cover
Contact Name
Jeperson Hutahaean
Contact Email
jepersonhutahean@gmail.com
Phone
+6281266157563
Journal Mail Official
jepersonhutahean@gmail.com
Editorial Address
Jl. Acces Road Kuala Tanjung Inalum No. 29, Dusun: Bahagia, Kelurahan: Pakam Raya Selatan, Kecamatan: Medang Deras Kabupaten: Batubara, KP. 21258, Provinsi : Sumatera Utara
Location
Kab. batu bara,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen
ISSN : -     EISSN : 29625637     DOI : https://doi.org/10.56854/pak.v1i2
Core Subject : Religion, Education,
Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen bersifat terbuka bagi peneliti, dosen dan mahasiswa dalam serta luar negeri serta terbuka juga diakses oleh umum agar kebaruan hasil temuan peneliti dapat dinikmati publik. Penerbit berharap kontribusi ini berguna dalam membangun khazanah keilmuan bidang Teologi dan Pendidikan Agama Kristen. Metanoia (μετάνοια)dalam bhs Yunani secara jelas artinya ‘merubah pikiran’ ke arah yang lebih baik. Dalam banyak teks di Alkitab kata “metanoia” diterjemahkan bertobat. Dengan demikian Jurnal Bangun Metanoia berharap untuk membangun bangsa dengan merubah pikiran dengan menyajikan hasil-hasil temuan insan peneliti, dosen dan mahasiswa dalam serta luar negeri di bidangnya. Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen diterbitkan oleh PT. Bangun Harapan Bangsa, dengan harapan berkontribusi membangun negeri ini dari segmen dunia Teologi dan Pendidikan Agama Kristen. Tujuan dari penerbitan jurnal ini untuk memberi ruang hasil penelitian ilmiah dari berbagai lingkup kajian teologi dan pendidikan Kristen insan peneliti, dosen dan mahasiswa dalam serta luar negeri.Dengan E-ISSN: 2962-5637 dan SK 0005.29625637/K.4/SK.ISSN/2022.09 Focus dan scope; berupa berbagai kajian yang menyentuh salah satu segmen kehidupan, pada ruang lingkup Teologi Kristen dan Pendidikan Agama Kristen, dengan bidang; Teologi Sistematika Teologi Biblikal Teologi Sosial dan Publik Teologi dan Religiositas Pelayanan dan Pemberdayaan Masyarakat Gereja Etika Misiologi Pendidikan Kristiani Gereja dan Masyarakat
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 19 Documents
Pola Pastoral Kedukaan Berdasarkan 1 Tesalonika 4:13-18 Jonidius Illu; Sandra Rosiana Tapilaha; Yane Henderina Keluanan
Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Vol. 1 No. 1: Mei 2022
Publisher : PT. Bangun Harapan Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (511.794 KB) | DOI: 10.56854/pak.v1i1.22

Abstract

Isu-isu pokok yang dibahas dalam tulisan ini antara lain ketidakmengertian tentang penjelasan Alkitab bahwa kehidupan dankematian sebagai suatu keadaan yang tidak dapat dipisahkan dalam proses hidup manusia,dan dampaknya yaitu menyalahkan Allah, diri sendiri dan orang lain, serta menimbulkan gangguan secara mental dan fisik. Selain itu, adanya ketidakmengertian tentang kesiapan hidup seseorang selama ia hidup dan keyakinan akan pengharapan hidup kekal bersama Yesus Kristus dan orang percaya lain dalam kekekalan, yang dijelaskan dalam salah satu bagian Firman Tuhan yaitu 1 Tesalonika 4:13-18. Tujuan penelitian untuk memberikan penjelasan pola pastoral berdasarkan 1 Tesalonika 4:13-18 agar dimengerti oleh setiap orangKristen sehingga memahami akan keadaan orang yang meninggal di dalam Yesus Kristus dan juga tidak mengalami dukacita yang berkepanjangan sehingga menimbulkan penolakan terhadap keadaan tetapi menerima dengan harapan atau keyakinan bahwa di dalam Yesus Kristus adakepastian hidup yang kekal.
Karakter : Identitas Pelajar Kristen Lexie Adrin Kembuan; Adiel Stevanus
Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Vol. 1 No. 1: Mei 2022
Publisher : PT. Bangun Harapan Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (600.501 KB) | DOI: 10.56854/pak.v1i1.24

Abstract

Secara umum dan dari sudut pandang apapun itu membenarkan serta sepaham bahwa nilai karakter seseorang sangat berpengaruh terhadap hasil dalam suatu ruang lingkup secara khusus atau umum. Jika nilai karakter seseorang sudah matang dan terbentuk, maka dari segi tindakan ataupun prilakunya akan menghasilkan sesuatu yang sasuai dengan karakternya. Menurut pandangan secara umum, karakter adalah seperangkat sifat, watak atau tabiat yang selalu mengarah kepada dan menjadi tanda-tanda kebaikan, kebajikan dan kematangan moral, tabiat dan watak seorang. Secara etimologi, istilah karakter asal dari bahasa latin : character, yang berarti tabiat, tabiat, sifat-sifat kejiwaan, budi pekerti, kepribadian serta akhlak. Membangun karakter merupakan mengukir nilai atau prinsip kebenaran yang hakiki yang digores dan ditandai dengan praktik hidup benar berdasarkan ajaran Alkitab. Secara sederhana karakter merupakan; melakukan tindakan yang benar karena hal itu adalah benar. Siswa berkarakter adalah siswa yang melakukan tindakan atau perbuatan yang benar karena alasan yang benar. Karakter yang terbaik dan benar yang harus dimiliki olah setiap siswa menurut Alkitab adalah ; kerendahan hati, kesabaran, pengendalian diri, murah hati, ketaatan, menghormati pemimpin, mengasihi sesama dalan lain-lain ( Matius 5 : 1-12, Kisah Para Rasul 23 : 5, Filipi 4 : 8)
Makna Isteri Lot Menoleh Ke belakang Berdasarkan Kejadian 19:26 Dan Implikasinya Bagi Isteri Orang Kristen Yeremia Hia; Sandi Yanti Ziliwu
Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Vol. 1 No. 1: Mei 2022
Publisher : PT. Bangun Harapan Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (575.773 KB) | DOI: 10.56854/pak.v1i1.25

Abstract

Setiap orang yang tidak taat kepada firman Allah dan hal itu menunjukkan bahwa seseorang itu egois dan mementingkan dirinya sendiri. Demikianlah yang terjadi dalam diri isteri Lot. Dia memandang rendah perintah Tuhan dan mendahulukan keinginan dagingnya. Akibatnya, isteri Lot berubah menjadi tiang garam (Kejadian 19:26). Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kisah tentang penghukuman Sodom dan Gomora, mengetahui kisah isteri Lot yang menjadi tiang garam serta untuk mengetahui bagaimana implikasinya bagi kehidupan isteri orang kristen masa kini. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode eksegesis, menggali, dan menjelaskan maksud para penulis kitab suci dalam konteks aslinya sebagaimana yang dimaksudkan pada masanya. Hasil dari penelitian ini memberi peringatan dari ketidaktaatan pada perintah Tuhan adalah penghukuman. Penghukuman atas dosa ketidaktaatan pada Firman Tuhan, merupakan sebuah peringatan bahwa Allah tidak kompromi terhadap dosa. Sehingga dalam menghadapi hal ini, isteri orang kristen masa kini diharapkan untuk taat pada Firman Tuhan.
Kepemimpinan Yang Transformatif Terhadap Organisasi Gereja Masa Kini Sarman Parhusip; Alvonce Poluan; Steven Tommy Dalekes
Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Vol. 1 No. 1: Mei 2022
Publisher : PT. Bangun Harapan Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (605.716 KB) | DOI: 10.56854/pak.v1i1.27

Abstract

Tulisan ini mengangkat judul Bagaimana Pengaruh Kepemimpinan Transformatif terhadap organisasi gereja masa kini. Kita tahu bahwa maju mundurnya suatu organisasi tidak lepas dari peran pemimpin organisasi didalamnya. Kepemimpinan transfromasional sangat memberi pengaruh terhadap perkembangan organisasi gereja Masa kini. Dalam tulisan ini kita akan menemukan Bagaimana pelaksanaan kepemimpinan transformatif terhadap Organisasi Gereja Masa Kini, yang berdampak pada pertumbuhannya yang siknifikan dalam kepemimpinan transformasional gereja dimasa mendatang. Kepemimpinan dalam gereja bukanlah pelaksanaan kekuasaan atau otoritas manusia semata melainkan suatu kegiatan pelayanan. Pelayanan yang ditujukan kepada Yesus Kristus, Pemilik dan Kepala Gereja. Gereja ada karena panggilan untuk mewartakan Kerajaan Allah di dunia. Kepemimpinan Transformatif dalam gereja tidak hanya sekedar bertujuan membuat organisasi gereja dengan baik, tetapi menata organisasi gereja dengan baik supaya pelayanan dan kesaksian kepada dunia berjalan dengan baik.
Pemahaman Tentang Keselamatan Dalam Yohanes 3:16 Terhadap Keaktifan Melayani Di Gereja Bagi Mahasiswa STT Sumatera Utara Pitri Sartika Sihotang; Lamria Purba; Helpriani Hutabalian
Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Vol. 1 No. 1: Mei 2022
Publisher : PT. Bangun Harapan Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (545.132 KB) | DOI: 10.56854/pak.v1i1.28

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan bertujuan menemukan kontribusi mengenai pemahaman tentang keselamatan dalam Yohanes 3: 16 terhadap keaktifan melayani di gereja bagi peserta didik. Keselamatan berasal dari bahasa Yunani yaitu ‘sozo’ yang memiliki arti menyelamatkan, membebaskan, mengawetkan, melestarikan, menyembuhkan. Bila dikaitkan dengan manusia maka keselamatan adalah menyembuhkan dari kematian atau mempertahankan hidup. Manusia pertama yaitu Adam dan Hawa diciptakan Allah dalam keadaan kudus dan tanpa dosa. Manusia diciptakan Allah dengan memberi kebebasan untuk memilih yang baik dan yang jahat. Tetapi karena manusia memilih yang salah sehingga hubungan dengan Allah terputus dan secara Rohani mengalami kematian. Oleh sebab itulah maka keselamatan dibutuhkan oleh orang orang yang sudah mengalami kematian secara rohani. Dan keselamatan itu diterima oleh setiap orang karena kasih karunia dan itu merupakan tindakan Allah untuk membuat manusia kembali menerima hidup yang kekal.
Kepercayaan Orang Kristen Pada Konsep Allah Tritunggal Sebagai Kebenaran Firman Tuhan Rudy Budiatmaja; Seno Lamsir; Andreas Eko Nugroho; Asmat Purba
Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Vol. 1 No. 2: November 2022
Publisher : PT. Bangun Harapan Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (695.468 KB) | DOI: 10.56854/pak.v1i2.97

Abstract

Penelitian ini bersifat kualitatif secara literatur berbagai sumber penelitian untuk mengikuti perkembangan dan pertumbuhan gereja yang begitu cepatnya yang menyebabkan paradigma baru dalam berkonsep sehingga banyak mengungkapkan ide-ide baru termasuk konsep pemahaman yang baru bahwa Allah itu Dwitunggal tetapi kita sebagai orang percaya tentunya harus berhati-hati dan tegas untuk mengatakan “TIDAK” dan berpegang teguh pada Allah tritunggal sebagai kebenaran Firman Tuhan yang benar bagi berbagai denominasi gereja dan pengajaran para hamba Tuhan untuk jemaat masing-masing gereja sehingga hasil akhir penelitian ini agar jemaat tidak disesatkan dengan konsep pengajaran nabi-nabi palsu dan selalu berpegang teguh pada kebenaran Firman Tuhan bahwa Alkitab sebagai otoritas tertinggi dalam penerapan konsep teori baru yang bermunculan pada Generasi Yeremia ini.
Pengaruh Kompetensi Sosial Guru PAK terhadap Prestasi Belajar Siswa dalam Pendidikan Agama Kristen Auw Tammy Yulianto; Valentina Dwi Kuntari J; Sorimuda Sarumpaet
Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Vol. 1 No. 2: November 2022
Publisher : PT. Bangun Harapan Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (595.427 KB) | DOI: 10.56854/pak.v1i2.101

Abstract

This study aims to find out the relationship between the social competence of PAK teachers and the student achievement. The research was conducted at a Christian Vocational School, with students as the research subjects. The research population was 104 people, and the sample was obtained from 51 people. The research method used is descriptive quantitative method with correlational type of research. The data obtained were analyzed using correlation techniques and carried out with the help of the SPSS 13 computer program. The results of the analysis were that the perception of teachers' social competence was mostly assessed in a good category and most of the students' achievement in Christian religious education was in the good category. Thus, it can be concluded that the social competence of teachers has an influence on the learning achievement of Christian religious education of the students. The regression equation obtained is Y = 26.478 + 0.407 X
Pengaruh Penerapan Teori Belajar Sibernetik Terhadap Kemampuan Mahasiswa Mengelola Pembelajaran Berbasis Digital Arozatulo Telaumbanua; Detiriani Gulo; Lisman Apriliani Lahagu; Citra Kurnihati Gulo; Ener Kenangan Kasih Gulo
Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Vol. 1 No. 2: November 2022
Publisher : PT. Bangun Harapan Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (769.391 KB) | DOI: 10.56854/pak.v1i2.105

Abstract

The development of increasingly sophisticated technology creates a learning atmosphere that must adapt. Students adapt to digital-based learning, both subject matter and assignments to be received and sent. Students can improve skills in managing learning and assignments digitally. Not a few students have not been able to professionally manage digital-based learning and assignments. Limited knowledge and infrastructure are important factors in the lack of student’s ability to manage their digital-based assignments. In addition, the lack of involvement of lecturers using digital-based learning also makes one of the weak abilities of students to adapt to managing electronic assignments. Therefore, this study uses a quantitative methodology with the aim of finding out how much influence the application of cybernetic learning theory has on students' ability to manage digital-based assignments. To deal with this problem, the researchers provide a solution by conducting training and technical guidance to students on the use of technology in learning and seeking to procure facilities and infrastructure that support digital-based learning processes.
Urgensi Pendidikan Agama Kristen Dalam Membina Sikap Berapologetik Warga Jemaat Safatulus Giawa Tulus; Sediria Buulolo; Lilis Hertiana Daeli; Yaniati Gulo; Stenly R Paparang
Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Vol. 1 No. 2: November 2022
Publisher : PT. Bangun Harapan Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56854/pak.v1i2.110

Abstract

Tulisan ini mengangkat judul Urgenitas Pendidikan Agama Kristen Dalam Membina Sikap Berapologetik Warga Jemaat. Kita menyadari sepenuhnya bahwa kehidupan kekristenan bukanlah hidup yang eksklusif. Kekristenan adalah hidup yang membagikan hidup yang diperoleh dalam Yesus Kristus. Membagikan hidup dapat ditunjukkan dengan membela apa yang dipercayainya kepada orang yang mempertanyakan. Tindakan membela iman Kristen membutuhkan sebuah proses rentang waktu yang panjang. Pengajaran merupakan bentuk penanaman secara sistematis sikap berapologetik. Warga jemaat dalam gereja perlu diajarkan secara intens mengenai apa dan bagaimana iman Kristen melihat agama lain dengan perbandingan agamanya. Akhirnya, akan ditemukan bahwa iman Kristen merupakan sebuah kebenaran yang konsisten dari zaman ke zaman. Pendidikan agama Kristen memiliki naluri penyajian informasi dari berbagai disiplin ilmu. Dengan demikian iman Kristen mampu menjawab dan bertahan dalam imannya sekalipun masyarakat berubah perilaku dan sikap oleh pengaruh perkembangan zaman.
Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Kristen Di Era Pandemi Covid-19 Hermin Ranting; Elia Purwantoro; Gerhard E Sipayung; Gundari Ginting
Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Vol. 1 No. 2: November 2022
Publisher : PT. Bangun Harapan Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56854/pak.v1i2.118

Abstract

The Covid-19 pandemic has changed the entire order of life, including in the field of education, which requires the world of education to update the abilities of a teacher in their respective places. With these demands, teachers must update their abilities in all areas specifically in skills, learning methods and learning materials and character. It is done as a reference for teachers to prove qualified abilities. Using a qualitative method of literature study approach, this article presents a finding related to how professional Christian teachers should be. The findings in this article suggest that there are many things that must be considered in carrying out duties and responsibilities as a teacher during the COVID-19 pandemic. This is done in order not to reduce the quality in carrying out its duties and responsibilities properly. With the teacher upgrating his abilities in all aspects, it is part of the tangible manifestation of a teacher's professionalism. That attitude of professionalism is a must for a teacher, considering that the current era is closely related to digitalization.

Page 1 of 2 | Total Record : 19