cover
Contact Name
Rizki Fakhrowan
Contact Email
rizki.fakhrowan@feb.unmul.ac.id
Phone
+6281347230406
Journal Mail Official
jimm.feb@gmail.com
Editorial Address
Jl.Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur Indonesia
Location
Kota samarinda,
Kalimantan timur
INDONESIA
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Published by Universitas Mulawarman
ISSN : -     EISSN : 27153789     DOI : http://dx.doi.org/10.30872/jimm.v1i1
Core Subject : Economy,
Publikasi artikel hasil penelitian bidang Ilmu Manajemen Terbit 4 kali dalam 1 tahun Diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unmul
Articles 31 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 4 (2022): November" : 31 Documents clear
Pengaruh person job fit dan beban kerja terhadap turnover intention karyawan Serly Musdalipah; Robiansyah Robiansyah
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 7, No 4 (2022): November
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jimm.v7i4.9427

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah pengaruh Person Job Fit dan Beban Kerja berpengaruh baik secara langsung maupun tidak langsung pada Turnover Intention Karyawan PT Columbus Samarinda. Variabel bebas dalam penelitian ini Person Job Fit dan Beban Kerja, sementara variabel terikat adalah Turnover Intention. Penelitian ini dilakukan pada karyawan PT Columbus Samarinda yang terdiri dari 50 responden. Penelitian ini bersifat kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan menguji Person Job Fit dan Beban Kerja terhadap Turnover Intention. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Person Job Fit tidak berpengaruh signifikan terhadap Turnover Intention, sedangkan Beban Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Turnover Intention karyawan PT Columbus Samarinda.
Pengaruh perilaku kepemimpinan terhadap kepuasan kerja dan komitmen organisasi Mamuaya Febe; Tetra Hidayati; Siti Maria
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 7, No 4 (2022): November
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jimm.v7i4.12386

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji bagaimana Pengaruh Perilaku Kepemimpinan terhadap Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi pada Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Timur. Sebuah permodelan telah dibangun dan dua hipotesis telah dirumuskan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dimana dari populasi akan dipilih secara acak dengan pertimbangan tertentu berjumlah 73 orang dijadikan sebagai sampel. Dengan kuisioner skala likert sebagai pengumpulan data. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan SPSS sebagai alat hitungnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja. Perilaku kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasi.
Pengaruh kualitas website, kepercayaan dan persepsi risiko menggunakan e-commerce terhadap keputusan pembelian pengguna lazada Vivi Zuleha; Asnawati Asnawati
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 7, No 4 (2022): November
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jimm.v7i4.10771

Abstract

Penelitian ini bersifat kuantitatif. Pengumpulan data dengan kuesioner dengan menguji Kualitas Website, Kepercayaan Dan Persepsi Risiko, Sementara variabel terikat adalah Keputusan Pembelian. Analisis data menggunakan teknik analisis PLS (Parsial Least Square). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kualitas website berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pengguna lazada, kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pengguna lazada, dan persepsi risiko berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pengguna lazada.
Pengaruh kualitas pelayanan dan kelengkapan produk terhadap kepuasan pelanggan Moethya Apriliyanty; Purwadi Purwadi
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 7, No 4 (2022): November
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jimm.v7i4.9862

Abstract

Kualitas pelayanan dan kelengkapan produk memiliki pengaruh tehadap kepuasan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk membangun suatu konsep yang membuktikan pengaruh antara kualitas pelayanan dan kelengkapan produk terhadap Oentha Ritel Mangkurawang. Variabel Kualitas Pelayanan diteliti dengan menggunakan 5 indikator yakni keandalan, daya tanggap, jaminan, empati dan bukti fisik. Sedangkan variabel Kelengkapan Produk diteliti dengan menggunakan 4 indikator yakni jenis bervariasi, merek bervariasi, stok banyak dan produk lengkap. Indikator tersebut dituangkan secara rinci dalam butir-butir pertanyaan yang berupa angket dan dibagikan kepada responden. Penyekoran dan pengukuran pada alternatif jawaban menggunakan skala yang memiliki lima alternatif jawaban, yakni: 1 = Sangat tidak setuju, 2 = Tidak Setuju, 3 = Cukup, 4 = Setuju, 5= Sangat setuju.
Pengaruh servant leadership dan kompensasi finansial terhadap kinerja pegawai RRI Samarinda Siti Aisyah Hapsari; Ardi Paminto
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 7, No 4 (2022): November
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jimm.v7i4.8834

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Servant Leadership dan Kompensasi Finansial terhadap kinerja pegawai RRI Samarinda. Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai RRI Samarinda yaitu sebanyak 40 pegawai. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Nonprobability Sampling dengan teknik Sampling Jenuh sehingga sampel pada penelitian ini sebanyak 40 pegawai. Alat analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda dengan bantuan software Statistikal Package for the Social Sciens (SPSS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Servant Leadership dan Kompensasi Finansial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai.
Pengaruh physical evidence, customer relation marketing dan selera terhadap keputusan konsumen pada vendor wedding Zaidan Ibrahim; Muhammad Amin Kadafi
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 7, No 4 (2022): November
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jimm.v7i4.11333

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Physical Evidence, Customer Relation Marketing dan Selera terhadap Keputusan Konsumen pada Vendor Wedding di Balikpapan. Populasi dalam pelitian ini adalah customer dan calon customer vendor wedding di kota Balikpapan. Teknik pemilihan sampel menggunakan nonprobability Sampling dengan metode Purposive Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 112 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan Kuesioner. Analisis dilakukan dengan menggunakan Statistical Product and Service Solutions (SPSS) dengan Aplikasi IBM SPSS versi 21.Hasil dari penelitian ini menunjukkan: (1) Physical Evidence berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, (2) Customer Relation Marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian, (3) Selera  berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian.
Pengaruh pengembangan karir dan stres kerja terhadap turnover intention Rivandi Rachmad; Zainal Ilmi; Alex sampeliling
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 7, No 4 (2022): November
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jimm.v7i4.10288

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dari pengembangan karir dan stres kerja berpengaruh terhadap turnover intention karyawan bagian CRO PT. Finansia Multi Finance di Tanjung Redeb. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pengembangan karir dan stres kerja sementara variabel terkait adalah turnover intention. Penelitian ini dilakukan pada karyawan CRO PT. Finansia Multi Finance di Tanjung Redeb yang terdiri dari 62 responden. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner penelitian. Analisis data menggunakan regresi linear berganda dengan menggunakan Software SPSS sebagai alat peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan karir berpengaruh negatif signifikan terhadap turnover intention dan stres kerja berpengaruh positif signifikan terhadap turnover intention.
Pengaruh green marketing mix dan corporate social responsibility terhadap niat beli Maulana Suef; Saida Zainurossalamia ZA; Sugeng Raharjo
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 7, No 4 (2022): November
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jimm.v7i4.9618

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Green Marketing Mix dan Corporate Social Responsibility terhadap Niat Beli. Penelitian ini menggunakan 90 konsumen maupun member yang menggunakan produk Tupperware Di Kabupaten Kutai Kertanegara sebagai sampel secara acak sederhana. Analisis dilakukan dengan menggunakan model persamaan struktural (SEM) dan diolah dengan menggunakan Partial Least Squares (PLS) 3.0. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa Green Marketing Mix dan Corporate Social Responsibility berpengaruh secara simultan terhadap niat beli produk Tupperware Di Kabupaten Kutai Kertanegara. Hasil penelitian ini diharapkan bisa menjadi referensi bagi perusahaan manufaktur lainnya agar lebih mengedepankan kelestarian lingkungan dengan meminimalisir limbah hasil produknya.
Pengaruh content creation, e-retail service quality terhadap keputusan pembelian dengan variabel intervening niat beli Fajar Lutfi Nursandy; Rahmawati Rahmawati
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 7, No 4 (2022): November
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jimm.v7i4.10865

Abstract

Retail modern memilih menggunakan social media marketing sebagai media berinteraksi dan berkomunikasi, selain itu social media juga digunakan sebagai media dalam melakukan promosi pada retail store. Penelitian ini memiliki tujuan dalam menjelaskan pengaruh social media content creation, dan e-retail service quality terhadap keputusan pembelian melalui social media instagram dengan niat beli sebagai variabel Intervening pada Bobo Tododo di kota Samarinda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan populasi yaitu konsumen retail store Bobo Tododo di kota Samarinda, dengan jumlah sampel sebanyak 96 responden, data dikumpulkan dengan alat pengumpulan data kuesioner. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Partial Least Square (PLS) dengan uji koefisien outer model, inner model dan uji sobel. Hasil penelitian menunjukkan content creation berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian, e-retail service quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, niat beli berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, content creation berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian dengan dimediasi oleh niat beli, e-retail service quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan dimediasi oleh niat beli.
Pengaruh brand image dan brand trust serta brandexperience, terhadap brand loyalty Raeynisa Nur Shabella; Mohammad Wasil
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 7, No 4 (2022): November
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jimm.v7i4.9903

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Membangun model yang menjelaskan proses Pengaruh Brand Image, Brand Trust, Brand Experience, Terhadapa Brand Loyalty Pada Pengguna Kosmetik Halal di Samarinda. Penelitian ini dilakukan pada wanita dan pria yang berusia 17-35 tahun ke atas dan yang menggunakan Kosmetik Halal di Samarinda. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah  Data kuantitatif dan kualitatif. Metode pengolahan data yang digunakan peneliti adalah analisis regresi linier berganda menggunakan SPSS. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 80 responden. Pada wanita dan pria yang berusia 17-35 tahun ke atas dan yang menggunakan Kosmetik Halal di Samarinda. Metode pegambilan sampel dengan menggunakan metode purposive sampling. Data yang diperoleh merupakan data primer yang merupakan hasil dari jawaban responden atas kuesioner yang disebarkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Brand Image, Brand Trust, Brand Experience, berpengaruh positif dan signifikan terhadap Brand Loyaltypada pengguna Kosmetik Halal di Samarinda.

Page 1 of 4 | Total Record : 31