cover
Contact Name
Muhammad Yusnan
Contact Email
muhammad.yusnan@umbuton.ac.id
Phone
+6282214507972
Journal Mail Official
muhammad.yusnan@umbuton.ac.id
Editorial Address
Jl. Betoambari No.36, Kota Baubau
Location
Kota bau bau,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
TAKSONOMI
ISSN : 29866499     EISSN : 2798947X     DOI : https://doi.org/10.35326/taksonomi.v2i2
Core Subject : Education,
Jurnal Taksonomi: Penelitian Pendidikan Dasar terbit dua kali dalam setahun yakni Bulan Mei dan September, yang bertujuan untuk menerbitkan artikel hasil penelitian mata pelajaran wajib sekolah dasar dan hasil penelitian yang menfokuskan pada rana pendidikan siswa sekolah dasar serta hasil penelitian tindakan kelas, bidang pendekatan, model serta strategi belajar di sekolah dasar.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 1 (2023): Mei, Taksonomi Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar" : 10 Documents clear
UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS HURUF TEGAK BERSAMBUNG MELALUI METODE SAS (STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK) PADA SISWA KELAS II SDN PETEMON SURABAYA Yumnafiska Aulia Dewi; Reza Syehma Bahtiar
TAKSONOMI: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar Vol. 3 No. 1 (2023): Mei, Taksonomi Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Buton

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (392.589 KB) | DOI: 10.35326/taksonomi.v3i1.3292

Abstract

Keterampilan menulis di sekolah dasar merupakan kajian yang selalu menarik untuk disajikan. Begitu pula banyak siswa yang masih kesulitan dalam menulis huruf bersambung. Perilaku ini pada akhirnya menyebabkan keterampilan menulis yang buruk pada siswa. Minimnya pengetahuan guru dalam menerapkan metode pembelajaran yang inovatif dalam mewujudkan pembelajaran yang menyenangkan. Solusi untuk meningkatkan keterampilan menulis tegak bersambung adalah dengan mendidik guru tentang berbagai inovasi yang dapat digunakan untuk menerapkan metode pembelajaran. Penerapan metode pembelajaran SAS merupakan contoh yang dapat digunakan dan dikembangkan guru untuk meningkatkan kemampuan siswa. Hasil belajar khususnya dalam kaitannya dengan keterampilan menulis tegak bersambung siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Penerapan metode SAS dapat meningkatkan hasil belajar siswa terutama dalam keterampilan menulis huruf tegak bersambung. Hal ini dapat dilihat berdasarkan dari hasil analisis data yang telah dilakukan selama penelitian berlangsung. Penulis melihat hasil tes siswa dalam setiap siklusnya selalu meningkat 30% nilai rata-rata hasil tes siswa pada pra siklus hingga pelaksanaan siklus ke II.
PENERAPAN METODE ROLE PLAYING DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN PPKN PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR Dwi Putri Lestari
TAKSONOMI: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar Vol. 3 No. 1 (2023): Mei, Taksonomi Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Buton

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (352.984 KB) | DOI: 10.35326/taksonomi.v3i1.3318

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode role playing dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas III pada muatan PPKn tentang materi sikap bersatu dalam keberagaman pada tema 5 subtema 2 di SDN Socah 03. Desain penelitian ini ialah model Kemmis dan McTaggart yang menyatukan komponen tindakan dengan pengamatan. Hasil dari penelitian tindakan kelas pada tahap pra siklus menujukkan bahwa peserta didik yang menuntaskaan nilai KKM hanya 19,3%, sedangkan 80,7% belum menuntaskan nilai KKM. Namun, pada siklus I dengan penggunaan metode role playing, 30% peserta didik berhasil mencapai nilai KKM, sementara 70% nya belum menuntaskan nilai KKM. Sedangkan pada siklus II, hasil belajar yang diperoleh meningkat menjadi 100% karena telah dilakukan perbaikan. Kesimpulan dari penelitian ini ialah metode role playing dapat membuat hasil belajar peserta didik kelas III pada muatan PPKn meningkat.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC AUDITORI VISUAL INTELECTUAL) DALAM MENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PERKEMBANGBIAKAN TUMBUHAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR Nadia Eka Sulistia
TAKSONOMI: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar Vol. 3 No. 1 (2023): Mei, Taksonomi Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Buton

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (396.945 KB) | DOI: 10.35326/taksonomi.v3i1.3319

Abstract

Penelitian ini adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dengan dua siklus. Prosedur yang dipakai ialah tahap perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilaksanakan oleh peneliti di SDN Socah 3, ditemukan bahwa ketika pembelajaran di kelas VI masih bersigat terintegritas, sehingga mengakibatkan cara berpikir dan kreatifitas siswa kurang berkembang. Pada saat pembelajaran IPA di kelas VI, guru ketika mengajar seringkali hanya menerapakan model pembelajaran diskusi ataupun ceramah. IPA merupakan ilmu yang mengkaji tentang peristiwa alam dengan melakukan sebuah penelitian, pengamatan, serta penggolongan teori supaya siswa memiliki pengetahuan. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan guna meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI pada mata pelajaran IPA dengan menerapkan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual). Model pembelajaran SAVI adalah model pembelajaran melibatkan psikomotoriknya serta aktivitas berpikir menggunakan segala panca inderanya saat proses pembelajaran berlangsung. Teknik pengumpulan data yang dipakai ialah observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan instrumen datanya ialah lembar observasi dan lembar soal. Berdasarkan uraian data menyatakan bahwa ada peningkatan mengenai hasil belajar siswa yang memperoleh persentase rata-rata 76% pada siklus I yang berarti bahwa terdapat 19 dari 25 orang siswa yang tuntas. Kemudian, mengalami peningkatan sebesar 96% pada siklus II yang artinya terdapat 24 dari 25 orang siswa yang tuntas secara klasikal. Berdasarkan uraian penelitian, bisa disimpulkan model pembelajaran SAVI ini bisa mengakibatkan adanya peningkatan terhadap hasil belajar siswa kelas VI khususnya di mata pelajaran IPA.
PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI INTERAKTIF TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA PADA SISWA SEKOLAH DASAR Yunike Widianti
TAKSONOMI: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar Vol. 3 No. 1 (2023): Mei, Taksonomi Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Buton

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (499.941 KB) | DOI: 10.35326/taksonomi.v3i1.3321

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran video animasi interaktif terhadap peningkatan hasil belajar IPA materi sistem pencernaan manusia pada siswa Sekolah Dasar. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan selama 2 siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yang meliputi Perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Lokasi penelitian di SDN Socah 3. Subjek Penelitiannya adalah siswa kelas V tahun ajaran 2022/2023 dengan jumlah 24 siswa. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Adapun instrumen penelitiannya adalah pedoman wawancara, lembar observasi kegaiatan guru dan siswa, dan lembar soal tes evaluasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V. Hasil penelitian menunjukkan pada kondisi awal, nilai rata-rata siswa mencapai 66,4 dimana hanya ada 10 siswa (41,6%) tuntas. Pada siklus 1 rata-rata hasil belajar siswa mencapai 70,6 dengan 17 siswa (70,8%) tuntas. Pada siklus 2 rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 80,2 dengan total 21 siswa (87,5%) tuntas. Dari hasil tersebut, maka kesimpulannya adalah terjadi peningkatan hasil belajar IPA materi Sistem Pencernaan Pada Manusia dengan menggunakan media pembelajaran video animasi interaktif.
PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN MATEMATIKA TEMA 5 MATERI PECAHAN KELAS III SDN GEMPOLTUKMLOKO Bina Roosita; Agung Setyawan
TAKSONOMI: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar Vol. 3 No. 1 (2023): Mei, Taksonomi Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Buton

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (355.309 KB) | DOI: 10.35326/taksonomi.v3i1.3325

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui dampak penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar siswa kelas III SDN Gempoltukmloko, Lamongan pada materi pecahan tema 5 muatan matematika. Penelitian ini merupakan bagian dari program PTK yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus memiliki empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Gempoltukmloko, Lamongan berjumlah 15 siswa dan metode yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Tes, wawancara, dan observasi digunakan sebagai teknik pengumpulan data. Berdasarkan temuan penelitian, siswa kelas III SDN Gempoltukmloko di Lamongan dapat mencapai hasil belajar yang lebih baik dengan menerapkan pendekatan CTL selama proses pembelajaran. Hal ini terlihat dari peningkatan nilai rata-rata prasiklus, siklus 1, dan siklus 2 untuk kelas klasikal yang meningkat masing-masing sebesar 61,3 (20%), 70,53 (60%), dan 80,53 (86,6%). Pendekatan CTL dapat berdampak pada hasil belajar siswa kelas III SDN Gempoltukmloko Lamongan terkait dengan materi pelajaran Matematika tema 5 materi pecahan, menurut temuan penelitian.
PENGGUNAAN MEDIA GARIS BILANGAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHITUNG BILANGAN BULAT PADA SISWA KELAS VI DI SDN SAMATAN Maulidia Nifa
TAKSONOMI: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar Vol. 3 No. 1 (2023): Mei, Taksonomi Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Buton

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (369.563 KB) | DOI: 10.35326/taksonomi.v3i1.3328

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran video animasi interaktif terhadap peningkatan hasil belajar IPA materi sistem pencernaan manusia pada siswa Sekolah Dasar. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan selama 2 siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yang meliputi Perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Lokasi penelitian di SDN Socah 3. Subjek Penelitiannya adalah siswa kelas V tahun ajaran 2022/2023 dengan jumlah 24 siswa. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Adapun instrumen penelitiannya adalah pedoman wawancara, lembar observasi kegaiatan guru dan siswa, dan lembar soal tes evaluasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V. Hasil penelitian menunjukkan pada kondisi awal, nilai rata-rata siswa mencapai 66,4 dimana hanya ada 10 siswa (41,6%) tuntas. Pada siklus 1 rata-rata hasil belajar siswa mencapai 70,6 dengan 17 siswa (70,8%) tuntas. Pada siklus 2 rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 80,2 dengan total 21 siswa (87,5%) tuntas. Dari hasil tersebut, maka kesimpulannya adalah terjadi peningkatan hasil belajar IPA materi Sistem Pencernaan Pada Manusia dengan menggunakan media pembelajaran video animasi interaktif.
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENGUKURAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR Eka Aprilia Rustamaji
TAKSONOMI: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar Vol. 3 No. 1 (2023): Mei, Taksonomi Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Buton

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (398.398 KB) | DOI: 10.35326/taksonomi.v3i1.3329

Abstract

Tujuan penelitian guna meningkatkan hasil belajar pada muatan matematika materi pengukuran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada siswa kelas II SDN Socah 3. Rumusan masalah penelitian ialah bagaimana Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) bisa meningkatkan hasil belajar pada muatan matematika materi pengukuran pada siswa kelas II SDN Socah 3. Hal ini dikarenakan rendahnya hasil belajar siswa kelas II dan kurangnya kerja sama tim. Metode penelitian ialah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ialah siswa kelas II SDN Socah 3 yang mencakup 9 perempuan dan 10 laki-laki. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus. Hasil dari penelitian ini ialah pembelajaran menggunakan model student teams achievement divisions (STAD) terbukti bisa meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan matematika materi pengukuran. Hal ini bisa ditinjau pada hasil tes dan hasil mengamati kegiatan siswa siklus I dan siklus II mengalami peningkatan. Pada pra-siklus ketuntasan belajar siswa 21%, pada siklus I 34,73%, dan pada siklus II mengalami peningkatan kembali sebesar 94,11%. Berdasarkan hasil belajar dan hasil aktivitas siswa dan guru maka bisa disimpulkan bahwa menggunakan model pembelajaran STAD bisa meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SDN Socah 3.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR DALAM MUATAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA TEMA 5 PADA SISWA SEKOLAH DASAR Lita Arofani
TAKSONOMI: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar Vol. 3 No. 1 (2023): Mei, Taksonomi Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Buton

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (333.872 KB) | DOI: 10.35326/taksonomi.v3i1.3332

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa di kelas 3 pada pelajaran matematika tema 5 melalui penggunaan model pembelajaran Make a Match. Metode penelitian yang dipakai yaitu penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 25 siswa. Pengumpulan informasi berupa data didapatkan melalui tes, observasi, dan wawancara. Analisis data menggunakan teknik deskriptif, kualitatif, dan kuantitatif. Hasil penelitian menegaskan bahwa penggunaan pola pembelajaran Make a Match efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa di tema 5 muatan matematika kelas 3. Rata-rata skor tes sebelum penelitian adalah 58. Setelah tindakan pada siklus I, rata-rata skor tes meningkat menjadi 70, dan pada siklus II meningkat menjadi 83,2. Selain itu, terjadi peningkatan yang signifikan dalam pemahaman konsep matematika, kemampuan memecahkan masalah matematika, serta partisipasi aktif dan antusias siswa selama pembelajaran. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa model Make a Match yang dipakai dalam proses pembelajaran dapat menjadi alternatif pilihan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam muata pelajaran matematika.
PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR PPT INTERAKTIF MATERI SIMBOL DAN SILA-SILA PANCASILA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN PPKN PADA TEMA 5 PENGALAMANKU SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 2 PADA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR Nova Sari
TAKSONOMI: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar Vol. 3 No. 1 (2023): Mei, Taksonomi Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Buton

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (394.071 KB) | DOI: 10.35326/taksonomi.v3i1.3334

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah guna mengenali serta mendeskripsikan pembelajaran dengan memanfaatkan media powerpoint interaktif yang bisa menambah hasil belajar materi sila serta sila di SDN Socah 3. Subjek dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas II SDN Socah 3 dengan jumlah siswa yaitu 19 siswa, dimana terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan aturan pelaksanaan tindakan yaitu dilaksanakannya 2 siklus dalam penelitian. Pada pelaksanaan siklus pertama dilakukan sebanyak satu kali pertemuan yaitu 1x35 menit dengan materi simbol dan sila-sila Pancasila menggunakan media pembelajaran powertpoint. nilai Standar Ketuntasan Minimun yang mesti dipenuhi siswa wajib mendapatkan nilaiā‰„ 75 yang didetetapkan di SDN Socah 3 Kecamatan Socah Kabupaten Bangkalan. Pada siklus 1 dari 19 siswa kelas 2 cuma 8 yang tuntas belajar serta 11 siswa belum tuntas, sehingga pengamat mengadakan siklus 2 guna bisa menyudahi materi serta meraih nilai KKM yang sudah didetetapkan. Pada siklus 1 menampilkan kenaikan rata- rata hasil belajar siswa secara individual dari 55, 26 dengan persentase ketuntasan 42, 1%. Nilai rata- rata siswa menaik sebab pada siklus ini siswa tampak bersemangat serta tertarik dengan media pembelajaran PowerPoint yang digunakan. Pada siklus 2 menampilkan kenaikan skor rata- rata hasil belajar siswa 72, 6 dengan kenaikan persentase ketuntasan siswa pada siklus 2 jadi 73, 7% serta terhitung dalam kriteria ketuntasan siswa sangat baik serta baik. dinyatakan sukses.
PENGARUH PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA SEKOLAH DASAR Acoci Acoci; Irman Matje; Farisatma Farisatma; Anisa Rizkayati
TAKSONOMI: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar Vol. 3 No. 1 (2023): Mei, Taksonomi Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Buton

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (485.13 KB) | DOI: 10.35326/taksonomi.v3i1.3364

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pendidikan orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas V di SD Negeri 2 Nganganaumala. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian kuantitatif lebih berorientasi pada pendekatan survai. Dengan pendekatan survai ini, peneliti hendak menggambarkan karakteristik tertentu dari suatu populasi, variable yang ditelaah disejalankan dengan karakteristik yang menjadi fokus perhatian survai tersebut. Perhitungan uji validitas menggunakan Statistical Program for Social Science (SPSS) for Version 20. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Pendidikan orang tua memiliki pengaruh positif terhadap motivasi belajar pada siswa kelas V di SD Negeri 2 Nganganaumala sebesar 0.68. Apabila dilihat besarnya rxy yang diperoleh ini, yaitu: 0.68 ternyata terletak antara 0.40 - 0.70. dapat dinyatakan bahwa antara variabel X dan variabel Y terdapat pengaruh yang sedang atau cukup. Hasil uji validitas untuk kuesioner variabel X (Nilai Pendidikan Orang Tua) yang berjumlah 15 item pertanyaan, dapat diketahui bahwa seluruh pertanyaan dinyatakan valid, dimana hasil perbandingan antara rhitung > rtabel, dengan taraf signifikan 0,05 (5%) dan perhitungan menunjukkan bahwa koefisien > 0,334.

Page 1 of 1 | Total Record : 10