cover
Contact Name
Alfian Rokhmansyah
Contact Email
alfian@fkip.unmul.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jimpianunmul@gmail.com
Editorial Address
Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman Kampus Gn. Kelua, Gedung A3 Lt. 2, Jalan Ki Hajar Dewantara, Samarinda Ulu Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia, 75123
Location
Kota samarinda,
Kalimantan timur
INDONESIA
Jurnal Ilmu Manajemen dan Pendidikan
Published by Universitas Mulawarman
ISSN : -     EISSN : 27763587     DOI : https://doi.org/10.30872/jimpian
Core Subject : Education,
Jurnal Ilmu Manajemen dan Pendidikan (JIMPIAN) is a scientific journal published by the Masters Program in Education Management, Faculty of Teacher Training and Education, Mulawarman University. This journal contains the results of studies and research related to education management science and education science. This journal is published twice a year, in April and October. The scope of this journal includes (1) policy in education; (2) leadership in education; (3) school management and higher education; (4) curriculum and education program management; (5) regulations and supervision in education; (6) education management information system; (7) administration and management of educational institutions; (8) educational science.
Articles 35 Documents
PERAN KOMITE SEKOLAH DALAM PENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SD NEGERI KONGBENG, KUTIM Ismail Ismail; Zaenab Hanim; Yudo Dwiyono
Jurnal Ilmu Manajemen dan Pendidikan Vol 1 No 1 (2021)
Publisher : Magister Manajemen Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (144.452 KB) | DOI: 10.30872/jimpian.v1i1.456

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan peran komite sekolah dalam sarana prasarana dalam peningkatan mutu pendidikan di SD, dan 2) mendeskripsikan peran komite sekolah dalam pembiayaan untuk meningkatkan mutu pendidikan di SD. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri dibantu dengan pedoman wawancara, sedangkan pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, pengamatan dan catatan lapangan, kemudian dianalisis menurut teknik yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Komite Sekolah bertindak sebagai pemberi pertimbangan (advisory agency) dan mitra kerja Kepala Sekolah Dasar Negeri dalam setiap perencanaan dan program yang telah disusun oleh sekolah, khususnya dalam pengembangan sarana dan prasarana, contoh pengadaan ruang sholat (mushalla), pengadaan perlengkapan sholat (mukenah, sarung, tikar sholat dan sajadah), selain itu juga komite sekolah memiliki peran mengidentifikasi sumber daya pendidikan yang ada di sekolah serta memberikan masukan dan pertimbangan dalam menetapkan RAPBS termasuk dalam penyelenggaraan rapat-rapat RAPBS. (2) Komite Sekolah di SDN Kongbeng juga menjadi badan pendukung (supporting agency) dalam pembiayaan upaya peningkatan mutu sekolah melalui dukungan pikiran, tenaga, dan finansial, terutama menunjang masalah pembiayaan pengembangan fisik, dengan melakukan serangkaian kegiatan dari perencanaan, penggalangan dana kepada orang tua siswa yang berlandaskan keikhlasan, pelaksanaan sampai pelaporan, juga bersaing dengan sekolah lain. Komite sekolah di SDN juga melakukan kontrol pengambilan keputusan atau perencanaan pendidikan dalam peningkatan mutu sekolah termasuk dalam hal SDM. Berdasarkan hasil penelitian tersebut peneliti mengharapkan bahwa peran komite sekolah harus lebih dioptimalkan lagi, termasuk untuk mengawasi penggunaan keuangan atau transparasi penggunaan alokasi dana pendidikan agar lebih dapat dipertanggung jawabkan.
EFEKTIVITAS KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN KINERJA GURU DI SMA NEGERI 1 MUARA WAHAU Abdul Mutholib; Zaenab Hanim; Azainil Azainil
Jurnal Ilmu Manajemen dan Pendidikan Vol 1 No 1 (2021)
Publisher : Magister Manajemen Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (247.39 KB) | DOI: 10.30872/jimpian.v1i1.457

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran empiris dan menganalisis mengenai seberapa besar pengaruh efektivitas kepemimpinan kepala sekolah dalam peningkatan kinerja guru dari variabel-variabel usaha-usaha yang dilakukan kepala sekolah, factor pendukung dan penghambat efektivitas kepemimpinan, serta efektivitas kepemimpinan kepala sekolah dalam peningkatan kinerja guru di SMA Negeri 1 Muara Wahau. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Sumber data penelitian ini adalah Kepala Sekolah, wakil kepala sekolah dan guru di SMA Negeri 1 Muara Wahau. Prosedur pengumpulan dan perekaman data menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Pemeriksaan atau pengecekan keabsahan data menggunakan uji kredibilitas. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: (1) Usaha-usaha yang dilakukan kepala sekolah untuk meningkatkan kinerja guru antara lain adalah dengan pengarahan dan bimbingan, kedisiplinan, evaluasi kemampuan guru, penghargaan dan motivasi , (2) adapun faktor pendukung dalam meningkatkan kinerja guru adalah perekrutan guru yang sesuai dengan kebutuhan sekolah dan fasilitas sarana dan prasana yang memadai, (3) sedangkan yang menjadi faktor penghambat adalah kondisi alam, jauhnya jarak antara rumah guru dengan sekolah, kebijakan kurikulum yang sering direvisi, dan keterlambatan sampainya buku siswa, (4) kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru dinilai sudah efektif.
GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN EFEKTIVITAS KERJA GURU DI SMP KABUPATEN KUTAI TIMUR Zaenab Hanim; Abdul Wazir
Jurnal Ilmu Manajemen dan Pendidikan Vol 1 No 1 (2021)
Publisher : Magister Manajemen Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (239.831 KB) | DOI: 10.30872/jimpian.v1i1.458

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguraikan gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam peningkatan efektivitas kerja guru di SMP Kabupaten Kutai Timur. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Telen Kabupaten Kutai Timur dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala Sekolah dan guru di SMP Negeri di Telen Kabupaten Kutai Timur. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, studi dokumentasi, dan data dianalisis dengan teknik Miles dan Huberman dan dilakukan triangulasi untuk memeriksa validitas hasil penelitian. Hasil penelitian menunujukkan beberapa temuan bahwa: 1) berbagai upaya dilakukan oleh kepala sekolah untuk meningkatkan efektivitas kerja guru. Di antaranya dengan memberikan pelatihan dan memberikan kesempatan kepada mereka untuk mengembangkan SDM nya melalui wadah MGMP, dan memberikan kesempatan kepada guru mengikuti pelatihan-pelatihan yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan baik tingkat Kabupaten maupun provinsi atau lembaga lain dalam rangka peningkatan profesionalisme guru. Pimpinan mengupayakan pengembangan diri guru agar dapat melaksanakan kegiata proses belajar mengajar sesuai dengan kompetensi guru dan yang telah digariskan dalam silabus dan RPP mata pelajaran. Kepala sekolah berupaya membangun kondisi sekolah yang aman dan nyaman dengan melakukan peningkatan–peningkatan sarana dan prasarana yang ada di sekolah.
THE IMPLEMENTATION OF THE 2013 CURRICULUM IN CLASS V SD ISLAMIC CENTER SAMARINDA LESSON YEAR 2018-2019 Nurhadi Nurhadi; Muhammad Ilyas; Muhammad Siddik
Jurnal Ilmu Manajemen dan Pendidikan Vol 1 No 1 (2021)
Publisher : Magister Manajemen Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (164.505 KB) | DOI: 10.30872/jimpian.v1i1.459

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, penilaian pembelajaran, serta hambatan yang ditemui guru dalam implementasi Kurikulum 2013 di kelas V SD Islamic Center Samarinda, dan upaya mengatasi hambatan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa langkah guru dalam menyusun RPP yaitu memilih tema, mengkaji buku guru, mengkaji silabus, kemudian menyusun RPP. RPP yang disusun guru sudah sesuai dengan konsep Kurikulum 2013. Dalam pelaksanaan pembelajaran Kurikulum 2013 guru sudah melaksanakan pembelajaran secara tematik integratif, menggunakan pendekatan pembelajaran scientific, dan model pembelajaran yang sesuai dengan konsep Kurikulum 2013. Dalam penilaian pembelajaran Kurikulum 2013, guru sudah menggunakan penilaian autentik untuk menilai kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan siswa. Penilaian Autentik yang digunakan guru antara lain pengamatan, penilaian diskusi, proyek, kinerja, portofolio dan tertulis.
DECISION MAKING BY PRINCIPAL BASED ON CROSS-CHANNEL COMMUNICATION MODELS AT SDIT SAMARINDA Meutia Annisya; Susilo Susilo; Sugeng Sugeng
Jurnal Ilmu Manajemen dan Pendidikan Vol 1 No 1 (2021)
Publisher : Magister Manajemen Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (45.389 KB) | DOI: 10.30872/jimpian.v1i1.460

Abstract

This study aims to determine the implementation of decision-making based on cross-channel communication model, to know the implementation of decision-making based on cross-channel communication model, and to know the changes that occur when applied model of cross-channel communication in decision-making process at Integrated Islamic Elementary School Cordova Samarinda. The method used in this research is case study research with qualitative approach. The results of this study indicate that the principal has a very good ability in communication, both with the superiors, sub-ordinates and surrounding communities and parents of students. In addition, the decision made by the principal is very good by looking at the conditions that occur in the field and remain guided by the vision, mission, and goals to be achieved by the school. Meanwhile, the implementation of cross-channel communication based decision-making is applied very well and undergoes significant changes in accordance with the goal orientation to be achieved by the school.
PENINGKATAN APRESIASI CERITA RAKYAT MELALUI MEDIA KOMIK DAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS IV SD AL AZHAR SYIFA BUDI SAMARINDA Rizky Putri Ramadhani; Muhammad Ilyas; Yudo Dwiyono
Jurnal Ilmu Manajemen dan Pendidikan Vol 1 No 1 (2021)
Publisher : Magister Manajemen Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (141.646 KB) | DOI: 10.30872/jimpian.v1i1.461

Abstract

Latar belakang masalah yang mendasari penelitian tindakan kelas ini yaitu rendahnya apresiasi cerita siswa kelas IV SD Al Azhar Syifa Budi Samarinda pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan apresiasi cerita kelas IV SD Al Azhar Syifa Budi Samarinda dengan menggunakan media komik dan model pembelajaran role playing tahun pembelajaran 2017-2018. Penelitian ini menggunakan rancangan Classroom Action Research (Penelitian Tindakan Kelas) yang terdiri dari 4 tahap, meliputi tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi dan tahap refleksi. Penelitian ini menggunakan 3 siklus yang terdiri dari 4 pertemuan. Sumber data dalam penelitian ini adalah kelas IV A SD Al Azhar Syifa Budi Samarinda dengan jumlah siswa 19 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi.
KOMITMEN GURU DALAM PENINGKATAN KINERJA DI SMP NEGERI I MUARA WAHAU Joko Susanto
Jurnal Ilmu Manajemen dan Pendidikan Vol 1 No 1 (2021)
Publisher : Magister Manajemen Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (658.121 KB) | DOI: 10.30872/jimpian.v1i1.462

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1)Bagaimana Komitmen Guru dalam Peningkatan Kinerja di SMP Negeri Muara Wahau Kabupaten Kutai Timur. 2)Bagaimana kendala yang dihadapi guru dalam peningkatan kinerja diSMP Negeri Muara Wahau Kabupaten Kutai Timur. 3) Bagaimana solusi yang dilakukan oleh guru dalam mengatasi kendala dalam peningkatan kinerja di SMP Negeri Muara Wahau Kabupaten Kutai Timur. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus. Lokasi penelitian adalah di SMP Negeri Muara Wahau Kabupaten Kutai Timur. Dalam kaitannya dengan lokasi penelitian ini, peneliti memilih Komitmen Guru dalam peningkatan kinerja di SMP Negeri Muara Wahau Kabupaten Kutai Timur sebagai lokasi penelitian dengan pertimbangan di SMP Negeri ini dianggap paling baik dan bermutu di Kabupaten Kutai Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif sehingga dalam hal ini terdapat dua sumber data, yaitu sumber data utama ( data primer ) dan sumber data pendukung ( data skunder ). Kepala Sekolah, Guru, TU dan siswa. Selain itu, dokumen-dokumen dan arsip-arsip yang dianggap penting bagi penelitian ini juga akan menjadi sumber data pendukung. Hasil penelitian menunjukkan dalam Komitmen Guru dalam Peningkatan Kinerja di SMP Negeri 1 Muara Wahau meliputi: 1). Komitmen Guru dalam Peningkatan Kinerja, 2). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Komitmen Guru, 3). Penilaian terhadap Komitmen Guru, 4). Pengaruh Lingkungan Kerja terhadap Komitmen Guru, dan 5). Pengaruh Tingkat Komitmen Guru terhadap Peningkatan Kinerja Guru. Kendala terhadap Pelaksanaan Komitmen Guru dalam Peningkatan Kinerja meliputi 1). Rendahnya Semangat Kerja, 2). Kendala yang Berkesinambungan, 3). Komitmen dalam Melaksanakan Kegiatan Akademik Sekolah, 4). Kepemimpinan Kepala Sekolah, dan 5). Sarana dan Prasarana. Solusi terhadap Kendala Pelaksanaan Komitmen guru dalam Peningkatan Kinerja meliputi: 1). Fungsi Kepala Sekolah sebagai Motivator, 2). Evaluasi Kinerja, 3). Peningkatan Kedisiplinan, 4). Meningkatkan Peran Kepala Sekolah sebagai Manajer, dan 5). Menyediakan dan Melengkapi Fasilitas. Upaya tersebut bisa dikatakan efektif dalam meningkatkan kinerja guru sebab kinerja guru menjadi lebih baik dan tertib baik mulai dari merencanakan, melaksanakan pembelajaran hingga evaluasi/ penilaian pembelajaran.
PENINGKATAN MOTIVASI DAN RETENSI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO YOUTUBE Syahril Amril
Jurnal Ilmu Manajemen dan Pendidikan Vol 1 No 2 (2021)
Publisher : Magister Manajemen Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (266.411 KB) | DOI: 10.30872/jimpian.v1i2.848

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi dan retensi siswa dengan menggunakan media pembelajaran berbasis video Youtube pada siswa kelas V SD Islam AL azhar 47 Samarinda. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Tindakan kelas. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V sebanyak 30 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes retensi belajar IPA. Hasil post-test pada siklus I rata-rata adalah 60, rata-rata siklus II adalah 78, rata-rata siklus III adalah 92 dan hasil retest 89,9. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran video Youtube dapat meningkatkan motivasi dan retensi siswa pada mata pelajaran IPA kelas V Al Khabir SD Islam AL Azhar 47 Samarinda.
PENGARUH PERSEPSI SISWA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH INDONESIA SISWA KELAS X SMK KESEHATAN SAMARINDA Panca Wijayanti S.
Jurnal Ilmu Manajemen dan Pendidikan Vol 1 No 2 (2021)
Publisher : Magister Manajemen Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (436.543 KB) | DOI: 10.30872/jimpian.v1i2.849

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa dan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran daring terhadap hasil belajar Sejarah Indonesia kelas X SMK Kesehatan Samarinda. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan rancangan penelitian ex post facto dan teknik analisis regresi. Jumlah sampel penelitian adalah 99 siswa yang terdiri dari kelas X Asisten Keperawatan 1, X Asisten Keperawatan 2, X Teknologi Labotarium Medik 1, X Teknologi Labotarium Medik 2, dan X Teknik Komputer dan Jaringan. Mereka dipilih dengan menggunakan stratified proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket persepsi siswa sebagai variabel bebas pertama (X1) dan angket motivasi belajar siswa sebagai variabel bebas kedua (X2), dan hasil belajar Sejarah Indonesia sebagai variabel terikat (Y). Validasi ketiga variabel dianalisis dengan menggunakan Kolmogorov Smirnov sedangkan reliabilitas dianalisis dengan melihat skor Cronbach Alpha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nampaknya terdapat pengaruh yang signifikan persepsi siswa dalam pembelajaran daring terhadap hasil belajar Sejarah Indonesia siswa dengan kontribusi sebesar 32,7 %, nampaknya terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran daring terhadap hasil belajar Sejarah Indonesia siswa dengan kontribusi sebesar 32,1 %, dan secara simultan persepsi siswa dan motivasi belajar siswa nampaknya terdapat pengaruh yang signifikan dengan kontribusi sebesar 39,6 %.
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BAHASA ANAK USIA 5 – 6 TAHUN MELALUI BERMAIN DI TK ANGGREK PERMAI BALIKPAPAN Djasmani Djasmani; Evie Palenewen; Hasbi Sjamsir
Jurnal Ilmu Manajemen dan Pendidikan Vol 1 No 2 (2021)
Publisher : Magister Manajemen Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (493.173 KB) | DOI: 10.30872/jimpian.v1i2.850

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran bahasa anak usia 5-6 tahun melalui bermain di TK Anggrek Permai Balikpapan. Penelitian dilakukan menggunakan metode penelitian pengembangan dengan model ADDIE yang menggunakan 4 tahapan, yaitu: (1) tahap pra pengembangan, (2) tahap pengembangan awal, (3) tahap pengembangan, (4) tahap penerapan. Kesimpulan dari hasil penelitian pengembangan ini adalah: (1) desain perangkat pembelajaran pengembangan dibuat mengacu pada kurikulum 2013 dengan memenuhi seluruh komponen yang harus ada dalam setiap perangkat pembelajaran, (2) kelayakan perangkat pembelajaran bahasa anak usia 5 -6 tahun melalui bermain dapat dilihat dari hasil validasi tim ahli atau validator menghasilkan nilai 96,54% dengan kategori hasil validasi perangkat pembelajaran sangat layak/valid, didukung oleh respon guru yang positif, sehingga sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran, (3) Kefektifan perangkat pembelajaran bahasa anak usia 5 -6 tahun melalui bermain dapat dilihat dari data hasil uji coba lapangan, dimana terjadi peningkatan kemampuan berbahasa anak sesuai dengan indikator yang diamati. Selain itu dilihat dari hasil respon anak didik yang menyatakan senang dengan kegiatan pembelajaran yang mereka ikuti

Page 1 of 4 | Total Record : 35