cover
Contact Name
Mariaty Podungge
Contact Email
mariatypodungge@gmail.com
Phone
+6285240574043
Journal Mail Official
mariatypodungge@gmail.com
Editorial Address
Kampus II Jln. Sultan Amai Kelurahan Pone, Kecamatan Limboto Barat, Kabupaten Gorontalo Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Location
Kota gorontalo,
Gorontalo
INDONESIA
PEKERTI Journal Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti
ISSN : -     EISSN : 29633389     DOI : -
Core Subject : Religion, Education,
PEKERTI: Journal Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti publishes articles on the realm of Islamic education, covering both literary and fieldwork studies. The journal highlights aspects related to Islamic education studies, with special reference to character education, Islamic education policy, philosophy of Islamic education, Islamic education management, Islamic education curriculum, innovations in Islamic education, Islamic education leadership, multicultural Islamic education, Islamic education for social transformation, madrasa education, pesantren education, and other relevant topics. This journal warmly welcomes contributions from scholars of related disciplines. This journal was published by Prodi Pendidikan Agama Islam, FITK IAIN Sultan Amai Gorontalo. PEKERTI: Journal Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti is published two times a year (February and August).
Articles 63 Documents
Implementasi Pendidikan Full Day School Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kabupaten Gorontalo Dewi Susanti Djauhari; Razak Umar
PEKERTI Vol. 1 No. 1 (2019): PEKERTI: Jurnal Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti
Publisher : Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (383.304 KB)

Abstract

Permasalahan yang dibahas dalam Penelitian ini yakni 1) Bagaimana Implementasi Pendidikan Full Day School terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik? 2) Apa Faktor Penghambat dan Pendukung Pelaksanaan Pendidikan Full Day School dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik?. Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui Implementasi Full Day School terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik. Untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung pelaksanaan pendidikan Full Day School dalam pembentukan karakter peserta didik. Jenis penelitian ini tergolong kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data melalui tiga tahapan, yaitu: mengorganisasikan data, penyelesaian data dan penaksiran data. Hasil penelitian diperoleh (1) Pelaksanaan pendidikan Full Day School di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kabupaten Gorontalo sudah terlaksana dengan baik, sekolah melaksanakan beberapa kegiatan ekstra untuk membentuk karakter peserta didik. (2) dengan adanya program Full Day School kualitas ibadah peserta didik meningkat, (3) peserta didik sudah mampu melaksanakan sholat dengan mandiri tanpa harus di tuntun, (4) peserta didik sudah dapat berlaku jujur baik ucapan maupun perbuatan, (5) sudah dapat bersikap dermawan, menghormati dan menghargai guru (6) memiliki sikap percaya diri, berjiwa kepemimpinan, (7) mempunyai jiwa toleran. Hambatan yang di hadapi dalam program Full Day School untuk membentuk karakter yakni, (1) Tenaga Guru, karena tidak semua guru ahli dalam berbagai bidang, (2) kesiapan peserta didik dalam mengikuti kegiatan, paling banyak di pengaruhi oleh faktor bermain, (3) peserta didik kurang dalam menelaah materi. Faktor pendukung pendidikan Full Day School (1) partisipasi orang tua menghadirkan anaknya lebih awal.
Majelis Taklim Turrabunnuri Sipatana Terhadap Peningkatan Spiritual Keagamaan Masyarakat SYAWALLUDIN DJOU; Hasim Wantu
PEKERTI Vol. 1 No. 1 (2019): PEKERTI: Jurnal Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti
Publisher : Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (806.563 KB)

Abstract

ABSTRACT Tujuan utama penelitian ini adalah mengetahui Bagaimana pelaksanaan dan metode pengajian majelis taklim Turrabunuri, tingkat spritual keagamaan masyarakat di kelurahan Tanggikiki, faktor apa yang mendukung kegiatan majelis taklim Turrabunuri terhadap peningkatan spiritual kegamaan di masyarakat, kemudian apa saja kendala dan solusi dalam proses peningkatan spiritual keagamaan pada masyarakat di kelurahan Tanggikiki. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah sepuluh orang ustad dan santri yang belajar di majelis taklim Turrobunnuri yang berada di kelurahan Tanggikiki kecamatan Sipatana kota Gorontalo. Hasil penelitian ini ditemukan beberapa hal sebagai berikut (1) Kegiatan majelis taklim Turrabunnuri terbagi menjadi tiga, yang pertama dilaksanakan rutin setiap hari Jum’at sebelum dikumandangkannya adzan shalat Jum’at, kedua kegiatan belajar bahasa arab dan baca kitab kuning. Dan yang ketiga adalah kegiatan pengajian kitab kuning oleh para muridnya Aba Idu (2) Tingkat spiritual keagamaan masyarakat di kelurahan Tanggikiki kecamatan Sipatana adalah rendah. (3) Faktor yang mendukung kegiatan majelis taklim Turrabunuri terhadap peningkatan spiritual keagamaan pada masyarakat ada empat. yang pertama adalah Aba Idu, kedua adalah putra dan para murid beliau. ketiga Kitab Kuning. Dan yang keempat adalah Metode. (4) Kendala pertama adalah ketidaktahuan. Solusi dari masalah ini adalah dengan meningkatkan intentitasnya dakwah melalui mimbar khutbah atau ceramah agama di masyarakat. Kendala Yang kedua adalah masyarakat yang sudah tahu pentingnya peningkatan spritual, akan tetapi minatnya untuk belajar guna meningkatkan spritualitasnya rendah. Ini bisa dipengaruhi dua faktor, tidak adanya ketertarikan kepada majelis Turrabunnuri, atau tak memiliki waktu luang karena pekerjan. alasan pertama solusinya adalah membiarkan ia dengan pilihannya yang tidak tertarik dengan majelis Turrabunnuri. Kemudian alasan kedua adalah para ustad harus mendakwahinya dengan akhlaq yang terpuji, sehingga ia dapat merasakan nikmatnya kebaikan yang para ustad tawarkan hingga timbul rasa penasaarannya, pada siapa mereka belajar semua kemulian-kemuliaan itu. hingga ia akan meluangkan waktunya untuk belajar bersama di majelis Turrabunnuri. KEYWORDS : Peran Majelis Taklim Peningkatan Spiritual Keagamaan
Kreativitas Guru Dalam Merancang Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Fiqih dI MTs Bahrul Ulum Sumalata Erwin Yusuf; Razak Umar; Munirah Munirah
PEKERTI Vol. 2 No. 1 (2020): PEKERTI: Jurnal Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti
Publisher : Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1129.6 KB)

Abstract

Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah bagaimana kreativitas guru dalam merancang media pembelajaran Fiqih. bagaimana dampak kreativitas guru mengolah media pembelajaran dalam mempengaruhi proses belajar mengajar di MTs Bahrul Ulum.Penelitian meggunakan. Jenis penelitan kualitatif dengan pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang di lakukan melalui tiga tahapan, yaitu: redup. si data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/ verifikasi.Hasil penelitian ini menunjukan bahwah kurangnya media yang di gunakan pada saat pembalajaran Fiqih atau pemelajaran yang lain, sangat minim, oleh karena itu guru yang megajar di sekolah tersebut jarang menggunakan LCD, guru di sekolah tersebut kebanyakan menggunakan media gambar saja atau buku cetak untuk melakukan pembelajaran tersebut. Upaya yang dilakukan sekolah tersebut adalah berusaha meyediakan media yang lebih bagus lagi, seperti LCD agar siswa itu tidak mersakan bosan di kelas, yang hanya mengunaan media cetak atau mebagikan buku cetak saja. Saran saya ke sekolah itu agara meyediakan media yang di sukai oleh siswa tersebut, karena kalau sekolah meyediakan media LCD ke siswa pasti siswa itu merasa senang menerima pelajaran yang akan berlansung.
Guru Dan Penanaman Nilai-Nilai Toleransi antar umat beragama Abdul Gafur Hulalango; Tita Rostitawati
PEKERTI Vol. 1 No. 1 (2019): PEKERTI: Jurnal Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti
Publisher : Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (456.401 KB)

Abstract

Abstract Skripsi ini membahas tentang “upaya guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai toleransi antar umat beragama di SMA Negeri 1 Bolangitang Barat. Adapun yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini yaitu: penulis berupaya untuk mengetahui:pertama Bagaimana Toleransi Antar Umat Beragama Di SMA N 1 Bolangitang Barat,kedua Bagaimana Upaya Guru PAI dalam Menanamkan Nilai-nilai Toleransi Antar Umat Beragama di SMA Negeri 1 Bolangitang Barat,ketiga Apa Saja Kendala Guru Pai Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Toleransi Beragama Di SMA N 1 Bolangitang Barat. Penelitian ini bertujuan pertama Mengetahui Toleransi Antar Umat Beragama Di SMA N 1 Bolangitang Barat kedua Bagaimana Upaya Guru PAI Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Toleransi Antar Umat Beragama di SMA N 1 Bolangitang Barat ketiga Mengetahui Kendala Guru PAI Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Toleransi Beragama Di SMA N 1 Bolangitang Barat.Metode penelitian yang di gunakan adalah penelitian kualitatif deskriktif dengan menggunakan pendekatan fenomenologis Penelitian ini dilakukan dengan cara melaksanakan empat kegiatan pokok: (a) pengumpulan data. (b) pengelolaan data. (c) analisa data. (d) penafsiran hasil analisis dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menujukan:pertamaKondisi sikap toleransi beragama siswa di SMA N 1 Bolangitang Barat sudah sangat baik. hal ini di buktikan dengan ada sikap menerima dalam hidup berdampingan dengan warga sekolah yang heterogen, menghormati dan menghargai keyakinan orang lain, menjalin kerjasama dalam bidang sosial, seperti adanya ekstrakulikuler dan acara sekolah. Kedua Upaya Guru PAI Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Toleransi Beragama Kepada Peserta Didik Di SMA Negeri I Bolangitang Barat. melalu dua tahapan yaitu: a) pembinaan dalam kegiatan pembelajaran meliputi. Pemanfaatan sumber belajar, memilih gaya guru mengajar yang baik, penerapan variasi metode dan memili metode yang sesuai, menciptakan komunikasi guru dengan peserta didik penerapan evaluasi berkelanjutan. b) pembinaan di luar kelas dengan memberikan contoh sikap toleransi dilingkungan sekolah, seperti hidup berdampingan dengan semua warga sekolah, bekerja sama dengan semua warga sekolah untuk menerapkan senyum, sapa, sopan salam, dan santun untuk bekerja sama dalam bidang sosial. ketiga kendala gura PAI dalam menanamkan nilai-nilai toleransi beragama di SMA N I Bolangitang Barat pengaruh lingkungan luar sekolah yang tidak sesuai dengan lingkungan sekolah.
HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DAN SIKAP BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH BAHASA ARAB: STUDI PENELITIAN PADA MAHSASISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM IAIN SULTAN AMAI GORONTALO T.A 2017-2018 Adri Yudha Damongi; Arten Mobonggi; Munirah Munirah
PEKERTI Vol. 1 No. 1 (2019): PEKERTI: Jurnal Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti
Publisher : Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (636.307 KB)

Abstract

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara kecerdasan emosional dan sikap belajar mahasiswa pada mata kuliah bahasa Arab dan Sejauh mana hubungan antara kecerdasan emosional dan sikap belajar mahasiswa pada mata kuliah bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara kecerdasan emosional dan sikap belajar pada mata kuliah bahasa Arab di Jurusan Pendidikan Agama Islam IAIN Sultan Amai. Metode penelitian ini adalah penelitian kuntitatif menggunakan metode survey pendekatan korelasional yang dilakukan di kelas A dan B Jurusan Pendidikan Agama Islam IAIN Sultan Amai. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis koefiensi korelasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis korelasi memperoleh nilai sebesar 0,496 lebih besar dari rhitung sebesar 0,244 dengan N=63 pada taraf signifikasi 5%, artinya terdapat hubungan positif yang menunjukan interpretasi korelasi yang sedang. Sedangkan nilai R Square sebesar 0,246 atau 24,6%, ini menunjukan kecerdasan emosional menentukan hasil sikap belajar mahasiswa sebesar 24,6% sedangkan 75,4% ditentukan oleh faktor lainya.
Pengaruh Gaya Hidup Hedonisme dan dampaknya Terhadap Hasil Belajar PAI di SMAN 1 Pinolosian Kab. Bolaang Mongondow Selatan Haryono Mokoagow; Lamsike Pateda
PEKERTI Vol. 1 No. 2 (2019): PEKERTI: Jurnal Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti
Publisher : Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (824.711 KB)

Abstract

ABSTRAK Dari rumusan masalah Apakah ada pengaruh langsung gaya hidup hedonism terhadap hasil belajar PAI di SMAN 1 Pinolosian? Dan Seberapa besar gaya hidup hedonisme yang terjadi padasiswa di SMAN 1 Pinolosian ? Dengan tujuan Untuk mengetahui apakah ada pengaruh langsung gaya hidup hedonism terhadap hasil belajar pai di SMAN 1 Pinolosian dan Untuk mengetahui seberapa besar gaya hidup hedonisme yang terjadi di SMAN 1 Pinolosian Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Dengan Pendekatan Fenomenologis, yaitu pendekatan yang dilakukan oleh peneliti untuk melihat langsung fenomena dan kenyataan-kenyataan yang terjadi dan Pendekatan Edukatif, yaitu pendekatan yang dilakukan untuk mengkaji teori-teori pendidikan. Penelitian kuantitatif adalah penelitian yang banyak di tuntut menggunakan angka.Teknik pengumpulan data dilakukan melalui: observasi (pengamatan); penyebaran kuisoner dan dokumentasi. Dengan jumlah populasi 101 siswa kelas XI. Sample yang di ambil berjumlah 50 responden. Teknik analisis data menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Dari hasil penelitian adalah Gaya hidup hedonis tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar. Dari hasil penelitian, nilai T hitung< T table atau - 0.629 <1.677 artinya Ho diterimadan Ha ditolak, atau T hitung = - 0.629 dengan tingkat signifikan 0,05 dan atau derajat kebebasan jumlah data-2 atau 50-2= 48 sehingga dapat T table = 1.677. gaya hidup hedonism cenderung lebih rendah hal ini dilihat dari R squernya yaitu 0,8%. Jadi hasil belajar siswa tidak dipengaruhi oleh gaya hidup hedonis. Hal ini dikarenakan siswa SMA N 1 Pinolosian masih kurang dalam melakukan persaingan barang mewah juga sering keluyuran malam. Dampak dari gaya hidup terhadap hasil belajar siswa di SMA N 1 Pinolosian, adalah sebagian siswa menganggap bersaing dalam materi bukanlah hal yang wajar dilakukan. Karena siswa di SMA N 1 Pinolosian kurang menggunakan baraang yang tidak sesuai dengan kebutuhan dasar. Oleh sebab itu hasil belajar siswa sangat baik dan berada diatas rata-rata.
Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam Kearifan Lokal Bolaang Mongondow (Mototompiaan, Mototabian bo Mototanoban) Ovenly Utomo Silangen; Mujahid Damopolii; Said Subhan Posangi
Pekerti: Journal Pendidikan Islam dan Budi Pekerti Vol. 4 No. 1 (2022): PEKERTI Journal Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti
Publisher : IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (140.911 KB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang nilai-nilai pendidikan Agama Islam dalam kearifan lokal Bolaang Mongondow (Mototompiaan, Mototabian bo Mototanoban) dan Implikasinya pada pembelajaran Akidah Akhlak di MAN I Kotamobagu. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif melalui teknik pengumpulan data yaitu, melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif melalui tiga tahapan yaitu, reduksi data, display dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai kearifan lokal Bolaang Mongondow (Mototompiaan, Mototabian bo Mototanoban) sarat akan nilai-nilai pendidikan Agama Islam, karena mengandung perintah-perintah Allah SWT dalam rangka pembentukan akhlak manusia secara horizontal. Implikasinya pada pembelajaran Akidah Akhlak di MAN I Kotamobagu yakni pembentukan akhlak siswa menjadi lebih baik. Siswa memiliki sikap saling menghargai dan menghormati serta memiliki rasa kekeluargaan dan kedekatan emosional yang tinggi diantara mereka, baik antara siswa dengan siswa maupun siswa dengan guru.
Pengelolaan dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Peserta didik di Kelas VII PAI di SMP 6 Negeri Gorontalo Alvian Tolinggilo; Burhanudin A.K Mantau
PEKERTI Vol. 1 No. 2 (2019): PEKERTI: Jurnal Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti
Publisher : Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (735.358 KB)

Abstract

ABSTRAKAlvian Tolinggilo, 151012089 Pengelolaan Kelas Dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII PAI Di SMP Negeri 6 Kota Gorontalo. Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan (FITK) IAIN Sultan Amai Gorontalo. Pembimbing: (1) Burhanudin Abdul Karim Mantau, M.Pd.I Pembimbing: (2) Rahmin Talib. Husain, M.Th.IKata Kunci: Pengelolaan Kelas, Hasil Belajar, PAISkripsi ini membahas tentang: adakah pengaruh pengelolaan kelas terhadap hasil belajar siswa kelas VII PAI di SMP Negeri 6 Kota Gorontalo?.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah Pengaruh Pengelolaan Kelas terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI di Kelas VII di SMP Negeri 6 Kota Gorontalo. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa dan siswi kelas VII1 di SMP Negeri 6 Kota Gorontalo sebanyak 30 orang siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel yaitu Teknik Purposive Sampling. Berdasarkan hasil perhitungan korelasi antara pengelolaan kelas (Variabel X) dan hasil belajar (Variabel Y) menunjukkan dengan tingkat korelasi R Square sebesar 0,677 dan R Square (Koefisien Determinasi) sebesar 45,5%, angka hasil kolerasi tersebut sesuai dengan tabel Interpretasi Angka Indeks Korelasi ―r‖ Product Moment menunjukan bahwa korelasi antara pengelolaan kelas (Variabel X) dan hasil belajar (Variabel Y) terdapat korelasi yang sedang atau cukup.Dengan hasil yang sedang atau cukup korelasi pengelolaan kelas dan hasil belajar pada mata pelajaran PAI, hal ini menunjukkan bahwa pengelolaan kelas cukup banyak memberikan pengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Sedangkan 63,5% adalah faktor-faktor lain selain pengelolaan kelas baik itu faktor eksternal maupun internal seperti motivasi belajar siswa, dorongan atau dukungan orang tua, dan pengaruh lingkungan sekitar memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa dari pada pengelolaan kelas itu sendiri. Nama : Alvian Tolinggilo Nim : 151012089
Pengelolaan dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Peserta didik di Kelas VII PAI di SMP 6 Negeri Gorontalo Alvian Tolinggilo; Burhanudin A.K Mantau
PEKERTI Vol. 1 No. 2 (2019): PEKERTI: Jurnal Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti
Publisher : Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (735.358 KB)

Abstract

ABSTRAKAlvian Tolinggilo, 151012089 Pengelolaan Kelas Dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII PAI Di SMP Negeri 6 Kota Gorontalo. Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan (FITK) IAIN Sultan Amai Gorontalo. Pembimbing: (1) Burhanudin Abdul Karim Mantau, M.Pd.I Pembimbing: (2) Rahmin Talib. Husain, M.Th.IKata Kunci: Pengelolaan Kelas, Hasil Belajar, PAISkripsi ini membahas tentang: adakah pengaruh pengelolaan kelas terhadap hasil belajar siswa kelas VII PAI di SMP Negeri 6 Kota Gorontalo?.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah Pengaruh Pengelolaan Kelas terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI di Kelas VII di SMP Negeri 6 Kota Gorontalo. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa dan siswi kelas VII1 di SMP Negeri 6 Kota Gorontalo sebanyak 30 orang siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel yaitu Teknik Purposive Sampling. Berdasarkan hasil perhitungan korelasi antara pengelolaan kelas (Variabel X) dan hasil belajar (Variabel Y) menunjukkan dengan tingkat korelasi R Square sebesar 0,677 dan R Square (Koefisien Determinasi) sebesar 45,5%, angka hasil kolerasi tersebut sesuai dengan tabel Interpretasi Angka Indeks Korelasi ―r‖ Product Moment menunjukan bahwa korelasi antara pengelolaan kelas (Variabel X) dan hasil belajar (Variabel Y) terdapat korelasi yang sedang atau cukup.Dengan hasil yang sedang atau cukup korelasi pengelolaan kelas dan hasil belajar pada mata pelajaran PAI, hal ini menunjukkan bahwa pengelolaan kelas cukup banyak memberikan pengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Sedangkan 63,5% adalah faktor-faktor lain selain pengelolaan kelas baik itu faktor eksternal maupun internal seperti motivasi belajar siswa, dorongan atau dukungan orang tua, dan pengaruh lingkungan sekitar memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa dari pada pengelolaan kelas itu sendiri. Nama : Alvian Tolinggilo Nim : 151012089
Peran Guru Pendidikan Agam Islam (PAI) Dalam Meminimalisasi Bullying (Perundungan) Di MTs Negri 1 kota Gorontalo Prisca Tamadarage; Lukman Arsyad
PEKERTI Vol. 1 No. 2 (2019): PEKERTI: Jurnal Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti
Publisher : Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (663.431 KB)

Abstract

Fokus penelitian yang akan diuji dalam penelitian ini adalah:1) Bagaimana Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam meminimalisasi Bullying (Perundungan) di MTs Negeri I Kota Gorontalo.2) bagaimana Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam meminimalisasi Bullying (Perundungan) di MTs Negeri I Kota Gorontalo. Dan tujuan Penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam meminimalisasi Bullying (Perundungan) di MTs Negeri I Kota Gorontalo. 2) untuk mengetahui Hambatan Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam meminimalisasi Bullying (Perundungan) di MTs Negeri I Kota Gorontalo.Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, dalam pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dengan menggunakan analisis reduksi data, penyajian data dan verifikasi.Hasil penelitian Mengungkapkan bahwa Peran Guru Pendidikan agama Islam bersama sekolah dalam meminimalisasi Bullying melalui dua tahap yaitu tahap pencegahan dan tahap tindak lanjut. Tahap pencegahan dilakukan untuk mencegah serta memfilter terjadinya Bullying dalam lingkungan sekolah. Tahap pencegahan dilakukan melalui sosialisasi kegiatan intra dan ekstra kurikuler, Guru sebagai pendidik, pengajar, pembimbing, Inpirator, Motivator, fasilitator dan pengelola kelas. Tahap tindak lanjut ditujukan apabila telah terjadi perilaku Bullying dalam lingkungan sekolah yaitu guru akan menjadi korektor dan evaluator serta membimbing kembali peserta didik dilanjutkan BK, Kesiswaan dan terakhir Melalui keputusan Kepala Madrasah.. Hal ini diharapkan agar tahap tindak lanjut menjadi solusi atas permasalahan Bullying. Selain itu sikap kooperatif orang tua juga dibutuhkan dalam meminimalisasi Bullying di sekolah