cover
Contact Name
Samanoi Halowo Fau
Contact Email
ndrumi@uniraya.ac.id
Phone
+6282286352622
Journal Mail Official
ndrumi@uniraya.ac.id
Editorial Address
Jln. Pramuka, Nari-nari, Kelurahan Pasar Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan
Location
Kab. nias selatan,
Sumatera utara
INDONESIA
Ndrumi : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora
Published by Universitas Nias Raya
ISSN : 26150832     EISSN : 28284097     DOI : 10.57094
Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora merupakan wadah publikasi pada bidang pendidikan dan humaniora yang diterbitkan oleh UNIRAYA berupa hasil penelitian, kajian teori, metode, dan gagasan ilmiah yang sesuai dengan kepakaran ilmu pengetahuan. Jurnal NDRUMI menerima artikel ilmiah dari berbagai kalangan akademisi dan peneliti baik nasional maupun internasional. Jurnal NDRUMI merupakan peer-reviewed journal yang mempublikasikan artikel ilmiah berkualitas dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris berupa hasil penelitian (prioritas utama) dan atau kajian ilmiah bidang kependidikan dan keguruan, baik dari sisi kebijakan pendidikan, metode/strategi/pendekatan pengajaran, yang implementasinya terhadap pencapaian tujuan pendidikan nasional.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 2 (2023): Ndrumi : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora" : 6 Documents clear
EFEKTIFITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM PEMILIHAN STUDI LANJUT KELAS IX SMP NEGERI Kaminudin Telaumbanua
Ndrumi : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora Vol 6 No 2 (2023): Ndrumi : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora
Publisher : LPPM Universitas Nias Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57094/ndrumi.v6i2.1146

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) Mendeksripsikan pemilihan studi lanjut siswa kelas IX sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok. 2) Mendeskripsikan pemilihan studi lanjut siswa kelas IX sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok. 3) Menguji keefektifan layanan bimbingan kelompok dalam pemilihan studi lanjut kelas IX. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekataneksperimen yakni one-group pretest-posttest design.Populasi siswa kelas IX SMP Negeri 3 fanayama tahun pembelajaran 2022/2023. Sampel penelitian kelas IX yang berjumlah 28 dimana laki-laki berjumlah 15 dan perempuan 13. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dengan teknik Wilcoxon signed ranks test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Tingkat pemilihan studi lanjut siswa kelas IX sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok rata-rata termasuk kategori rendah (53,04%) dengan skor rata-rata 31,82. 2) Tingkat pemilihan studi lanjutsiswa kelas IX setelah diberikan layanan bimbingan kelompok rata-rata termasuk kategori tinggi (70%) dengan skor rata-rata 42. 3) Hasil uji Wilcoxon signed ranks test diperolehzhitung = 4,30 dengan N = 28 dan α = 0,05, Karena Zhitung> 0,05 maka hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut di atas maka dapat disimpulkanlayanan bimbingan kelompok efektif dalam pemilihan studi lanjutsiswa kelas.Berdasarkan hasil penelitian dan analisa yang diperoleh, maka peneliti mengajukan beberapa saran, yaitu sebagai berikut: 1) Kepada pihak sekolah hendaknya menyediakan sarana dan fasilitas yang mendukung layanan bimbingan dan konseling sehingga pemberian layanan dapat dilakukan dengan variatif dan inovatif. 2) Kepada konselor sekolah hendaknya dapat melaksanakan layanan bimbingan konseling sesuai kebutuhan siswa.
PENGEMBANGAN MODUL FUNGSI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA Dandi Apdusmel Gowasa
Ndrumi : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora Vol 6 No 2 (2023): Ndrumi : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora
Publisher : LPPM Universitas Nias Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57094/ndrumi.v6i2.1147

Abstract

Penelitian0ini bertujuan0untuk mengetahui0bagaimana modul0matemamtika yang0valid, praktis,0dan efektif0serta mengetahui0bagaimana peningkatan0pemahaman00konsep matematika0siswa pada0materi0fungsi. Metode0penelitian00yang digunakan00dalam penelitian0ini adalah pengembangan (R&D) dengan model 4D (Define, Design, Develop dan Disseminate). Subjek0penelitian ini0adalah siswa0kelas X SMA0N 1 Toma00Tahun0Ajaran 2022/2023. Modul0dikatakan0layak digunakan0apabila memenuhi0kriteria0valid, praktis, dan0efektif. Instrumen0pengumpulan data0yang digunakan0adalah angket0validitas, pre-test0dan post-test, dan0angket kepraktisan. Kevalidan0modul mencakup 30aspek yaitu materi, 0media, dan0bahasa. Berdasarkan0hasil uji validitas, diperoleh0persentase pada aspek0materi 75%, media 75% dan bahasa091% dengan0kriteria0valid. Kepraktisan diperoleh0melalui angket0respon peserta0didik dengan0perolehan persentase 73% pada kelas0terbatas dan 70% pada0kelas lapangan dengan0kriteria praktis. Tingkat0keefektifan modul0dilihat dari0ketuntasan hasil belajar0siswa dengan memberikan0tes akhir (post-test). Dari0tes yang0diberikan, 65,31% dari 23 siswa0mencapai skor0yang diharapkan dengan0skor rata-rata076,62 dengan0kriteria0efektif. Hasil0analisis N-gain0yang diperoleh pada0kelas terbatas 0,6 kriteria0sedang dan0pada kelas0lapangan 0,57 kriteria sedang, yang berarti0terdapat peningkatan pemahaman kosep matematika. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa, modul fungsi layak0digunakan karena telah memenuhi0kriteria valid, praktis0dan efektif serta0meningkatkan pemahaman konsep matematika. Peneliti0menyarankan agar hasil dari0penelitian ini dapat menjadi0referensi dalam0pengembangan modul0fungsi0lainnya
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SMA NEGERI 1 TOMA Darwin Gaurifa
Ndrumi : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora Vol 6 No 2 (2023): Ndrumi : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora
Publisher : LPPM Universitas Nias Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57094/ndrumi.v6i2.1148

Abstract

Pembelajaran suatu proses pendidikan yang dapat menumbuhkembangkan keterampilan dan pemahaman manusia dalam mengembangkan ilmu pengetahuan. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Toma, tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa karena hasil belajar siswa rendah atau tidak memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 65. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan selama dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi, dokumentasi dan tes hasil belajar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Toma tahun pembelajaran 2022/2023 yang berjumlah 21 orang, dengan jumlah laki-laki 11 orang dan perempuan 10 orang. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan lembar observasi aktivitas guru (peneliti) dan lembar observasi aktivitas siswa. Temuan penelitian melalui penerapan model pembelajaran Course Review Horay menunjukan bahwa: (1) hasil belajar siswa diperoleh nilai rata-rata kelas siklus I sebesar 59,5% dikategorikan kurang dengan jumlah siswa yang tuntas belajar sebanyak 8 (delapan) orang atau 38,5% dan yang belum tuntas belajar sebanyak 13 (tiga belas) orang atau 61,5%; (2) pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat hingga mencapai 72% dikategorikan baik dengan jumlah siswa yang tuntas belajar sebanyak 19 (sembilan belas) orang atau 90,7% dan yang belum tuntas belajar sebanyak 2 (dua) orang atau 9,3%. Jadi, hasil belajar siswa tersebut memenuhi kriteria keberhasilan penelitian ini. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Course Review Horay dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan kewarganegaraan. Saran yang ditawarkan peneliti, hendaknya model pembelajaran Course Review Horay digunakan sebagai media pembelajaran karena mampu mendorong pemahaman dalam kegiatan pembelajaran yang lebih aktif dan efektif.
KEMAMPUAN MENULIS SURAT DINAS OLEH SISWA SMP Mastawati Ndruru
Ndrumi : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora Vol 6 No 2 (2023): Ndrumi : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora
Publisher : LPPM Universitas Nias Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57094/ndrumi.v6i2.1150

Abstract

Penelitian didasarkan pada kurangnya tingkat kemampuan menulis surat dinas siswa yang dapat diimplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah bagaimana tingkat kemampuan menulis surat dinas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kemampuan menulis surat dinas pada siswa kelas IX-D SMP Negeri 1 Telukdalam. Metode yang digunakan dalam penlitian adalah metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX terbagi atas enam ruang dan peneliti mengambil sampel kelas IX-D yang berjumlah 33 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu tes hasil belajar siswa. Tes yang diberikan pada siswa adalah menulis surat dinas. Teknik pengolahan data dilakukan dengan teknik análisis statistik secara kuantitatif. Pengolahan data dilakukan dengan cara mencari nilai rata-rata (mean) berdasarkan kemampuan belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata tingkat kemampuan menulis surat dinas pada siswa berdasarkan aspek-aspek yang dinilai untuk mengukur kemampuan menulis surat dinas yaitu (1) kesesuaian isi surat, (2) kesatuan dan kepaduan paragraf, (3) ketepatan penulisan surat, (4) penggunaan ejaan, dan (5) ketepatan pilihan kata (diksi) adalah 76,55. Maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis surat dinas pada siswa kelas IX-D termasuk kategori baik. Berdasarkan hasil di atas, maka peneliti mengemukakan beberapa saran yaitu: (1) hendaknya para guru bidang studi bahasa Indonesia khususnya SMP perlu meningkatkan kualitas cara pengajaran, penerapan dalam menulis surat dinas; (2) guru diharapkan dalam pengajaran meningkatkan kemampuan menulis surat dinas serta siswa diberikan motivasi untuk lebih berpikir secara kritis terhadap apa yang akan ditulisnya; (3) peneliti lain diharapkan dapat dijadikan masukan dan gambaran dalam meneliti kemampuan surat dinas dan dapat memanfaatkan sebagai bahan rujukan.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY-DISCOVERY TERHADAP HASIL BELAJAR IPA-BIOLOGI PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI ORGAN TUMBUHAN Aryo Sugeng
Ndrumi : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora Vol 6 No 2 (2023): Ndrumi : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora
Publisher : LPPM Universitas Nias Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57094/ndrumi.v6i2.1151

Abstract

Siswa kurang memiliki motivasi dalam belajar sehingga hasil belajar siswa kurang optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry-discovery terhadap hasil belajar IPA-Biologi pada materi struktur dan fungsi organ tumbuhan siswa kelas VIII-A SMP Negeri 239 Jakarta Tahun Pembelajaran 2022/2023. Untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini, maka peneliti menggunakan metode eksperimen. Desain penelitian menggunakan teknik pretest dan posttest group desain. Hasil uji hipotesis diperoleh harga t= 4.474 sedangkan harga ttabel pada taraf signifikan 5% dan dk = 24-2 = 22, maka diperoleh nilai ttabel = 2.074 ternyata harga thitung = 4.474 > 2.074 atau thitung > ttabel sehingga Ho ditolak, dan Ha diterima. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inquiry-discovery berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPA-Biologi pada materi struktur dan fungsi organ tumbuhan siswa kelas VIII-A SMP Negeri 239 Jakarta Tahun Pembelajaran 2022/2023.. Saran yang dapat diajukan peneliti adalah hendaknya guru menerapkan model pembelajaran inquiry-discovery dalam kegiatan pembelajaran IPA-Biologi.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK KETENAGA KERJAAN Suka Darman Ndruru
Ndrumi : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora Vol 6 No 2 (2023): Ndrumi : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora
Publisher : LPPM Universitas Nias Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57094/ndrumi.v6i2.1155

Abstract

Penelitian ini bertujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui Pelaksanaan model pembelajaran Team Assisted Individulization (TAI) dengan materi pokok ketenagakerjaan, (2) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A SMP Negeri 1 Huruna dengan jumlah 22 siswa. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh persetase ketuntasan dan ketidaktuntasan siswa setiap siklus, dimana pada siklus I persentase ketuntasan siswa sebesar 54,54% dan persentase ketidaktuntasan sebesar 45,46% sehingga rata-rata hasil belajar siswa sebesar 67,22. Sedangkan pada siklus II persentase ketuntasan siswa sebesar 90,90% dan persentase ketidaktuntasan sebesar 9,1% sehingga rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II adalah 80,22 hasil memuaskan. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Team Assisted Individulization (TAI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peneliti memberikan saran, hendaknya model pembelajaran ini digunakan sebagai media pembelajaran karena mampu meningkatkan hasil belajar siswa

Page 1 of 1 | Total Record : 6