cover
Contact Name
Putu Mega Putra
Contact Email
megabizland@gmail.com
Phone
+6285227679500
Journal Mail Official
info@jam.ipb-intl.ac.id
Editorial Address
Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional Jalan Kecak, No. 12, Gatot Subroto Timur - Bali
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Abdi Masyarakat
ISSN : 27762262     EISSN : 27761819     DOI : 10.22334/jam
Core Subject : Social,
JAM memiliki fokus utama pada pengembangan ilmu-ilmu di ranah pengabdian kepada masyarakat. Lingkup ranah pengabdian kepada masyarakat antara lain meliputi; tetapi tidak hanya terbatas pada: 1. Pelatihan, 2. Pemasaran, 3. Teknologi Tepat Guna (TTG), 4. Pengembangan Ekonomi, Kewirausahaan, Koperasi, Industri Kreatif, dan UMKM, 5. Desain, 6. Pemberdayaan masyarakat, 7. dan Pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2022): Februari" : 7 Documents clear
Pelatihan it untuk meningkatkan kemampuan staf dan perangkat desa di desa duman zaenudin; Zaeniah; Masjun Efendi
Jurnal Abdi Masyarakat Vol. 2 No. 1 (2022): Februari
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (257.411 KB) | DOI: 10.22334/jam.v2i1.17

Abstract

Saat ini Perkembangan Teknologi dan Informasi sangat pesat, dengan adanya sistem informasi berbasis komputer yang kian meningkat hampir disemua bidang dan pekerjaan untuk menyampaikan informasi menggunakan teknologi komputer. Pelatihan IT ini bertujuan untuk memberikan komptensi dasar penggunaan program komputer yaitu word, excel dan power point kepada para staf dan perangkat desa duman. Desa Duman adalah desa yang berada di Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat Provinsi Nusa Tenggara Barat. Saat ini desa duman dalam pelayanan administrasi belum maksimal Upaya untuk meningkatkan kemampuan staf dan perangkat desa duman, kepala desa dan sekretaris desa bertujuan untuk membuat pelatihan ini untuk memaksimalkan peran staf dan perangkat desa duman dalam meberikan pelayanan kepada masyarakat, metode pelaksanaan pengabdian ini adalah in service training dan on service training. Hasil dari kegiatan ini adalah para staf dan perangkat desa duman telah mampu mengoperasikan program microsoft office word, microsoft office excel dan microsoft office power point, sehingga mampu menunjang pelayanan adminsitrasi sehari-hari kepada masyarakat.
Restorasi produk uma kawan: produk wisata berbasis masyarakat di desa baturiti tabanan Komang Trisna Pratiwi Arcana; pranatayana Ida Bagus Gde; Ida Bagus Made Wiyasha
Jurnal Abdi Masyarakat Vol. 2 No. 1 (2022): Februari
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3342.232 KB) | DOI: 10.22334/jam.v2i1.18

Abstract

Mitra Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), Uma Kawan; merupakan salah satu wisata perdesaan berbasis masyarakat yang berlokasi di desa Baturiti Kecamatan Kerambitan Kabupaten Tabanan Bali. Uma Kawan dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) desa Baturiti yang dirintis sejak 29 November 2018. Produk yang ditawarkan adalah swing, cycling, tracking, dan kuliner tradisional khas perdesaan oleh warga Baturiti. Upaya memasarkan produk Uma Kawan dengan words of mouth atau biasa disebut dengan dari mulut ke mulut pengunjung. Pandemi Covid 19 mengakibatkan kegiatan Uma Kawan mati suri yang berakibat tidak berfungsinya fasilitas seperti swing, perlengkapan penyajian kuliner, serta sarana toilet. Dari sisi sumber daya manusia (SDM), tingkat keterampilan dan motivasi menurun drastis. Juga, Uma Kawan tidak memiliki media untuk mengkomunikasikan produk-produknya secara elektronik. Tujuan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) memberikan solusi atas masalah yang dihadapi oleh Uma Kawan dengan meningkatkan kemampuan teknis SDM di bidang pelayanan (service). Pelatihan teknis basic table set-up, penyiapan minuman sehat tanpa alkohol, penyiapan minuman kopi, pengadaan sign board, dan mengelola web adalah solusi yang ditawarkan dengan tetap menjalankan protokol kesehatan. Dengan pelatihan ini diharapkan Uma Kawan memiliki standar mutu layanan serta produk yang ditawarkan sesuai dengan segmen pasarnya yaitu individu yang mencari kesehatan (health seeking) melalui kegiatan cycling dan tracking di lingkungan alam pedesaan. Hasil dari pelatihan ini bahwa peserta telah menguasai dengan baik materi yang diberikan serta siap untuk diterapkan saat Uma Kawan beroperasi kembali.
Potensi pengembangan wellness tourism di desa wisata kenderan, gianyar Komang Trisna Pratiwi Arcana; Ida Bagus Gde Pranatayana; Denok Lestari; Anak Agung Istri Putera Widiastiti; Moh Agus Sutiarso; Aurelia Aswirna; Lulu Debi Lusia
Jurnal Abdi Masyarakat Vol. 2 No. 1 (2022): Februari
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (713.728 KB) | DOI: 10.22334/jam.v2i1.19

Abstract

The training and community service activities provided were bookkeeping training for village officials, SPA (Product Making) training for youth in Kenderan village, guiding technique training for youth in Kenderan village, waste management training for PKK village women Kenderan, Marketing Training was given to Youth in Kenderan Village, and Healthy Food Training was given to PKK Mothers in Kenderan Village. All training activities carried out are expected not only to be followed but also to be implemented by all training participants, so that the knowledge provided is able to provide change and assist in the process of developing a tourist village in Kenderan Village as a wellness tourism village. Kegiatan Pelatihan dan Pengabdian Masyarakat yang diberikan adalah Pelatihan pembukuan diberikan untuk perangkat desa, Pelatihan SPA (Product Making) diberikan untuk Pemuda/i di Desa Kenderan, Pelatihan Teknik Memandu diberikan untuk Pemuda/i di Desa Kenderan, Pelatihan Waste Management diberikan untuk Ibu PKK Desa Kenderan, Pelatihan Pemasaran diberikan untuk Pemuda/i di Desa Kenderan, dan Pelatihan Healthy Food diberikan untuk Ibu PKK Desa Kenderan. Seluruh kegiatan pelatihan yang dilaksanakan ini diharapkan tidak hanya sekedar diikuti namun juga dapat diimplementasikan oleh seluruh peserta pelatihan, sehingga ilmu yang diberikan mampu memberikan perubahan dan membantu dalam proses pengembangan desa wisata di Desa Kenderan sebagai desa wisata wellness tourism.
Pengajaran bahasa inggris melalui program kemah sastra sma kabupaten buru risman Iye; Azwan; Susiati; Harziko; Taufi; Riki Bugis; A. Yusdianti Tenriawali; Riyaldi Akbar
Jurnal Abdi Masyarakat Vol. 2 No. 1 (2022): Februari
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (281.093 KB) | DOI: 10.22334/jam.v2i1.20

Abstract

Pembelajaran Bahasa Inggris di sekolah memiliki peranan penting dalam mengembangkan bakat siswa untuk itu sebagai bentuk penerapan metode seorang pengajar harus mampu kreatif agar mata pelajaran yang diajarkan dapat dipahami oleh siswa. Pengabdian kepada Masyarakat ini yakni Kegiatan “Kemah Sastra” bertujuan untuk menumbuhkembangkan pengetahuan dan minat tentang bahasa dan sastra kepada siswa SMA di kota Namlea untuk lebih kreatif dalam berkarya. Selain itu, melalui kegiatan ini mahasiswapun dapat membiasakan diri dalam melakukan berbagai kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat. Kegiatan ini juga menjadi ajang unjuk kreatifitas mahasiswa dalam bidang sastra. Kemah sastra yang dilaksanakan di Desa Lala, Kecamatan Lilialy, Kabupaten Buru selama tiga hari yakni pada tahun 2020. Hari pertama para peserta dikumpulkan di tengah lapangan untuk dibagi berdasarkan kelompok dalam hal ini memberikan edukasi kepada siswa tentang pembelajaran bahasa Inggris. Hasil Pengabdian Kegiatan kemah sastra memberikan hasil yang sesuai dengan yang diharapkan. Melalui kegiatan kemah sastra, pemahaman dan pengetahuan para siswa dan mahasiswa tentang bahasa dan sastra dapat meningkat. Selain itu, para peserta kemah sastra dapat menumbuhkan minat dan bakat tentang seni sastra. 
Pelatihan penggunaan media pembelajaran online bagi guru smp surabaya Ririn Pusparini; Nur Fauzia; Arik Susanti; Anis Trisusana; Diana Budi Darma; Fithriyah Inda Nur Abida; Sueb
Jurnal Abdi Masyarakat Vol. 2 No. 1 (2022): Februari
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (588.94 KB) | DOI: 10.22334/jam.v2i1.21

Abstract

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menetapkan Corona Virus Disease 2019 menjadi Pandemi Internasional. Negara Indonesia sendiri dalam keppres no nomor 11 tahun 2020 menetapkan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Corana VirusDisease 2019 (COVID-l9) di lndonesia yang wajib dilakukan upaya penanggulangan sesuai dengan ketemtuan peraturan perundang-undangan. Dalam rangka membantu pemerintah menanggulangi COVID 19 ini. Salah satu bentuk bantuan Unesa adalah melalui penyelenggaraan Pengabdian Kepada Masyarakat Penugasan COVID 19 yang berfokus pada penanganan covid 19, seperti mengembangkan pembelajaran online pada sekolah. Oleh karena itu, kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk membantu MGMP Bahasa Inggris terutama di Kota Surabaya dengan cara meningkatkan pengajaran dengan adanya workshop media online sehingga diharapkan mampu mendukung himbauan pemerintah untuk melakukan social dan physical distancing agar penyebaran Covid 19 bisa dikendalikan. Pendekatan yang digunakan dalam penyelesaikan masalah adalah pendekatan task-based dan model learn and practice. Peserta pelatihan adalah guru SMP dari beberapa sekolah di Surabaya yangtelah ditunjuk oleh pembina dan ketua MGMP Surabaya. Dalam hal ini, guru akan mendapatkan materi yang langsung akan diikuti dengan workshop desain penyusunan pembelajaran kolaborasi dengan memanfaatkan aplikasi digital. Pelatihan media online dimana guru-guru mempraktikkan secara langsung penggunaan media pembelajaran dengan beberapa aplikasinya mampu menumbuhkan kolaborasi siswa dan ketertarikan terhadap mata pelajaran Bahasa Inggris selama proses pembelajaran berlangsung secara daring. Melalui media online guru dapat memonitor pembelajaran, melakukan assessment, dan melakukan transfer ilmu sehingga proses belajar mengajar tetap dapat berjalan secara maksimal.
Pemberdayaan masyarakat berbasis kopi rakyat sebagai destinasi wisata di bongancina, kecamatan busungbiu, kabupaten singaraja Francisca Titing Koerniawaty; I Made Darsana; Moch Nur Efendi; Firman Sinaga; Bondan Pambudi
Jurnal Abdi Masyarakat Vol. 2 No. 1 (2022): Februari
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (277.74 KB) | DOI: 10.22334/jam.v2i1.22

Abstract

Desa Bongancina sangat cocok untuk dikembangkan menjadi desa wisata. Institut Pariwisata Dan Bisnis Internasional, merespon peluang ini dengan mengambil bentuk kegiatan yang dikemas dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat. pengabdian ini dilakukan dengan metode penyuluhan dan diikuti dengan diskusi serta evaluasi akhir untuk mengukur tingkat capaian yang dihasilkan. Kegiatan ini sendiri merupakan kegiatan pengabdian internal kampus IPB Internasional dengan mengembangkan upaya kemitraan pada masyarakat pelaku usaha di desa Bongancina. Kegiatan pengabdian dalam bentuk pendampingan di Desa Bongancina, terkait dengan pengembangan Desa Bongancina menjadi Desa Wisata, sudah berjalan dengan baik dan lancar. Hal ini tampak dari antusias warga dari berbaga propesi untuk mengikuti kegiatan ini. Dukungan dari pihak kampus Institut Pariwisata Dan Bisnis Internasional berupa pendanaan dan bantuan sarana serta prasarana memiliki peran besar untuk keberhasilan kegiatan pengabdian ini. Keterlibatan masyarakat menjadi kunci utama keberhasilan program ini, sehingga program pengabdian kepada masyarakat Institut Pariwisata Dan Bisnis Internasional bisa selesai sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.
Meningkatkan kompetensi pengelola bumdes pada manajemen bisnis dan manajemen keuangan bumdes “panca artha mandiri” pemerintah desa dangin puri kauh denpasar bali Wardana Miko Andi; Denok Lestari; I Made Trisna Semara; Komang Shanty Muni Parwati; Nyoman Surya Wijaya
Jurnal Abdi Masyarakat Vol. 2 No. 1 (2022): Februari
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (584.969 KB) | DOI: 10.22334/jam.v2i1.24

Abstract

Tujuan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini adalah meningkatkan profesionalitas pengelola BUMDes dalam pengelolaan bisnis dan keuangan BUMDes. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah metode pembelajaran partsipatif dalam bentuk ceramah, diskusi, Tanya jawab dan praktik terkait dengan pengelolaan keuangan BUMDes. Materi pelatihan yang diberikan mencakup pengelolaan industri dikomparasikan dengan perkembangan BUMDes dan regulasinya, sistem pengorganisasian BUMDes, Akuntansi BUMDes dan penatausahaan serta pertanggung jawaban keuangan BUMDes. Peserta workshop pengelolaan keuangan BUMDes ini terdiri atas kepala desa/wakil desa dan pengelola BUMDes “Panca Arta Mandiri” Desa Dangin Puri Kauh, Kecamatan Denpasar Utara, Kota Denpasar Provinsi Bali. Hasil yang dicapai dari program pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini adalah meningkatnya pengetahuan dan ketrampilan aparatur pemerintah desa dan pengelola BUMDes dalam pengelolaan bisnis dan keuangan BUMDes.

Page 1 of 1 | Total Record : 7