cover
Contact Name
Putu Mega Putra
Contact Email
megabizland@gmail.com
Phone
+6285227679500
Journal Mail Official
megabizland@gmail.com
Editorial Address
Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional Jalan Kecak, No. 12, Gatot Subroto Timur - Bali
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Hospitality Management
ISSN : 20875576     EISSN : 25793454     DOI : https://doi.org/10.22334/jihm
Core Subject : Social,
JIHM merupakan wadah kreatifitas dosen dalam menulis karya ilmiah dalam rangka memenuhi kewajiban Tri Dharma Perguruan Tinggi dan sebagai informasi ilmiah yang bisa dikembangkan bersama untuk tujuan pengalaman pengetahuan di kampus. JIHM berkomitmen merangsang penelitian berdampak tinggi dan inovatif yang relevan bagi akademisi dan praktisi di industri pariwisata, termasuk manajemen, rekreasi dan event. Audiensi kami terdiri dari akademisi, mahasiswa pascasarjana, praktisi dan semua yang tertarik pada bidang penelitian pariwisata. Jurnal ini menerima artikel dari para praktisi dan akademisi serta penelitian kualitatif dan kuantitatif. Setiap makalah akan dinilai berdasarkan standar nasional, orisinalitas / inovasi, kontribusi terhadap pengetahuan, relevansinya dengan subjek dan kualitas penyajiannya. Makalah-makalah tersebut akan direview oleh mitra bestari yang kredibel dan dapat dipercaya. Jurnal Ilmiah Hospitality Management diterbitkan dua (2) kali setahun, pada bulan Juni dan Desember
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 10 No 2 (2020)" : 7 Documents clear
EVALUASI PENGELOLAAN DESA WISATA KABA-KABA, KECAMATAN KEDIRI KABUPATEN TABANAN I Wayan Pantiyasa
Jurnal Ilmiah Hospitality Management Vol 10 No 2 (2020)
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1107.75 KB) | DOI: 10.22334/jihm.v10i2.165

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui Potensi daya tarik wisata yang dimiliki desa Kaba-kaba, kondisi Pengelolaan desa wisata Kaba-kaba dilihat dari Perencanaan, Pengorganisasian, Pengarahan, Pengawasan dan katagori Desa Wisata Kaba-kaba jika dievaluasi berdasarkan ketentuan kementrian Pariwisata tentang klasifikasi Desa wisata. Metode pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi , wawancara dengan para pemangku kepentingan pengembangan desa wisata Kaba-Kaba dan dokumentasi.Data yang dikumpulkan dianalisis dengan analisis deskriptif kualitatif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Desa kaba-kaba memiliki memiliki potensi daya tarik wisata dari alamberupa lahan pertanian, sumberair, dari budaya berupa peninggalan kerajan kaba-Kaba, aktivitas sosial masyarakat seperti bertani, pande besi dan upacara adat dan keagamaan.Pengelolaan Desa wisata belum berjalan maksimal walaupun telah terbentuk Kelompok Sadar wisata, perencanan belum ada ,aktivitas pengelolaan masih dibawah kendali satu orang, pengawasan belum berjalan maksimal, partisipasi masyarakat belum optimal,Katagori desawisata Kaba-Kaba adalah masih kata gori Desa wisata perintisan
PENGARUH KEPEMIMPINAN, KOMUNIKASI, DAN SISTEM RELIGI TERHADAP KETERLIBATAN MASYARAKAT DI DESA WISATA PANGLIPURAN I Made Trisna Semara; I Putu David Adi Saputra
Jurnal Ilmiah Hospitality Management Vol 10 No 2 (2020)
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (283.142 KB) | DOI: 10.22334/jihm.v10i2.166

Abstract

Pembangunan pariwisata berkelanjutan merupakan komitmen internasional untuk menjamin keberlanjutan pariwisata. Bali, sebagai destinasi pariwisata utama di Indonesia, mengalami pertumbuhan pembangunan yang signifikan dalam 20 tahun terakhir. Pertumbuhan pembangunan tersebut secara langsung menyebabkan berkembangnya Desa Wisata di Bali. Hal tidak lepas dikarenakan adanya keterlibatan masyarakat. Salah satu Desa Wisata yang mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang sangat signifikan adalah Desa Wisata Panglipuran. Riset ini disusun dengan tujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis pengaruh Kepemimpinan, Komunikasi, dan Religi terhadap Keterlibatan Masyarakat dalam pengembangan Desa Wisata Panglipuran. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner tertutup dengan skala pengukuran menggunakan skala likert. Responden yang digunakan adalah masyarakat Desa Panglipuran sebanyak 100 orang. Teknik analisis data menggunakan software SmartPLS. Hasil penelitian yang diperoleh dari tabel Path Coefficients menunjukan nilai-nilai X1 à Y sebesar 2.858, X2 à Y sebesar 7.357, dan X3 à Y sebesar 1.883, yang berarti Kepemimpinan, Komunikasi dan Religi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keterlibatan masyarakat dam pengembangan Desa Wisata Panglipuran.
IMPLIKASI PENGEMBANGAN PARIWISATA BERBASIS MASYARAKAT BAGI MASYARAKAT DI DESA BONGAN Putu Widya Darmayanti; I Made Darma Oka
Jurnal Ilmiah Hospitality Management Vol 10 No 2 (2020)
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (176.653 KB) | DOI: 10.22334/jihm.v10i2.167

Abstract

ABSTRAK Tujuan artikel ini untuk mengkaji implikasi pengembangan pariwisata berbasis masyarakat bagi kehidupan masyarakat di desa Bongan. Penelitian ini menggunakan data kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan studi pustaka. Informan diambil dari tokoh masyarakat yang memahami tentang implikasi pengembangan pariwisata dengan teknik snowball sampling. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan pariwisata berbasis masyarakat mampu memberikan implikasi positif bagi kehidupan masyarakat, baik ditinjau dari dimensi ekonomi, sosial, budaya, lingkungan, maupun politik. Impliksi ekonomi, yaitu terjadi peningkatan pendapatan masyarakat; implikasi sosial, yaitu terjadinya peningkatan kualitas hidup masyarakat, implikasi budaya, yaitu melestarikan dan menghormati tradisi budaya; implikasi lingkungan, yaitu meningkatkan kesadaran dalam menjaga kebersihan lingkungan; dan implikasi politik, yaitu masyarakat mendapat prioritas dalam perekrutan tenagakerja. Dirasakannya implikasi positif tersebut mampu meningkatkan antusias masyarakat dalam mendukung pengembangan pariwisata. Diharapkan stakeholder ikut berperan aktif dalam mendukung pengembangan pariwisata baik berupa motivasi, pembinaan, manajemen pengelolaan, maupun promosi.
PENGARUH SERVICE QUALITY DAN SUSTAINBLE EVENT TERHADAP KEPUASAN PESERTA EVENT GATHERING DI BALI: IFBEC (Indonesian Food and Beverage Excutive Club/Asositaion) Bali Firman Sinaga; I Wayan Pantiyasa
Jurnal Ilmiah Hospitality Management Vol 10 No 2 (2020)
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (361.842 KB) | DOI: 10.22334/jihm.v10i2.168

Abstract

The study was concern to participants of Event Gathering in Bali especially at IFBEC (Indonesia Food and Beverage Association). This research is a quantitative study using multiple linear regression analysis and coefficient of determination analysis, using the SPSS program for windows version 2.0. with the stepwise method. The results of this study are the service quality and sustainable green event jointly positive and significant effect on satisfaction with an F value of 36.995, a significance value of 0.000 <0.05, while partially service quality has a positive and significant effect on customer satisfaction of event gathering participants in Bali especially members of the Indonesia Food and Beverage Executive Club (IFBEC) with a value of t = 6.082 significant at 0,000 (<0.05), and have a more dominant influence compared to sustainable events.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN DI F&B SERVICE DEPARTEMENT NUSA DUA BEACH HOTEL BALI I Gede Witayasa; I Nyoman Sudiarta
Jurnal Ilmiah Hospitality Management Vol 10 No 2 (2020)
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (192.985 KB) | DOI: 10.22334/jihm.v10i2.169

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan yang terdiri dari variable tangible, reliability, responsiveness, assurance,dan empathy secara simultan untuk mengetahui variabel dominan yang berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 100 reponden yang menggunakan jasa F&B Service Departement Nusa Dua Beach Hotel Bali. Teknik pengambilam sampel menggunakan teknik purposive sampling dan metode pengumpulan data berupa kuisioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji instrumen (validitas dan reliabilitas) serta analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan, berdasarkan analisis koefisien determinasi diperoleh hasil R square (koefisien determinasi) sebesar 0,270 artinya bahwa 27,0% variabel kepuasan pelanggan dipengaruhi oleh variabel kualitas pelayanan, yang terdiri dari tangible, reliability, responsiveness, assurance dan empathy, sedangakan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Terdapat pengaruh signifikan secara parsial (individu) pada variabel reliability, responsiveness, assurance, dan empathy terhadap kepuasan pelanggan dengan hasil signifikansi t (0,010) < α 0,005. Sedangkan pengaruh variabel tangible menunjukkan hasil yang tidak signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai t (0,000) > α 0,05.
ANALISIS DAMPAK DAN DAYA DUKUNG PARIWISATA DAYA TARIK WISATA TANAH LOT DI KECAMATAN KEDIRI, KABUPATEN TABANAN I Nyoman Sudiarta; Ni Made Oka Karini
Jurnal Ilmiah Hospitality Management Vol 10 No 2 (2020)
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (303.802 KB) | DOI: 10.22334/jihm.v10i2.170

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak dan daya dukung pariwisata daya tarik wisata Tanah Lot. Metode pengumpulan data dengan , melakukan wawancara dan observasi langsung ke Daya Tarik Wisata Tanah Lot. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Secara umum dampak pariwisata di daya tarik wisata Tanah Lot sangat positif., baik dilihat dari dampak pembangunan fisik, sosial dan budaya, lingkungan serta ekonomi. Analisis daya dukung pariwisata yang dilihat dari daya dukung fisik, riil dan efektif. Daya dukung fisik adalah sebesar 4.436, yang menunjukkan batas maksimum dari kunjungan wisatawan yang secara fisik tercukupi oleh ruang yang disediakan pada waktu tertentu. Terjadi kelebihan kunjungan pada musim sepi maupun musim ramai, yaitu sebanyak 96 orang setiap harinya. Daya Dukung riil daya tarik wisata Tanah Lot adalah 1.109, artinya jumlah maksimum kunjungan wisatawan yang diperbolehkan dalam satu hari dengan berbagai aktifitas wisatanya tanpa merusak lingkungan atau ekosistem yang ada. Daya dukung efektif, merupakan jumlah kunjungan wisatawan dimana kawasan tetap lestari, dengan mempertimbangkan kapasitas manajemen yang dimiliki. Daya dukung efektif menunjukkan jumlah wisatawan yang dapat ditangani dengan optimal oleh sumber daya manusia yang disediakan manajemen, dengan hasil sebesar 1.109, menunjukkan jumlah wisatawan yang dapat ditangani dengan optimal di daya tarik wisata Tanah Lot.
PERANAN SALES SECRETARY DALAM MENDUKUNG KELANCARAN MANAJEMEN SALES DI KUTA PARADISO HOTEL Ni Luh Supartini; Cendana Cahyani Lestari Guyana
Jurnal Ilmiah Hospitality Management Vol 10 No 2 (2020)
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (225.506 KB) | DOI: 10.22334/jihm.v10i2.171

Abstract

The role of a secretary is required in assiting to complete the whole works. As a secretary, the most important skill is managing time and choosing work priorities so that the main work can be completed on time. At the same time, there are a number of jobs beside of the main jobs should be completed. It affects the load of secretary’s jobs were fulled. This study aims to find out how the roles and responsibilities of the sales secretary who are concurrently as sales admins, as well as what are the obstacles faced in carrying out the tasks. Data was collected through observation, interview and documentation techniques. The data analysis technique used in this research is descriptive qualitative. The results of the study showed descriptively that the sales secretary is very instrumental in supporting the management system of sales at Kuta Paradiso Hotel, Bali. The problems was encountered by a secretary was lack of communication skills, lack of human resources that affect the load of secretry’s responsibilities was over.

Page 1 of 1 | Total Record : 7