cover
Contact Name
Adiyanto
Contact Email
info@ipem.ac.id
Phone
+6285213677334
Journal Mail Official
info@unipem.ac.id
Editorial Address
Jl. Raya Serang Km. 10 Bitung, Curug, Tangerang 15810
Location
Kota tangerang,
Banten
INDONESIA
Jurnal Insan Pembangunan Sistem Informasi dan Komputer (IPSIKOM)
ISSN : 23384093     EISSN : 26866382     DOI : 10.58217
Jurnal Insan Pembangunan Sistem Informasi dan Komputer (IPSIKOM) diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Insan Pembangunan Indonesia sejak Juni 2017. IPSIKOM memuat naskah hasil-hasil penelitian di bidang Sistem Informasi dan Ilmu Komputer. IPSIKOM berkomitmen untuk memuat artikel berbahasa Indonesia yang berkualitas dan dapat menjadi rujukan utama para peneliti dalam bidang Sistem Informasi dan Ilmu Komputer. Scope Jurnal IPSIKOM Big Data Artificial Intelligence Information system Accounting System Information Education Technology Information Security information Data mining Application Information System Business Intelligence Decision Support Systems Intelligent Systems Machine Learning Network and Computer Security Optimization Pattern Recognition Soft Computing Software Engineering Information Technologi
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2017): JUNI" : 12 Documents clear
PERANCANGAN ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (E-CRM) DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN PADA CV. MITRA BOGA TAMA . Pratomo Djati Nigroho; Putri Ristya Ningrum
Insan Pembangunan Sistem Informasi dan Komputer (IPSIKOM) Vol 5, No 1 (2017): JUNI
Publisher : Universitas Insan Pembangunan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58217/ipsikom.v5i1.38

Abstract

Pratomo Djati Nugroho, S.Pi., M.Kom., CHFIDosen STMIK Insan Pembangunan, Bitung. Tangerang.HP : +6285646684418. Email : nextservo@gmail.comPutri Ristya Ningrum, S.Pi.Mahasiswa Pasca Sarjana Program Studi Magister Manajemen Universitas Budi Luhur, Jakarta.Email : putri.ristya.ningrum@gmail.comABSTRAKCV Mitra Boga Tama merupakan perusahaan distributor berbagai jenis daging sapi import maupun lokal,daging ayam, ikan dan kebutuhan protein lainnya, dalam keadaan fresh frozen, baik skala kecil maupun skalabesar. Dalam upaya untuk mendapatkan loyalitas pelanggan, perusahaan distributor CV. Mitra Boga Tamaharus berfikir mencari cara untuk melayani pelanggan dengan efektif dan akurat karena perusahaan belumsepenuhnya mengetahui karakteristik dari setiap pelanggan. Hal ini dapat menyebabkan pelanggan berpindah keperusahaan kompetitor. Oleh karena itu, perlu adanya suatu media yang dapat mengelola hubungan antaraperusahaan dan pelanggan dengan mengaplikasikan konsep Electronic Customer Relationship Management (eCRM). Konsep Electronic Customer Relationship Management (e-CRM) itu sendiri berguna untuk memantauatau memonitoring setiap kegiatan dan keinginan pelanggan yang ada, sehingga dapat menunjang parastakeholder untuk dapat memberikan pelayanan yang lebih baik, serta dalam pengambilan keputusan dapat lebihcepat, tepat dan akurat. Dengan demikian konsep Electronic Customer Relationship Management (e-CRM) inidapat menjawab semua permasalahan atau semua kendala yang terjadi di dalam perusahaan distributor CV.Mitra Boga Tama.Kata kunci : Electronic Customer Relationship Management, Loyalitas, Pelanggan
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENERIMAAN MAHASISWA BARU BERBASIS WEB STUDI KASUS STMIK SWADHARMA Ipang Sasono
Insan Pembangunan Sistem Informasi dan Komputer (IPSIKOM) Vol 5, No 1 (2017): JUNI
Publisher : Universitas Insan Pembangunan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58217/ipsikom.v5i1.41

Abstract

Ipang Sasonoisasono@yahoo.comDosen Tetap STMIK Insan PembangunanABSTRAKSekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Swadharma merupakansuatu perguruan tinggi swasta yang bergerak dibidang pendidikan khususnya dibidang informatika.Dalam kegiatan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) STMIK Swadharma masih memilikikendala. Hal ini dikarenakan Pencatatan dan pencetakan data masih bersifat manual dan apabilaingin menghasilkan sebuah laporan, petugas harus melihat data satu persatu.Dengan timbulnya masalah tersebut, maka dirancang suatu sistem informasi PenerimaanMahasiswa Baru berbasis web. Namun, sistem yang akan dibuat tak hanya mengedepankanperkembangan karakteristik masyarakat modern saja, tetapi juga keakuratan dalam menghasilkanlaporan yang flexibel. Untuk itu sebelum sistem ini diluncurkan secara online, dilakukan penelitianmengenai field-field yang dibutuhkan agar dapat memudahkan user di dalam menggunakan sistemtersebut. Sistem informasi Penerimaan Mahasiswa Baru berbasis web ini juga nantinya diharapkandapat meningkatkan jumlah mahasiswa yang masuk ke STMIK Swadharma. Metode penelitianyang digunakan adalah berdasar metode kualitatif.pengumpulan data dengan cara observasi danwawancara. Sedangkan metode untuk penilaian mengunakan ISO 9126Penerapan sistem yang baru akan dilakukan dengan cara cut over, diharapkan segeradilaksanakan. Karena akan membantu dalam urusan pekerjaan terkait dengan pengolahan sistempenerimaan mahasiswa baru, membantu dalam menyusun laporan dan mencari data yangdiperlukan.Kata Kunci : Penerimaan Mahasiswa Baru, Website
ANALISA DAN PERANCANGAN APLIKASI CAREER DEVELOPMENT CENTER PADA STMIK INSAN PEMBANGUNAN (STUDI KASUS : PROGRAM STUDI INFORMASI) Vanessa Stefany; . Nurasiah; Gusti Nyoman Budiadnyana
Insan Pembangunan Sistem Informasi dan Komputer (IPSIKOM) Vol 5, No 1 (2017): JUNI
Publisher : Universitas Insan Pembangunan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58217/ipsikom.v5i1.39

Abstract

Vanessa Stefanny1,Nurasiah, S.Kom.,MMSI2, Gusti Nyoman Budiadnyana, S.Kom., MM2Jurusan Sistem Informasi, STMIK Insan Pembangunan1MahasiswaJurusanSistemInformasi, STMIK Insan Pembangunan2Dosen Pengajar, STMIK Insan PembangunanJl. Raya Serang Km. 10 Bitung – TangerangABSTRACTIn order to facility data of ex-graduate maintaining and career information distributionto all of member of STMIK Insan Pembangunan especially Information System,information system is made to handle that. It is an application that named CareerDevelopment Center. In processing that aplication, the writer do examination byinterview, observation and from books or literatures and then continue to model it withUML diagrams. Along with this system, it is hoped that recapitulaton of ex-graduateand career information spreading about job vacancy, tips and training/workshop canhelp user to maintain it.Key Words : UML, Career, ex-graduate, STMIK Insan Pembangunan, Analisys
PERANCANGAN APLIKASI SISTEM INFORMASI PENDATAAN SPAREPART REJECT PADA PT. MUTIARA FORKLIFT . Tajudin; Aminul Fitri; . WInanti
Insan Pembangunan Sistem Informasi dan Komputer (IPSIKOM) Vol 5, No 1 (2017): JUNI
Publisher : Universitas Insan Pembangunan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58217/ipsikom.v5i1.37

Abstract

1Tajudin, 2Aminul Fitri, 3WinantiMahasiswa Jurusan Sistem Informasi STMIK Insan PembangunanDosen Tetap Jurusan Sistem Informasi STMIK Insan PembangunanJl. RayaABSTRAKPerkembangan informasi teknologi diseluruh dunia makin berkembang, kebutuhan akan informasi danpengolahan data dalam banyak aspek kehidupan manusia sangat penting. Perkembangan teknologi yangdemikian pesat berdampak bagi seluruh aspek kehidupan khususnya penyedian informasi bagi suatuorganisasi/instansi atau perusahaan yang membutuhkan sistem pengolahan data secara cepat, tepat, danakurat, hal ini pula yang digunakan untuk menunjang efektifitas, produktifitas, dan efisiensi dalamsuatu organisasi, instansi atau perusahaan dalam menyelesaikan masalah manajemen, terutamamemberikan keakuratan data dalam pendataan sparepart reject hasil storing PT. Mutiara forklift.Prosespendataan sparepart reject yang belum terintegrasi, hal ini juga yang dapat menyebabkan kendala bagibagian gudang karena data yang kurang akurat dan sistem tidak efektif dan efisien. Penelitian inidilakukan dengan menanyakan langsung pada pihak perusahaan khususnya pada bagian gudang yangmelakukan pendataan tersebut. Diharapkan sistem pendataan sparepart reject ini memudahkan bagiangudang dalam pendataan sparepart reject. sehingga laporan yang diterima lebih efektif, efisien danakurat, maka dari itulah penelitian ini dibuat dengan judul “Aplikasi Rancangan Sistem Informasipendataan sparepart reject pada PT.MUTIARA FORKLIFT menggunakan aplikasi vb.net”. Penulisberharap dengan penelitian ini dapat bermanfaat bagi PT.MUTIARA FORKLIFT.Kata Kunci : Perancangan, Aplikasi, Data sparepart Reject.ABSTRACTThe development of information technology around the world is growing, the need for information anddata processing in many aspects of human life is very important. Technological developments are sorapid impact on all aspects of life, especially the provision of information for an organization / agencyor company that requires data processing system is fast, precise, and accurate, it is also used to supportthe effectiveness, productivity, and efficiency in an organization, institutions or companies in solvingmanagement problems, particularly provide accurate data in the data collection reject the results ofstoring spare parts PT. Forklift.Proses pearl collection reject spare parts that are not integrated, it alsocan cause problems for the warehouse due to less accurate data and systems are not effective andefficient. This research was conducted by asking directly to the company, especially on the part of thewarehouse to collect data. It is hoped the data collection system makes it easy reject spare partswarehouse of spare parts in the data collection reject. so the reports were received more effective,efficient and accurate, it is why this research is made with the title "Draft Application InformationSystem data collection on PT.MUTIARA FORKLIFT spare reject using vb.net application". The authorhopes that this research can be useful for PT.MUTIARA FORKLIFT.Keywords: Applications, data collection reject spare parts, Information Systems.
PERANCANGAN DESA WISATA DALAM UPAYA PENGENTASAN DESA MISKIN (Studi Kasus : Dusun Karangwuni, Desa Karangwuni, Kecamatan Rongkop, Provinsi Yogyakarta) Sucipto Basuki
Insan Pembangunan Sistem Informasi dan Komputer (IPSIKOM) Vol 5, No 1 (2017): JUNI
Publisher : Universitas Insan Pembangunan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58217/ipsikom.v5i1.36

Abstract

Oleh : Sucipto Basuki, S. Kom, MTciptainsan@yahoo.comSTMIK Insan PembangunanABSTRAKDalam penelitian ini akan dikaji tentang pemberdayaan masyarakat desa dalampelaksanaan program desa wisata di wilayah pedesaan Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.Adapun tujuan penelitiannya adalah ingin melihat seberapa jauh pelaksanaan pemberdayaanmasyarakat desa dalam melaksanakan pembangunan kepariwisataan serta bagaimanamasyarakat desa tersebut mengatasi persoalan kemiskinan dan penganguran di wilayahpedesaan melalui program desa wisata. Penelitian ini dilaksanakan di desa-desa wilayahPropinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, terutama yang telah melaksanakan program pariwisatadesa (desa wisata). Waktu penelitian ditentukan selama 5 bulan, yaitu mulai bulan Agustushingga Desember 2016. Untuk memperoleh data penelitian dilakukan denganmempergunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sebagai pendekatan yangdigunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Hasil penelitian inimenunjukkan: (1) Pemberdayaan masyarakat desa melibatkan seluruh warga masyarakat, (2)Upaya konkrit untuk meningkatkan daya dukung adalah memajukan potensi utama desa danpotensi masyarakat desa, dan (3) Pemberdayaan masyarakat desa memeberikan kontribusipeningkatan kesejahteraan ekonomi.Kata Kunci : Desa Wisata, Pemberdayaan Masyarakat
Pengiriman Pesan Informasi pada Daerah Terkena Bencana Menggunakan Mobile Ad-hock Network Edy Gozali
Insan Pembangunan Sistem Informasi dan Komputer (IPSIKOM) Vol 5, No 1 (2017): JUNI
Publisher : Universitas Insan Pembangunan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58217/ipsikom.v5i1.35

Abstract

Edy gozali, M.komSTEMIK Insan PembangunanEmail : Edy_kers@yahoo.co.idAbstrakIndonesia merupakan negara yangberpotensi besar untuk menjadi daerahterdampak bencana. Adanya bencanabiasanya diikuti dengan beberapakerusakan, salah satunya infrastrukturtelekomunikasi. Padahal komunikasimerupakan salah satu faktor penting yangdapat digunakan untuk menunjangpenanggulangan bencana yang baik.Pada Tugas Penelitian ini dibuatsuatu rancangan sistem pengiriman pesansecara broadcast yang menggunakanteknologi manet sebagai alternatif alatkomunikasi baru didaerah bencanaterisolasi. Adapun teknologi manet(mobileadhoc network) yang digunakanmemanfaatkan wireless yang ada dismartphone.Dari analisis yang dilakukan diharapkan memperoleh hasil bahwabanyaknya karakter yang dikirimberbanding lurus dengan waktupengiriman pesan. Selain itu, terdapatperbedaan pengiriman pesan pada areatanpa dinding penghalang dan area dengandinding penghalang. Pengiriman pesanpada area dengan dinding penghalangmembutuhkan waktu lebih lama dan rentanakan putusnya koneksi. Sehinggapengiriman pesan lebih efektif dilakukanpada area tanpa dinding penghalang.Kata Kunci : Ad-Hoc, Manet, MobileP2PAbstractIndonesia is a country that hasgreat potential to be a disaster affectedareas. Catastrophe is usually followed bysome damage, one of whichtelecommunications infrastructure. In fact,communication is one of the importantfactors that can be used to support a gooddisaster.In this research task is made adraft broadcast messaging system thatuses technology as an alternative manetnew communication tool isolated disasterareas. The technology Manet (mobile adhoc network) is used utilizing the existingP2P on smartphones.From the experiments carried outin the hope to obtain the result that thenumber of characters that is sent directlyproportional to the time of delivery of themessage. In addition, there are differencesin the message delivery without a barrierwall areas and areas with a barrier wall.Delivery of messages in an area with aproven barrier wall requires more timeand vulnerable to disconnection. Thussending the message more effectively donein the area without a barrier wall.Keywords : Ad-Hoc, Manet, MobileP2P.
APLIKASI DATABASE SOLUSI HELPDESK IS CENTER TELKOM, BANDUNG Sir Kalifatullah Ermaya; Apit Yuliman
Insan Pembangunan Sistem Informasi dan Komputer (IPSIKOM) Vol 5, No 1 (2017): JUNI
Publisher : Universitas Insan Pembangunan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58217/ipsikom.v5i1.32

Abstract

Sir Kalifatullah Ermaya, ST., MMDrs Apit Yuliman, MM M.AkHelpdesk adalah suatu kesatuan yang merupakan gabungan dari beberapa grup yangbertugas sebagai pemberi layanan secara terpusat kepada semua pengguna IT. Pada saat ini,pelaporan insiden dan permintaan IT terpusat pada suatu grup yang disebut Helpdesk yangberanggotakan beberapa personel IT. Ini dimaksudkan agar sebagian besar insiden ataupermintaan yang berkaitan dengan IT sudah dapat diselesaikan pada level ini. Selanjutnyaapabila insiden tidak bisa diselesaikan di level ini maka insiden tersebut akan diteruskan kelevel yang lebih spesifik/ expert untuk insiden tersebut.Hasil dari usulan aplikasi ini adalah sebuah Aplikasi Database Solusi yang dimilikioleh Helpdesk PT. Telkom yang terdiri dari : Database Login; Database Solusi (insert, deletedan update Data); Database Polling. Aplikasi yang dapat melakukan view, update, delete, insertterhadap data yang ada pada database ini dapat memberikan informasi mengenai data komplainyang sering dialami oleh user. Aplikasi ini dapat melakukan view, update, delete, insertterhadap data yang ada pada database. Dan pada akhirnya, aplikasi ini hanya dapat digunakanoleh admin Helpdesk untuk membantu para user yang memiliki komplain.KATA KUNCI: DATABASE, HELPDESK
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI E-COMMERCE BUSSINES TO CUSTOMER PADA DEN’S STORE Teguh Yulfiana Riswanda; . Nurasiah
Insan Pembangunan Sistem Informasi dan Komputer (IPSIKOM) Vol 5, No 1 (2017): JUNI
Publisher : Universitas Insan Pembangunan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58217/ipsikom.v5i1.133

Abstract

ABSTRACTThe rapid advancement of information technology in accordance with the needs of almostevery aspect is very important for our lives. There is now a requirement that informationtechnology can provide convenience in finding the desired information, reduces errorscaused by human negligence and use data more efficiently, use of information technology isoptimal in a company will support the efficiency and effectiveness of work in data processingfor obtain information dibutuhkan.dalam this study can be formulated, how the system runson the den's store, how to design systems sales information on the den's store. So that thetopic does not deviate from the topic existing problems in the den's store. The authors makethe boundary problem in research among other things, the payment system using the accounttransfer between banks, a system built only product sales process, the system discussed is aretail and wholesale, software used Notepad ++ with MySQL data base. The purpose of theauthors conducted a study is, to know the sales information system on the den's store, to makesales information system design at Den's store. The research method using descriptiveanalysis method, the results obtained using the sales information system Making E-commerceeasier for customers to make buying and selling without having to come into place. Thebenefits of implementing the use of E-commerce, will provide an overview of how the salessystem engineering required in the face of competition in the era of globalization. Salesinformation system on Den's store is expected to be an alternative in the promotion andpurchase transactions more easily effectively and efficiently. Based on the results of researchconducted by the author regarding the sales information system has been described inprevious chapters, the writer can draw a conclusion, System currently running on the den'sstore is a conventional system in the sense that prospective buyers have come to the den'sstore itself, and information the goods are still lacking ter uptudate, With the implementationof this system is expected to facilitate the performance of the administrator or owner of thedata gathering process because it has an integrated database, it is very effective and efficientfor the performance of administrators.Keywords:E-commerce, effectiveness, efficiency, promotion of transactions.
ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PROSES BELAJAR MENGGUNAKAN E-LEARNING DI TINGKAT SMP . Aminul; . Jumiran
Insan Pembangunan Sistem Informasi dan Komputer (IPSIKOM) Vol 5, No 1 (2017): JUNI
Publisher : Universitas Insan Pembangunan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58217/ipsikom.v5i1.33

Abstract

Aminul Fitri1, Jumiran21,2 Dosen Sekolah Tinggi Manajemen Informatika & KomputerInsan PembangunanJl. Raya Serang Km. 10,5 Bitung, TangerangTelp. (021)59492836 Fax. (021) 59492837E-mail : aminul.gip1974@gmail.com, jumiran_jumjum@yahoo.com,: http:// www.insanpembangunan.ac.idABSTRAKSuatu sistem dibuat untuk menangani kegiatan atau rutinitas serta untuk mencapai tujuan yang akan dicapai.Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini, dengan mengadakan peninjauan langsung melalui studi lapangan dantinjauan terhadap proses belajar di tingkat Sekolah Menengah Pertama untuk mengamati, melihat dan mengetahui bagaimanacara prosedur proses pembelajaran. Perkembangan teknologi informasi mengalami perkembangan yang sangat pesat dalamera globalisasi saat ini. Kejadian yang terjadi di suatu tempat dapat dengan cepat dan mudah diketahui di tempat lain diseluruh dunia. Di dalam Perusahaan, instansi pemerintah maupun Swasta, Organisasi maupun Sekolah berusaha untukmeningkatkan pelayanannya terkait dengan penyajian sebuah informasi, salah satu perkembangan penting adalah semakindibutuhkannya penggunaan alat pengolahan data yang berfungsi untuk menghasilkan informasi. Kebutuhan akan komputermerupakan hal yang utama saat ini sebagai penunjang pekerjaan atau membantu menyelasaikan tugas-tugas, selainmerupakan jasa pengolahan data dan ilmu pengetahuan.Dibidang pembelajaran online, yang tentunya sebagai saranakomunikasi bagi guru dan siswa agar dapat memberikan materi lebih kepada para siswanya yang ingin mengikutipembelajaran online ini. Oleh sebab itu sudah jelas akan diperlukannya sebuah website E-Learning yang baik gunakelancaran dan kemudahan dalam pembelajaran online antara guru dan siswa. Maka penul disini berusaha untukmenganalisa latar belakang masalahnya dan untuk kedepan mencari solusi dari permasalahan yang ada.Kata kunci : website, E-Learning, pembelajaran online .
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN BIDANG KEAHLIAN MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (STUDI KASUS : PRODI PTI FT UNY) Mustar Aman; . Arif
Insan Pembangunan Sistem Informasi dan Komputer (IPSIKOM) Vol 5, No 1 (2017): JUNI
Publisher : Universitas Insan Pembangunan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58217/ipsikom.v5i1.34

Abstract

Mustar Aman1 , Arif2Email : mustar_ip@yahoo.com, arif_b@gmail.comABSTRAKAbstrak - Pengenalan wajah adalah proses identifikasi manusia dengan menggunakangambaran raut wajah. Dengan semakin meluasnya penggunaan komputer, diharapkan kemampuanpengenalan wajah dapat diadopsi pada perangkat pintar tersebut. Proses adopsi tersebut menjadimungkin dengan ditemukannya berbagai metode pengenalan wajah, yang salah satunya adalahAnalisis Komponen Utama atau lebih dikenal sebagai PCA (Principal Components Analysis).Penelitian dimulai dengan merancang sebuah program komputer dengan menggunakan bahasapemrograman Matlab. Program hasil rancangan tersebut digunakan menguji metode PCA denganmenggunakan sejumlah citra wajah. Pengujian dibagi menjadi tiga kategori, yaitu berdasarkanjumlah citra latih, berdasarkan jumlah komponen utama vektor ciri, dan penentuan nilai ambang.Pada akhirnya dapat disimpulkan bahwa PCA cukup layak dijadikan metode pengenalan wajah.Data penelitian menunjukkan hasil pengenalan yang cukup baik dengan tingkat kesalahan yangcukup kecil pada pengujian menggunakan sepuluh citra latih, yaitu satu kesalahan pengenalan dari20 pengujian.Kata kunci: pengenalan wajah, analisis komponen utama, identifikasi, vektor ciri, metodepengenalan wajah.

Page 1 of 2 | Total Record : 12