cover
Contact Name
Adiyanto
Contact Email
info@ipem.ac.id
Phone
+6285213677334
Journal Mail Official
info@ipem.ac.id
Editorial Address
Jl. Raya Serang Km. 10 Bitung, Curug, Tangerang 15810
Location
Kota tangerang,
Banten
INDONESIA
Jurnal Bisnis Manajemen dan Akuntansi
ISSN : -     EISSN : 2715128X     DOI : 10.58217
Core Subject : Economy,
Jurnal JUBISMA diterbitkan oleh LPPM Universitas Insan Pembangunan Indonesia merupakan Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi fokusnya di bidang Manajemen dan Akuntansi yang memuat hasil penelitian murni dan terapan dengan scope : Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Keuangan, Manajemen Produksi/Operasional, Manajemen Stategik, Sistem Informasi Manajemen, Manajemen Organisasi, Manajemen Perkantoram, Kepemimpinan, Akuntansi Umum, Akuntansi Keuangan,Akuntansi Biasa, Akuntansi Koperasi, Akuntansi Sektor Publik, Sistem Informasi Akuntasi, dan Auditing. Jurnal JUBISMA diterbitkan 2 (dua) kali dalam satu tahun pada bulan Mei dan November. Redaksi mengundang para peneliti, praktisi dan Mahasiswa untuk menulis perkembangan manajemen dan akuntansi di Indonesia. Scope : Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Keuangan, Manajemen Produksi/Operasional, Manajemen Pemasaran Manajemen Stategik, Sistem Informasi Manajemen, Manajemen Organisasi, Manajemen Bisnis Manajemen Perkantoram, Kepemimpinan Akuntansi Umum, Akuntansi Keuangan, Akuntansi Biaya, Akuntansi Koperasi, Akuntansi Sektor Publik, Sistem Informasi Akuntansi
Articles 56 Documents
ANALISIS PERANCANGAN SR PLANNING UNTUK MENINGKATKAN LOGISTIC PERFORMANCE - PT. CENTRAL PROTEINAPRIMA, TBK Ahmad Yani
JUBISMA Vol 1 No 1 (2019): JUBISMA
Publisher : LPPM UNIVERSITAS INSAN PEMBANGUNAN INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1192.049 KB) | DOI: 10.58217/jubisma.v1i1.2

Abstract

Abstract, This study is an deskrivtife and Causalitatife study, that aims to examine and analyze the formulations of SR Planning Predictions to find the Optimum Realisastions of Supply that support and can incraise the Achievment of Logistic Support Performance which efective and eficience. Reseach data of this study is monthly data for 30 month observations period (January 2014, until Juny 2016).The Sampling Method used was Total Sampling, which the sample fund of all populations scope, include are all the data, strategics, operational procedures, logistic activities and etc, from the begining period of SR Planning utilizations (Januari 2016) until of the reasearch begining period of this reasearch analyze (Juny 2016). The Method of analysis used in this study is descrivtife analysis, multiple linier regression, seasonal demand indexs, and comparative simulations analysis. The result of the research showed that the factors on SR Planning are having influence about 40,8% to Logistic Service Level and 22,84% to achievemnt of Logistic Cost Ratios. The Result of the Result also showed that the estimate of optimum realsations of supply, seasonal demand indexs utilizations and maxzimalizations of vehicle capacity utilizations on supply process recomended to be Improvement Strategy to incraise of Logistic Support Performance. ABSTRAK, Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan kausalitatif, yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana formulasi prediksi pada model SR Planning untuk mendapatkan nilai realisasi suplai optimum sehingga dapat mendukung dan meningkatkan tercapainya kinerja layanan logistik (Logistic Support Performance) yang efektif dan efisien. Data pada penelitian ini adalah data bulanan untuk periode observasi 30 bulan (Januari 2014 s/d Juni 2016). Metode Sampling yang digunakan adalah sampling jenuh, dimana sample diambil dari keseluruhan cakupan populasi, meliputi keseluruhan data, strategi, prosedural operasional dan aktifitas logistik dari periode awal pemakaian model SR Planning (Januari 2016) sampai dengan periode dilakukannya proses analisis data (Juni 2016). Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini meliputi uji analisis deskriptif, uji regresi linier berganda, seasonal demand indexs, dan uji analisis perbandingan simulasi. Hasil analisis menunjukan bahwa faktor-faktor terkait perancangan SR Planning berpengaruh sebesar 40,8% terhadap pencapaian Logistic Service Level, dan 22,84% terhadap pencapaian Logistic Cost Ratios. Hasil penelitian juga menunjukan bahwa perhitungan realisasi optimum suplai, penggunaan indeks permintaan mingguan yang disertai penggunaan maksimalisasi kapasitas armada secara simulasi dapat direkomedasikan untuk menjadi strategi perbaikan guna peningkatan kinerja layanan logistik.
PENGARUH KOMPENSASI, LINGKUNGAN KERJA DAN MOTIVASI TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PADA PT. KREASI INOVASI PROSANA Dina Andriani; Eman Singgih; Winanti .
JUBISMA Vol 1 No 1 (2019): JUBISMA
Publisher : LPPM UNIVERSITAS INSAN PEMBANGUNAN INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (808.662 KB) | DOI: 10.58217/jubisma.v1i1.5

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompensasi terhadap kepuasan kerja karyawan, lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja karyawan dan pengaruh motivasi terhadap kepuasan kerja karyawan. Serta untuk mengetahui pengaruh kompensasi, lingkungan kerja dan motivasi secara simultan terhadap kepuasan kerja karyawan. Penelitian ini menggunakan metode Asosiatif. Populasi dari penelitian ini adalah karyawan pada PT. Kreasi Inovasi Prosana yang mudah untuk dijumpai sedangkan sampel yang digunakan didalam penelitian ini sebanyak 80 responden. Tehnik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan teknik analisis data menggunakan uji deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi sederhana, analisis regresi linier berganda, analisis korelasi dan determinasi, uji F dan uji t. Hasil perhitungan regresi parsial antara variabel kompensasi terhadap kepuasan kerja karyawan adalah signifikan dimana Y = 25,315 + 0,390 X1, hasil perhitungan parsial lingkungan kerja tehadap kepuasan kerja karyawan adalah signifikan dimana y = 18,995 + 0,486 X2 hasil perhitungan parsial motivasi terhadap kepuasan kerja karyawan adalah signifikan dimana y = 12,972 + 0,642 X3. Hasil regresi berganda antara kompensasi, lingkungan kerja dan motivasi terhadap kepuasan kerja karyawan adalah signifikan dimana Y = 11,032 + 0,200X1 + 0,186X2 + 0,381X3. Hasil perhitungan uji t diperoleh untuk variabel kompensasi terhadap kepuasan kerja karyawan thitung = 5,766 ttabel = 1,991. Hasil perhitungan variabel lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja karyawan thitung = 6,016 ttabel = 1,991. Hasil perhitungan variabel motivasi terhadap kepuasan kerja karyawan thitung = 5,727 ttabel = 1,991 dan secara simultan hasil perhitungan hipotesis fhitung (19,790) ftabel (2,72). Hasil perhitungan fhitung lebih besari dari ftabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kompensasi, lingkungan kerja dan motivasi terhadap kepuasan kerja karyawan pada PT. Kreasi Inovasi Prosana.
ANALISIS EARNING PER SHARE (EPS) DAN DEVIDEND PER SHARE (DPS) BERPENGARUH TERHADAP HARGA SAHAM Studi Kasus Pada : BANK RAKYAT INDONESIA Persero, Tbk Tahun Periode 2006-2017 Eman Singgih
JUBISMA Vol 1 No 1 (2019): JUBISMA
Publisher : LPPM UNIVERSITAS INSAN PEMBANGUNAN INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (872.719 KB) | DOI: 10.58217/jubisma.v1i1.6

Abstract

Abstract Equity market or equity participation in a company still promises great growth and income to potential long-term investors so that they can get the same results as the economies of developed and developing countries. To know this, potential investors must be able to understand the company's financial performance . Earnings per share EPS is one of the most important financial instruments to be able to know the income of shares owned, as well as the dividend per share DPS which can describe the dividends received by shareholders. The value of the stock which is getting better will illustrate the company's performance getting better and vice versa, this can attract investors to buy company shares. So that it can increase the company's working capital including the national banking industry in the case of BRI Bank as the Red Plate Bank. Both EPS and DPS variables have a strong impact both simultaneously and partially, while DPS has a very large effect compared to EPS
ANALISIS PENGARUH SISTEM GUGUS KENDALI MUTU (GKM) DAN PENGEMBANGAN KARIR TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN DI PT. TORABIKA EKA SEMESTA GROUND 1 HEALTH FOOD Fuad .; Raslim .; Dwi Ferdiyatmoko Cahya Kumoro
JUBISMA Vol 1 No 1 (2019): JUBISMA
Publisher : LPPM UNIVERSITAS INSAN PEMBANGUNAN INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2022.49 KB) | DOI: 10.58217/jubisma.v1i1.8

Abstract

Abstrak Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan yang bekerja di PT. Torabika Eka Semesta ground 1 Health Food. Sampel yang diambil sebanyak 133 orang dengan waktu 7 hari, denganteknik pengambilan sampel dengan metode sampling insidental yaitu siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan angket (kuesioner). Hasil perhitungan menunjukan bahwa hasil perhitungan koefisien determinasi berganda sebesar 129,193 , hal ini menunjukan sistem Gugus Kendali Mutu dan Pengembangan Karir berpengaruh terhadap Prestasi Kerja Karyawan sebesar 72,7% dan sisanya 27,3% dipengaruhi oleh faktor lain. Berdasarkan output di atas diperoleh f hitung sebesar 129,193, dengan menggunakan tingkat keyakinan 133% α = 5% df 1 (jumlah variabel-1) atau 3-1=2 dan df 2 (n-k-1) atau 100-2-1=97, hasil yang diperoleh untuk f tabel sebesaar 3,844. Nilai f hitung > f tabel (129,193 > 3,844), maka HO ditolak. Artinya Gugus Kendali Mutu (GKM) dan Pengembanngan Karir secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Prestasi Kerja Karyawan.
Pengaruh Corporate Governance dan Kualitas Audit terhadap Tax Avoidance pada Perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012 - 2017 Muhamad Rizky Wijaya; Farid Addy Sumantri
JUBISMA Vol 1 No 1 (2019): JUBISMA
Publisher : LPPM UNIVERSITAS INSAN PEMBANGUNAN INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (945.17 KB) | DOI: 10.58217/jubisma.v1i1.9

Abstract

ABSTRAKTujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji bagaimana Pengaruh corporate governance (CG) dan Kualitas Audit terhadap Tax Avoidance pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012-2017.Pengukuran CG di proxy dengan ; Kepemilikan Manajemen dan Dewan Direksi Independen, Kualitas Audit diukur dengan KAP the big four dan non the big four, sedangkan pengukuran Tax Avoidance menggunakan CETR. Sampel penelitian yang digunakan dalam penelitian ini terdiri 9 perusahaan industri metal dan sejenisnya yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2012-2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode purposive sampling. Teknis analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan alat bantu program SPSS (Statistical Package for the Social Sciences) for windows versi 21. Hasil penelitian menunjukkan Dewan Komisaris Independen berpengaruh terhadap tax avoidanc dengan nilai ρ value sebesar 0,000 < 0,050. Kepemilikan Manajemen tidak berpengaruh terhadap tax avoidance dengan nilai ρ value sebesar 0,644 > 0,050 dan Kualitas Audit tidak berpengaruh terhadap tax avoidance dengan nilai ρ value sebesar 0,359 > 0,050
ANALISIS OPTIMALISASI PMA DAN PMDN TERHADAP KINERJA EKONOMI JANGKA PENDEK DI INDONESIA Shofwatun Hasna; Gazali .; Dewiana Novitasari
JUBISMA Vol 1 No 1 (2019): JUBISMA
Publisher : LPPM UNIVERSITAS INSAN PEMBANGUNAN INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (547.225 KB) | DOI: 10.58217/jubisma.v1i1.10

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan mengevaluasi peran PMA dan PMDN terhadap kinerja ekonomi jangka pendek periode tahun 2010-2014. Teknik estimasi yang digunakan adalah analisis data panel dengan random effect. PMA dan PMDN dalam penelitian ini terbukti berdampak positif terhadap kinerja ekonomi jangka pendek. Terlihat juga, investasi asing berdampak lebih besar terhadap kinerja ekonomi dibandingkan dengan investasi dalam negeri. Alokasi PMDN selama periode penelitian lebih diarahkan untuk pembangunan infrastruktur demi pemerataan pembangunan jangka panjang. Sedangkan investasi PMA lebih diarahkan pada sektor alam, seperti pertanian dan pertambangan. Fenomena ini menjelaskan bahwa hasil alam Indonesia ternyata banyak dinikmati oleh orang asing daripada masyarakat domestik.
Pengaruh Beban Pajak Tangguhan, Leverage, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Praktik Manajemen Laba dengan Pendekatan conditional revenue model Yayah Yulia
JUBISMA Vol 1 No 1 (2019): JUBISMA
Publisher : LPPM UNIVERSITAS INSAN PEMBANGUNAN INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1017.885 KB) | DOI: 10.58217/jubisma.v1i1.11

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris mengenai pengaruh beban pajak tangguhan, leverage, dan ukuran perusahaan terhadap manajemen laba. Manajemen laba dalam penelitian ini diukur dengan conditional revenue model yang dikembangkan oleh Stubben (2010). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa beban pajak tangguhan berpengaruh terhadap manajemen laba. Leverage dan ukuran perusahaan yang tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap manajemen laba. Penelitian ini menggunakan sampel dari perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2012-2015. Penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh 69 perusahaan yang digunakan sebagai sampel. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan multiple regression analysis.
ANALISA PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DAN PEMASARAN LANGSUNG TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PRODUK TUPPERWARE (Studi Kasus Pada PT.PERSADA TIARA DINAMIKA CIMONE TANGERANG) Yeni Firmawati
JUBISMA Vol 1 No 1 (2019): JUBISMA
Publisher : LPPM UNIVERSITAS INSAN PEMBANGUNAN INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (799.585 KB) | DOI: 10.58217/jubisma.v1i1.12

Abstract

Abstrak Perusahaan yang memasarkan produk Tupperware salah satunya adalah PT Persada Tiara Dinamika yang beralamat di Jl. Raya Merdeka Ruko Mall Icon blok c no. 2 Cimone Tangerang, yang merupakan salah satu distributor produk Tupperware (alat-alat rumah tangga plastik) di kota tangerang. Proses pemasaran Tupperware adalah dengan menggunakan metode pemasaran Multi Level Marketing atau dikenal dengan MLM dengan merek dagang yang telah mendunia dan memiliki reputasi sebagai produsen peralatan rumah tangga yang eksklusif dan berharga cukup mahal. Dan dalam sistem MLM ini proses pembelian produk yaitu dengan menggunakan sistem keanggotaan atau member. Untuk mencapai peningkatan penjualan produk Tupperware tersebut harus dengan proses Kepuasan Pelanggan / Member pada PT Persada Tiara Dinamika Cimone Tangerang. Berdasarkan dari hasil penelitian ini dengan judul Analisa Pengaruh Customer Relationship Management dan Pemasaran Langsung terhadap Kepuasan Pelanggan Produk Tupperware .telah dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara customer relationship management dan pemasaran langsung terhadap kepuasan pelanggan produk Tupperware pada PT Persada Tiara DinamikaCimone Tangerang, dalam hal ini data yang dikumpulkan tidakberhasil membuktikan hubungan kausal pada penelitian ini. Sedangkan berdasarkan hasil dari analisis statistic deskriptif bahwa kinerja dari customer relationship management sudah cukup baik dilaksanakan begitupun dengan pemasaran langsung dan kepuasan pelanggan produk Tupperware pada PT Persada Tiara Dinamika Cimone Tangerang sudah cukup baik dan cukup puas, hal ini dibuktikan masih terdapat pembelian dan penambahan pelanggan / member baru pada PT Persada Tiara Dinamika.
ANALISIS PENGARUH SISTEM KOMPENSASI DAN PENGEMBANGAN KARIR TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN (Studi Kasus Pada PT. Kencana Gemilang) Yeremia Mendrofa
JUBISMA Vol 1 No 1 (2019): JUBISMA
Publisher : LPPM UNIVERSITAS INSAN PEMBANGUNAN INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (912.409 KB) | DOI: 10.58217/jubisma.v1i1.13

Abstract

Abstrak Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan assosiatif. Secara deskriptif, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sistem kompensasi dan pengembangan karirterhadap prestasikerja karyawan pada PT. Kencana Gemilang. Adapun secara asosiatif, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh sistem kompensasi dan pengembangan karirterhadap prestasikerja karyawan pada PT. Kencana Gemilang, baik secara parsial maupun simultan. Metode analisis data yang digunakan meliputi: uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji heterokesdastisitas, uji multikolinearitas), uji korelasi dan koefisien determinasi, uji hipotesis, uji regresi linear sederhana, ataupun uji regresi linear berganda secara manual dan dengan menggunakan program SPSS. Berdasarkan perhitungan data secara parsial antara variabel sistem kompensasi (X1) terhadap prestasikerja karyawan (Y) didapat thitung3,868 dan dibandingkan dengan ttabel pada tingkat kesalahan 5% didapat ttabel 1,99300. Perbandingan (3,866> 1,99300) thitung > ttabel : Ho ditolak, artinya secara parsial sistem kompensasi (X1) berpengaruh signifikan terhadap prestasikerja karyawan (Y). Perhitungan data secara parsial antara variabel pengembangan karir (X2) terhadap prestasikerja karyawan (Y) didapat thitung 5,092 dan dibandingkan dengan ttabel pada tingkat kesalahan 5% didapat ttabel 1,99300. Perbandingan (5,092> 1,99300) thitung > ttabel : Ho ditolak, artinya secara parsial pengembangan karir (X2) berpengaruh signifikan terhadapprestasikerja karyawan (Y).Dan perhitungan data secara simultan antara variabel sistem kompensasi (X1) dan pengembangan karir (X2) terhadap prestasikerja karyawan (Y) didapat fhitung 13,619 dan dibandingkan dengan ftabel pada tingkat kesalahan 5% didapat ftabel 3,12. Perbandingan (13,619 > 3,12) fhitung > ftabel : Ho ditolak, artinya secara simultan sistem kompensasi (X1) dan pengembangan karir (X2) berpengaruh signifikan terhadap prestasi kerja karyawan (Y).
ANALISA PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN CITRA MEREK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PRODUK APPLE iPHONE (Studi Kasus Pada Gerai iBox Summarecon Mall Serpong Tangerang) Yeni Firmawati
JUBISMA Vol 1 No 1 (2019): JUBISMA
Publisher : LPPM UNIVERSITAS INSAN PEMBANGUNAN INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (803.758 KB) | DOI: 10.58217/jubisma.v1i1.14

Abstract

Abstrak Saat ini teknologi informasi menjadi bagian tak terpisahkan dari masyarakat, terutama di kota-kota besar, tak terkecuali di Tangerang yang merupakan salah satu pusatnya kawasan industry yang ada di Indonesia, yang mana masyarakatnya dalam proses menuju masyarakat yang berorientasi digital. Pesatnya lajunya penetrasi penggunaan teknologi informasi di Tangerang ini didukung juga oleh berkembangnya infrastruktur telekomunikasi, khususnya layanan data. Jika sepuluh tahun lalu jaringan yang tersedia belum melayani data dengan kecepatan tinggi, saat ini hampir seluruh wilayah Indonesia sudah terjangkau jaringan generasi ketiga (3G) maupun generasi keempat (4G) dan ini termasuk wilayah di Tangerang secara keseluruhan. Perkembangan penggunaan smartphone diwilayahTangerang sekarang ini mengalami kenaikan sangat pesat.hal ini dimanfaatkan oleh Gerai iBox Summarecon Mall Serpong Tangerang. Gerai iBox Summarecon Mall Serpong yang merupakan reseller premium produk Apple khususnya Apple iPhone. Dalam pemasaran Apple iPhone tersebut yang harus diperhatikan kualitas produk dan citra merek agar memperoleh pelanggan yang puas dan kemudian membeli ulang produk tersebut di Gerai iBox Summarecon Mall Serpong Tangerang. Pada hasil uji regresi diperoleh tidak terdapat pengaruh yang signifikan kualitas produk dan citra merek terhadap loyalitas pelanggan pada Gerai iBox Summarecon Mall Serpong Tangerang. Hal ini berarti data yang digunakan pada penelitian tidak berhasil membuktikan keterkaitan anatara Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Loyalitas Pelanggan produkApple iPhone di Gerai iBox Summarecon Mall Serpong Tangerang. Walaupun pada dasarnya kualitas produk, citra merek dan loyalitas pelanggan menunjukan kategori baik terhadap produk Apple iPhone iBox Summarecon Mall Serpong Tangerang.