cover
Contact Name
Achmad Rante Suparman
Contact Email
a.rante@unipa.ac.id
Phone
+6285255466148
Journal Mail Official
journal.accej@unipa.ac.id
Editorial Address
Jurusan Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Papua, Jalan Gunung Salju, Amban, Manokwari Papua Barat 98314.
Location
Kab. manokwari,
Papua barat
INDONESIA
Arfak Chem: Chemistry Education Journal
Published by Universitas Papua
ISSN : 2615627X     EISSN : 26156288     DOI : https://doi.org/10.30862/accej.v5i1.368
Arfak Chem: Chemistry Education Journal is a scientific journal, published by Chemistry Education Department, University of Papua. This journal is published 2 times in a year, June and December. This journal contains research results relating to the topic of education and chemistry teaching.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2019): Arfak Chem" : 7 Documents clear
FAKTOR PENYEBAB PERILAKU MEMBOLOS PADA MATA PELAJARAN KIMIA DI SMA KRISTEN YABT TAHUN AJARAN 2018/2019 Rumi Astuti; Achmad Rante Suparman; Christiana Niken Larasati
Arfak Chem: Chemistry Education Journal Vol 2, No 1 (2019): Arfak Chem
Publisher : Universitas Papua, Manokwari, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (568.563 KB) | DOI: 10.30862/accej.v2i1.79

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1. Mengetahui faktor penyebab perilaku membolos peserta didik dalam proses kegiatan pembelajaran kimia di SMA YABT Manokwari; 2. Mengidentifikasi berapa jumlah frekuensi perilaku membolos peserta didik berdasarkan faktor penyebabnya; 3. Mencari solusi yang dapat diterapkan untuk mengurangi perilaku membolos peserta didik di SMA Kristen YABT. Penelitian ini akan dilakukan dengan metode penelitian kualitatif deskriptif untuk mengetahui faktor penyebab perilaku membolos peserta didik pada mata pelajaran kimia di SMA YABT Manokwari. Faktor penyebab perilaku membolos peserta didik yaitu faktor individu sebesar 24%, faktor keluarga sebesar 26%, faktor teman sebaya sebesar 24%, serta faktor lingkungan sekolah sebesar 26%. Jumlah frekuensi perilaku membolos peserta didik berdasarkan faktor penyebabnya sebesar berkorelasi lemah sebesar 0,328 dengan perilaku membolos kebanyakan tidak masuk sekolah lebih dari 2 kali dalam seminggu. Solusi yang dapat diterapkan untuk mengurangi perilaku membolos peserta didik di SMA Kristen YABT yaitu perlu adanya kerjasama yang lebih baik lagi antara orang tua dan guru sehingga perilaku membolos dapat diatasi, sarana prasarana yang lebih dimanfaatkan seperti laboratorium yang digunakan untuk praktikum, dan mengaktifkan kegiatan ekstra kulikuler
ANALISIS KESULITAN BELAJAR KIMIA PERSERTA DIDIK KELAS XI IPA DI SMA YAPIS MANOKWARI Uli Fitrotul Khasanah; Apriani Sulu Parubak; Christiana Niken Larasati
Arfak Chem: Chemistry Education Journal Vol 2, No 1 (2019): Arfak Chem
Publisher : Universitas Papua, Manokwari, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (739.469 KB) | DOI: 10.30862/accej.v2i1.74

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab kesulitan belajar siswa di kelas XI IPA di SMA Yapis Manokwari dan untuk mengetahui persentase kesulitan belajar siswa yang disebabkan oleh aspek kesehatan, keluarga, psikologi, sekolah, dan masyarakat. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan menggunakan 15 responden dan data diambil menggunakan kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dianalisis menggunakan rumus skala dan mendapatkan hasil bahwa ada kesulitan belajar siswa yang disebabkan oleh aspek kesehatan psikologis, keluarga, sekolah, dan masyarakat. Persentase aspek yang diperoleh yaitu kuesioner positif yaitu 23,71% dari aspek kesehatan, 20,83% dari aspek psikologis, 20,37% dari aspek keluarga, 17,99% dari aspek sekolah dan 23,28% dari aspek komunitas. Dari hasil analisis semakin kecil nilai dari persentase yang diperoleh maka kesulitan belajar semakin besar pengaruhnya.
PENGARUH PENGGUNAAN RUMAH BELAJAR TERHADAP HASIL BELAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS X MIA SMA SANTO PAULUS MANOKWARI PADA MATERI REKASI REDOKS Meranti Foresty Hasan; Apriani Sulu Parubak; Radite Yogaswara
Arfak Chem: Chemistry Education Journal Vol 2, No 1 (2019): Arfak Chem
Publisher : Universitas Papua, Manokwari, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (745.598 KB) | DOI: 10.30862/accej.v2i1.80

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan rumah belajar terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada materi reaksi redoks. Penelitian dilakukan menggunakan quasi experimental dengan time series design. Subjek penelitian merupakan peserta didik kelas X MIA SMA Santo Paulus Manokwari yang berjumlah 15 orang. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan proses pembelajaran menggunakan Rumah Belajar pada materi reaksi redoks didapatkan hasil Standar Gain yang merupakan kuat pengaruh penggunaan Rumah Belajar terhadap hasil belajar kognitif peserta didik sebelum dan sesudah diberi perlakuan mendapatkan nilai 0,65 sehingga dapat dikatakan mempunyai pengaruh sedang. Persen pengaruh yang diperoleh sebesar 53 % yang menunjukkan penggunaan Rumah Belajar sebagai media e-learning memberikan pengaruh yang cukup baik terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas X MIA SMA Santo Paulus Manokwari.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI IPA 1 SMA KRISTEN YABT PADA MATERI SISTEM KOLOID Riska Apolonia Febiartaty; Apriani Sulu Parubak; Radite Yogaswara
Arfak Chem: Chemistry Education Journal Vol 2, No 1 (2019): Arfak Chem
Publisher : Universitas Papua, Manokwari, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (627.097 KB) | DOI: 10.30862/accej.v2i1.75

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) pada materi sistem koloid, dan 2) untuk melihat besar persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Kristen YABT Manokwari. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 (dua) siklus dengan  masing-masing siklus terdiri dari 4 (empat) tahapan yaitu: (a) perencanaan, (b) tindakan, (c) observasi, dan (d) refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa observasi, wanwancara dan tes belajar. Sedangkan instrumen validitas data menggunakan validitas isi dan validitas konstruk. Data yang telah diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif dengan bantuan software Microsoft Excel 2013 dan disajikan melalui tabel histogram, grafik, perhitungan rata-rata serta persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: a) penerapan model pembelajaran Project Based Learnig (PJBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Kristen YABT Manokwari pada materi sistem koloid; b) besar persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik yang diperoleh mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 43% dengan kriteria rendah dan siklus II sebesar 83% dengan kriteria tinggi.
MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN PAPAN PERMAINAN MONOPOLI PADA MATERI MINYAK BUMI KELAS XI IPA SMA ADVENT MANOKWARI Ketty Yunnella Pigai; Achmad Rante Suparman; Christiana Niken Larasati
Arfak Chem: Chemistry Education Journal Vol 2, No 1 (2019): Arfak Chem
Publisher : Universitas Papua, Manokwari, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (941.908 KB) | DOI: 10.30862/accej.v2i1.76

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik melalui model Student Team Achivement Division (STAD) berbantuan papan permainan monopoli pada materi minyak bumi kelas XI IPA SMA Advent Manokwari. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model PTK Hoppkins yang terdiri dua siklus dengan masing-masing siklusnya memiliki lima tahap yaitu identifikasi masalah, perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Untuk melihat peningkatan minat belajar peserta didik pada penelitian ini dengan memberikan angket Online pre-test dan post-test diberikan kepada peserta didik setiap siklus. Data analisis menggunakan teknik analisis deskriptif dengan bantuan Microsoft Excel 2010 untuk menggambarkan peningkatan setiap siklus. Terlihat penerapan model Student Team Achivement Division (STAD) dapat meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik kelas XI IPA SMA Advent Manokwari pada materi minyak bumi. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan setiap indikator meningkat 86% pada siklus II. Pada hasil belajar dilihat dari ketuntasan hasil belajar peserta didik mencapai KKM yaitu > 70 mengalami peningkatan besar 19% yaitu dari 67% pada siklus I dengan kriteria ketuntasan klasikal sedang menjadi 86,7% dengan kriteria ketuntasan klasikal tinggi pada siklus II.
DAMPAK PERILAKU KECANDUAN TAYANGAN DRAMA KOREA TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA REMAJA USIA 17 HINGGA 19 TAHUN DI SMA NEGERI 1 MANOKWARI Ramlah Ramlah; Achmad Rante Suparman; Christiana Niken Larasati
Arfak Chem: Chemistry Education Journal Vol 2, No 1 (2019): Arfak Chem
Publisher : Universitas Papua, Manokwari, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (807.657 KB) | DOI: 10.30862/accej.v2i1.77

Abstract

Penelitian ini berjudul “Dampak Perilaku Kecanduan Tayangan Drama Korea Terhadap Prestasi Belajar Kimia Remaja Usia 17 Hingga 19 Tahun Di SMA Negeri 1 Manokwari”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perilaku kecanduan tayangan drama Korea terhadap prestasi belajar kimia remaja usia 17 hingga 19 tahun, hubungan perilaku kecanduan tayangan drama Korea dan prestasi belajar kimia remaja usia 17 hingga 19 tahun dan dampak perilaku kecanduan tayangan drama Korea terhadap prestasi belajar kimia remaja usia 17 hingga 19 tahun. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh perilaku kecanduan tayangan drama Korea terhadap prestasi belajar kimia remaja usia 17 hingga 19 tahun. Pengaruh yang diberikan sebesar 56,9% sedangkan hubungan perilaku kecanduan tayangan drama Korea dan prestasi belajar kimia yaitu saling berhubungun atau berkorelasi dengan kuat sebesar 0,754. Berdasarkan besar pengaruh dan hubungan yang diberikan maka terdapat dampak perilaku kecanduan tayangan drama Korea terhadap prestasi belajar kimia remaja usia 17 hingga 19 tahun yaitu dampak positif dan negatif.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHEIVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI TATA NAMA SENYAWA KIMIA KELAS X MIA SMA SANTO PAULUS MANOKWARI Sakti Khairun Nisa Tsani; Apriani Sulu Parubak; Christiana Niken Larasati
Arfak Chem: Chemistry Education Journal Vol 2, No 1 (2019): Arfak Chem
Publisher : Universitas Papua, Manokwari, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (844.045 KB) | DOI: 10.30862/accej.v2i1.78

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Acheivement Divisions (STAD) terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada materi tata nama senyawa kimia. Penelitian dilakukan menggunakan jenis penelitian quasi experimental dengan bentuk time series design. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X MIA SMA Santo Paulus Manokwari yang berjumlah 15 orang. Prasyaratan analisis data menunjukkan bahwa data tidak berdistribusi normal namun data homogen sehingga hasil penelitian diuji menggunakan uji wilcoxon. Dengan hasil nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,001 < α = 0,025 sehingga menyatakan terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Acheivement Divisions (STAD) terhadap hasil belajar kognitif peserta didik. Hasil perhitungan uji N-gain menunjukkan bahwa terdapat tingkat pemahaman peserta didik pada materi yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Acheivement Divisions (STAD) terhadap hasil belajar kognitif peserta didik yang berada dalam interval  0,3 < Std (g) < 0,7 yaitu sebesar 0,68 yang termasuk dalam kategori sedang. Perolehan nilai persen pengaruh sebesar 37%. Hasil belajar kognitif peserta didik dapat dilihat dari rata-rata nilai pretest berturut-turut pada pretest 1, pretest 2, dan pretest 3 yaitu 44,00;44,67; dan 57,00 sedangkan nilai rata-rata posstest 1 adalah 67,00, posttest 2 adalah 67,67 dan posttest 3 adalah 68,67. Dari hasil belajar kognitif yang diperoleh memiliki arti bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD memberikan pengaruh hasil belajar kognitif peserta didik.

Page 1 of 1 | Total Record : 7