerja terhadap Komitmen Organisasional serta Kinerja Agen Pada PT. Prudential Life Assurance Cabang Samarinda. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Work-Life Balance dan Kepuasan Kerja. Sementara variabel terikat adalah Komitmen Organisasional dan Kinerja Agen. Penelitian ini dilakukan pada PT Prudential Life Assurance Cabang Samarinda. yang terdiri dari 55 responden.  Penelitian ini bersifat kuantitatif. Pengumpulan data dengan kuesioner dengan menguji Work-Life Balance dan Kepuasan Kerja terhadap Komitmen Organisasional dan Kinerja Agen. Analisis data menggunakan teknik analis PLS (Parsial Least Square). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Work-Life Balance berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Komitmen Organisasional, Kepuasan Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Komitmen Organisasional. Selanjutnya, Work-Life Balance berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Agen. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa Kepuasan Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Agen, serta Komitmen Organisasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Agen pada PT Prudential Life Assurance Cabang Samarinda.
Pengaruh green product, harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian produk eco racing Vicky Indra Wahyu; Rahmawati Rahmawati
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 7, No 3 (2022): September
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jimm.v7i3.10823

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh green product, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian. Variabel independen dalam penelitian ini adalah green product,harga dan promosi. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah keputusan pembelian. Penelitian ini dilakukan pada penguna eco racing di Samarinda yang terdiri dari 75 responden dengan teknik simple random sampling. Penelitian ini bersifat kuantitatif, pengumpulan data primer menggunakan kuesioner tertutup, responden hanya memilih jawaban dari opsi yang telah ditentukan. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda melalui software SPSS versi 23. Hasil penelitian menyatakan bahwa variable green product, harga dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.

Page 1 of 4 | Total Record : 32