cover
Contact Name
Alkausar Saragih
Contact Email
jurnalpendidikanips@umnaw.ac.id
Phone
+6281362192627
Journal Mail Official
jurnalpendidikanips@umnaw.ac.id
Editorial Address
https://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JP-IPS/Editorial
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
JURNAL PENDIDIKAN IPS
ISSN : 23017732     EISSN : 27233006     DOI : -
Jurnal Pendidikan IPS (JP-IPS) adalah jurnal yang menggunakan model blind review yang dapat diakses online. Tujuan dari JP-IPS adalah untuk menerbitkan jurnal yang berisi artikel berkualitas yang akan dapat menyumbangkan pemikiran dari perspektif teoritis dan empiris untuk kemajuan teknologi dan pendidikan. Tulisan-tulisan di JP-IPS akan memberikan kontribusi signifikan terhadap pemikiran kritis dalam bidang ilmiah secara umum, khususnya di bidang Ilmu Pendidikan IPS. Lingkup bidang yang terkandung dalam JP-IPS mencakup bidang-bidang berikut: Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Pendidikan Sejarah Pendidikan Ekonomi Pendidikan Geografi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Pendidikan Akuntansi Pendidikan Tata Niaga Pendidikan Administrasi Perkantoran Pendidikan Sosiologi Pendidikan Koperasi Pend Kependudukan dan Lingkungan Hidup Pendidikan Ekonomi Koperasi Bidang Pendidikan Ilmu Sosial Lain Yang Belum Tercantum Artikel yang diterbitkan tentang hasil penelitian dan tinjauan pustaka dengan metodologi penelitian yang dapat diterima, studi kualitatif, studi kuantitatif, atau kombinasi keduanya, analisis statistik, studi kasus, penelitian lapangan, dan studi sejarah. JPIPS menerima manuskrip dari berbagai kalangan terkait, seperti peneliti yang relevan, dosen, profesor, mahasiswa, guru, Praktisi, ilmuwan, dan lainnya.
Articles 93 Documents
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI STRATEGI INQUIRY Lusianna Br Ginting
JURNAL PENDIDIKAN IPS Vol. 1 No. 1 (2020): JP-IPS
Publisher : FKIP UMN ALWASHLIYAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (628.971 KB) | DOI: 10.32696/jpips.v1i1.436

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1). Meningkatkan hasil belajar siswa, (2). Meningkatkan aktivitas belajar siswa. (3). Meningkatkan pemahaman siswa dan pembelajaran yang menggunakan strategi pembelajaran Inquiry. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Metode Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-7 SMP Negeri 1 Pancur Batu sebanyak 28 orang. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data adalah menggunakan test, angket dan observasi. Teknik analisa data yang digunakan adalah dengan metode penilaian yaitu: data yang diperoleh dilakukan evaluasi berdasarkan hasil belajar siswa. Evaluasi hasil belajar siswa diberi rentang nilai dari 0 – 100. Kemudian data dihitung dari nilai rata-rata siswa, persentase jumlah siswa yang tuntas dan persentase jumlah siswa yang belum tuntas memenuhi kriteria ketuntasan minimal. Hasil Penelitian ini menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar dengan menerapkan strategi pembelajaran Inquiry dengan hasil sebagai berikut: (1) terdapat peningkatan rata-rata hasil belajar siswa, dimana pada tes awal rata-rata hasil belajar siswa adalah 48,21, pada siklus I meningkatkan menjadi 69,64 kemudian pada siklus II meningkat lagi menjadi 72,86, (2) terdapat peningkatan jumlah siswa yang tuntas, dimana pada tes awal jumlah siswa yang tuntas hanya 0%, meningkat menjadi 60,71% pada siklus I kemudian meningkat lagi menjadi 85,71% pada siklus II, (3) terdapat penurunan jumlah siswa yang tidak tuntas, dimana pada tes awal jumlah siswa yang tidak tuntas mencapai 100%, pada siklus I menjadi 39,29% kemudian pada siklus II menurun lagi menjadi 14,29% dengan kata lain hanya 4 siswa saja yang memperoleh nilai 60 dan selebihnya (24) siswa memperoleh nilai 70 dan di atas 70.
MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MENERAPKAN STRATEGI PEMBELAJARAN CARA BELAJAR SISWA AKTIF MELALUI WORKSHOP Rahmansyah
JURNAL PENDIDIKAN IPS Vol. 1 No. 1 (2020): JP-IPS
Publisher : FKIP UMN ALWASHLIYAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (484.089 KB) | DOI: 10.32696/jpips.v1i1.437

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi profesional guru dalam menerapkan strategi pembelajaran Cara Belajar Siswa Aktif melalui workshop di SMP Negeri 1 Pantai Labu pada Tahun Pelajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan sekolah melalui 2 siklus, dimana masing-masing siklus memiliki tahap: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan dan Pengamatan, (3) Evaluasi dan (4) Refleksi.Subjek dalam penelitian ini adalah guru guru yang mengajar di di SMP Negeri 1 Pantai Labu Kabupaten Deli Serdang dengan jumlah 25 orang guru. Teknik pemgumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, kuesioner dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan di dalam penelitan ini adalah dengan menggunakan teknik penghitungan persentase jumlah guru yang sudah mampu Menerapkan strategi pembelajaran Cara Belajar Siswa Aktif dan persentase jumlah guru yang belum mampu menerapkan strategi pembelajaran di dalam proses belajar mengajar di dalam kelas. Hasil penelitian menunjukkan: (1). Terdapat peningkatan jumlah guru yang menerapkan strategi pembelajaran Cara Belajar Siswa Aktif dari 25 orang guru, baru 18 (72,0%) guru menerapkan strategi pembelajaran Cara Belajar Siswa Aktif pada siklus I kemudian meningkat pada siklus II menjadi 22 (88,0%) guru yang sudah mampu menerapkan strategi pembelajaran Cara Belajar Siswa Aktif pada proses pembelajaran di dalam kelas; (2) Terdapat penurunan jumlah guru yang tidak mampu menerapkan strategi pembelajaran , dari 25 orang guru, sebanyak 7 (28,0%) guru belum mampu menerapkan strategi pembelajaran Cara Belajar Siswa Aktif pada siklus I kemudian pada siklus II terjadi penurunan jumlah guru yang belum mampu menerapkan strategi pembelajaran Cara Belajar Siswa Aktif, menjadi 3 (12,0%) guru yang belum mampu menerapkan strategi pembelajaran Cara Belajar Siswa Aktif secara utuh; (3) Kompetensi profesional guru dalam menerapkan Strategi Pembelajaran Cara Belajar Siswa Aktif dapat meningkat melalui workshop.
PERBEDAAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MEDIA PERALATAN KANTOR DAN MEDIA GAMBAR Devita Mandasari, Rijal Lubis2
JURNAL PENDIDIKAN IPS Vol. 1 No. 1 (2020): JP-IPS
Publisher : FKIP UMN ALWASHLIYAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (777.245 KB) | DOI: 10.32696/jpips.v1i1.442

Abstract

The study examines the relationship between the application of internet media to the increase in social studies learning outcomes of class XI students of SMK Al-Washliyah 12 SeiRempah. The population in this study is less than 100, so that the entire population is used as a sample, that is, with a total of 50 students. The data analysis technique in this study uses the product moment correlation formula and the t test is used to test the hypothesis in the study. The results of this study found that the contribution of the application of internet media (X) to the increase in social studies learning outcomes (Y) was 0.515 or 51.5%. So from these calculations it can be seen that the contribution of the application of internet media (X) to the increase in IPS learning outcomes (Y) is 51.5%. while 48.5% are influenced by other variables. Hypothesis testing shows that the magnitude of tcount is 4.163, while the magnitude of ttable with a confidence level of 95% (level a = 0.05) and dk 50 - 2 = 39 is 2.012. Because t count> t table or 4,163> 2,012. From the results of these studies, the formulation of the hypotheses that have been determined in this study is acceptable, which means: "There is a significant influence between the use of the internet on social studies learning outcomes of XI graders of Al Washliyah Vocational School 12 SeiRempah Academic Year 2018-2019".
MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI Rijal Lubis, Khairunnisa
JURNAL PENDIDIKAN IPS Vol. 1 No. 1 (2020): JP-IPS
Publisher : FKIP UMN ALWASHLIYAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (624.407 KB) | DOI: 10.32696/jpips.v1i1.443

Abstract

The learning model refers to the approach that will be used, including the learning objectives, the stages in learning activities, the learning environment, and classroom management. Direct Instruction Learning Model is a direct learning model specifically designed to support student learning processes related to declarative knowledge and well-structured procedural knowledge that can be taught with a pattern of activities that are step by step, step by step. The formulation of the problem in this study is "Are the learning outcomes of students who learn using the Direct Instruction Learning Model higher than the learning outcomes of students who learn to use the Conventional Model. The results of data analysis in this study obtained t count 40,2291 and t table 2,0042 so that t count> t table (40,2291> 2,0042), this shows that the hypothesis that the author has specified in this study is acceptable. That is, the learning outcomes of students who learn using the Direct Instruction method are higher than the learning outcomes of students who learn using conventional methods. In line with these conclusions, researchers suggested that accounting teachers apply Direct Instruction learning methods in the teaching and learning process, especially on accounting subjects.
PENGGUNAAN METODE SQ3R TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA Rixaza Rixa Rixala Harahap, Rijal Lubis
JURNAL PENDIDIKAN IPS Vol. 1 No. 1 (2020): JP-IPS
Publisher : FKIP UMN ALWASHLIYAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (673.244 KB) | DOI: 10.32696/jpips.v1i1.445

Abstract

Learning method is the method used to implement a plan that has been prepared in the form of real and practical activities in order to achieve the learning mission, which is a method chosen by educators to be able to optimize the teaching and learning process that aims so that learning objectives can be expected. Cooperative learning method type SQ3R is a learning method that uses reading strategies by assigning students to read study material carefully. This inspires the writer to apply the SQ3R learning method so that students are required to play an active role, so students will more easily understand the subject matter delivered by the teacher. The formulation of the problem in this study is "Are the learning outcomes of students who learn to use the SQ3R Method higher than the learning outcomes of students who learn to use the Conventional Method. The results of data analysis in this study obtained t count 28,2466 and t table 2,0042 so that tcount> ttable (28,2466 > 2,0042), this shows that the hypothesis that the author has specified in this study is acceptable. That is, the learning outcomes of students who learn using the SQ3R method are higher than the learning outcomes of students who learn using conventional methods. In line with these conclusions, researchers suggested that accounting teachers apply the SQ3R learning method in the teaching and learning process, especially on accounting subjects.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY Rijal Lubis, Muhammad Fadli Syahputra
JURNAL PENDIDIKAN IPS Vol. 1 No. 2 (2020): JP-IPS
Publisher : FKIP UMN ALWASHLIYAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (705.516 KB) | DOI: 10.32696/jpips.v1i2.555

Abstract

Dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas, lembaga pendidikan berusaha meningkatkan kualitas dan proses hasil pembelajaran. Usaha-usaha dalam meningkatkan kualitas pembelajaran antara lain mengembangakan dan penerapan model pembelajaran diharapkan dapat memberikan motivasi belajar terhadap siswa sehingga berdampak pula pada prestasi belajarnya. Oleh karena itu proses belajar mengajar seharusnya melibatkan peran suatu siswa dalam menggali potensi belajar siswa dengan cara menggunakan metode Inquiry. Karena metode Inquiri sebagai perantara penyampaian pesan untuk dikembangkan dan didayagunakan seoptimal mungkin. Karena metode dengan media merupakan wadah yang dapat menyalurkan pesan yang oleh sumber pesan atau pemberi pesan ingin diteruskan atau disampaikan kepada penerima pesan. Dalam penyampaian pesan pembelajaran, guru tentunya menginginkan agar pesan yang disampaikan dapat diterima dengan jelas, mudah dimengerti siswa, konkrit dan tahan lama dalam ingatan siswa. Dari hasil analisis data yang dilaksanakan dilapangan, diperoleh hasil belajar siswa dengan peningkatan nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II sebesar 11,51 dan juga sekaligus menandakan bahwa tidak perlu dilaksanakan siklus berikutnya karena jumlah siswa yang tuntas belajar pada siklus II sebesar 79,06%. Hal ini menunjukkan bahwa siklus II sudah mencapai kriteria ketuntasan secara klasikal yaitu 80% siswa telah memperoleh nilai ≥ 70.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA MELALUI PENERAPAN METODE DISKUSI Lisbeth Marisi Simanungkalit
JURNAL PENDIDIKAN IPS Vol. 1 No. 2 (2020): JP-IPS
Publisher : FKIP UMN ALWASHLIYAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (630.85 KB) | DOI: 10.32696/jpips.v1i2.556

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui : Bagaimana cara menerapkan metode diskusi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada UPT Satuan Pendidikan Formal SMP Negeri 2 Sunggal .khususnya di kelas IX-7 sehingga melalui pengembangan hasil belajar terhadap pelajaran, penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode diskusi kelompok. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX-7 di UPT Satuan Pendidikan Formal SMP Negeri 2 Sunggal tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 32 siswa terdiri dari 17 laki-laki dan 15 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tehnik persentasi daya serap individu dan ketuntasan klasikal yaitu: secara individu minimal 43,12 % dan secara klasikal 100 %. Serta dengan mengadakan observasi kepada guru tentang pelaksanaan pembelajaran melalui penggunaan metode diskusi serta observasi kepada siswa. Adapun hasil penelitian ini adalah (1) Penerapan Metode Diskusi Dalam Pelajaran IPS Terpadu Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Di Kelas IX-7 di UPT Satuan Pendidikan Formal SMP Negeri 2 Sunggal tahun pelajaran 2019/2020 hal ini dapat dilihat dari hasil observasi Inisiatif, keaktifan ,kerjasama dan persentasi hasil oleh siswa tersebut diperoleh hasil dari siklus I dan siklus II yaitu : 64 % dan 79 % (2) Penerapam metode diskusi di kelas IX-7 di UPT Satuan Pendidikan Formal SMP Negeri 2 Sunggal tahun pelajaran 2019/2020 dapat meningkatkan Inisiatif, keaktifan, kerjasama dan persentasi hasil siswa dalam pembelajaran Interaksi Antar Negara Asia dan Negara Lainnya. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi Inisiatif, keaktifan ,kerjasama dan persentasi hasil siswa tersebut diperoleh hasil dari siklus I dan siklus II yaitu : 64 % dan 79 %. Adapun peningkatan tersebut dibuktikan dengan hasil yang dicapai dari kegiatan mengerjakan (menjawab) latihan-latihan tersebut dengan baik, berdasarkan data pengamatan peneliti, hasil pengisian instrumen hasil belajar pada pokok bahasan Interaksi Antar Negara Asia dan Negara Lainnya. Diperoleh dari 32 siswa maka 07 siswa tuntas sedangkan 25 siswa tidak tuntas pada siklus I dan disiklus II dari 32 siswa semuanya tuntas.
PENERAPAN METODE QUIZ TEAM BERBASIS KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA Sri Julyanti, Rahmatullah, Inanna, Muhammad Hasan, Nurdiana
JURNAL PENDIDIKAN IPS Vol. 1 No. 2 (2020): JP-IPS
Publisher : FKIP UMN ALWASHLIYAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (615.699 KB) | DOI: 10.32696/jpips.v1i2.567

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penerapan metode Quiz Team berbasis kontekstual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 9 Gowa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi, kuesioner dan dokumentasi baik secara langsung maupun daring. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 50 siswa kemudian dianalisis menggunakan analisis regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel metode Quiz Team (variabel bebas) berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel hasil belajar (variabel terikat).
PENDIDIKAN INFORMAL BERBASIS BUDAYA LOKAL PADA MASYARAKAT ADAT KAJANG Ihffah Patimah, Rahmatullah, Inanna, Thamrin Tahir, Muhammad Hasan
JURNAL PENDIDIKAN IPS Vol. 1 No. 2 (2020): JP-IPS
Publisher : FKIP UMN ALWASHLIYAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (624.638 KB) | DOI: 10.32696/jpips.v1i2.570

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola pendidikan informal seperti apa yang diterapkan masyarakat adat Kajang dalam upaya pelestarian budaya lokal pasang ri Kajang pada masyarakat adat Kajang di Kabupaten Bulukumba. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi terhadap objek penelitian. Sementara, teknik analisis datanya menggunakan teknik triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pola pendidikan informal berbasis budaya Pasang ri Kajang yang diterapkan masyarakat adat Kajang adalah pola pendidikan otoriter.
PENERAPAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DI SMA DHARMA PANCASILA MEDAN Haidir, Muhammad Hizbullah
JURNAL PENDIDIKAN IPS Vol. 1 No. 2 (2020): JP-IPS
Publisher : FKIP UMN ALWASHLIYAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (692.234 KB) | DOI: 10.32696/jpips.v1i2.575

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifiksi dan mengetahui keberadaan penerapan nilai-nilai pendidikan karakter di SMA Dharma Pancasila Medan. Adapun metode penelitian yang akan digunakan adalah penelitian deskriptif dengan teknik analisis yang bersifat kualitatif. Karena sifatnya kualitatif, maka digunakan analisis situasi dan fokus masalah. Sedangkan tahapan kerja penelitian yang sudah dilakukan dimulai dari perencanaan, observasi, wawancara, pengolahan data, dan menganalisisnya sehingga memperoleh sebuah kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Hasil identifikasi ternyata pelaksanaan pendidikan karakter pelaksanaan nilai-nilai pendidikan karakter yang dilakukan di SMA Dharma Pancasila Medan sudah berjalan dengan baik, hal ini diterapkan di dalam dan di luar kegiatan pembelajaran. 2) Eksistensi nilai-nilai karakter yang ditanamkan antara lain: disiplin, religius, jujur, cinta tanah air, toleransi, cinta damai, bersahabat/komunikatif, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa tanggung jawab, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, gemar membaca, kepedulian sosial, kepedulian lingkungan secara sinergi antara pimpinan, guru dan siswa.

Page 1 of 10 | Total Record : 93