cover
Contact Name
Ikhsan Kamil
Contact Email
lppm@stiemb.ac.id
Phone
+6287824726400
Journal Mail Official
ikhsan.kamil@stiemb.ac.id
Editorial Address
Kota Bandung, Jawa Barat, Indonesia
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi)
ISSN : 25415255     EISSN : 26215306     DOI : https://doi.org/10.31955/mea.v6i2
Core Subject : Economy, Science,
Jurnal Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi (MEA) Diterbitkan oleh Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Muhammadiyah Bandung dimaksudkan sebagai media informasi dan forum pengkajian bidang ilmu Akuntansi, Manajemen, Bisnis dan Ekonomi. Jurnal ini berisikan tentang perkembangan teoritik, artikel ilmiah, dan hasil penelitian, yang akan diterbitkan berkala 3 kali dalam 1 tahun.
Articles 121 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 3 (2020): Edisi September - Desember 2020" : 121 Documents clear
Integrasi Pasar Modal di Kawasan Asia dan Amerika Serikat Pasca Pelantikan Donald Trump Happy Catherine; Robiyanto Robiyanto
Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi) Vol 4 No 3 (2020): Edisi September - Desember 2020
Publisher : LPPM STIE Muhammadiah Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (272.077 KB) | DOI: 10.31955/mea.v4i3.284

Abstract

Kemenangan Donald Trump sebagai Presiden Amerika Serikat yang ke-45 memberikan dampak negatif terhadap beberapa negara di Asia, khususnya pada kinerja pasar modal suatu negara. Penelitian ini mengkaji integrasi pasar modal di beberapa negara kasawan Asia dan Amerika Serikat pasca pelantikan Donald Trump. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah harga penutupan harian masing-masing indeks yang terdiri dari China (SSEC), Amerika Serikat (Dow Jones), Indonesia (IHSG), Jepang (NIKKEI 225), India (NIFTY), Singapura (STI), Malaysia (KLSE), Korea Selatan (KOSPI), Filipina (PSEI), dan Thailand (SETI) dari tanggal 21 Januari 2017 sampai 31 Desember 2019. Alat analisis yang digunakan adalah Vector Auto Regression (VAR) dan uji Kausalitas Granger. Hasil dari uji VAR dalam penelitian ini menunjukkan bahwa Indeks Dow Jones berpengaruh terhadap perubahan harga indeks di kawasan Asia. Sejalan dengan hasil uji VAR, uji Kausalitas Granger pada penelitian ini menunjukkan adanya hubungan kausalitas searah dari indeks Dow Jones ke seluruh indeks di kawasan Asia.
Pengaruh Persaingan Pasar terhadap Agresivitas Pajak dengan Kecakapan Manajemen sebagai Variabel Moderasi Kevin Marshal Mark; Ari Budi Kristanto
Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi) Vol 4 No 3 (2020): Edisi September - Desember 2020
Publisher : LPPM STIE Muhammadiah Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (328.348 KB) | DOI: 10.31955/mea.v4i3.285

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persaingan pasar terhadap agresivitas pajak dan mengetahui efek moderasi kecakapan manajemen pada pengaruh persaingan pasar terhadap agresivitas pajak. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2016 sampai 2018. Sampel dalam penelitian ini didapatkkan menggunakan metode purposive sampling dengan kriteria terdaftar secara berturut-turut selama tahun 2016-2018, tidak mengalami rugi selama periode pengamatan, dan memiliki data yang lengkap yang dibutuhkan dalam penelitian ini. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebesar 68 perusahaan yang terdaftar di BEI tahun 2016 sampai 2018. Teknik analisis data menggunakan regresi data panel untuk melihat pengaruh persaingan pasar terhadap agresivitas pajak dan efek moderasi kecakapan manajemen terhadap pengaruh tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persaingan pasar berpengaruh positif terhadap agresivitas pajak dan kecakapan manajemen memperlemah pengaruh persaingan pasar terhadap agresivitas pajak. Persaingan pasar yang tinggi menyebabkan perusahaan melakukan agresivitas pajak lebih tinggi, dan perusahaan yang memiliki manajer yang cakap akan memilimalisir perusahaan untuk melakukan agresivitas pajak sebagai bentuk respon dari persaingan pasar yang tinggi.
PERBEDAAN PERFORMA PERUSAAHN KEUARGA DAN PERUSAHAAN BUKAN KELUARGA: STUDI PADA INDEX PEFINDO25 Enrico Pranata Adiwidjojo; Robiyanto Robiyanto
Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi) Vol 4 No 3 (2020): Edisi September - Desember 2020
Publisher : LPPM STIE Muhammadiah Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (243.347 KB) | DOI: 10.31955/mea.v4i3.286

Abstract

Family firms are companies that are controlled by family members through ownership and management. This study aims to observe the existence of cash holding, gender diversity, and performance in family and non-family firms. Purposive sampling in this study resulted in 47 samples of companies listed on the PEFINDO25 Index. In the selection of these samples found 26 family firm and 21 non-family firm. Test results in this study prove that there is a significant difference in cash holding. Cash holding at the family firm is larger, but variables other than cash holding do not show a significant difference. The implications of this study are for investors, governments, and corporate power holders as a reference for decision making.
Pengukuran Kinerja Tenant IBT- Polman Bandung Menggunakan Metode Balanced Scorecard Supriyadi Sadikin
Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi) Vol 4 No 3 (2020): Edisi September - Desember 2020
Publisher : LPPM STIE Muhammadiah Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (311.263 KB) | DOI: 10.31955/mea.v4i3.288

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang pengukuran kinerja Tenant IBT menggunakan metode Balanced Scorecard. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Subyek penelitian ini sebanyak 2 Tenant IBT Politeknik Manufaktur Bandung yang dipilih berdasarkan kategori exit sebuah tenant inkubator bisnis yang telah ditetapkan sebelumnya. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui kuesioner serta observasi langsung pada subyek penelitian. Hasil analisa berdasarkan empat perspektif dalam metode Balanced Scorecard yang meliputi perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, serta perspektif pembelajaran dan pertumbuhan menunjukkan bahwa kinerja Tenant IBT Polman Bandung termasuk dalam kategori baik. Berkaitan dengan keefektifan metode Balanced Scorecard dalam mengukur kinerja Tenant IBT, perlu adanya kajian yang lebih sederhana dan komprehensif serta pembuatan model penilaian kinerja yang sesuai dengan perusahaan Startup serta Usaha Kecil dan Menengah (UKM).
Pengaruh Work-Life Balance dan Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan di PT Telkom Divisi Telkom Regional III Jawa Barat Ghinayati Rodhiyatu Aliya; Romat Saragih
Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi) Vol 4 No 3 (2020): Edisi September - Desember 2020
Publisher : LPPM STIE Muhammadiah Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (352.828 KB) | DOI: 10.31955/mea.v4i3.291

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis hubungan work-life balance, lingkungan kerja, dan kepuasan kerja karyawan pada PT Telkom Divisi Telkom Regional III Jawa Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dan metode analisis deskriptif dengan menggunakan sampel yang diambil dengan incidental sampling dengan jumlah 70 responden yang terdiri dari karyawan PT Telkom Divisi Telkom Regional III Jawa Barat. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan bantuan program SPSS ver. 22. Berdasarkan hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa work-life balance termasuk ke dalam kategori sangat baik, sedangkan lingkungan kerja dan kepuasan kerja termasuk ke dalam kategori baik. Hasil uji regresi linier menunjukkan bahwa work-life balance dan lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja baik secara parsial maupun simultan. Work-life balance dan lingkungan kerja memiliki pengaruh terhadap kepuasan kerja karyawan sebesar 57,5% dan sisanya sebesar 42,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
STRATEGI PENGEMBANGAN SUMBERDAYA MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN DI PT XYZ Harini Fajar Ningrum; Yusuf Iskandar; Bintang Mukhammad Burhanudin Akbar
Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi) Vol 4 No 3 (2020): Edisi September - Desember 2020
Publisher : LPPM STIE Muhammadiah Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (284.886 KB) | DOI: 10.31955/mea.v4i3.294

Abstract

Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan penentu keberhasilan perusahaan. Kebutuhan akan sumber daya manusia yang kompeten di bidang komunikasi dan teknologi informasi semakin meningkat seiring dengan konvergensi arus komunikasi dan informasi. Data digunakan dari penilaian staf dan wawancara mendalam dengan pakar eksternal dan internal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif, SAST dan AHP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa divisi SDM mendapat evaluasi yang buruk dari penilaian. Ada beberapa prioritas yang dianggap mampu meningkatkan kinerja dan kompetensi departemen manajemen di PT XYZ.
PENGARUH TINGKAT TUMBUHNYA EKONOMI DAN UPAH MINIMAL PADA PENGANGGURAN DI KABUPATEN BULUNGAN suud ema fauziah
Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi) Vol 4 No 3 (2020): Edisi September - Desember 2020
Publisher : LPPM STIE Muhammadiah Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (272.193 KB) | DOI: 10.31955/mea.v4i3.299

Abstract

The most influential indicator of success in the economic growth cycle is the most important natural resources available, followed by adequate human resources to the most important factor in economic growth. The concept of economic growth is not based on the number of human resources, and is not measured by quality alone but minimizes the emphasis on the efficiency of the quality of human resources. The lower the quality of human resources (HR) so that it affects the low productivity and the role of human resources who perform work activities as workers who carry out the process or who do the production. In this study, the expected goal is to determine the distribution, classification, and influence of economic growth, minimum wage, of the level of unemployment in Bulungan District 2002-2014. This research uses Multiple linear Regression (Multiple Regression) research methods. Data analysis by the formulation of the problem, and the purpose of the study is using objectives is to use the model of the Double Regression Equation and t-test. The results classification shows that in the hypothesis test it is known that economic growth and minimum wages have the same effect on unemployment in Bulungan District. The relationship is characterized by a positive number shown by the minimum wage, if the minimum wage, which, if the minimum wage rises, unemployment increases.
Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Promosi terhadap Loyalitas Pelanggan GoFood di Kota Bandung Nabilah Alya Insani; Putu Nina Madiawati
Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi) Vol 4 No 3 (2020): Edisi September - Desember 2020
Publisher : LPPM STIE Muhammadiah Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (331.298 KB) | DOI: 10.31955/mea.v4i3.300

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, harga, dan promosi terhadap loyalitas pelanggan GoFood. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan skala likert sebagai pengukuran. Populasi yang dimiliki pada penelitian ini adalah pengguna GoFood dengan sampel 150 responden pengguna GoFood yang berdomisili di Kota Bandung. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda yang diolah dengan menggunakan SPSS 22 For Windows. Berdasarkan uji hipotesis yang telah dilakukan, maka untuk variabel kualitas pelayanan memiliki nilai : 7,090 (to) > 1,65536 (tα), berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel loyalitas pelanggan, untuk variabel harga : 2,912 (to) > 1,65536 (tα), berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel loyalitas pelanggan, dan untuk variabel promosi memiliki nilai : 5,743 (to) > 1,65536 (tα), berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel loyalitas pelanggan. Maka menunjukan bahwa variabel kualitas pelayanan, harga dan promosi terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel loyalitas pelanggan. Kata kunci : kualitas pelayanan, harga, promosi, loyalitas pelanggan.
INTENSIFIKASI PAJAK DALAM PENERIMAAN PAJAK PENGHASILAN WAJIB PAJAK BADAN Aliah Ghina
Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi) Vol 4 No 3 (2020): Edisi September - Desember 2020
Publisher : LPPM STIE Muhammadiah Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (310.223 KB) | DOI: 10.31955/mea.v4i3.304

Abstract

Tax revenue is a source of funds for a country. Researchers want to examine the application of intensification, namely taxpayers, inspection and collection of taxpayers to optimize tax revenue. From this study it can be concluded that the application of tax carried out by (KPP Madya) in the city of Palembang in 2010-2014 has been optimal, as evidenced by the number of taxpayer compliance and tax audits increasing tax revenue exceeding the target 97.21% but not for the results of tax collection which is still less than optimal because the uncollectible rate is still high at 57.01%.
PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN TRANSAKSIONAL DENGAN KINERJA Opan Arifudin
Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi) Vol 4 No 3 (2020): Edisi September - Desember 2020
Publisher : LPPM STIE Muhammadiah Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (231.383 KB) | DOI: 10.31955/mea.v4i3.308

Abstract

Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menguji hubungan antara persepsi gaya kepemimpinan transaksional dan transformasional dan kepuasan kerja di Biro Koordinasi Kerjasama Kredit Sumatera Selatan (Badan Koordinasi Koperasi Kredit Daerah Sumatera Selatan). Penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Subjek penelitian ini adalah 100 karyawan. Data dikumpulkan dengan menggunakan tiga kuesioner: kepemimpinan transaksional, kepemimpinan transformasional, dan kuesioner kepuasan kerja. Data dianalisis menggunakan regresi berganda, korelasi parsial, Pearson's Product Moment, dan analisis t-test. Hasil penelitian adalah: (1) ada hubungan yang sangat signifikan dan positif antara persepsi gaya kepemimpinan transformasional dan kepuasan kerja, (2) tidak ada hubungan yang signifikan dan negatif antara persepsi gaya kepemimpinan transaksional dengan kepuasan kerja, (3) terdapat adalah korelasi yang sangat signifikan dan positif antara persepsi gaya kepemimpinan transaksional dan transformasional dengan kepuasan kerja, dan (4) ada perbedaan yang sangat signifikan dalam kepuasan kerja antara karyawan pria dan wanita.Kata kunci: persepsi, transaksional, transformasional, kinerja

Page 1 of 13 | Total Record : 121