cover
Contact Name
Putu Mega Putra
Contact Email
megabizland@gmail.com
Phone
+6285227679500
Journal Mail Official
info@paris.ipb-intl.ac.id
Editorial Address
Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional Jalan Kecak, No. 12, Gatot Subroto Timur Denpasar - Bali
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
ISSN : -     EISSN : 28283325     DOI : https://doi.org/10.22334/paris
Core Subject : Economy, Social,
Paris memuat publikasi ilmiah di bidang pendidikan, pariwisata, bisnis dan kewirausahaan. dengan cakupan bidang sebagai berikut tetapi tidak hanya terbatas pada: 1. Pendidikan pariwisata, 2. Pengembangan kepariwisataan, 3. Pariwisata Berkelanjutan, 4. Pengentasan kemiskinan berbasis sumber daya lokal, 5. Pengelolaan wilayah pedesaan dan pesisir berkearifan lokal, 6. Pengembangan Ekonomi, Bisnis digital, Kewirausahaan, Koperasi, Industri Kreatif, dan UMKM, 7. Seni, sastra, dan budaya, serta integrasi nasional dan harmoni sosial dalam bidang pariwisata.
Articles 21 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 5 (2023): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis" : 21 Documents clear
Pengaruh Kompensasi dan Pengalaman Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Departemen Food and Beverage Service Felicia Meydina Ento; Denok Lestari; Putu Eka Wirawan
Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis Vol. 2 No. 5 (2023): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22334/paris.v2i5.409

Abstract

Kompensasi menjadi pendorong seseorang melaksanakan suatu kegiatan guna mendapatkan hasil yang terbaik, sedangkan pengalaman kerja perlu diperhatikan sesuai dengan pengalaman kerja untuk melaksanakan kerja dengan efisien. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kompensasi dan pengalaman kerja terhadap produktifitas kerja karyawan departemen food and beverage service di Hotel Swiss-Belinn Singkawang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan sampel sebanyak 20 karyawan departemen Food and BeverageService. Hasil penelitian adalah nilai F hitung sebesar 35,696 dan F tabel 3,59. kompensasi berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap produktifitas kerja dengan koefisien regresi sebesar 0,515 dan nilai t hitung sebesar 2,351 dan sig 0,000. Pengalaman Kerja berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap produktivitas kerja dengan koefisien regresi sebesar 0,136 dan nilai t hitung sebesar 0,978 dan sig 0,342. Kompensasi tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan secara parsial terhadap produktivitas kerja dengan koefisien regresi sebesar 0,978 dan nilai t hitung sebesar 2,351 dan sig 0,000. Compensation becomes a driver for someone to carry out an activity to get the best results, while work experience needs to be considered in accordance with work experience to carry out work efficiently. The purpose of this study was to find out the effect of compensation and work experience on the work productivity of employees of the food and beverage service department at Hotel Swiss-Belinn Singkawang. The method used in this study is a quantitative method. The data collection technique uses questionnaires with a sample of 20 employees of the Food and Beverage Service department. The results of the study were the calculated F value of 35,696 and the F table 3.59. Compensation has a positive and partially significant effect on work productivity with regression coefficients of 0.515 and t-count values of 2.351 and sig 0.000. Work experience has a positive and partially significant effect on work productivity with regression coefficients of 0.136 and t-count values of 0.978 and sig 0.342. Compensation had no positive and partially insignificant effect on work productivity with regression coefficients of 0.978 and t-count values of 2.351 and sig 0.000.
Strategi Pemasaran Brits Hotel Legian Di Era Normal Baru Pasca Pandemi Covid-19 Kadek Mirah Maharani Astika Ayu; Denok Lestari; Febianti Febianti
Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis Vol. 2 No. 5 (2023): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22334/paris.v2i5.410

Abstract

Bali adalah salah satu destinasi yang paling terkena dampak COVID-19 sehingga mengharuskan untuk memberhentikan operasional maskapai penerbangan, larangan perjalanan wisata dan ditutupnya destinasi wisata bagi wisatawan ini merupakan beberapa kasus kecil yang berdampak pada denyut nadi industri pariwisata di Bali yang sebelumnya sedang mengalami kemajuan pesat. Bali sebagai salah satu destinasi favorit wisman dilaporkan mengalami penurunan kunjungan yaitu 99,93% dibandingkan bulan April 2019 atau year on year. Salah satu akomodasi yang turut merasakan dampak akibat COVID-19 adalah Brits Hotel Legian. Maka penelitian ini diharapkan dapat membantu manajemen Brits Hotel Legian untuk menentukan strategi pemasaran serta efektifitas dari penerapan strategi tersebut dengan teknik bauran pemasaran dan metode SWOT, sehingga dapat meningkatkan volume penjualan di Brits Hotel Legian. teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan tehnik analisis data yang digunakan adalah Analisis Deskriptif, dan Analisis SWOT yang terdiri dari Matrik SWOT, IFAS/EFAS. Hasil penelitian strategi pemasaran di Brits Hotel Legian menunjukkan Brits Hotel Legian berada pada Kuadran II yaitu Diversifikasi dengan Sumbu X (internal) 0.90, dan Sumbu Y (external) -0.62. pada situasi ini Brits Hotel Legian memiliki keunggulan yang mendominasi namun juga menghadapi ancaman yang disebabkan oleh situasi pandemic Covid-19. Usaha yang dapat dilakukan oleh Brits Hotel Legian adalah mengatur ulang strategi, atau mengganti strategi yang lama dengan yang baru. Bali is one of the destinations most affected by COVID-19, requiring airlines to stop operating airlines, travel bans and the closure of tourist destinations for tourists are some of the small cases that have an impact on the pulse of the tourism industry in Bali, which was previously experiencing rapid progress. Bali as one of the favorite destinations for foreign tourists is reported to have experienced a decline in visits of 99.93% compared to April 2019 or year on year. One of the accommodations that have also been affected by COVID-19 is the Brits Hotel Legian. So this research is expected to help the management of Brits Hotel Legian to determine marketing strategies and the effectiveness of implementing these strategies with marketing mix techniques and SWOT methods, so as to increase sales volume at Brits Hotel Legian. Data collection techniques used in this study were observation, interviews, and documentation. While the data analysis technique used is Descriptive Analysis, and SWOT Analysis consisting of SWOT Matrix, IFAS/EFAS. The results of the marketing strategy research at Brits Hotel Legian show that Brits Hotel Legian is in Quadrant II, namely Diversification with the X-axis (internal) 0.90, and the Y-axis (external) -0.62. In this situation, Brits Hotel Legian has a dominating advantage but also faces threats caused by the Covid-19 pandemic situation. The effort that can be done by Brits Hotel Legian is to rearrange the strategy, or replace the old strategy with a new one.
Pengaruh Stres Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan I Gusti Ngurah Adi Putra; Kadek Feni Aryati; Arik Agustina
Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis Vol. 2 No. 5 (2023): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22334/paris.v2i5.411

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh stres kerja terhadap kinerja karyawan, pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan, dan pengaruh stres kerja dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan di Equilibria Hotel Seminyak, Berdasarkan hasil uji yang dilakukan diketahui hasil uji F diperoleh Fhitung sebesar 24,307 dengan nilai signifikansi 0,000< 0,05 H0 ditolak dan Ha diterima, hasil uji-t variabel stres kerja mendapatkan hasil thitung 2,203 dan nilai signifikansinya 0,033<0,05 sehingga dapat dikatakan H0 ditolak dan Ha diterima. Sedangkan uji-t variabel lingkungan kerja memperoleh nilai thitung 2,986 dengan nilai signifikansi 0,004<0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Variabel lingkungan kerja merupakan variabel yang paling dominan atau variabel yang paling besar dalam mempengaruhi kinerja karyawan di Equilibria Hotel Seminyak. This study aims to test the effect of work stress on employee performance, the effect of the work environment on employee performance, and the effect of work stress and work environment on employee performance at Equilibria Hotel Seminyak, Based on the results of tests conducted known F test results obtained Fhitung of 24,307 with a significance value of 0.000< 0.05 H0 rejected and Ha accepted, the results of t-variable work stress get a result of thitung 2,203 and a significance value of 0.033<0.05 so that it can be said H0 rejected and Ha accepted. While the t-test of the working environment variable obtained a thitung value of 2.986 with a significance value of 0.004<0.05 so that H0 was rejected and Ha was accepted. The work environment variable is the most dominant variable or the most variable in influencing employee performance at Equilibria Hotel Seminyak.
Pengaruh Komunikasi Interpersonal dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan I Komang Alit Putra Sanjaya; Dika Pranadwipa Koeswiyono; Luh Eka Susanti
Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis Vol. 2 No. 5 (2023): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22334/paris.v2i5.412

Abstract

Tingkat persaingan yang tinggi akan membuat setiap perusahaan lebih berinovasi untuk dapat mempertahankan perusahaan dengan memberikan perhatian pada aspek sumber daya manusia, sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Komunikasi Interpersonal dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan di Capella Ubud. Penelitian ini menggunakan rumus Solvin dalam pengambilan sampelnya, sehingga didapat 57 responden dengan teknik dokumentasi, wawancara, dan kuisioner. Hasil kuisioner dianalisis menggunakan SPSS 23 dengan metode analisis regresi linier berganda. Nilai koefisien regresi komunikasi yaitu 0,282 yang artinya komunikasi berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan. Sedangkan koefisien regresi disiplin yaitu 0,307 yang artinya disiplin berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan. Nilai F hitung lebih kecil daripada 0,05 dan secara simultan kedua variabel x berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. Dengan nilai koefisien determinasi total sebesar 60%, dan 40% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain diluar variabel. The high level of competition will make each company more innovative to be able to maintain the company by paying attention to the human resource aspect, so that the company's goals can be achieved. This study aims to determine the effect of interpersonal communication and work discipline on employee performance at Capella Ubud. This study used the Solvin formula in its sampling, so that 57 respondents were obtained using documentation, interviews and questionnaire techniques. Questionnaire results were analyzed using SPSS 23 with multiple linear regression analysis method. The value of the communication regression coefficient is 0.282, which means that communication has a positive effect on employee performance. While the regression coefficient of discipline is 0.307, which means that discipline has a positive effect on employee performance. The calculated F value is smaller than 0.05 and simultaneously the two x variables have a significant effect on employee performance. With a total determination coefficient of 60%, and the remaining 40% is influenced by other factors outside the variables.
Kinerja Profesional Pelayanan Restoran di Hotel Plataran Ubud I Wayan Aris Trisna Mega Ananda; Kadek Ayu Ekasani; Firman Sinaga
Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis Vol. 2 No. 5 (2023): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22334/paris.v2i5.418

Abstract

Penelitian ini membahas kinerja profesional pelayanan restoran di hotel Plataran Ubud. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang profesional dan mengurangi komplain dari tamu restoran hotel Plataran Ubud. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan melakukan wawancara. Jumlah responden ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin yaitu dengan menggunakan 20% dari jumlah populasi, hal ini dilakukan untuk memudahkan pengolahan data dan untuk hasil pengujian yang lebih baik. Dalam observasi ini, peneliti melakukan wawancara dengan 2 supervisor, 1 kapten restoran dan 3 pelayan. Upaya yang digunakan untuk meningkatkan Kinerja Profesional di Plataran Hotel Ubud adalah 1) Pendidikan 2) Pelatihan 3) Magang 4) Uji kompetensi 5) Tugas tambahan 6) Rotasi kerja 7) Studi banding 8) Bimbingan 9) Promosi. Kinerja Profesional Pelayanan Restoran di Hotel Plataran Ubud telah menerapkan standar operasional prosedur untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Prosedur standar operasi yang diterapkan meliputi penampilan yang sehat dan profesional, pengetahuan makanan dan minuman, ketepatan waktu, kearifan lokal, kepribadian, sikap terhadap konsumen, ingatan, kejujuran, perbuatan, kemampuan penjualan, kepuasan pelanggan, dan keluhan. Hal ini berdampak besar pada operasional restoran, baik dari segi efisiensi maupun efektifitas kerja, sehingga setiap operasional dapat berjalan dengan baik tanpa kesalahan yang tidak diinginkan dan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur sehingga kinerja profesional pramusaji dapat terus ditingkatkan. This research discusses the professional performance of restaurant services at the Plataran Ubud hotel. The purpose of this research is to improve the quality of professional service and reduce complaints from guests at the Plataran Ubud hotel restaurant. The data collection technique in this study used descriptive qualitative by conducting interviews, the number of respondents was determined using the Slovin formula, namely by using 20% of the total population, this was done to facilitate data processing and for better test results. In this observation, the researcher conducted interviews with 2 supervisors, 1 restaurant captain and 3 waiters/s. Efforts used to improve Professional Performance at Plataran Hotel Ubud are 1) Education 2) Training 3) Internship 4) Competency test 5) Additional assignments 6) Job rotation 7) Comparative study 8) Guidance 9) Promotion. Professional Performance of Restaurant Services at Hotel Plataran Ubud has implemented standard operating procedures to improve service quality. Standard operating procedures applied include a healthy and professional appearance, knowledge of food and beverages, punctuality, local knowledge, personality, attitude towards consumers, memory, honesty, deed, sales ability, customer satisfaction, and complaints. This has a major impact on restaurant operations, both in terms of efficiency or work effectiveness, so every operation can be carried out properly without unwanted errors and in accordance with Standard Operating Procedures so that the professional performance of waiters can be continuously improved.
Analisis Strategi Bauran Pemasaran Event Organizer Pada Masa Pandemi Covid-19 Karin Charissa Br Surbakti; Komang Ratih Tunjungsari; Luh Eka Susanti
Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis Vol. 2 No. 5 (2023): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22334/paris.v2i5.419

Abstract

Virus covid-19 memberi dampak buruk pada banyak bidang usaha termasuk event organizer. Adanya larangan mengadakan acara membuat penjualan event menurun. Agar perusahaan dapat meningkatkan penjualan diperlukan strategi pemasaran yang tepat. Penelitian ini bertujuan menganalisis strategi bauran pemasaran 4P pada CV Matakail Communication. Metode penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik analisis menggunakan Data Reduction, Data Display, Conclusion Drawing /Verification. Hasil dari penelitian menunjukkan strategi bauran pemasaran yang meliputi Product, Price, Place, Promotion sudah berjalan dengan cukup baik. Produk dari Matakail Communication adalah seminar, exhibition, road show, business gathering, creative design, brand activation, product launching, opening ceremony. Strategi price fleksibel menyesuaikan dengan permintaan jenis event dari konsumen. Untuk sistem digital management Matakail memberikan harga jual sekitar 8-12 juta rupiah. Place dari CV Matakail Communication Medan beralamat di Jl.Bunga Terompet, Gang Balai Kelurahan Sempakata, Kec.Medan Selayang-Kota Medan dan untuk venue event dilakukan dengan cara actual & virtual event. Strategi promotion dilakukan secara digital promotion dan direct promotion. Pada masa pandemi covid-19 ditemukan adanya aktivitas event di CV Matakail Communication Medan dengan penjualan sejumlah 11 event. The COVID-19 virus has had a negative impact on many business fields, including event organizers. The existence of a ban on holding events makes event sales decline. In order for companies to increase sales, the right marketing strategy is needed. This study aims to analyze the 4P marketing mix strategy at CV Matakail Communication. This research method is descriptive with a qualitative approach. The analysis technique uses Data Reduction, Data Display, Conclusion Drawing / Verification. The results of the study show that the marketing mix strategy which includes Product, Price, Place, Promotion has been running quite well. Products from Matakail Communication are seminars, exhibitions, road shows, business gatherings, creative design, brand activation, product launching, opening ceremonies. The price strategy is flexible according to the demand for the type of event from consumers. For the digital management system, Matakail provides a selling price of around 8-12 million rupiah. Place from CV Matakail Communication Medan is located at Jl. Bunga Terompet, Gang Balai Kelurahan Sempakata, Kec. Medan Selayang-Kota Medan and the event venue is carried out by actual & virtual events. The promotion strategy is carried out by digital promotion and direct promotion. During the COVID-19 pandemic, it was found that there were event activities at CV Matakail Communication Medan with sales of 11 events.
Strategi pemasaran era new normal di Maca Villas I Ketut Gde Cahdrika Prabhaswara; I Made Trisna Semara; Ni Putu Isha Aprinica
Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis Vol. 2 No. 5 (2023): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22334/paris.v2i5.421

Abstract

Maca Villas & Spa Seminyak harus menemukan strategi baru untuk tetap bertahan dan memenangkan pasar di tengah era new normal yang mengakibatkan perubahan pada segmentasi konsumen. Dalam penelitian ini, peneliti mengedepankan permasalahan mengenai analisa kondisi internal dan eksternal dari Maca Villas & Spa Seminyak saat ini serta menemukan strategi baru yang dapat diaplikasikan kedepannya. Penelitian ini menggunakan analisis SWOT berdasarkan bauran pemasaran 7P, untuk melihat potensi internal dan eksternal Maca Villas & Spa Seminyak, dimana analisis yang digunakan adalah analisis IFAS EFAS, kuadran SWOT, dan matriks SWOT. Dari analisis tersebut didapatkan bahwa Maca Villas & Spa Seminyak terdapat pada kuadran II yaitu Strategi Diversifikasi, dimana hotel ini memiliki keuntungan dari segi kekuatan yang dimiliki tetapi diimbangi dengan ancaman yang tinggi. Hasil dari strategi yang diperoleh, diuji kembali menggunakan analisis QSPM. Strategi utama yang didapatkan dengan skor sebesar 6.76 adalah meningkatkan kinerja Japanese Sales and Marketing serta pengangkatan daily worker apabila diperlukan dalam rangka menyambut bubble travelling yang direncanakan oleh pemerintah. Maca Villas & Spa Seminyak need to find a new strategy to survive and win the market in the middle of new normal era resulting in changes of consumer segmentation. In this research, researcher put forward the issue of Maca Villas & Spa Seminyak internal and external condition analyze and to find out a new strategic that can be used in the further. This research use SWOT analysis based on marketing mix 7P to see Maca Villas & Spa Seminyak internal and external potential, which the analysis that being used is IFAS EFAS analysis, SWOT quadrant, and SWOT matrix. From the analysis, it was found that Maca Villas & Spa Seminyak is in the 2 nd Quadrant, which Diversification Strategy, where the hotel has advantages in term of strength but balanced with high threat. The strategy is retested by using QSPM analysis. The main strategy got 6.76 point, which is improve the performance of Japanese Sales and Marketing and hire a daily worker if it is needed in order to welcome bubble travelling which is planned by the government.
Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingginya Food Cost di Hotel I Made Dwiky Purna Gunawan; Bondan Pambudi; Miko Andi Wardana
Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis Vol. 2 No. 5 (2023): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22334/paris.v2i5.426

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi tingginya food cost di Hotel The Laguna a Luxury Collection Resort And Spa. Metode yang digunakan adalah Analisis Deskriptif Kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian memberikan indikasi bahwa: 1) Pembelian bahan makanan tidak menggunakan quotation dengan tepat, pembelian cenderung memilih harga dibandingkan dengan kualitas bahan makanan. 2) Petugas receiving hanya mengecek kuantitas, kualitas bahan makanan yang datang kurang diperhatikan terutama bahan makanan yang datang dengan jumlah per krat, sehingga dapat mengganggu proses produksi dan bisa menambah biaya makanan. 3) Area kerja yang kurang bersih pada lingkungan ruang penyimpanan dan penataan bahan makanan kurang diperhatikan dari segi fungsi dan kebutuhan. 4) Bahan makanan yang akan dikeluarkan tidak tepat dikarenakan pengeluaran bahan makanan dengan satuan berat tidak ditimbang terlebih dahulu, hanya diperkirakan saja oleh pihak storekeeper dalam menyiapkan bahan makanan yang akan dikeluarkan. The purpose of this study was to determine the factors that influence the high food cost at The Laguna Hotel a Luxury Collection Resort And Spa. The method used is qualitative descriptive analysis with data collection techniques interview, observation, and study documentation. The results of the study indicate that: 1) Purchase of foodstuffs does not use quotations correctly, purchases tend to choose prices compared to the quality of foodstuffs. 2) The receiving officer only checks the quantity, the quality of the incoming food items is not paid attention, especially the food items that come in the amount per box, so that it can interfere with the production process and can increase the cost of food. 3) Unclean work areas in the storage and arrangement of food ingredients are not considered in terms of functions and needs. 4) The food ingredients to be issued are not appropriate because the expenditure of food ingredients with a unit weight is not weighed in advance, it is only estimated by the storekeeper in preparing the food ingredients to be issued.
Analisis Strategi Pengembangan Bisnis Berbasis Menu Engineering Dalam Upaya Meningkatkan Pendapatan Restoran I Nyoman Pratama Surya Atmaja; Bondan Pambudi; Miko Andi Wardana
Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis Vol. 2 No. 5 (2023): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22334/paris.v2i5.428

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk membantu manajemen Swell Bar & Restoran dalam mengevaluasi menu dengan menganalisis hubungan antara tingkat popularitas dan profibilitas suatu item menu. Penelitian ini menggunakan sampling jenuh yaitu sebanyak 50 item menu. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, studi keperpustakaan dan dokumentasi yang kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis menu engineering dan ditindak lanjuti sesuai dengan klasifikasi menu engineering yaitu star, plowhorse, puzzle dan dog. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil dari klasifikasi menu a’la carte lunch dan dinner adalah dari 50 item menu yang ditawarkan, 13 item atau 26,0% termasuk dalam kategori star, 7 item atau 14,0% termasuk dalam kategori plowhorse, 17 item atau 34,0% termasuk dalam kategori puzzle, serta 13 item atau 26,0% termasuk dalam kategori dog. Berdasarkan hasil analisis dapat dilihat bahwa item menu dengan kategori puzzle dan dog masih tinggi dan memiliki selisih yang tidak jauh dengan kategori star dan plowhorse. Hal ini menunjukkan bahwa performa menu di Swell Bar & Restoran belum cukup bagus dan perlu dilakukan analisis menu secara rutin untuk meningkatkan pendapatan di Swell Bar & Restoran. This Research Was Conducted To Assist Swell Bar & Restaurant Management In Evaluating Menus By Analyzing The Relationship Between The Level Of Popularity And Profitability Of A Menu Item. This Study Uses Saturated Sampling, Namely As Many As 50 Menu Items. Data Were Collected Through Observation, Interviews, Library Research And Documentation Which Were Then Analyzed Using Engineering Menu Analysis Techniques And Followed Up According To The Engineering Menu Classification Namely Star, Plowhorse, Puzzle And Dog. The Results Showed That The Results Of The Classification Of The A'la Carte Lunch And Dinner Menus Were Of The 50 Menu Items Offered, 13 Items Or 26.0% Were Included In The Star Category, 7 Items Or 14.0% Were Included In The Plowhorse Category, 17 Items Or 34.0% Are Included In The Puzzle Category, And 13 Items Or 26.0% Are Included In The Dog Category. Based On The Results Of The Analysis, It Can Be Seen That Menu Items In The Puzzle And Dog Categories Are Still High And Have A Close Difference With The Star And Plolowhorse Categories. This Shows That Menu Performance At Swell Bar & Restaurant Is Not Good Enough And Menu Analysis Needs To Be Carried Out Regularly To Increase Revenue At Swell Bar & Restaurant.
Strategi Pemasaran Warung Bucu Sanur Dalam Menghadapi Pandemi Covid-19 di Era New Normal Ida Ayu Anindita Dwi Maharani; Komang Ratih Tunjungsari; Komang Shanty Muni Parwati
Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis Vol. 2 No. 5 (2023): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22334/paris.v2i5.430

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Strategi Pemasaran Warung Bucu Sanur dalam Menghadapi Pandemi Covid-19 di Era New Normal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan memadukan jenis data kualitatif dan kuantitatif (mix method). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan melakukan wawancara, observasi, pencatatan dokumentasi dan penyebaran kuesioner kepada 3 responden. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan analisis deskriptif kualitatif, IFAS-EFAS, analisis SWOT, matrik SWOT, dan diagram cartesius. Hasil penelitian berdasarkan analisis SWOT dengan perhitungan IFAS-EFAS Warung Bucu Sanur berada pada titik koordinat sumbu X (internal) 0.92 dan sumbu Y (eksternal) -0.01 sehingga posisi Warung Bucu Sanur berada pada kuadran III. Pada kuadran ini strategi dengan meminimalkan masalah internal dan merebut peluang sebesar-besarnya dapat dilkukan dengan cara menggunakan paper lunch box sebagai kemasan makanan takeaway, membuat canopy lebih banyak dengan tanaman hijau, bekerja sama dengan Gojek dan Grab atau pemilik lahan kosong disekitarnya dan menyediakan valet parking untuk mengatasi minimnya area parkir. This study discussed about Marketing Strategy in Warung Bucu Sanur in order to face the COVID-19 pandemic in the New Normal Era. Descriptive method was used in this study by combining qualitative and quantitative data (mix method). Interview, observation, documentation, and distributing questionnaires to 3 respondents were used as the technique to collect the data. The analysis technique used in this study was descriptive qualitative analysis, IFAS-EFAS, SWOT analysis, SWOT matrix, and cartesius diagram. The result based on SWOT analysis by IFAS-EFAS calculation at Warung Bucu Sanur showed that the restaurant are located at the coordinates of the X-axis (internal) 0.92 and the Y-axis (external) -0.01, therefore, Warung Bucu Sanur are located in quadrant III. In this quadrant the strategy of minimizing the internal problems and seizing the opportunity can be done by use paper lunch box as takeaway food packaging. The other way to solve the internal problems is to make plentiful canopy by adding several green plants, to cooperate with Gojek and Grab or to cooperate with the owners of vacant land around the restaurant to facilitate valet parking if the parking area is minimum.

Page 1 of 3 | Total Record : 21