cover
Contact Name
Achmad Rante Suparman
Contact Email
a.rante@unipa.ac.id
Phone
+6285255466148
Journal Mail Official
journal.accej@unipa.ac.id
Editorial Address
Jurusan Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Papua, Jalan Gunung Salju, Amban, Manokwari Papua Barat 98314.
Location
Kab. manokwari,
Papua barat
INDONESIA
Arfak Chem: Chemistry Education Journal
Published by Universitas Papua
ISSN : 2615627X     EISSN : 26156288     DOI : https://doi.org/10.30862/accej.v5i1.368
Arfak Chem: Chemistry Education Journal is a scientific journal, published by Chemistry Education Department, University of Papua. This journal is published 2 times in a year, June and December. This journal contains research results relating to the topic of education and chemistry teaching.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2022): Arfak Chem" : 6 Documents clear
PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF KIMIA MATERI HUKUM DASAR KIMIA DAN KONSEP MOL PESERTA DIDIK KELAS X SMK N 1 DANAU SEMBULUH SERUYAN KALIMANTAN TENGAH TAHUN PELAJARAN 2020/2021 Agnes Listiani
Arfak Chem: Chemistry Education Journal Vol 5, No 1 (2022): Arfak Chem
Publisher : Universitas Papua, Manokwari, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (379.778 KB) | DOI: 10.30862/accej.v5i1.338

Abstract

AbstrakPenelitian ini berjudul penerapan model Problem Based Learninguntuk meningkatan hasil belajar kognitif kimia materi hukum dasar kimia dan konsep mol peserta didik kelas X SMK N 1 Danau Sembuluh Seruyn Kalimanatan Tengah tahun pelajaran 2020/2021 (Secara Daring). Tujuan penelitian ini, adalah untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik dalam pembelajaran kimia materi hukum dasar kimia dan konsep mol dengan model Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Reserch (CAR) yang menggunakan data pengamatan langsung terhadap jalannya  proses  pembelajaran  di  kelas.. Hasil penelitian ini menunujukkan bahwa, Penerapan model Problem Based Learning mampu meningkatkan hasil belajar kognitif siswa dengan rata–rata hasil belajar siswa meningkat dari siklus I 57,89, siklus II 69,47 dan siklus III  81,05. Ketuntasan klasikal juga mengalami peningkatan, pada siklus I 52,63% pada siklus II 73,68% dan pada siklus II 89,47%.Kata Kunci: Hasil Belajar, Hukum Dasar Kimia, Konsep Mol, Problem Based Learning dan Peserta Didik
EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PENGUASAAN MATERI KONFIGURASI ELEKTRON PADA SISWA KELAS X Maria Juliana
Arfak Chem: Chemistry Education Journal Vol 5, No 1 (2022): Arfak Chem
Publisher : Universitas Papua, Manokwari, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (259.258 KB) | DOI: 10.30862/accej.v5i1.341

Abstract

Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian quasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran problem based learning efektif terhadap penguasaan materi Konfigurasi Elektron pada siswa kelas X. Untuk riset ini menggunakan dua kelompok, yaitu kelas eksperimen (X IPA 1) dan kelas kontrol (X IPA 2). Data yang diperoleh diuji secara statistik dengan menggunakan uji kesamaan dua rata-rata atau uji dua pihak, yaitu uji-t. Hasil riset menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar kimia antara siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata hasil belajar kimia siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 7,02 dan 6,00. Selain dari nilai rata-rata, perbedaan juga dapat dilihat dari jumlah siswa yang memperoleh nilai sub sumatif ≥ 6,50 (nilai batas tuntas belajar) yaitu untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol  sebanyak 33 orang (75,00%) dan 24 orang (53,33%).
MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PENGUASAAN KONSEP HIDROLISIS GARAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) Yeni Alexander
Arfak Chem: Chemistry Education Journal Vol 5, No 1 (2022): Arfak Chem
Publisher : Universitas Papua, Manokwari, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (124.98 KB) | DOI: 10.30862/accej.v5i1.344

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) yang fokus pada aktivitas siswa dan penguasaan konsep pada materi Hidrolisis Garam. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) merangsang aktivitas siswa selama pembelajaran di kelas melalui pembelajaran kooperatif, (2) meningkatkan penguasaan konsep hidrolisis garam pada siswa kelas XI MIA 3 SMA Negeri 4 Kendari Tahun Pelajaran 2021/2022. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan merancang studi tindakan kelas melalui 2 siklus, dengan tahapan (1) perencanaan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) observasi dan evaluasi evaluasi; (4) Refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa serta dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa pada materi Hidrolisis Garam dari 69,23% pada siklus I menjadi 84,62% pada siklus II.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS XII IPA SMA NEGERI KARAS FAKFAK PADA MATERI SIFAT KOLIGATIF LARUTAN MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) Adi Murat
Arfak Chem: Chemistry Education Journal Vol 5, No 1 (2022): Arfak Chem
Publisher : Universitas Papua, Manokwari, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (186.97 KB) | DOI: 10.30862/accej.v5i1.346

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif dan melihat besarnya peningkatan tersebut  pada siswa dalam materi sifat koligatif larutan dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan selama 2 siklus. Penelitian ini dilakukan pada 35 siswa kelas XII IPA  SMA Negeri Karas Fakfak. Hasil tes dan catatan observasi (pengamatan) digunakan sebagai data. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif dengan bantuan Microsoft Excel 2016 untuk menggambarkan peningkatan setiap siklusnya. Terlihat adanya peningkatan hasil belajar siswa yang telah mencapai KKM ≥ 75. Berdasarkan hasil penelitian, hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II dengan nilai ketuntasan diperoleh masing-masing yaitu dari 40% menjadi 71%. Hasil observasi pembelajaran Berbasis masalah (PBL) mendapat tanggapan yang baik dari siswa. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran melalui model PBL berpengaruh positif terhadap siswa dalam proses belajar mengajar serta meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas XII IPA SMA Negeri Karas Fakfak pada materi Sifat Koligatif Larutan dengan peningkatan sebesar 31%.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PSIKOMOTOR PESERTA DIDIK KELAS XII IPA.2 SMA NEGERI 2 SARMI PADA MATERI SEL ELEKTROLISIS Iriani Iriani
Arfak Chem: Chemistry Education Journal Vol 5, No 1 (2022): Arfak Chem
Publisher : Universitas Papua, Manokwari, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (125.783 KB) | DOI: 10.30862/accej.v5i1.327

Abstract

AbstrakModel pembelajaran yang diupayakan dapat menjadi solusi untuk memperbaiki proses pembelajaran agar peserta didik menjadi lebih aktif dan dapat meningkatkan hasil belajar psikomotor peserta didik adalah model pembelajaran penemuan atau discovery learning dimana peserta didik diarahkan untuk menemukan sendiri konsep ataupun prinsip secara mandiri melalui tahapan proses mengamati, mengidentifikasi masalah, menggali informasi, menganalisis informasi, mengambil kesimpulan dan mengkomunikasikannya kepada orang lain. Dengan demikian, proses pembelajaran akan berubah arah dari pembelajaran berpusat pada guru menjadi pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Salah satu model pembelajaran tersebut adalah Discovery Learning .Penerapan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar psikomotor peserta didik kelas XII IPA2 SMA Negeri 2 Sarmi pada materi Sel Elektrolisis. Besarnya peningkatan Penerapan model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar psikomotor peserta didik secara klasikal adalah 21,17 %. Besarnya peningkatan penerapan model pembelajaran Discovery Learning terhadap ketuntasan hasil belajar psikomotor peserta didik adalah 58 %.Kata Kunci: Model Pembelajaran, PTK, Discovery Learning, Sel Elektrolisis
PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS VII SMP YPPK SANTA MONIKA BINTUNI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI KLASIFIKASI MATERI DAN PERUBAHANNYA Sumarni S
Arfak Chem: Chemistry Education Journal Vol 5, No 1 (2022): Arfak Chem
Publisher : Universitas Papua, Manokwari, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (293.999 KB) | DOI: 10.30862/accej.v5i1.368

Abstract

Penelitian ini disusun dengan tujuan meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik menggunakan  model pembelajaran inkuiri terbimbing pada peserta didik kelas VII SMP YPPK Santa Monika Bintuni, Papua Barat Tahun Ajaran 2021/2022. Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA kelas VII di SMP YPPK Santa Monika Bintuni. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata nilai hasil belajar siswa kelas VII masih dibawah Kriteria Ketuntuasan Minimal (KKM) yaitu 65. Hasil belajar siswa pada matapelajaran tersebut memiliki presentasi ketuntasan hanya 26% sedangkan yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 74%. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan melalui dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan, dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes yang telah diuji validitas dan reabilitasnya. Teknik analisis data menggunakan teknik kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik kelas VII SMP YPPK Santa Monika Bintuni setelah diberikan tindakan pembelajaran menggunakan model pembelajaran inquiry terbimbing. Pada siklus 1 diperoleh 8 siswa tidak tuntas (34,78%) dan 15 siswa tuntas (65,21%). Pada siklus II terjadi peningkatan nilai mata pelajaran IPA, sebanyak 23 siswa tuntas (100%). Jadi, penggunaan pembelajaran kooperatif model inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP YPPK Santa Monika pada materi Klasifikasi Materi dan Perubahannya Semester 1 tahun ajaran 2021/2022.

Page 1 of 1 | Total Record : 6