cover
Contact Name
Ikhsan Kamil
Contact Email
lppm@stiemb.ac.id
Phone
+6287824726400
Journal Mail Official
ikhsan.kamil@stiemb.ac.id
Editorial Address
Kota Bandung, Jawa Barat, Indonesia
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi)
ISSN : 25415255     EISSN : 26215306     DOI : https://doi.org/10.31955/mea.v6i2
Core Subject : Economy, Science,
Jurnal Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi (MEA) Diterbitkan oleh Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Muhammadiyah Bandung dimaksudkan sebagai media informasi dan forum pengkajian bidang ilmu Akuntansi, Manajemen, Bisnis dan Ekonomi. Jurnal ini berisikan tentang perkembangan teoritik, artikel ilmiah, dan hasil penelitian, yang akan diterbitkan berkala 3 kali dalam 1 tahun.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 2 (2017): Mei-Agustus 2017" : 6 Documents clear
PENGARUH CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL TOYOTA AVANZA PADA AUTO 2000 CABANG ASIA AFRIKA BANDUNG Yayan Sofyan; Yeni Andriyani
Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi) Vol 1 No 2 (2017): Mei-Agustus 2017
Publisher : LPPM STIE Muhammadiah Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (484.334 KB) | DOI: 10.31955/mea.v1i2.57

Abstract

Keputusan untuk membeli suatu produk sangat dipengaruhi oleh penilaian akan bentuk kualitas produk tersebut. Tuntutan permintaan akan sebuah produk barang yang semakin berkualitas membuat perusahaan yang bergerak diberbagai bidang usaha berlomba-lomba meningkatkan kualitas produk yang mereka miliki demi mepertahankan Brand Image (citra merek) produk yang mereka miliki. Merek mempunyai sifat khas, dan sifat khas inilah yang membedakan produk yang satu berbeda dengan produk yang lainnya.Salah satu industri yang tumbuh pesat sampai saat ini adalah industri otomotif, perkembangannya ditunjang dengan bertambah luasnya sarana jalan, peningkatan pendapatan masyarakat yang meningkat menempatkan mobil bukan lagi untuk golongan menengah keatas.Kenyataan ini merupakan peluang yang dimanfaatkan oleh produsen mobil dengan mengeluarkan berbagai jenis dan merek yang dikeluarkan di Indonesia.dengan sendirinya kendaraan yang dipasarkan mampu menarik minat konsumen.Penelitian ini dilaksanakan di Auto 2000 Cabang Bandung.Model penelitian yang digunakan yakni dengan metode deskriptif dengan melakukan observasi, wawancara, kuesioner dan studi kepustakaan yang dilakukan secara sistematik berdasarkan tujuan penelitian. Metode analisis yang digunakan adalah dengan metode analisis regresi linear sederhana, dengan menggunakan uji hipotesis yaitu uji t. Kemudian menggunakan perhitungan korelasi untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dan signifikansi citra merek (brand image)terhadap pengambilan keputusan pembelian mobil Toyota Avanza pada Auto 2000 Cabang Bandung.Dari hasil penelitian diketahui bahwa seluruh item pertanyaanmenunjukkan hasil yang valid dimana semua nilai R kritis-nya berada di atas nilai titik kritis yaitu >0.273. Sedangkan hasil uji reliabilitas pada variabel tersebut menunjukkan hasil yang reliabel dimana semua nilai R kritis-nya berada di atas nilai titik kritis yaitu > 0.600 dengan rincian : R kritis variabel citra merek sebesar 0.927 serta R kritis variabel keputusan pembelian sebesar 0.722.Koefisien determinasi merupakan koefisien yang digunakan untuk mengetahui besarnya kontribusi variabel citra merek terhadap perubahan variabel keputusan pembelian, sesuai dengan hasil perhitungan diperoleh 85,4% dengan demikian kontribusi 14,6% merupakan kontribusi variabel lain yang tidak diteliti.Citra merek Mobil Toyota Kijang Avanza Pada Auto 2000 Cabang Bandung cukup baik menurut baik menurut persepsi konsumen. Adapun keputusan pembelian Mobil Toyota Avanza pada Auto 2000 Cabang Bandung cukup baik menurut persepsi konsumenCitra merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Mobil Toyota Avanza pada Auto 2000 Cabang Bandung.
PENGARUH STRATEGI PROMOSI TERHADAP LOYALITAS SISWA/I PADA SMP MUHAMMADIYAH 4 MARGAHAYU KAB.BANDUNG Budi Sadarman; Indra Sasangka
Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi) Vol 1 No 2 (2017): Mei-Agustus 2017
Publisher : LPPM STIE Muhammadiah Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (613.061 KB) | DOI: 10.31955/mea.v1i2.58

Abstract

Strategi promosi merupakan upaya menarik sebanyak mungkin orang agar mau menggunakan jasa atau barang yang dijual oleh suatu lembaga maupun perusahaan. Dalam hal ini dapat diibaratkan bahwa sekolah merupakan sebuah lembaga yang menjual jasa pendidikan yang bertujuan memperoleh siswa untuk tertarik dan loyal bersekolah di sekolah yang dimaksud.Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. yang meneliti status kelompok manusia, suatu objek, suatu setting kondisi, suatu system pemikiran, ataupun suatu kelas peristiwa pada masa sekarang. Studi kasus merupakan penelitian yang terperinci mengenai suatu obyek tertentu selama kurun waktu tertentu, termasuk lingkungan dan kondisi masa lalunya dengan cukup mendalam dan menyeluruh. Tujuan dari penelitian deskripsi ini yang mengambil penelitian dengan metode studi kasus adalah membuat deskripsi, gambaran, yang terjadi saat sekarang, masa lalu maupun masa yang akan datang.Hasil penelitian menunjukan bahwa 100 persen variabel hasilnya >0,3 dan dinyatakan valid, dengan demikian seluruh item kuesioner dapat diikut sertakan dalam penelitian selanjutnya serta tingkat reliabilitas seluruh variabel tinggi karena nilai alpha cronbach ≥ 0,60, sehingga dapat dinyatakan seluruh item dalam kuesioner adalah reliabel dan dapat dilanjutkan ke analisis selanjutnya.Kesimpulan dari penelitian ini terdapat pengaruh strategi promosi terhadap loyalitas siswa/i pada SMP Muhammadiyah 4 Margahayu. Hal ini dibuktikan dari hasil pengukuran regresi sederhana terdapat pengaruh strategi promosi terhadap loyalitas siswa/i sebesar 50,8 persen serta nilai t hitung dan signifikan yang telah dijelaskan pada bab sebelumnya. Hasil Persentase dan pengujian tersebut menyimpulkan strategi promosi yang dilakukan SMP Muhammadiyah telah dinilai cukup baik karena dapat mempengaruhi setengah lebih dari penciptaan loyalitas siswa/i. sementara sisanya sebesar 49,2 persen dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini, misalnya kualitas pelayanan dan variabel lainnya.
PENGARUH KUALITAS JASA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN INDOSAT IM3 PRABAYAR DI DESA SANGKANHURIP Asep Suwarna
Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi) Vol 1 No 2 (2017): Mei-Agustus 2017
Publisher : LPPM STIE Muhammadiah Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (529.396 KB) | DOI: 10.31955/mea.v1i2.59

Abstract

Pelanggan yang tidak puas tampaknya tidak selalu menunjukkan perilaku yang sama. Sebagian dari mereka mungkin akan menyuarakan ketidakpuasan dengan mengajukan keluhan (complain), tetapi tidak sedikit pula dari mereka yang memilih untuk diam. Pelanggan yang puas berarti tidak memiliki keluhan terhadap performa penyedia jasa. Hampir dapat dipastikan bahwa kelompok pelanggan ini akan kembali lagi kepada penyedia jasa yang sama. Kondisi seperti ini mencerminkan terbentuknya loyalitas pelangganMetode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif yang meneliti status kelompok manusia, suatu objek, suatu setting kondisi, suatu sistem pemikiran, ataupun suatu kelas peristiwa pada masa sekarang. Tujuan dari penelitian deskriptif ini adalah untuk membuat deskripsi, gambaran, atau lukisan secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta – fakta, sifat – sifat, serta hubungan antar fenomena yang diselidiki.Hasil penelitian ini menunjukan nilai Constant(a) adalah 4,587 sedangkan nilai X (b) adalah 0,655 sehingga persamaan regresinya dapat ditulis Y= 4,587+0,655X Hasil Konstanta sebesar 4,587 menyatakan bahwa jika tidak ada nilai trust (X) maka nilai partisipasi sebesar 4,587. Koefisien regresi X sebesar 0,655 menyatakan bahwa setiap penambahan 1 nilai trust(x) maka nilai pasrtisipasi bertambah 0,655 artinya jika kualitas produk mengalami peningkatan maka loyalitas pelanggan akan mengalami kenaikan sebesar 65,5 %.Kesimpulan dari hasil analisis diperoleh bahwa variabel kualitas produk (x) memiliki koefisien regresi sebesar 67% (bertanda positif) terhadap variabel Loyalitas pelanggan (Y) dan nilai thitung sebesar 7,676 dengan tingkat signifikansi 0,000 (<0,050). Hal ini berarti, 76,76% variabilitas loyalitas pelanggan dipengaruhi oleh kualitas produk sisanya sebesar 33% variabel loyalitas pelanggan dipengaruhi oleh variabel lain di luar variabel yang diteliti diantaranya harga, tempat, promosi, manusia, proses, perlengkapan bangunan/lingkungan fisik.
PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN BIDANG SUMBER DAYA INSANI (SDI) RUMAH SAKIT MUHAMMADIYAH BANDUNG Rahmat Rusmayadi; Indra Sasangka
Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi) Vol 1 No 2 (2017): Mei-Agustus 2017
Publisher : LPPM STIE Muhammadiah Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (534.509 KB) | DOI: 10.31955/mea.v1i2.60

Abstract

Sumber daya manusia (SDM) merupakan aset yang sangat penting dalam suatu organisasi perusahaan, maka diperlukan suatu usaha untuk mengolah secara profesional agar terwujud suatu keseimbangan antara kebutuhan karyawan dengan keinginan tujuan perusahaan. Agar pencapaian tujuan perusahaan dapat dicapai diperlukan upaya, agar perusahaan mampu menciptakan situasi dan kondisi yang mendorong dan memungkinkan karyawan mengembangkan kemampuan dan keterampilan yang dimiliki secara optimal untuk meningkatkan kinerjanya.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap kinerja karyawan bidang sumber daya insani pada Rumah Sakit Muhammadiyah Bandung. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah kinerja karyawan, sedangkan variabel independen dalam penelitian ini adalah kepemimpinan transformasional.Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisi deskriptife verifikatif. Penelitian ini dilakukan di Rumah Sakit Muhammadiyah Bandung dengan populasi karyawan bidang sumber daya insani yang berjumlah 32 orang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 32 orang karyawan karena merupakan sampel jenuh. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner (Angket). Uji validitas dan realibilitas data formula korelasi Cronvabch‟s alpha. Teknik analisis data yang digunakan, Regresi linier sederhana dan koefisien determinasi.Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa ada pengaruh yang sangat signifikan Kepemimpinan Transformasional terhadap kinerja karyawan bidang sumber daya insani pada Rumah Sakit Muhammadiyah Bandung.
PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL TOYOTA YARIS DI WIJAYA TOYOTA DAGO BANDUNG Yeni Andriyani; Wandy Zulkarnaen
Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi) Vol 1 No 2 (2017): Mei-Agustus 2017
Publisher : LPPM STIE Muhammadiah Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (669.892 KB) | DOI: 10.31955/mea.v1i2.61

Abstract

Dalam perkembangan konsep pemasaran mutakhir, konsumen ditempatkan sebagai pusat perhatian. Dalam proses keputusan pembelian memerlukan suatu upaya dari perusahaan agar produknya dapat sampai ke tangan konsumen, paling tidak perusahaan tersebut berusaha untuk mengubah perilaku konsumen dari rasa ingin tahu mengenai produk yang ditawarkan perusahaan menjadi rasa tertarik, bahkan dari rasa tertarik tersebut meningkat sampai pada adanya keinginan untuk memiliki produk sehingga konsumen tersebut akan mengambil keputusan pembelian terhadap produk yang ditawarkan oleh perusahaan.Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan membuat deskripsi, gambaran atau lukisan secara sistematis, faktual dan akurat megenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antar fenomena yang diselidiki. Dimana hubungan yang diteliti antara kualitas produk sebagai sebagai vaiabel X dan proses keputusan pembelian sebagai variabel Y.Hasil penelitian menunjukkan persamaan regresi dengan persamaan regresi sebagai berikut : Y = 9,365 + 0,917X, Dari persamaan regresi tersebut dapat dilihat bahwa koefisien regresi (ßi) untuk variabel Kualitas Produk (X) bertanda positif, artinya variabel tersebut berpengaruh positif terhadap Keputusan Pembelian (Y). Variabel Kualitas Produk (X) memiliki nilai koefisien regresi (bi) sebesar 0,917. Hal ini menunjukkan bahwa setiap peningkatan variabel Kualitas Produk (X) satu satuan nilai akan meningkatkan Keputusan Pembelian (Y) 0,917 satuan nilai, dengan asumsi variabel lainnya nol.
PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KOMITMEN KARYAWAN YANG MERUPAKAN NILAI-NILAI DALAM ORGANISASI Budiman Budiman
Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi) Vol 1 No 2 (2017): Mei-Agustus 2017
Publisher : LPPM STIE Muhammadiah Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (74.751 KB) | DOI: 10.31955/mea.v1i2.925

Abstract

Artikel ini mengangkat studi tentang bagaimana pengaruh leadership style terhadap employee working engagement yang diekspresikan dalam budaya organisasi pekerja di perusahaan. Artikel ini merupakan makalah filosofis yang menawarkan data ilmiah untuk mendukung teori tersebut. Makalah ini juga mencakup ringkasan singkat tentang kepemimpinan transaksional dan kepemimpinan transformasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan adalah komponen yang jelas dari keterlibatan perusahaan karena budaya organisasi mencerminkan cita-cita pekerja di perusahaan. Karyawan akan lebih senang jika organisasi mampu memenuhi standar yang menjadi bagian dari etos perusahaan, sehingga semakin loyal kepada organisasi. Makalah ini tidak memberikan bukti obyektif dari model ini. Penelitian lebih lanjut dapat dilakukan dengan mengganti kepemimpinan transaksional dengan kepemimpinan yang melayani.

Page 1 of 1 | Total Record : 6